Home » Blog » Pendidikan » Workshop Nasional Pembuatan Blog bagi Guru

Workshop Nasional Pembuatan Blog bagi Guru

Dalam upaya membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru, Agupena Cabang Purbalingga bekerja sama dengan Agupena Prov. Jawa Tengah, akan menggelar sebuah Workshop Nasional Pembuatan Blog untuk Peningkatan Profesionalitas Guru dan Eksistensi Organisasi dengan mengusung tema “Membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru melalui blog”. Pelaksanaan workshop tersebut dilandasi oleh sebuah pemikiran bahwa di tengah pesatnya perkembangan teknologi internet seperti saat ini, sudah saatnya guru mengoptimalkan fungsi internet sebagai media virtual yang mampu menunjang aktivitas dan budaya menulis yang sangat besar manfaatnya dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru. Ini berarti, blog dapat dijadikan sebagai media sekaligus sumber belajar yang interaktif, aktif, inovatif, kreatif, efektif, menarik, dan menyenangkan.

workshop nasionalAkan tetapi, kenyataan menunjukkan masih banyak guru yang belum memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan aktivitas dan budaya menulis. Wilayah tugas dan kinerja guru semata-mata hanya dibatasi empat dinding ruang kelas sehingga belum mampu memberikan inspirasi kepada siswa didiknya untuk menjadi generasi masa depan yang cerdas secara intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Dalam konteks demikian, perlu ada langkah konkret yang bisa menggugah semangat, memberikan inspirasi, dan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat blog dan mengelolanya melalui workshop nasional pembuatan blog.

Workshop ditujukan untuk guru-guru di Jawa Tengah, dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru dan eksistensi organisasi, serta menyosialisasikan pentingnya pemanfaatan blog sebagai media untuk mengabadikan dan memublikasikan pemikiran-pemikiran kritis, cerdas, dan kreatif. Adapun tujuan workshop, di antaranya: (1) mengembangkan kompetensi profesional guru dengan memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan aktivitas dan budaya menulis; (2) menambah informasi dan memperluas wawasan keilmuan para guru tentang media virtual sehingga dapat digunakan sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri sesuai bidang keahliannya; (3) membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru melalui blog sehingga guru dapat berkiprah dalam meningkatkan kualitas pendidikan; dan (4) mengeksiskan organisasi melalui pemanfaatan blog.

Workshop dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Maret 2010 pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB di Andrawina Convention Center Owabong Cottage, Jalan Raya Owabong Nomor 1, Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah. Tempatnya cukup representatif dalam ruangan ber-AC, hotspot-area, luas, aman, dan nyaman, serta inspiratif untuk pembuatan blog. Tampil sebagai Keynote Speaker adalah Heny Ruslanto, SE (Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga) dengan narasumber: Dedi Dwitagama (trainer dan motivator bidang pendidikan, TIK, ICT Blogs, Public Speaking, dll.) dari Jakarta dan Sawali Tuhusetya (guru, blogger, penulis buku) dari Kendal. Biaya kontribusi setiap peserta sebesar Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah). Teknik pendaftaran selengkapnya bisa dilihat pada brosur atau melalui Ibu Septiningsih, M.Pd. kontak person: 081327648607.

Para pengurus Agupena Provinsi Jawa Tengah, pengurus Agupena kabupaten/kota se-Jawa Tengah, pengurus Agupena Kabupaten Purbalingga, pengurus organisasi profesi dan sosial (FIG, ISPI, PGRI, Pramuka, dll.) Kabupaten Purbalingga, Guru TK, SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA Kabupaten Purbalingga, pengelola Lembaga Pendidikan di Kabupaten Purbalingga, pengurus dan anggota MGMP SMP, MTs, SMA/SMK/MA Kab. Purbalingga, dan pengelola website sekolah di Purbalingga dan sekitarnya, diharapkan ikut serta dan berperan aktif dalam workshop tersebut. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Workshop Nasional Pembuatan Blog bagi Guru" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (26 Februari 2010 @ 18:45) pada kategori Blog, Pendidikan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 259 komentar dalam “Workshop Nasional Pembuatan Blog bagi Guru

  1. Pingback: distributor mokamula hpo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *