Mengapa Blog Tak Bisa Diakses via Firefox

Kategori Blog Oleh
Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Dua malam yang lalu, usai shalat tarawih, saya bermaksud meng-upload foto dari kamera digital ke drive PC dalam keadaan internet terkoneksi. Namun, aneh, tiba-tiba saja muncul folder baru dari memori kamera yang tak jelas isinya. Karena menganggap bukan hal yang serius, proses upload dari kamera ke drive PC pun jalan terus. Tanpa saya duga, tiba-tiba saja muncul serbuan pesan YM dari teman-teman yang saat itu sedang online. Pak Sumintar, Mas Hendra, Pak Marsudiyanto, Ina, atau Dimas Jimat Kalimasadha, mempertanyakan apa maksud pesan yang muncul dari YM saya. Padahal, saat itu saya sama sekali tak mengirimkan pesan apa pun. Saya tak tahu persis apa dan bagaimana wujud pesan itu. Saya menduga, pesan itu terkoneksi langsung lewat YM akibat proses upload foto dari kamera yang sudah terinfeksi virus.

Saya benar-benar tidak tahu. Mohon maaf apabila pesan YM yang tak jelas maksud dan tujuannya itu telah mengganggu kenyamanan teman-teman yang saat itu sedang online. Karena khawatir akan makin banyak pesan YM yang terkoneksi ke YM teman-teman, akhirnya PC langsung saya matikan. Setelah itu, PC kembali saya nyalakan. Sekali lagi terjadi keanehan. Saya kembali mendapatkan serbuan pesan YM dari teman-teman yang mempertanyakan maksud pesan ”misterius” itu. Saya hanya sempat YM-an sebentar saja dengan Mas Hendra dan tidak sempat meminta maaf kepada teman-teman yang lain, lantas PC kembali saya matikan. Begitu saya nyalakan ulang, celaka, PC justru crash dan tak bisa masuk ke program. Benar-benar malam yang tak bersahabat, haks ….

Akhirnya, saya iseng menggunakan laptop yang selama ini jarang saya sentuh untuk online. Laptop pinjaman sih, hehehe …. 😆 Karena hanya browser IE yang terinstal, saya pun segera mengunduh software browser firefox, flock, dan netscape navigator, yang selama ini menjadi favorit saya dalam berselancar di dunia maya. Setelah terinstal, ketiga browser tersebut langsung saya gunakan untuk mencoba mengakses blog saya. Flock dan netscape navigator dengan sigap mampu mengakses blog ecek-ecek tersebut. Namun, keanehan justru terjadi pada browser firefox. Berulang-ulang saya coba, selalu saja muncul pesan not acceptable seperti pada skrinsyut berikut ini.

Berkali-kali saya coba, selalu muncul pesan yang sama, hingga sekarang. Padahal, untuk mengakses web atau blog lain tak ada masalah. Bagaimana dengan firefox milik Sampeyan? Bermasalah jugakah ketika mengakses blog abal-abal ini? Kalau mengalami masalah yang sama, bisa jadi blog saya memang sedang dibenci firefox, haks … Lantas, adakah cara yang jitu untuk mengatasinya? Tapi kalau mulus-mulus saja, itu artinya instalasi firefox di laptop pinjaman itu yang bermasalah. Tolong berikan penjelasan kepada saya yang gaptek ini! Terima kasih! ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

61 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top