Home » Blog » Plugin Sopa Blackout untuk Platform WordPress

Plugin Sopa Blackout untuk Platform WordPress

Rabu, 18 Januari 2012, bisa dibilang sebagai momen bersejarah dalam dinamika dunia virtual. Pada tanggal tersebut berbagai situs besar melakukan aksi “blackout” sebagai bentuk perlawanan terhadap Kongres Amerika yang tengah membahas RUU Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intelectual Property Act (PIPA). Dampaknya ternyata luar biasa. Gerakan masif semacam itu ternyata mampu merontokkan “nyali” para anggota senat Negeri Paman Sam, sehingga pembahasan RUU tersebut urung dilanjutkan.

anti-sopa

Plugin Stop SOPA by Zachary

Sebagai platform web/blog dengan jutaan pengguna, wordpress agaknya juga tidak main-main dalam melakukan perlawanan terhadap RUU Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intelectual Property Act (PIPA). Sungguh akan menjadi “petaka” besar bagi masa depan dunia virtual kalau RUU yang amat represif ini benar-benar disahkan. Meski saat ini sudah diputuskan oleh parlemen Amerika untuk ditunda, tak seorang pun yang bisa memberikan jaminan bahwa ancaman sensor dari tangan-tangan “jahat” yang memiliki kepentingan politik tertentu benar-benar akan steril. Dalam konteks demikian, tidak berlebihan apabila wordpress terus melakukan gerakan masif untuk melawan “kebrutalan” terhadap kebebasan informasi dan pengetahuan itu.

Untuk mendukung gerakan anti-SOPA/PIPA dan mengantisipasi ancaman sensor, wordpress ternyata telah menyediakan beberapa plugin yang bisa diinstall dan diaktifkan di dalam mesin situs kita. Sayangnya, saya termasuk terlambat dalam meng-update informasi ini. Berikut beberapa plugin yang telah disediakan oleh wordpress.

RePress
Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghindari sensor internet dari ulah “rezim” represif  dunia maya melalui lalu lintas proxy.

SOPA censured intro page
Plugin ini memungkinkan Anda untuk menayangkan halaman kecaman terhadap “rezim” Sopa sebagai bentuk perlawanan terhadap upaya “kekerasan” dan “kebrutalan” dunia virtual melalui sensor internet.

Stop Censorship Ribbon
Plugin ini membantu Anda untuk mendukung gerakan anti-sensor Amerika terhadap web/blog dengan menempatkan pita “Stop Censorship” di halaman web/blog.

Stop SOPA by Zachary
Plugin ini membantu Anda untuk mengatur semua halaman web/blog untuk mempertahankan gerakan ‘Stop SOPA’.

Go Dark
Plugin yang SEO-Friendly ini memungkinkan website Anda berada dalam status ‘Go Dark’ sebagai bentuk protes terhadap RUU SOPA / PIPA.

SOPA Strike
Plugin ini memungkinkan web/blog Anda secara otomatis akan di-redirect ke homepage http://sopastrike.com, terutama pada hari Rabu, 18 Januari 2012.

SOPA Blackout Plugin
Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur tanggal dukungan terhadap gerakan Anti-SOPA yang didesain secara SEO friendly dengan beberapa pilihan yang memudahkan untuk mengkonfigurasi frekwensi penayangan.

SOPA Blackout for WordPress
Plugin ini membantu Anda untuk menunjukkan dukungan terhadap Hari Blackout Sopa.

Stop SOPA Widget
Plugin ini akan menambahkan sebuah widget baru yang akan menampilkan “tab” informasi dan kesadaran terhadap pentingnya gerakan anti-SOPA/PIPA.

Stop SOPA
Plugin ini menambahkan box berisi protes kecil terhadap RUU SOPA/PIPA dan mengarahkan web /blog ke “Blackout Day” pada tanggal 18 Januari 2012.

CENSOR ME
Plugin ini mengarahkan web/blog Anda untuk bergabung dengan situs-situs lainnya dalam memprotes RUU SOPA/PIPA yang tengah dibahas oleh Kongres AS.

Stop SOPA and PIPA Plugin
Plugin ini dikembangkan untuk me-redirect lalu lintas anti-SOPA/PIPA masuk ke web/blog Anda demi melindungi hak para pemegang akun dalam menyuarakan kebebasan berekspresi.

Simple Stop Sopa
Plugin ini akan menyensor web/blog Anda pada 18 Januari 2012 (pukul 08:00 dan 20:00 WIB) sebagai bentuk protes terhadap RUU SOPA dan PIPA.

SOPA Blackout
Plugin ini menambahkan 503 halaman status dan disesuaikan dengan web/blog Anda secara otomatis untuk bergabung dalam aksi webblackout pada tanggal 18 Januari 2012.

Stop SOPA Ribbon
Plugin ini membantu Anda untuk ikut serta berperan dalam menghentikan sensor Amerika dengan menempatkan pita “Stop Sopa” pada halaman web/blog.

Plugin selengkapnya bisa disimak di sini! Semoga gerakan masif semacam ini makin menyadarkan nurani para elit pengambil kebijakan “politik” negeri Paman Sam bahwa upaya membelenggu kebebasan informasi hanyalah sebuah kesia-siaan belaka. ***

 

tentang blog iniTulisan berjudul "Plugin Sopa Blackout untuk Platform WordPress" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (24 Januari 2012 @ 04:12) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 60 komentar dalam “Plugin Sopa Blackout untuk Platform WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *