Peran dan Inovasi XL di Tengah Gelombang Informasi

Kategori Blog Oleh

Memberikan Layanan Setting Internet Otomatis

samsungAbad XXI harus diakui telah melahirkan gelombang informasi yang begitu dahsyat. Arus informasi bisa demikian deras dan cepat mengalir melalui serat-serat piranti teknologi komunikasi serba canggih. Dunia bagaikan perkampungan global. Informasi apa pun bisa demikian cepat diakses dari berbagai belahan dunia. Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi benar-benar telah membuat dunia seolah tanpa batas.

Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi agaknya juga telah memberikan pengaruh besar terhadap pola dan gaya interaksi umat manusia. Jarak dan luas wilayah komunikasi telah menembus batas dimensi ruang dan waktu. Manusia masa kini tak cukup hanya berkomunikasi secara sosial di dunia nyata, tetapi juga telah jauh merambah berinteraksi secara virtual melalui media internet. Tak berlebihan kalau jumlah pengguna internet di dunia meningkat cukup tajam. Sebagai bagian dari masyarakat global, Indonesia pun mengalami fenomena serupa.

Hasil riset MarkPlus Insight yang dirilis oleh Majalah Marketeers –sebagaimana dikutip tekno.kompas.com—menunjukkan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2011 sudah mencapai 55 juta orang. Dari jumlah tersebut, penetrasi mobile Internet di Indonesia mencapai 57 persen. Dari segi jumlah populasi, data dari MarkPlus Insight mengungkapkan bahwa pada tahun 2011 sudah ada 29 juta mobile Internet user di Indonesia. Dengan maraknya gadget baru yang berkembang dan ditunjang pula oleh semakin terjangkaunya harga paket mobile Internet yang ditawarkan oleh operator seluler, angka ini meningkat sebesar hampir 100 persen dari tahun sebelumnya, yaitu 16 juta orang.

Jaringan Luas dan Berkualitas
Di tengah “euforia” penggunaan internet mobile semacam itu, secara jujur mesti diakui, XL merupakan salah satu operator seluler yang memiliki peran besar. Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL merupakan penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions).

Berkat berbagai terobosan dan inovasi yang terus dilakukan, XL telah berperan besar dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat. Animo pengguna internet mobile kian meningkat, sehingga masyarakat menjadi “melek informasi” dan terhindar dari “mitos” gaptek (gagap teknologi). Jaringan XL yang luas dan berkualitas makin memudahkan dan “memanjakan” para pelanggan dalam mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Setting Internet Otomatis
Dalam upaya memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan dalam mengakses informasi, saat ini XL telah mengembangkan inovasinya dalam hal layanan data dan internet. Peningkatan yang dilakukan XL mulai saat ini, antara lain:
Setting Internet Otomatis: kartu XL sekarang sudah dilengkapi dengan fitur setting internet secara otomatis. Pelanggan hanya perlu masukkan kartu XL ke semua handphone atau tablet PC dan bisa langsung terkoneksi ke internet tanpa perlu setting APN, proxy dll. Hal ini saya buktikan ketika saya menggunakan kartu XL di dalam handphone Samsung Galaxy Ace Model GT-S5830 versi Android 2.3.6. Hanya dengan mengaktifkan jaringan data, handphone langsung terkoneksi otomatis dengan internet. Berikut ini screen shot-nya.

XLXL

Kemudahan pelanggan XL dalam memanfaatkan jaringan internet secara otomatis ternyata juga bisa diterapkan untuk handphone yang terbilang “jadul” sekali pun. Hal ini saya buktikan ketika kartu XL saya masukkan ke dalam handphone Nokia 2700 classic. Karena layarnya terlalu kecil untuk internetan, saya gunakan Nokia “jadul” itu sebagai modem. Setelah dicolokkan melalui USB di laptop dengan menggunakan perangkat Nokia PC Suite, XL dengan mudah mendeteksi koneksi internet, tanpa harus melakukan setting APN atau proxy yang rumit dan ribet. Berikut screen shot-nya.

XLXL

Nah, makin terbukti kalau XL memang cocok digunakan untuk internetan dengan menggunakan berbagai jenis handphone.

Layanan Cek Sisa Kuota dan Masa Berlaku Internet: Pelanggan XL bisa melakukan pengecekan sisa kuota layanan data dan masa berlaku internet secara langsung dan real time dengan tiga cara, yaitu:

  1. SMS : ketik KUOTA kirim ke 868.
  2. UMB (Ussd Menu Browser): tekan *123# di handset pelanggan, pilih pengaturan internet kemudian pilih cek kuota;
  3. Web/WAP: masuk ke browser dan ketik alamat url http://xl.co.id. Layanan ini tanpa perlu login.

Berikut ini beberapa screen shot-nya!

XLXL
XLXL

Kemudahan pelanggan dalam melakukan pengecekan sisa kuota layanan data dan masa berlakunya koneksi internet, tentu akan sangat dipertimbangkan oleh pengguna operator seluler jenis apa pun. Kemudahan pengecekan sisa kuota bisa membuat pelanggan lebih nyaman dalam berselancar di dunia virtual, sehingga online bisa dilakukan setiap saat, tanpa dihinggapi rasa khawatir apabila tuntutan menggunakan internet menjadi sebuah kebutuhan. Berbagai kemudahan itu bisa kita dapatkan melalui XL.

Ya, ya, ya, @xl123 memang oke. Selain koneksi internet otomatis dan cek sisa kuota real time, pulsa juga irit banget. #XlaluBerbagi. ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

27 Comments

  1. as. pa mautanya sy baru membeli samsung galaxy s5 sy coba kartu xl axianta tapi tidak konek terus …klw sms bisa , tlp tidak bisa…. sy coba pakai kartu yg lain semuanya bisa… cuma pakai kartu xl saja yg ga bisa .. mohon informasinya dan solusinya trimakasih atas bantuannya

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top