Home » Blog » Aktivitas Blogwalking dan Hadiah Buku

Aktivitas Blogwalking dan Hadiah Buku

google+Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke blog rumahkayu yang tengah menyongsong ulang tahun ke-3 rumah virtualnya. Sungguh tak terduga, hanya dengan berkomentar untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun, ternyata saya mendapatkan hadiah buku yang cukup menarik berjudul 55 Tip Terbaik Google+. Mungkin inilah salah satu nilai tambah ketika kita membiasakan diri ber-blogwalking ria di kompleks blogosphere, semacam “blessing in disguise” yang bisa memacu adrenalin untuk merajut tali silaturahmi, mendapatkan nutrisi pengetahuan dan pengalaman baru, sekaligus juga menambah daftar rekam jejak di ranah maya.

Berikut adalah screenshot jejak komentar saya di blog rumahkayu.

480480

Berkomentar di blog, mesti secara tersurat tidak ada aturan mainnya, agaknya juga perlu mempertimbangkan semacam “code of conduct” personal untuk menambah brand kita di ranah maya. Sebisa mungkin kita menghindari komentar “pertamax”, “nice post”, “thanks for share”, dan semacamnya. Respon pendek semacam itu, meski tidak “diharamkan”, dalam pandangan awam saya, menunjukkan bahwa sang komentator terkesan kurang responsif, tidak apresiatif, dan hanya sekadar bermotifkan mendapatkan kunjungan balik. Walhasil, komentar pun jadi “miskin” wawasan, out of topic alias OOT, dan jauh dari kesan berbobot.

Repotnya, berkomentar OOT tidak jarang disertai dengan permohonan “kutunggu kunjungan baliknya!” Salahkah? Tidak memang. Namun, dalam “etika” pergaulan sosial di ranah maya, tanpa harus bermohon-mohon, dengan sendirinya akan mendapatkan kunjungan balik sepanjang komentarnya dinilai layak untuk direspon dan diapresiasi. Dus, mengapa mesti repot-repot menuliskan permohonan segala? Akan lebih bagus jika jejak komentar singkatnya dimanfaatkan untuk merespon isi postingan. Tidak harus panjang dan tidak mesti berbobot, yang penting ada sedikit relevansinya. Itu sudah lebih dari cukup untuk dimaknai sebagai sebuah iktikad baik dan wujud apresiasi kepada sang blogger yang telah berjerih-payah meluangkan waktu untuk memosting tulisan.

Di tengah aktivitas blogwalking yang padat dan “fakir” bandwith memang seorang blogger tak sempat membaca sebuah postingan secara utuh dan lengkap. Aksi fast-reading pun tak jarang dilakukan. Saya pikir ini sah-sah saja. Kita mustahil bisa mencerna dan berlama-lama memelototi sebuah postingan di blog ketika kita berada di tengah dinamika dan arus lalu-lintas blogging yang begitu padat. Meski demikian, tidak lantas berarti aksi fast-reading dijadikan sebagai alasan pembenar untuk berkomentar secara OOT. Tanpa bermaksud menggurui, kalau memang tak sempat membaca secara detil, kita bisa memilih satu atau dua pernyataan yang menjadi “roh” postingan. Itu saja yang kita respon dan kita komentari. Lantas tuliskan jejak komentar kita, pendek dan ringkas, tetapi pas dan mengena dengan isi postingan. Syukur-syukur sempat menuangkan pemikiran dan pengetahuan kita untuk memperkaya isi postingan seorang sahabat. Bisa jadi inilah salah satu ciri blogwalking yang sehat. Menghindari komentar OOT, “pertamax”, “nice post”, “thanks for share”, dan sebisa mungkin merespon positif dan memperkaya isi postingan.

Saya ucapkan terima kasih kepada Mas Fary SJ Oroh dan rumahkayu yang telah memberikan hadiah sebuah buku yang cukup menarik. Namun, sejujurnya saya memberikan respon dan apresiasi buat ultah ke-3 rumahkayu bukan lantaran buku semata, melainkan lantaran kehadiran rumahkayu, dalam pandangan awam saya, sudah memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam memberikan pencerahan kepada pembaca. Rumahkayu sudah mampu menjadi perpustakaan virtual yang dirindukan banyak pembaca. Kalau toh akhirnya saya beruntung mendapatkan buku menarik ini saya anggap sebagai sebuah berkah (saya kutip sebagaimana komentar saya yang terpublikasikan di blog rumahkayu).

Sayangnya, saya belum sempat membaca bukunya secara utuh dan lengkap, sehingga belum sempat me-review-nya. Semoga saya bisa membuat postingan khusus tentang buku hadiah ini. Hmm … blogwalking memang aktivitas di ranah maya yang unik. Nah, salam ngeblog. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Aktivitas Blogwalking dan Hadiah Buku" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (18 Desember 2011 @ 00:10) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 72 komentar dalam “Aktivitas Blogwalking dan Hadiah Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *