Jadi Nominator Kompetisi Blog Internasional “The BOBs”?

tweetSungguh tak terduga, blog ini masuk 11 nominator Kompetisi Blog Internasional “The BOBs”. Informasi ini saya peroleh berdasarkan “kicauan” Mas @deteksi dan Mas @enda di twitter beberapa hari yang lalu.

“Check apakah blog kamu masuk dalam nominasi blog Indonesia terbaik The BOBs 2012 –> http://ow.ly/a5YID

Begitulah tweet Mas @enda. Saya pun iseng mengklik tautannya di sini. Ternyata blog ini termasuk salah satu dari 11 nominator blog terbaik dari Indonesia versi The BOBs 2012. Karena masih penasaran, saya coba browsing di google. salingsilang.com ternyata sudah memublikasikannya jauh-jauh hari.

the bobs

Mengutip publikasi salingsilang.com, The BOBs merupakan sebuah kompetisi blog bertaraf Internasional yang sudah digelar sebanyak delapan kali. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Deutsche Welle, lembaga penyiaran internasional dari Jerman. Pada tahun 2012, The BOBs akan memberikan penghargaan untuk 17 kategori: enam kategori utama dan 11 kategori bahasa. Kategori bahasa akan dipilih berdasarkan votting online. Menariknya, bahasa Indonesia menjadi salah satu kategori yang akan diperlombakan.

The BOBs diharapkan bisa menggambarkan kriteria sebuah blog yang dibutuhkan di berbagai negara. Perbedaan topik dan gaya bahasa menjadi pembeda karakter blog di masing-masing negara. Untuk itu, pihak penyelenggara The BOBs memilih dewan juri dari berbagai negara dan mengadakan penghargaan berdasarkan kategori bahasa.

Dewan juri The BOBs terdiri dari para blogger, aktivis internet dan pakar dunia jejaring dari 11 negara. Menurut situs The BOBs para juri akan berkumpul pada awal Mei di Berlin, Jerman untuk memilih blog terbaik dalam enam kategori utama. Pada tahun ini Enda Nasution, blogger yang juga Chief Operating Officer (COO) PT. Saling Silang mewakili Indonesia sebagai dewan juri.

Enam kategori utama, akan ditentukan oleh dewan juri dari 11 blog nominasi di masing-masing kategori bahasa. Penghargaan bergengsi dari The BOBs adalah Special Topic Award. Tahun ini pihak penyelenggara memilih tema Budaya dan Pendidikan, selaras dengan topik utama Deutsche Welle Global Media Forum 2012.

Pendaftaran untuk kompetisi ini dibuka sejak 13 Februari sampai 13 Maret 2012. Netizen bisa mendaftarkan blog-nya atau menominasikan blog yang mereka anggap pantas untuk bersaing di ajang ini.Voting online untuk kategori bahasa akan berlangsung pada 2 April sampai 2 Mei 2012. Pemenang akan diumukan pada 2 Mei 2012.

Masih mengutip publikasi salingsilang.com, dari tanggal 2 April sampai 2 Mei 2012 yang akan datang, netizen di seluruh dunia berkesempatan memilih blog favorit untuk menjadi pemenang pilihan pengguna. Dalam kompetisi yang ke delapan kalinya ini, telah terdaftar sekitar 3.200 blog, proyek dan inisiatif web dalam 11 kategori bahasa dan enam kategori utama. Dewan juri internasional telah menominasikan masing-masing 11 kandidat dalam setiap kategorinya. Total 187 nominator telah terdaftar, dalam 17 kategori yang dapat dilihat selengkapnya di www.thebobs.com.

Kategori utama lainnya adalah Best Blog, Best Video Channel, Best Use of Technology for Social Good, Best Social Activism Campaign dan Reporters Without Borders Award. Bahasa yang ikut dalam kompetisi adalah Bahasa Arab, Bengali, Cina, Indonesia, Inggris, Jerman, Perancis, Persia, Portugis, Rusia dan Spanyol.

Adapun 11 nominator blog terbaik dari Indonesia, antara lain: (1) Daeng Gassing; (2) Una Vida Escrita de la Una; (3) GreenPress Blog; (4) Sosial & Budaya; (5) Life is a journey; (6) Wordsmith; (7) Komunitas Blogger Papua; (8) Guru Kreatif; (9) Blog Pendidikan; (10) Catatan Sawali Tuhusetya; dan (11) Protespublik.com

Penghargaan Special Topic Award tahun ini berfokus pada budaya dan pendidikan, yang merupakan topik utama Deutsche Welle Global Media Forum 2012. Dalam kategori ini, DW akan memilih blog, portal atau proyek video yang mengetengahkan tema tentang hak atas pendidikan, proyek pendidikan dan yang mengupayakan terjalinnya dialog antar budaya. Pemenang kategori utama pilihan juri akan menerima penghargaan pada tanggal 26 Juni 2012 dalam acara Global Media Forum (GMF) di Bonn, Jerman. Tema konferensi tiga hari ini adalah “Budaya. Pendidikan. Media – Membangun Kehidupan yang Layak di Masa Depan.”

Sungguh, saya benar-benar tidak tahu, siapakah yang telah mendaftarkan blog saya dan siapa yang telah menominasikannya, karena saya sendiri merasa tidak pernah mendaftarkannya. Meski demikian, siapa pun yang telah mendaftarkan dan menominasikan blog saya, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara atau sahabat yang telah berbaik hati itu. Walaupun saat ini hanya mendapatkan suara 1% dan berada di urutan ke-9, hal ini sudah merupakan kebanggaan dan kehormatan buat saya.

Berikut adalah pengumuman jadwal secara resmi dari The BOBs.

Pembukaan kompetisi The BOBs – Deutsche Welle Blog Awards

Pendaftaran blog untuk diikutsertakan dalam The BOBs ke-8 dibuka mulai tanggal 13 Februari sampai 12 Maret 2012. Blog yang berhak didaftarkan adalah blog yang ditulis dalam salah satu dari 11 bahasa dalam The BOBs (Arab, Bengali, Cina, Jerman, Inggris, Perancis, Indonesia, Persia, Portugis, Rusia atau Spanyol) dan yang dapat dikategorikan dalam salah satu dari 17 kategori kompetisi.

Berapa seringnya satu blog didaftarkan tidak berpengaruh pada peluang untuk menang. Dewan juri lah yang memutuskan blog finalis yang akan diikutsertakan dalam tahap akhir.

Mulai tanggal 13 Maret sampai 2 April 2012, dewan juri internasional akan memeriksa dan menilai seluruh blog-blog yang didaftarkan dan menentukan blog finalis: 11 blog dalam setiap kategorinya. Dari blog finalis ini akan ditentukan blog pemenang dalam setiap kategori.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam ajang The BOBs kali ini juga akan diputuskan blog pemenang pilihan juri dan user. Dewan juri akan menentukan blog pemenang dalam enam kategori utama melaui rapat dewan juri. Dan user internet juga dapat memberikan suaranya bagi salah satu dari 11 blog finalis dalam setiap kategorinya.

Voting Online
Dari tanggal 2 April sampai 2 Mei 2012, user internet dapat memberikan suaranya untuk menentukan blog pemenang pilihan user. Dalam waktu 24 jam, setiap user hanya diperkenankan untuk memberikan satu suara untuk setiap kategori dan bahasa. Blog pemenang pilihan user adalah blog finalis yang mendapatkan suara terbanyak.

Rapat Dewan Juri di Berlin
Dewan juri internasional akan berkumpul di Berlin pada tanggal 1 Mei 2012. Blog pemenang pilihan juri dalam enam kategori utama akan diputuskan lewat proses pemungutan suara dalam beberapa tahapan.

Pengumuman Pemenang
Seluruh pemenang pilihan juri dan user akan diumumkan pada tanggal 2 Mei di situs The BOBs. Seluruh pemenang kategori utama pilihan juri akan diundang untuk menghadiri acara penghargaan di Bonn, Jerman.

Penghargaan Pemenang
Penghargaan kepada para pemenang kategori utama pilihan juri akan digelar dalam acara Deutsche Welle Global Media Forums di Bonn, pada tanggal 26 Juni 2012.

the bobsSelanjutnya, senyampang masih ada waktu, kalau memang blog ini dinilai layak untuk dipilih sebagai pemenang, silakan Sampeyan berikan suara untuk blog Catatan Sawali Tuhusetya di sini dengan terlebih dahulu login melalui akun twitter atau facebook. Namun, setelah melalui banyak pertimbangan, blog ini ternyata dinilai kurang layak “berbicara” dalam ajang bergengsi itu, silakan berikan suara Sampeyan pada blog lain yang pasti juga memiliki kekhasan tersendiri dan lebih pantas menjadi pemenang.

Nah, salam kreatif dan salam budaya! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Jadi Nominator Kompetisi Blog Internasional “The BOBs”?" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (7 April 2012 @ 20:00) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Tulisan lain yang berkaitan:

Menjadi Penggembira Kompetisi The Bobs-Best Online Activism Menjadi Penggembira Kompetisi The Bobs-Best Online Activism (08 Apr 2013, 42181 pembaca, 14 respon) Komodo dan Ironi Nasionalisme Komodo dan Ironi Nasionalisme (23 Okt 2011, 38892 pembaca, 24 respon) Ekspektasi di Balik Kemendikbud Pasca-Reshuflle Ekspektasi di Balik Kemendikbud Pasca-Reshuflle (19 Okt 2011, 40135 pembaca, 38 respon) Workshop Penguatan Tim Pengembang Kurikulum Provinsi Workshop Penguatan Tim Pengembang Kurikulum Provinsi (07 Okt 2010, 33590 pembaca, 84 respon)

Ada 92 komentar dalam “Jadi Nominator Kompetisi Blog Internasional “The BOBs”?

  1. waw keren banget pak , sebuah karya yang membuahkan hasil yang baik.
    selamat iyah pak semoga sukses selalu dalam blognya dan maju terus pantang mundur berikan karya-karya lainnya yang jauh lebih baik lagi :)
    makasih infomasnya semoga menjadi bermanfaat dan memberi imajinasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>