Home » Blog » Isu tentang Air Bersih dalam Blog Action Day 2010

Isu tentang Air Bersih dalam Blog Action Day 2010

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan email dari Tim Blog Action Day. Isinya mengabarkan bahwa pada hari Jumat, 15 Oktober 2010, akan diselenggarakan aksi global secara online dengan melibatkan bloger dari berbagai belahan dunia. Pada moment tersebut, para bloger yang terlibat dalam event ini akan mengangkat isu global yang sama dari blognya masing-masing, yakni tentang “Air Bersih”. Sebuah aksi online yang layak diapresiasi. Agar event ini benar-benar menggema ke seluruh dunia, para bloger diharapkan ikut berpartisipasi untuk menyuarakan keprihatinan global tentang krisis air bersih yang kini sudah menjadi isu dunia.

Petitions by Change.org|Start a Petition »

Isu-isu global dan aktual memang bukan hal yang baru dalam event Blog Action Day yang didirikan oleh Collis & Cyan Ta’eed pada musim panas 2007 itu. Tahun lalu, konon lebih dari 13.000 blogger dari 152 negara telah berpartisipasi menyuarakan isu yang sama melalui blog-nya masing-masing pada tanggal 15 Oktober. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan memicu diskusi global tentang sebuah isu penting sehingga mampu memberikan sugesti, motivasi, dan inspirasi kepada para penghuni bumi di berbagai belahan dunia.

Pada tahun ini, para bloger diharapkan bisa ikut berkiprah dengan mengangkat isu “Air Bersih” berdasarkan opini dan sudut pandangnya masing-masing. Makin banyak bloger yang terlibat, suara yang menggema pasti akan lebih banyak didengar, sehingga secara kolektif bisa memberikan “warning” secara kritis kepada pihak-pihak tertentu yang diduga telah menyebabkan dunia mengalami krisis “air bersih”. Dalam konteks Indonesia, krisis ini juga sudah bukan isu lama. Krisis air telah mengepung Indonesia dari berbagai sudut dan lini kehidupan.

Para bloger bisa berpartisipasi melalui tiga cara, yakni: (1) mengirimkan pesan kepada  teman-teman melalui email sebagai wujud kepedulian para bloger terhadap krisis air bersih, sehingga makin banyak kalangan yang mengetahui event ini; (2) membuat postingan tentang air bersih melalui forum atau komunitas blogger, sehingga segenap anggota komunitas bisa menjadi bagian dari komponen dunia yang peduli dan responsif terhadap persoalan-persoalan global; dan (3) selain memosting “air Bersih” pada event Blog Action Day, Jumat, 15 Oktober 2020, sahabat-sahabat bloger juga bisa memosting informasi ini lebih awal sehingga event Blog Action Day terbaca oleh para pengunjung.

Informasi selengkapnya, silakan meluncur ke situs Blog Action Day di sini! Kemudian, daftarkan blog Anda di sini! Selamat berpartisipasi dan kita tunggu kehebohan dunia tentang “Air Bersih” pada hari Jumat, 15 Oktober 2010! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Isu tentang Air Bersih dalam Blog Action Day 2010" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (12 Oktober 2010 @ 16:00) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 69 komentar dalam “Isu tentang Air Bersih dalam Blog Action Day 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *