Home » Blog » Dukungan XL terhadap Pengembangan Games Lokal Indonesia

Dukungan XL terhadap Pengembangan Games Lokal Indonesia

Luncurkan KotaGames, Social Games Berbasis WAP

Siapa bilang pengembang games Indonesia tidak bisa bersaing dengan pengembang asing? Siapa pula yang bilang kalau games-games lokal bermutu rendah? Lihat saja games-games lokal yang bertaburan di dunia virtual. Karya-karya mereka bisa dibilang kreatif, inovatif, sekaligus imajinatif, yang sanggup “memanjakan” naluri bermain para gamer. Sebagai bentuk apresiasi, support, dan optimalisasi potensi para pengembang game lokal, PT XL Axiata Tbk (XL) tidak ragu untuk merangkul dan membantu memaksimalkan potensi mereka sehingga mampu ikut menikmati kejayaan industri kreatif yang diprediksi akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. Saat ini, sudah ada lima pengembang games lokal yang bekerjasama dengan XL dan  akan terus bertambah.

Dian Siswarini, Direktur Teknologi, content, and New Business, menyatakan bahwa XL melihat peluang yang sangat besar pada bisnis layanan games. Setidaknya saat ini di Indonesia terdapat sekitar 40 juta pengguna facebook, 20 juta FB gamers, belum lagi mobile game dan online game. Pada sisi yang lain, Indonesia juga memiliki potensi pengembang games yang cukup besar, bahkan prestasinya cukup dikenal di luar negeri. Ditegaskan lebih lanjut, XL membuka diri untuk bekerjasama dengan sebanyak mungkin pengembang games lokal yang potensial. XL akan membantu mereka me-monetize karya mereka dengan memanfaatkan jaringan XL, termasuk juga menjembatani transaksi antara publisher/CP dengan pengguna games/on line games.

Saat ini, partner layanan games yang bekerjasama dengan XL, antara lain tiga top game publisher yaitu EA, Gameloft, dan Squarenix. Sementara itu, partner lokal, antara lain Toge Production, Agathe, Gamemachi, dan Credoland. Tidak lama lagi, ratusan games produk/karya pengembang lokal bisa didapatkan pelanggan XL. Toge Production memiliki Necronator 2, Planetaryconflict, NFECTONATOR (yang mendapat award internasional), Agathe (al. Football Saga, dan Nyanyi Yuk – banyak meraih penghargaan), Gamemachi (al. WAP game GameMachi), dan Credoland (al. Games anak Credoland).

Peluncuran KotaGames
kotagamesSebagai wujud keseriusan dalam memberikan apresiasi, support, dan optimalisasi potensi para pengembang game lokal, XL telah meluncurkan KotaGames, yaitu Social Games berbasis WAP yang di dalamnya terdapat banyak Games, seperti oxter Fight, Club Wars, dan sebagainya. Disebut sebagai Social Games karena pengguna bisa bermain dengan pemain lain dan meng-update ke account Facebook atau Twitter. Saat ini ada enam games di KotaGames dan terus akan bertambah. Untuk mengakses layanan ini, pelanggan cukup mengakses http://m.kotagames.com melalui browser hape atau melalui code akses khusus pengguna XL dengan ketik *123*5888#.

Hanya dengan membayar Rp550 (sudah termasuk PPN), pelanggan XL bisa menikmati game-game menarik dalam KotaGames selama 24 jam sehari dan sudah termasuk akan mendapatkan akses free GPRS ketika mengakses KotaGames, plus mendapatkan 1.000 Kgold. Kgold adalah mata uang (virtual credits) yang ada di dalam KotaGames yang berguna untuk membeli virtual items untuk pengembangan karakter/tokoh yang dimainkan. Layanan KotaGames dapat diakses melalui operator lain, tetapi fitur seperti penukaran pulsa telepon dengan Kgold atau virtual credit dan Tariff Hemat RP550 hanya tersedia bagi pelanggan XL. Tarif yang dikenakan bukan merupakan tarif berlangganan.

Pelanggan mulai bisa mengakses KotaGames sejak Februari 2012. Sudah ada lebih dari 50 ribu pelanggan XL yang memainkannya. KotaGames memang menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk bermain games karena tidak memerlukan download ataupun instalasi apa pun. Karena KotaGames tidak mengenakan mekanisme berlangganan, maka tidak perlu melakukan UNREG apabila tidak ingin menikmati layanan ini lagi. Syarat dan ketentuan mengenai layanan ini bisa didapatkan melalui http://m.kotagames.com.

Tentang XL
XLXL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand), dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Dukungan XL terhadap Pengembangan Games Lokal Indonesia" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (27 Maret 2012 @ 23:33) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 34 komentar dalam “Dukungan XL terhadap Pengembangan Games Lokal Indonesia

  1. Senang banget liat perkembangan game di Indonesia.. Untuk saat ini, kalau dilihat Bandung masih jadi basis game developer paling banyak yah di Indonesia. Sebut saja beberapa game seperti Dreadout dan Nusantara Online (walaupun gagal hehe)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *