30May 2009 72 Comments
Sang Togog yang Terkebiri dan Terpinggirkan
Dalam jagad pakeliran wayang purwa, nama Togog sudah cukup dikenal. Dia digambarkan sebagai sosok bermata juling, hidung pesek, mulut lebar dan ndower, tak bergigi, kepala botak, rambut hanya sedikit di tengkuk, bergelang, berkeris, bersuara bass. Pada setiap lakon, dia “ditakdirkan” untuk mendampingi majikan berhati congkak, keras kepala, mau menang sendiri, hipokrit, otoriter, dan antidemokrasi. Suara-suara bijak dan pesan-pesan moralnya (nyaris) tak pernah didengar, sehingga dia ikut tercitrakan sebagai tokoh berwatak jahat. Nasib Togog memang tak seberuntung Semar meski sama-sama merupakan cucu Sanghyang Wenang.
Konon, pada zaman kadewatan diceritakan Sanghyang Wenang mengadakan sayembara untuk memilih penguasa kahyangan dari ketiga cucunya, yaitu Bathara Antaga (Togog), Bathara Ismaya (Semar), dan Bathara Manikmaya (Bathara Guru). Barang siapa yang dapat menelan bulat-bulat dan sanggup memuntahkan kembali gunung Jamurdipa, dialah yang akan terpilih menjadi penguasa Kahyangan.
Sayembara pun digelar. Pada giliran pertama, Bathara Antaga (Togog) mencoba untuk melakukannya, tetapi apa yang terjadi? Togog gagal menelan gunung Jamurdipa. Mulutnya pun robek sehingga jadi dower. Giliran berikutnya adalah Bathara Ismaya (Semar). Gunung Jamurdipa memang dapat ditelan bulat-bulat, tetapi gagal dimuntahkan, sehingga perut Semar membuncit karena ada gunung di dalamnya. Karena sarana sayembara sudah musnah ditelan semar, maka yang berhak memenangkan sayembara dan diangkat menjadi penguasa kadewatan adalah Sang Hyang Manikmaya atau Bathara Guru, cucu bungsu dari Sang Hyang Wenang. Adapun Bathara Antaga (Togog) dan Bathara Ismaya (Semar) akhirnya diutus turun ke marcapada (dunia manusia) untuk menjadi penasihat dan pamong pembisik makna sejati kehidupan dan kebajikan pada manusia. Syahdan, Semar dipilih sebagai pamong untuk para ksatria berwatak baik (pandawa), sedangkan Togog diutus sebagai pamong untuk para ksatria dengan watak buruk.
Begitulah “takdir” yang mesti dijalani Togog. Dari masa ke masa, dia terus mendampingi kaum aristokrat berwatak culas dan berhati busuk. Namun, kehadirannya hanya sekadar jadi pelengkap penderita. Dia selalu gagal membisikkan suara-suara kebajikan ke dalam gendang nurani junjungannya. Angkara murka jalan terus, watak ber budi bawa laksana pun hanya terapung-apung dalam bentangan jargon dan slogan. Togog merasa telah gagal mewujudkan sosok ksatria pinunjul, arif, santun, bersih, dan berwibawa.
***
Haruskah Sang Togog kita jadikan sebagai analogi dalam kehidupan Indonesia kontemporer ketika banyak suara kebajikan dan kearifan yang terpinggirkan? Kalau memang benar, apakah suara-suara kearifan dan kebijakan yang terpinggirkan itu harus dimaknai sebagai “takdir” yang mesti dijalani bangsa dan negeri ini?
Hmmm …. Kalau kita mau jujur, togogisasi –istilah untuk menggambarkan pembungkaman suara-suara kritis– itu sesungguhnya sudah lama muncul sebagai gejala sosial akut di negeri ini. Lihat saja pemasungan hak-hak bersuara dan berpendapat yang berlangsung sejak rezim Orde Baru bertahta. Pemasungan hak-hak publik semacam itu tak jarang ditingkah ulah represif dengan berusaha menyingkirkan orang-orang yang dianggap kritis itu. Mungkin sudah tak terhitung sosok-sosok kritis yang harus mendekam di penjara, diculik, dan disakiti, hingga akhirnya suara kritis mereka benar-benar hilang dan tak bergema lagi.
Togogisasi itu pun ditengarai juga masih berlangsung hingga kini meski kran kebebasan bersuara dan berpendapat dibuka lebar-lebar setelah era reformasi bergulir. Konon yang jadi sasaran adalah kaum kelas menengah yang dinilai memiliki peran besar dalam menggerakkan “bandul” demokrasi. Kaum kelas menengah ini bisa berasal dari kalangan mahasiswa, organisasi kepemudaan, kaum intelektual, pakar, pengamat, atau organisasi-organisasi sosial yang lain. Peran mereka sengaja dikebiri dan diabaikan agar suara-suara kritis yang muncul gagal menembus jantung nurani rakyat. Maka, yang terjadi kemudian adalah otoritarianisme berselubung reformasi. Demokrasi tampak dipuja dan diagung-agungkan, tetapi sesungguhnya konon yang terjadi adalah pembunuhan secara sistemik dan terencana agar nilai-nilai demokrasi tak lagi membumi. Isu mutakhir yang muncul adalah penghilangan hak suara rakyat dalam Pileg beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan catatan Kompas (29 Mei 2009), ada 49.677.076 orang (29,01% dari DPT) yang kehilangan hak suaranya.
Berdasarkan fenomena ini agaknya sulit untuk tidak menjadikan Sang Togog sebagai analogi untuk menggambarkan buramnya potret demokrasi di negeri ini. Meski demikian, kita tetap berharap bahwa Sang Togog yang terpinggirkan dan terabaikan itu bukan sebagai “takdir” yang mesti dijalani bangsa dan negeri ini. Nah, bagaimana? ***
Tulisan lain yang berkaitan:
Tulisan berjudul "Sang Togog yang Terkebiri dan Terpinggirkan" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (30 May 2009 @ 20:45) pada kategori Budaya, Politik, Refleksi dan telah dikunjungi oleh . Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0. Anda juga dapat ikut serta memberikan respon atau memberikan trackback dari web atau blog Anda. Jika tertarik dengan tulisan ini, silakan di-share/bookmark melalui jejaring berikut ini:













Aug 23, 2011 @ 13:59:11
terus lah
semangat
untuk bisa hadir kembali
togog…:)
Catatan Sawali Tuhusetya
Nov 02, 2010 @ 15:06:49
[...] suara-suara kritis itu benar-benar telah diperlakukan bagaikan suara “Togog” yang terkebiri dan terabaikan. Yang menggema kemudian adalah suara Mbilung yang terus membujuk agar kecurangan dan tindakan bodoh [...]
Aug 23, 2010 @ 15:58:13
Pa Suhuteya,
Saya orang timur yang sedang menulis wayang, boleh minta pendapatnya ? Fokusnya soal kepemimpinan Jawa dan Manusia Jawa.
Pengaruh wayang terhadap kepemimpinan Jawa, dan manusia Jawa ?
Watak kepemmpinan yang seperti apa yang menonjol ?
Wayang suatu ajaran moral yang luhur, tapi mengapa tidak/belum tercermin dari praktek kepemimpinan dan kehidupan manusia Jawa ?
Apakah wayang sudah diambang senja oleh globalisasi ?
Pak, terimakasih banyak bila bersedia menjawab…
Sep 04, 2010 @ 19:31:36
Buat Sdr. Anton Ratumakin: terima kasih atas apresiasinya, mas anton. wayang memiliki kandungan ajaran oral secara simbolik. implementasinya secara nyata memang bukan hal yang mudah. dibutuhkan sosok pemimpin yang benar2 berkarakter, berintegritas, dan berkepribadian yang kuat. ada banyak faktor mengapa konsepk kepemimpinan dalam wayang sulit diaplikasikan, misalnya ttg ajaran asthabrata. bisa jadi lantaran tokoh2 elite kita memiliki banyak kepentingan sehingga sulit mengaplikasikan ajaran luhur itu dalam praktik kepempimpinan.
Catatan Sawali Tuhusetya
Jul 17, 2010 @ 20:03:18
[...] pemahaman awam saya, kasus ini bisa jadi mengindikasikan terjadinya “togogisasi” di atas panggung sosial negeri ini. Suara-suara kritis yang ingin menyampaikan kebenaran berusaha [...]
Jun 15, 2009 @ 11:30:31
hehehe.. kalau semakin di fikir.. entah mau jadi apa kita semua.. nyang atas sibuk dengan nafsunya.. nyang di bawah habis dimakan angan angan melambung sampai jiwa kurus kering.. entahlah
.-= Baca juga tulisan terbaru KangBoed berjudul BENTUK dan MAKNA =-.
Jun 15, 2009 @ 13:21:31
@KangBoed,
utk memberdayakan masyarakat sipil ndak perlu dipikir kok kangboed, hehehe … yang penting dilaksanakan, haks.
Dukungan Moral buat Bu Prita Mulyasari | Pojok Sastra
Jun 04, 2009 @ 02:40:37
[...] pemahaman awam saya, kasus ini bisa jadi mengindikasikan terjadinya “togogisasi” di atas panggung sosial negeri ini. Suara-suara kritis yang ingin menyampaikan kebenaran berusaha [...]
Jun 03, 2009 @ 13:50:42
anu pakde guru… sanepan yang muncul di kehidupan nyata pak guru
Jun 04, 2009 @ 00:37:17
konon kata mereka yang ndak gaptek soal wayang, wayang merupakan bayangan yang bisa digunakan sbg cermin kehidupan nyata, mas wung, keke ………
Jun 03, 2009 @ 09:18:41
pak sawali, saya mendapat pelajaran dan informasi yang banyak mengenai dunia pewayangan dan filosofinya dari tulisan ini. ternyata wayang serta kehidupan para tokohnya sungguh banyak dijadikan analogi dalam kehidupan kontemporer saat ini.
akankah togog menjadi takdir kehidupan demokrasi bangsa kita? nauzubillahi min dzalik. mudah-mudahan dengan adanya jargon togogisasi mengingatkan kita untuk berupaya menghindarinya.
Baca juga tulisan terbaru marshmallow berjudul Concept of Heaven
Jun 04, 2009 @ 00:29:21
iya, mbak yulfi, dalam dunia pewayangan, togog memang digambarkan sbg tokoh yang selalu gagal mengarahkan dan menasihati junjungannya agar berjalan di jalur yang lurus. itulah simbol gagalnya suara2 kritis dalam menyikapi kebijakan penguasa yang dinilai tidak benar.
Jun 03, 2009 @ 00:04:59
Ilustrasi yang sangat menarik tentang “togog” ..baru ngerti cerita togog sebenarnya..
tapi kadang sy juga bingung lho pak..kadang kalau atasnnya nggak bisa di beri pengarahan..maka dia jg akan menjerumuskan..
benar sekali kata mas “penggemar berat sawali tuhusetya”
wah kok jadi ngelantur
Baca juga tulisan terbaru Diah berjudul Senengnya Putraku-Makan Tebu
Jun 03, 2009 @ 01:02:07
@Diah,
hehe … situasi yang makin rumit dan kompleks, biasanya akan memunculkan tokoh2 yang serba tak terduga, mbak. setelah togog gagal mengingatkan majikannya, biasanya akan muncul sosok semacam mbilung yang terus menjerumuskan sang majikan utk makin pongah dan arogan.
Jun 02, 2009 @ 06:08:14
Saya malah tertarik membandingkan analogi togog, semar dan btara guru dengan tiga capres kita, Pak
Siapa yang akan ndower tapi dibuang, siapa yang akan jadi si buncit dan dibuang juga dan siapa yang sok ‘kemresik’ tapi malah jadi penguasa? Heheheh…
Baca juga tulisan terbaru DV berjudul Gereja St Brigid Marrickville
Jun 03, 2009 @ 01:00:20
@DV,
hehe … itu penafsiran mas donny, loh, ya, kekeke …. kalau boleh dianalogikan, apakah gunung jamurdipa itu identik dg Indonesia, mas?
Jun 01, 2009 @ 19:49:11
sebenarnya Togog tak pernah gagal menjalankan fungsi dan perannya…
ketika para ksatria kegelapan tak lagi bisa diingatkan, maka tugas Togog adalah mendorong untuk mempercepat keangkaramurkaan menuju kebinasaan…
maka Togog akan memprovokasi momongannya untuk mengambil langkah2 yang akan menjerumuskan dirinya sendiri ke dalam jurang kebinasaan…
dalam bahasa sederhana…, tidak bisa dibina ya dibinasakan…
Baca juga tulisan terbaru penggemar berat sawali tuhusetya berjudul Neolib -Neoliberalisme-
Jun 03, 2009 @ 00:59:02
@penggemar berat sawali tuhusetya,
hehe … bisa jadi begitu, mas itempoeti. dan biasanya kalau togog gagal, mbilunglah yang berperan.
Jun 01, 2009 @ 18:08:31
Kalo saya lihat sekarang ndak nguntal gunung pak, tapi ngntal semen, aspal, ya yang itu- itu… trus kalo gt termasuk apa ya tokoh yang seperti begitu pak?? duh.:)
Baca juga tulisan terbaru Novianto berjudul Kisah perjalanan hidup
Jun 03, 2009 @ 00:58:07
@Novianto,
hehehe … itu kan tokoh koruptor, mas novi, hehe … bener, ndak?
Jun 01, 2009 @ 12:49:52
Oh ya sejarah itu bukan ditentukan oleh orang besar, tapi digerakkan oleh banyak orang kecil bersama
Baca juga tulisan terbaru tengkuputeh berjudul WASIAT HANG TUAH
Jun 01, 2009 @ 15:24:07
sepakat, mas tengku. sesungguhnya kekuatan kolektif wong cilik seperti itulah yang akan memiliki pengaruh dan kekuatan besar dalam membangun sejarah negerinya.
Jun 01, 2009 @ 12:49:04
Setiap individu, punya peranan. Begitupun si Togog yang kerap dilupakan dari main road cerita ….
Baca juga tulisan terbaru tengkuputeh berjudul WASIAT HANG TUAH
Jun 01, 2009 @ 15:23:03
semoga saja ndak ada kesengajaan utk melakukan togogisasi secara sistematis, mas tengku.
Jun 01, 2009 @ 11:44:55
wah benar, saya ikut prihatin dengan ini, menjadi pengikut togok mungkin enak bagi para pemimpin negeri ini kali ya?
Jun 01, 2009 @ 15:22:20
hmmm… malah banyak orang yang di-togog-kan, kok, mas, bukan sekadar jadi pengikut, hehe ..
Jun 01, 2009 @ 11:31:11
saya suka istilah “togoisasi”. sangat kontekstual, pak. ada sejumlah penulis yg mencoba menulis ulang kisah2 wayang dg sudut pandang yg berbeda. kalo tak salah, “Kita Omong Kosong”-nya SGA adalah novel yg diklaim sbg catatan harian Togog. he2. sayang sy blm habis baca buku itu. apakah Togog jadi tokoh penting ato tak, sy blm tahu.
Baca juga tulisan terbaru haris berjudul Manunggaling Musik dan Gosip
Jun 01, 2009 @ 15:21:28
karya SGA memang banya mengambil mitos dari dunia pewayangan, mas haris. saya juga suka karya2 seno. sayangnya tidak semua karyanya bisa saya ikuti.
Jun 01, 2009 @ 07:36:24
hehehe.. beneeeeeer tuuh.. paaaaas sekali.. sekarang ini ya begini ini carut marut benang kusut..
Salam Sayang
Baca juga tulisan terbaru KangBoed berjudul Krisis Multi Dimensi
Jun 01, 2009 @ 15:19:39
mungkin memang harus seperti itulah dinamika yang mesti dijalani negeri ini, kangboed, hehe …
Jun 01, 2009 @ 04:08:39
Togog kui mbiyen kan Yanto Begog to pak, jago ngeblog lho
Baca juga tulisan terbaru CSDW berjudul Kenapa FB di hujat?
Jun 01, 2009 @ 15:18:43
yanto begog kuwi sapa, pak wandi? hehe …
Jun 02, 2009 @ 18:25:10
@CSDW, mas wandi, kapan2 kopdaran bareng ke kendal, sampeyan tak ampiri ke mbanyuringin po? hihi
Baca juga tulisan terbaru Andy MSE berjudul Nilai Tinggi, Harga Mati
May 31, 2009 @ 21:23:33
ketika togog menuai kegagalan, semar juga menuai bencana, manikmaya menikmati kejayaan…
analogi pak sawali bener, togogisasi negeri ini telah mulai akut, atau memang ini jamannya togog berkuasa, sedangkan semar terpinggirkan dan manikmaya tidak berkutik karena dia hanya meraih kejayaan karena kabegjan semata???
Baca juga tulisan terbaru ciwir berjudul Museum Haji Widayat
Jun 01, 2009 @ 15:17:14
walah, sebenarnya petuah2 togog itu kan utk mencegah kezaliman yang dilakukan oleh majikannya, mas santri, tapi togog selalu gagal karena majikannya memang berhati culas dan jahat.
Jun 02, 2009 @ 18:24:25
@ciwir, mas santri memang moy!…
Baca juga tulisan terbaru Andy MSE berjudul Nilai Tinggi, Harga Mati
May 31, 2009 @ 19:50:55
kayaknya penguasa-penguasa negeri ini lebih banyak yang jadi pengikut togok karena menjadi pengikut togok barangkali lebih nikmat.
Baca juga tulisan terbaru endar berjudul Setting Smart Modem di Ubuntu 8.10
Jun 01, 2009 @ 15:15:52
pengikut togog? hmmm … justru malah banyak kaum menengah yang di-togog-kan kok mas endar, hehe …
May 31, 2009 @ 18:24:36
Saya masih kepikiran yang menelan gunung bulat2 dan tak keluar…
_____
pak sawali is the best….
Jun 01, 2009 @ 15:15:02
dia kan memang semar, mas ircham? hehe … memangnya siapa?
May 31, 2009 @ 14:12:40
Masih bagusan di wayang kalau begitu, ada Togog.
Saya komentar pendek saja ya, Pak. Mau pergi nih.
Jun 01, 2009 @ 15:14:07
hehe .. lagi sibuk, ya, mas arif, hehe …
May 31, 2009 @ 13:46:03
Lho, avatar saya kok g muncul yah??
Baca juga tulisan terbaru Adi berjudul Launching STANFocus.com
Jun 01, 2009 @ 15:13:42
mungkin alamat emailnya yang ndak bener, mas adi.
May 31, 2009 @ 13:41:31
Hm, gitu toh cerita Togog dan Semar
Jadi inget omongannya Larry King, orang cenderung ingin didengarkan ketimbang mendengarkan. Apa ada hubungannya ya Pak?
Klo dulu emang dibungkam, klo sekarang malah berlomba-lomba ngomong kenceng biar dia yang didengerin suaranya…
Baca juga tulisan terbaru Adi berjudul Launching STANFocus.com
Jun 01, 2009 @ 15:13:05
memang benar, mas adi. kayaknya di negeri ini masih jarang orang yang mau menjadi pendengar yang baik. mereka berlomba2 utk jadi orator, hehe …
May 31, 2009 @ 10:21:46
Yah…abisnya mau bagaimana lagi hehehehe
——————————————
Butuh tempat buat menaruh link artikel/blog anda?
gunakan Klipping untuk menyebarluaskan artikel blog anda.
Jun 01, 2009 @ 15:04:39
wah, makasih banget infonya, mas.
May 31, 2009 @ 09:49:43
togog itu dalam bhs bali artinya boneka. casualcutie juga bingung, takdir apa ga ya???
Baca juga tulisan terbaru casual cutie berjudul Flora by Gucci
Jun 01, 2009 @ 15:04:12
wow… kalau dalam bahasa bali, togog itu berarti boneka? hmmm … bisa jadi togog memang diperankan sbg boneka para aristokrat, mbak cutie, hehe …
May 31, 2009 @ 07:28:02
Berkunjung lagi nih pak, mantap artikelnya, tapi saya kurang paham dengan cerita pewayangan pak
maafkan saya
Baca juga tulisan terbaru Taktiku berjudul Pertarungan yang Dramatis
Jun 01, 2009 @ 15:03:01
hehe … makasih, mas dendi. cerita wayang memang banyak kandungan filsafatnya, mas. tapi sesungguhnya kisah seperti ini dimiliki hampir setiap daerah, kok.
May 31, 2009 @ 06:44:58
wah, seperti biasa, artikel pak sawali memang mantab…..
Jun 01, 2009 @ 14:54:18
walah, biasa saja kok, mas azis, hehe … jangan berlebihan!
May 31, 2009 @ 05:49:12
Pejabat saiki yo akeh sing nguntal Gunung Jamurdipa, nanging ora nganggo cangkem…
Nguntale lewat rekening…
Cangkeme ora ndower, wetenge ora mblendhuk…
Rekeninge sing methentheng…
(Rekeningku rak tambah2, kabare sertifikasi metu maneh tapi isu dowang)
Baca juga tulisan terbaru marsudiyanto berjudul Gelang
Jun 01, 2009 @ 14:53:54
walah, saya malah ndak pernah sempat ke bank, pak mar, hehe …
May 31, 2009 @ 05:30:09
jangan-jangan negeri ini hanyalah negeri kopong yang seakan-akan berisi namun kepemilikkannya adalah serangkaian angka-angka investasi para pemodal. yang satu-persatu memang sengaja dijual hanya dikarenakan perut-perut rakus yang tidak ingin meratakan kesejahteraan bersama dengan aset yang sebenarnya sudah dimiliki negeri ini. dan apakah itu menjadi penyebab pembungkaman baik dengan jalan bogem mentah sampai oprekkan kebijakan menjadi agenda rangkap dua yang harus dan wajibkan dilaksanakan sesuai perintah? hmmm ironi dung?
Baca juga tulisan terbaru senoaji berjudul Mungkin pohon Matoa di Kebun Binatang itu telah berganti ubin dan batu. Namun akarnya takkan lupa bersaksi bahwa kecupan mesraku setulus ucapanku.
Jun 01, 2009 @ 14:53:17
memang ironis, mas seno. hidup di sebuah negeri yang konon mengagung-agungkan nilai demokrasi, tapi kelompok kritis dibungkam dan dikebiri. repot!
May 31, 2009 @ 01:21:13
Demos oh demosss
Kratoss oh kratoosss
Baca juga tulisan terbaru bima berjudul Anak Kecil yang Tersesat IV
Jun 01, 2009 @ 14:52:13
hehe … itu asal kata demokrasi itu, ya, mas bim?
May 31, 2009 @ 01:01:16
ndak bisa komen nieh pak, aku cuman terkesima, mpe mikir2 sendiri tentang tulisan ini, bener2 sastrawan sejati pak sawali ini.
Baca juga tulisan terbaru hendra berjudul Naruto Shippuden The Movie 2 – Bonds (Eng – Sub)
Jun 01, 2009 @ 14:51:46
walah, mas hendra sukanya berlebihan, hehe … biasa saja kok!
May 31, 2009 @ 00:19:55
jalan2 ke rumah pak sawali jadi nemu artikel yg nyambung dgn artikel saia (promosi mode : on
)
keknya kira2 siapa yah togognya indonesia?? menurutku sih…gusdur kadang bisa berperan sbg togog sekaligus semar…kadang bisa dipihak yg baik dan bisa dipihak yg jahat…. tapi togog dan semar keduanya adalah penjelmaan dewa dlm arti org yg soleh….
Baca juga tulisan terbaru m4stono berjudul Garing Gareng Garong
Jun 01, 2009 @ 14:51:03
hehehe … kok bisa toh, mas tono, hiks. kalau dilihat gejala yang tampak sih, mereka yang ditgogokkan adalah kaum2 kelas menengah yang memang dikenal sangat kritis dalam mengawal setiap dinamika kehidupan berbangs adan bernegara.
May 31, 2009 @ 00:17:04
saya absen dulu aja pak he..he..
Baca juga tulisan terbaru arifudin berjudul PAKAIAN PDH SAKA WANABAKTI KWARCAB PONOROGO
Jun 01, 2009 @ 14:49:37
hehe … silakan, mas arif, matur nuwun.
May 30, 2009 @ 23:42:14
golongan tengah itu adalah masyarakat sipil, yang memang sedang dikebiri dan kadang malah tergencet oleh kelicikan diatasnya plus bodoh bercampur oportunis dibawahnya…, semoga kekuatan masyarakat sipil ini masih memiliki enduro yang bagus sehingga dapat memberikan pengaruh bagi atas dan bawah, dalam hal ini memang keahlian dalam merekonstruksi dan merekayasa sosial masih lebih pintar semar yang masih bisa menelan ilmu yang pintar, meskipun diperlakukan laksana togog namun seharusnya bekal yang ada tetap digunakan agar menjadi semar…
Jun 01, 2009 @ 14:49:18
seharusnya kelas menengah memang bisa mengambil peran yang lebih berarti dalam mengawal demokrasi, mas surya. sayangnya, mereka secara sistematis memang sengaja di-togog-kan. baru bisa menjadi semar kalau para aristokrat culas dan busuk bisa didaur-ulang menjadi sosok yang berjiwa besar.
May 30, 2009 @ 23:40:09
Paling tidak Togog selalu mendapat peran untuk menasehati, walau ujung-ujungnya tidak didengar.
Saya selalu merasa kasihan dengan nasib tokoh pinggiran semacam Sarawita/Mbilung. Nggak dapat apa-apa sama sekali. Jatah berbicara/menasehati pun tidak. Yang adanya selalu dikalahkan punakawan Pandawa terus. Benar-benar cerminan rakyat jelata yang tak berdaya.
Jun 01, 2009 @ 14:47:05
hehe … bisa jadi nasib togog memang harus seperti itu, mas gun. mbilung pun hampir2 tak dapat banyak berperan. peran maksimal yang bisa dilakukan adalah utk menguatkan karakter culas yang dilakukan sang majikan, hehe …
May 30, 2009 @ 21:18:47
Pertamax….
Yups..betul bgt tuh pak…
salam kenal ya pak…
Baca juga tulisan terbaru osin berjudul FriendFrinder Paid To Get Joiners Dapatkan $1 – $2 Hanya Dengan Mengajak Orang Join (GRATIS) !!
Jun 01, 2009 @ 14:44:43
salam kenal juga, mas osin, makaih kunjungan dan komentarnya.