Home » Blog » Nofollow Free: Plugin yang Ramah kepada Pengunjung

Nofollow Free: Plugin yang Ramah kepada Pengunjung

badgeJika kita browsing sejenak dan memasukkan kata kunci “plugin nofollow free” ke search engine, maka kita dengan mudah akan menemukan banyak review yang berkaitan dengan plugin wordpress yang satu ini. Kelebihan plugin ini, dalam pemahaman awam saya, akan membebaskan rell nofollow yang selama ini dinilai menjadi “penghambat” keramahan sebuah blog. Dengan terbebasnya rell nofollow, komentar pengunjung akan terindeks bersama postingan yang dikomentari sehingga bisa ikut nampang di search engine. Memang, sebagian bloger masih ragu untuk membebaskan rell nofollow ini. Konon google sangat tidak menyukainya. Mohon dikoreksi kalau salah, haks.

Sesuai dengan visi *halah* ngeblog yang ingin membangun semangat berbagi dan bersilaturahmi lewat dunia maya, keramahan kepada pengunjung, bagi saya, akan lebih saya utamakan. Sebisa mungkin saya berusaha merespon setiap komentar pengunjung meski seringkali banyak respon yang kurang berkenan. Kemudian, melakukan kunjungan balik sebagai media untuk mempererat silaturahmi kepada sesama bloger. Saya berharap, pemasangan plugin ini akan sangat membantu dalam merealisasikan visi itu, haks.

Mungkin pemasangan plugin ini tergolong terlambat karena update terakhir untuk plugin produk Michelem ini sudah berlangsung sejak bulan Juli yang lalu. Apa boleh buat? Terlambat mungkin lebih baik daripada tidak sama sekali, hehehehe …. (alasan klasik!)

Nah, selain membebaskan rell nofollow, plugin ini juga gampang disetting lewat admin panel. Ada beberapa pilihan untuk membebaskan rell nofollow dari berbagai tautan. Jika ingin langsung membebaskan semua tautan, langsung saja isikan “0” sehingga semua komentar pengunjung dengan sendirinya akan langsung dofollow. Yang menarik, plugin ini juga menyediakan badge “nofollow free” keren yang bisa langsung terpasang di atas halaman blog kita. Ada beberapa pilihan, baik posisi maupun style warna badgenya (lihat di pojok kanan atas) dengan memasukkan kode tertentu lewat header.php template blog kita. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mengetahui jumlah komentar sahabat-sahabat kita langsung di belakang nama dan sekaligus memasang widget 10 komentator terbanyak di bar samping.

Nah, bagaimana? Sampeyan tertarik mengelola blog yang ramah terhadap pengunjung? Yang belum memasang silakan langsung meluncur ke sini atau ke sini. Yaps, mari beramai-ramai membuat blog kita jadi nofollow free, hehehehe ….

tentang blog iniTulisan berjudul "Nofollow Free: Plugin yang Ramah kepada Pengunjung" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (22 September 2008 @ 23:15) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 129 komentar dalam “Nofollow Free: Plugin yang Ramah kepada Pengunjung

  1. Pingback: Catatan Sawali Tuhusetya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *