Jejaring Sosial untuk Pembelajaran: Mengapa Tidak?

(Duh, sudah sudah hampir dua pekan tidak memosting tulisan. Inilah risiko jadi orang sok sibuk, hehe …. Membalas komentar tidak, blogwalking juga tidak! Maafkan saya, para sedulur, yang pasti, saya tidak sedang “galau”!)

Selasa, 13 Maret 2012 yang lalu, saya “ketiban sampur” untuk bersilaturahmi, belajar, dan berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sejawat di Kabupaten Blora (Jateng) dalam rangkaian Seminar Guru Era Baru (Guraru). Seminar yang berlangsung di Gedung Sasana Bakti Alun-Alun Kota Blora dan dibuka secara resmi oleh Slamet Pamudji, MM (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora) ini digelar oleh Acer bekerja sama dengan Bank Jateng (pukul 09.00-13.00 WIB). Sekitar 600 peserta (mayoritas dari kalangan pendidik) yang hadir tampak serius mengikuti event ini. Hal itu terbukti setelah presentasi tentang manfaat blog sebagai “laboratorium virtual” dan jejaring sosial dalam pembelajaran usai, bermunculan respon menarik dari rekan sejawat.

guraru guraru

Saya mencatat ada lima pertanyaan penting yang mengemuka. Pertama, bagaimana memanfaatkan blog dan jejaring sosial semacam facebook untuk kepentingan pembelajaran? Kedua, bagaimana memotivasi siswa agar mau memanfaatkan internet (termasuk jejaring sosial) sebagai sumber pembelajaran? Ketiga, bisakah facebook dan twitter dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran serta apa perbedaan keduanya? Keempat, bagaimana mengatur waktu agar seorang guru bisa eksis ngeblog dan berjejaring sosial tanpa harus mengganggu aktivitas mengajar? Kelima, seiring dengan bertambahnya usia guru, masih perlukah guru belajar memanfaatkan piranti TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)?

Ya, ya, lima pertanyaan yang menarik sekaligus menantang, apalagi ini pengalaman pertama saya berbicara tentang blog dan jejaring sosial di depan ratusan pendidik. Berikut garis besar pernyataan yang saya sampaikan dalam forum tersebut.

Pertama, seiring dengan dinamika masyarakat global yang kian terbuka, akses terhadap informasi juga makin cepat dan mudah. Para praktisi pendidikan yang notabene menjadi agen pembelajaran juga mesti bersikap proaktif dan terlibat sebagai “pemain” di dalamnya, tidak hanya sekadar jadi penonton. Dunia virtual yang menyajikan informasi tanpa dibatasi dimensi ruang dan waktu bisa dioptimalkan untuk peningkatan mutu pembelajaran. Sumber-sumber dan bahan pembelajaran yang aktual dan menarik bisa dengan mudah didapatkan melalui internet. Bahkan, guru juga bisa memanfaatkan blog dan media sosial yang belakangan ini sedang mengalami masa “euforia” di ranah virtual untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai kemudahan yang ditawarkan ruang maya bagi para pengguna, baik dalam soal akses, manfaat, partisipasi, maupun kontrol, blog, misalnya, bisa dioptimalkan sebagai “laboratorium virtual” untuk kemajuan dunia pendidikan yang sangat besar manfaatnya bagi peserta didik, guru yang bersangkutan, maupun sesama rekan sejawat. Melalui blog, sesama guru, guru dan murid, guru dan siapa pun yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan bisa saling berinteraksi tanpa dibatasi sekat ruang dan waktu. Blog bisa dioptimalkan untuk unjuk kinerja guru dalam menyajikan berbagai persoalan dan pernak-pernik dunia pendidikan, sehingga mesin pencari makin ramah terhadap masalah-masalah pendidikan yang hingga saat ini masih menyisakan banyak problem dan tantangan.

Kedua, siswa pun bisa diajak ikut-serta untuk memanfaatkannya. Tentu saja, dibutuhkan keteladanan dan pendampingan sang guru. Bagaimana mungkin kita bisa memotivasi siswa kalau sang guru tidak pernah bersentuhan dengan ruang maya? Jika pendidik dan peserta didik sama-sama bisa hadir di ruang maya, mereka bisa berinteraksi secara intens, sehingga berbagai masalah yang terkait dengan pembelajaan bisa terjembatani. Siswa terpacu untuk melakukan “browsing” materi pembelajaran untuk menumbuhkembangkan potensi dirinya, sementara itu sang guru juga akan terpacu “adrenalin”-nya untuk meng-upgrade diri dengan mengikuti berbagai perkembangan informasi sesuai dengan bidang keilmuan yang digelutinya.

Ketiga, jejaring sosial semacam facebook atau twitter kini bagaikan “primadona”. Ratusan juta orang telah memiliki akun ini. Dalam situasi demikian, mengapa tidak dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran? Melalui facebook, misalnya, seorang guru bisa membuat group tertutup untuk kelas-kelas yang diajarnya. Pada wall group bisa di-update status yang berkaitan dengan materi pembelajaran, seperti tugas-tugas, PR, pembahasan materi, acara kelas, dan semacamnya. Siswa diberikan keleluasan untuk memberikan repson dan jawaban tanpa meninggalkan nilai-nilai kesantunan. Dari jejaring sosial semacam inilah anak-anak bisa terus belajar secara “informal” tanpa harus dibatasi tembol ruang kelas. Twitter, meski hanya dibatasi 140 karakter, tidak lantas berarti guru dan murid tidak bisa nge-tweet secara smart dan cerdas. Informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pembelajaran bisa di-share lewat Twitter sehingga memiliki jangkauan publikasi yang jauh lebih luas. Baik Facebook maupun Twitter sama-sama merupakan jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin interaksi, berbagai informasi, dan bersilaturahmi dengan banyak orang, termasuk dalam pembelajaran. Bedanya hanya batasan jumlah karakter ketika ketika melakukan update status. Saya juga mengutipkan cara yang cerdas dari seorang guru dalam ber-facebook ria ala Internet Sehat berikut ini.

Do:

  1. Pisahkan halaman (page) Facebook pribadi dengan halaman yang dibuat sebagai seorang guru.
  2. Jika seorang murid ingin berteman di Facebook, tempatkan di halaman guru.
  3. Postinglah foto-foto tentang sekolah/pelajaran/perjalanan. Hal ini akan mengingatkan murid akan hal-hal yang terkait dengan sekolah.
  4. Buat group untuk kelas yang diajar. Dengan group tersebut, doronglah murid-murid untuk bertanya mengenai PR sekolah. Bantu mereka dengan mengadakan diskusi dan group wall. Identitas dan rasa memiliki sangat penting dalam proses belajar.
  5. Pastikan group yang dibuat dalam keadaan tertutup, sehingga orang harus me-request dulu sebelum bergabung di group tersebut. Dengan langkah ini, guru bisa memilih dengan bijak siapa-siapa saja yang boleh bergabung.
  6. Bergabunglah dengan group-group lain yang terkait dengan sekolah. Hal ini bisa membuat guru mengetahui apa yang diposting oleh para murid.
  7. Postingan yang dibuat sebaiknya bernilai positif.
  8. Gunakan layanan status untuk menginformasikan para murid tentang kebijakan di sekolah.
  9. Bermain game-game sederhana bersama para murid di Facebook bisa mempererat hubungan guru-murid.
  10. Jika murid kita ada yang berulang tahun, jangan segan-segan mengucapkannya di Facebook. Ini menunjukan kepedulian kita.

Don’t:

  1. Jangan ngobrol di FB chat untuk menghindari tuduhan yang tidak mengenakkan. Selain itu, kita tidak bisa menyimpan jejak chat yang kita lakukan.
  2. Jangan meng-add murid-murid kita terlebih dulu.
  3. Jangan mengirimkan pesan (message) pada mereka, kecuali untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Pastikan semuanya terbuka dan bisa dibaca siapa saja. Jika mereka mengirimi pesan di message, balas saja di wall.
  4. Jangan melihat foto-foto murid-murid kita, kecuali profile picture. Jika kita melihat foto yang tidak pantas dan melaporkannya, hal ini akan merusak hubungan guru dengan murid. Facebook bukanlah tempat untuk memonitor, dekati murid secara personal untuk memberitahukannya.
  5. Jejaring sosial di sekolah bukan ajang untuk kritik. Dengan kehadiran kita sebagai guru, usahakan untuk merepresentasikan kepemimpinan dan moral.

Keempat, guru, menurut PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (pasal 28) merupakan agen pembelajaran yang harus memiliki empat jenis kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Dengan menguasai empat kompetensi seperti itu, guru diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diwujudkan dalam bentuk perangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam memangku jabatan guru sebagai profesi. Blog dan jejaring sosial bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kompetensi profesional guru. Jika eksitensi blog guru terus hadir di ranah virtual, bukan mustahil dunia pendidikan kita akan semakin kaya berkat sentuhan para guru dalam menyajikan postingan-postingan terbaik. Dengan demikian, blog guru bisa dijadikan sebagai portofolio rekam jejak guru dalam memberikan pengabdian terbaik buat bangsa dan negara melalui jagat virtual. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh internet, yang bisa diakses oleh siapa pun secara lintas-geografis, lintas-usia, dan lintas-budaya, diakui atau tidak, telah membuat dunia pendidikan makin dinamis dan progresif. Para pengunjung akan makin dimudahkan dalam mencari rujukan yang terkait dengan masalah keilmuan, pembelajaran, atau fenomena-fenomena pendidikan mutakhir yang lain. Karena tugas utamanya adalah mendidik dan mengajar, tentu saja sang guru harus pandai-pandai mengatur waktu, sehingga tugas utamanya tidak terganggu aktivitas ngeblognya. 24 jam dalam sehari lebih dari cukup bagi sang pendidik untuk melakukan aktivitas keseharian (online dan offline), istirahat, atau mengurus keluarga.

Kelima, belajar, termasuk memanfaatkan internet untuk kemajuan dunia pendidikan, tidak bergantung pada usia. Sepanjang sang guru memiliki niat, gairah, dan semangat untuk meningkatkan literasi TIK-nya, bukan halangan di usia berapa pun untuk ber-internet ria. Atmosfer seperti ini yang perlu terus ditumbuhkan sehingga sang pendidikan mampu mendesain pembelajaran secara secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Mengakrabi piranti TIK juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dan budaya.

Pilihan sudah membentang di depan mata. Mau menjadi “guru kurikulum” yang tugas dan rutinitas kesehariannya dibatasi empat tembok ruang kelas atau menjadi “guru inspiratif” yang mampu mengilhami peserta didik menjadi generasi masa depan yang cerdas, baik secara intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual, dengan mendesain pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi virtual? Nah, selamat bertemu lagi pada Seminar Guraru putaran berikutnya! ***

No Comments

  1. makasih pak atas info n penjelasanny… kebetulan sy juga pendidik (siswa SD)… bukan hny jejaring sosial sj yg dijadikan sebagai media pembelajaran bahkan melalui blog sy jdikan sebagai media pembelajaran, terlebih ketika membuat soal2 online… satu hal, agar anak didik tidak gaptek juga 😀

    salam sukses selalu pak…. 😉

  2. Wah, kemarin baru saja dari Blora. Kok gak mampir di Pati, pak?.
    Tentang jejaring sosial, saya juga membuat beberapa grup dan page komunitas sekolah. Mengasyikkan ketika kita dapat berinteraksi dengan teman-teman guru ataupun bahkan dengan murid dan mantan murid.

  3. Internet dan jejaring sosialnya sudah mengubah sebagian wajah peradaban kita ya Pak. Melalui jejaring ini, guru tak mesti selalu mengajar, tapi dapat juga belajar. ntah dari informasi yg disediakan di internet dan entah dari muridnya. Emang sudah bukan jamannya guru ketinggalan jaman 🙂

  4. tidak sepakat jika guru dilarang melihat foto muridnya selain profil picture, justru facebook harus dioptimalkan untuk memantau anak didik di luar sekolah itu seperti apa.

    buatlah akun rahasia untuk memantau murid :d

  5. sayangnya sekarang masih jarang guru yang aware dengan jejaring sosial, ketika mereka masuk jejaring sosial saja, seolah olah mereka tidak mau memahami etika bagaimana berinteraksi dan dengan siapa para guru itu berinteraksi, contohnya saya pernah menulisnya di blog 🙂

  6. Tapi sepertinya harus dikaji ulang. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran apa? Sepertiny justru malah jadi makin seneng facebook-an daripada belajar materi. Saya rasa lebih tepat adalah ppemahaman kepada siswa mengenai baik buruknya jejaring sosial, manajemen waktu untuk jejaring sosial, dan etika-etika di jejaring sosial. Kalo pembelajaran tentang teknisnya sepertinya gak perlu, karena secara sosial mereka akan bisa sendiri.

  7. Pantas saya sering bolak-balik ke sini belum ada postingan terbaru. Ternyata itu toh alasannya.
    Mengenai manfaat blog dan jejaring sosial, saya pribadi sangat mengapresiasi sekali dengan tulisan Pak Sawali. Cuma untuk saat ini saya belum bisa mempraktekkannya. Wong murid saya baru sampe kelas 3 SD.
    😛

  8. kali kedua saya baca kalau blog dijadikan bahan pembelajaran pada saat ini,,wahhhh sunggguh hebat dulu saya belajar komputer dan internet cuma yg pentingnya saja..

  9. blog juga bisa disebut sebagai tabungan ilmu pak. dimana beberapa tahun kedepan masih tersimpan yang mungkin memory otak kita sudah tidak cukup mengingat semua tulisan kita.

    nice posting pak sawali

  10. selama ini saya hanya memanfaatkan jejaring sosial sebagai fasilitas untuk ber “say helo” dg teman, setelah membaca tulisan Pak Sawali ini, saya jadi punya greget lagi untuk memanfaatkannya sebagai sarana belajar siswa di ruang maya dengan grup dan halaman yang telah saya buat.

  11. konsep awal pembentukan facebook memang untuk sarana pembelajaran, kesalahan fatal kita adalah mengenal facebook tidak sesuai tujuan utama, tetapi untuk tujuan sampingan yaitu untuk interaksi sosial yang justru menghilangkan sisi fungsi pembelajarannya..

  12. Di dunia yang sudah semakin flat ini patut kita mengkuti perkembangan zaman. Salut buat rekan-rekan pendidik yang mampu mengiringi perkembangan zaman 😀

  13. Postingannya menarik dan menginspirasi Pak.
    Dalam era modern seperti sekarang ini, kalau tidak kreatif bisa-bisa kita akan tertinggal. Dengan memanfaatkan jejaring sosial secara benar, maka kita akan lebih maju lagi.
    Terima kasih.

  14. temen saya ada seorang guru, sayangnya malah meng-add murid2nya biar dikata ‘mengenang’ sebelum berpisah kelas. aneh ya Pak. sekarang malah terbalik, guru butuh murid. Bukan sebaliknya 🙁

  15. Artikel yang cerdas Pak, dan ini dapat sebagai acuan para pendidik maupun orang tua untuk dapat memperkenalkan dunia internet sebagai edukasi yang berrmanfaat dan bernilai untuk perkembangan anak-anak didik kita.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  16. kalau bisa diwujudkan bakalan keren, pak.
    Ibit juga sudah mulai browsing untuk mengerjakan PR. kalau sudah begini, emaknya tersingkir – ngga dibutuhkan lagi hehhe…

  17. Terima kasih informasinya Pak ..saya sangat setuju sekali jika kita memanfaat IT, blog, dan Jejaring sosial untuk pembelajaran. Apalagi sebagian besar siswa kita bahkan rekan guru banyak aktif di jejaring sosial. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan siswa atau mungkin rekan kita untuk memanfaatkannya kearah positif

  18. Luar biasa pak Sawali! Anda adalah Gardu listrik yg menyalurkan energi ke setiap guru! terus mencerahkan, menginspirasi dan berbagi pak!

  19. Ya, social media memang hal yang harus ditanggapi dengan cermat dan hati-hati ya Pak. Ada sisi baik meski ada sisi tak baiknya. Senang kalau hal ini ternyata telah ditanggapi dengan serius oleh rekan2 pendidik di Indonesia

  20. Yap,benar banget gan , gua setuju sama agan diatas tuh :Peace:, sosial media adalah sesuatu yang sangat berguna namun juga sangat berbahaya, kayak Pisau gitu lah 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *