Home » Blog » Mengikuti Dinamika ISBA 2011

Mengikuti Dinamika ISBA 2011

Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011 adalah sebuah penghargaan sepanjang tahun yang diberikan kepada pengelola Blog, Wiki, Forum, Portal dan berbagai jenis layanan konten lainnya, baik perseorangan ataupun berkelompok, yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan secara online. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia. Goal dari program ini adalah untuk men-generate tumbuhnya konten-konten lokal sehingga semakin banyak generasi muda Indonesia yang aktif menulis di blog. ISBA 2011 diinisiasi oleh ICT for Partnership (www.ictwatch.com), didukung oleh XL Axiata (www.xl.co.id), Norton Symantec (www.symantec.com), dan detikINET (www.detikinet.com).

Ingin seperti mereka? Simak cara-caranya di http://isba.ictwatch.com

Begitulah “catatan penutup” yang selalu dipajang setiap kali Tim Internet Sehat mengumumkan pemenang ISBA 2011 pada setiap sesi. Ya, semacam pemicu “adrenalin” buat para pengelola “rumah maya” agar terus melahirkan tulisan-tulisan kreatif sehingga mampu memberikan suguhan yang “sehat” dan “bergizi” buat pembaca.

Selain Acer Indonesia melalui event Guraru Award yang memberikan penghargaan khusus buat blog guru Indonesia sejak 2010, di negeri ini, agaknya baru Internet Sehat yang paling gencar dan konsiten dalam memberikan penghargaan kepada para pengelola Blog, Wiki, Forum, atau Portal. ISBA yang digerakkan oleh ICT for Partnership (www.ictwatch.com), harus diakui, lebih “agresif” dalam memberikan penghargaan kepada pengelola “rumah maya” sejak 2009. Dengan menggandeng XL Axiata (www.xl.co.id), Norton Symantec (www.symantec.com), dan detikINET (www.detikinet.com) sebagai mitra, sepanjang tahun 2011, Tim Internet Sehat telah memberikan empat jenis penghargaan kepada para pengelola “hunian maya” yang dinilai telah ikut berkiprah dalam mewujudkan misi “Internet Sehat”, yaitu kategori Bronze, Silver, Gold, dan Platinum.

Dan sungguh di luar dugaan, sepanjang tahun 2011, blog “abal-abal” ini telah ikut menjadi bagian dari Program ISBA mulai kategori Bronze hingga Platinum. Berikut kutipan alur perolehan penghargaan yang dipublikasikan melalui Internet Sehat.

ISBA 2011: Pemenang Blog Award Sesi 30 – BRONZE

Tim Internet Sehat telah memilih dua blog pemenang Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011. Setelah melakukan proses verifikasi dan penilaian, bersama ini kami menyampaikan bahwa blog berikut ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan ISBA 2011 untuk kategori BRONZE minggu ini, Jumat (25/11/2011):

http://sawali.info

isba 2011

Seorang guru memang tidak akan pernah kehabisan ilmu dan cerita yang dapat dibagikan kepada setiap orang agar dapat diambil pelajaran dan hikmahnya. Begitu juga dengan Sawali Tuhusetya yang mengabdi sebagai guru Bahasa Indonesia di SMP 2 Pegadon, Kendal, Jawa Tengah yang juga pemilik blog yang berlamatkan di http://sawali.info. Kumpulan catatan tentang dunia pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan berbagai fenomena peradaban yang tengah “sakit”. Begitulah Sawali Tuhusetya menggambarkan isi blognya. Blog ini membahas secara mendalam isu yang sedang berkembang menurut sudut pandang Sawali sebagai seorang guru. Kritis dan Jujur. Simak saja tulisannya tentang perlehatan besar yang baru saja digelar di Jakarta dan Palembang, bagaimana Indonesia berhasil memperoleh tropi terbanyak namun gagal dalam salah satu cabang olahraga yang telah menjadi bagian dari kultur bangsa, Sepak Bola. Namun demikian apresiasi tinggi memang harus diberikan kepada Tim Garuda Muda yang sudah tampil optimal sepanjang laga. Atau pendapatnya mengenai bagaimana memacu ‘adrenalin’ guru dalam menulis. Guru yang satu ini memang sepertinya tidak pernah main-main dalam menggeluti dunia sastra. Hal ini terlihat dari prestasinya dalam meluncurkan sebuah buku sastra bertajuk “Kumpulan Cerpen Perempuan Bergaun Putih”.

http://putradaerah.wordpress.com

isba 2011

Putra Daerah, begitulah nama blog ini dinamakan, berlamatkan di http://putradaerah.wordpress.com. Pemilik blog adalah Doni Alfan S, seorang fulltimephotographer yang hobi ngeblog sejak tahun 2005. Tidak heran jika banyak hasil jepretannya muncul di blog yang berisi gado-gado pengalaman sang penulis. Mulai dari tempat-tempat menarik yang dikunjungi, tentang perjalanan yang dilalui, tentang momen yang dilihat, tentang sesuatu yang disukai dan tentang objek yang mencuri perhatian sang penulis. Dengan rendah hati, penulis menyampaikan, yang dicoba disajikan adalah kopi dan teh hangat, bukan racun. Simak saja tulisannya tentang bagaimana penulis memanfaatkan kamera ponsel dan menyajikan jepretannya dalam ebook dalam Photo Ebook “K800 Fotografia”. Atau obrolannya dengan sang guru food photography dalam Ngobrol Dengan Toni Wahid. Yang sangat menarik dari blog ini adalah selain cerita yang disampaikan oleh penulis, gambar dan foto yang ditampilkan begitu mengagumkan. “Jika Anda jarang berkunjung ke blog ini, Anda akan telat membaca posting terbaru. Jika Anda terlalu sering berkunjung, saya yang akan ketinggalan menuliskan hal baru. Dunia blog kadang juga bisa bikin kecewa, semoga itu tidak membuat Anda jera”. Hahaa, mencoba menghibur, begitulah penulis menyampaikan pesan kepada pembaca dalam profilnya. Takut telat atau sudah sering berkunjung?

ISBA 2011: Pemenang Blog Award SILVER – Periode 7

isba 2011

Tim Internet Sehat telah memilih tiga pemenang bulanan Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011. Setelah melakukan proses penilaian, bersama ini kami menyampaikan bahwa blog berikut ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan ISBA 2011 untuk kategori SILVER, periode 3 – 25 November 2011 (sesi 27-30 Bronze):

http://sawali.info
http://movienthusiast.com
http://nandobase.wordpress.com

Kategori SILVER dipilih dari para penerima penghargaan ISBA kategori BRONZE pada periode tersebut. Keputusan atas blog terpilih tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan atas pemilihan blog tersebut.
***

ISBA 2011: Pemenang Blog Award GOLD – Periode 3

isba 2011

Tim Internet Sehat telah memilih tiga (3) pemenang GOLD Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011. Setelah juri melakukan proses penilaian, maka blog berikut di bawah ini dinyatakan layak dan berhak mendapatkan penghargaan GOLD periode ketiga, untuk jangka waktu 8 Desember – 3 Januari 2012:

Pemenang 1st:
http://sawali.info

Pemenang 2nd dan 3rd:
http://nandobase.wordpress.com
http://lewatmulut.com

Kategori GOLD periode ke-3 ini dipilih dari para penerima penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award kategori SILVER sebelumnya (Silver periode 7-8). Adapun tim penilai untuk kategori ini adalah: Blontank Poer (Blogger, Fotografer Budaya, Wartawan), Ollie Salsabella (Blogger, Penulis Buku, Entrepreneur, owner nulisbuku & kutukutubuku), dan Onno Purbo (Writer, IT Expert, Advisory Board Chairman of ICT Watch).

Keputusan atas blog terpilih tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan atas pemilihan blog tersebut.
***

Ini Dia Pemenang Blog Award PLATINUM ISBA 2011

isba 2011

Tidak terasa, program Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2011 sudah berakhir. Tiba saatnya mengumumkan pemenang blog of the year. Tim Internet Sehat telah memilih tiga (3) pemenangnya. Berdasarkan hasil penilaian para dewan juri, maka blog berikut di bawah ini dinyatakan layak dan berhak mendapatkan penghargaanPLATINUM ISBA 2011.

Platinum Winner:
http://indonesiabercerita.org

Runner-up:
(1st) http://www.ceritaanakislam.org
(2nd) http://sawali.info

Kategori PLATINUM dipilih dari para penerima penghargaan kategori GOLD ISBA 2011 periode 1,2 dan 3. Adapun tim penilai untuk kategori ini adalah: Blontank Poer(Blogger, Fotografer Budaya, Wartawan), Ollie Salsabella (Blogger, Penulis Buku, Entrepreneur, owner nulisbuku & kutukutubuku), Onno W. Purbo (Writer, IT Expert, Advisory Board Chairman of ICT Watch) dan Paman Tyo (Blogger, mantan Pemimpin Redaksi sejumlah media Gramedia Group).

Keputusan atas blog terpilih tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan atas pemilihan blog tersebut.
***

Internet SehatTerima kasih saya ucapkan kepada Tim Internet Sehat yang telah mengikutsertakan blog ini dalam dinamika ISBA 2011. Terima kasih juga saya sampaikan kepada sahabat-sahabat blogger dan pengunjung yang selama ini telah ikut memberikan support dan apresiasi agar blog ini bisa terus eksis di dunia virtual. Demikian juga, ucapan terima kasih khusus saya sampaikan kepada Mas Nando, yang selalu memberikan informasi lebih dini kepada saya tentang penghargaan-penghargaan itu. Mas Nando juga yang memberikan informasi kalau sawali.info merupakan satu-satunya blog peraih Platinum Award yang admin blog-nya cuma satu orang.

Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada sahabat-sahabat blogger yang telah ikut berkiprah meramaikan dinamika ISBA 2011. Persoalan kalah atau menang bukanlah yang utama. Upaya serius dan konsisten untuk menyajikan postingan-postingan yang sehat dan mencerahkan kepada publik jauh lebih berharga dan bernilai. Masih ada kesempatan untuk ikut berkiprah lagi pada ISBA 2012. Nah, salam ngeblog dan salam kreatif. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Mengikuti Dinamika ISBA 2011" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (17 Januari 2012 @ 03:22) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 52 komentar dalam “Mengikuti Dinamika ISBA 2011

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *