“Demam” Ngeblog di Kalangan Guru Terus Berlanjut

“Demam” ngeblog di kalangan guru terus berlanjut? Kok bisa? Coba perhatikan sebentar saja gambar-gambar berikut ini!

* Lha, foto saya yang ngganteng katrok dan ndesa kok ndak ada, yak? Walah, lagi jadi tukang ambil gambarnya dan menemani Bapak-Ibu Guru yang lagi terserang “demam” ngeblog ituh. Halah.*

Pada 8 Januari 2008 itu, sekitar 30 guru suntuk menyalakan bola mata di depan layar monitor mulai 07.15 hingga 17.15 WIB. Asyik bener! Mereka rela hanya menyisakan beberapa menit untuk Ishoma (Istirahat, solat, dan makan). Selebihnya, dimanfaatkan betul untuk akrab menggauli dunia maya yang tengah jadi “primadona” dalam dunia pendidikan. Yup, mereka adalah guru-guru SMA/SMK berbagai disiplin ilmu mata pelajaran dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mereka diusung di laboratorium Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Semarang, Jawa Tengah, untuk membuat blog sekaligus bagaimana cara mengelolanya.

Kabupaten Banyumas bisa dibilang sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang belakangan ini gencar menggelar agenda pemberdayaan guru. Secara bertahap, ratusan guru (SMP/SMA/SMK) diajak bareng-bareng untuk membuat blog. Setidaknya, sudah dua kali ini saya “ketiban sampur” untuk mendampingi rekan-rekan sejawat guru yang ingin lebih intens dalam membuat sebuah blog sekaligus memiliki sikap “istikomah” dalam mengelolanya. URL blog yang dibuat rekan-rekan sejawat guru bisa dilihat di sini. Tapi maaf, belum sempat mengubahnya menjadi link yang bagus. Sok sibuk sih! *halah*

Esoknya, 9 Januari 2008, pada jam dan tempat yang sama (beda ruang), saya yang ngganteng katrok dan ndesa, *halah* kembali “ketiban sampur” untuk menemani Bapak/Ibu Guru SMP dari kabupaten yang sama. Semoga dengan semakin bertambahnya guru yang “demam” ngeblog, ruang-ruang kelas “tersihir” menjadi medan magnet yang sanggup menarik kecintaan siswa terhadap dunia ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Hidup Guru! ***

No Comments

  1. Ibu saya juga guru pak, gimana ya caranya bilangin bahwa blog itu penting dgn tidak secara menggurui guru (halah bingung 🙄 ) sy pengen bgt iBu sy juga nulis2 kayak pak sawali gitu…smoga aja bisa ..
    btw matur nuwun sanget pak..
    oh iya Ibu sy guru SD di kediri

    fauzansigma’s last blog post..Kalian Adalah Isomer Dan Spektrum Warna

    ooo
    tunjukkan saja blog mas sigma pada ibu. mohon dengan hormat untuk berkenan membacanya. lama-kelamaan ibu pasti mengagumi karya2mu di blogmu. ntra ibunya mas sigma tertarik deh.

  2. Hehehehehe… demam nge-blog.. bagus tuh daripada demam berdarah.. hahahahahahaha…

    Njenengan ikut PENGACARA ya pak! maksudnya PENGAJAR BANYAK ACARA hahahahahaha.. salut abiz untuk bapak.. nanti saya juga mo nagih ama walikota surabaya yang katanya mo ningkatkan aktifitas nge-blog warganya..

    Minimal di kalangan Guru.. hehehe…

    ooo
    walah, seneng dapat jabatan tambahan dari pak gempur, hehehehe 😆 pengacara (pengajar banyak acara). maju terus pa gempur. kalo panjenengan yang mendesak, yakinlah pak walikota segera mengucurkan dana sekian milra untuk membiaya guru ngeblog. Halah.

  3. Wah pantas bapak g sempet jalan-jalan ke gubug saya, baru sibuk yak??
    oh ya pak sawali, itu mekanismenya pengajuan proposal dari kabupaten yg ingin mengadakan yak??
    magelang kapan yak?? biar bapak bisa ikut 🙄
    makasih pak, sampun parengg

    Goop’s last blog post..Resepsi

    ooo
    bener, mas goop. sejak kemarin baru jalanjalan ke rumah beberapa teman saja. tapi aku barusan ke rumahmu kok. lihat deh jejakku di sana. halah. ttg masalah mekanismenya kayak gemana, sungguh, aku ndak tahu mas goop. suer deh.

  4. mantab pak, setelah selesai pelatihan diharapkan langsung dapat diimplementasikan dengan tetap rajin mengupdate blog. Nanti murid dan guru sudah harus bisa saling berinteraksi diruang2 komentar yang dibuka untuk diskusi. semoga sukses pak 😀

    Totok Sugianto’s last blog post..Memilih Ponsel Kamera

  5. Pak, menurut saya, setelah pelatihan ini harus tetap ada pendampingan karena ini juga menyangkut masalah kebiasaan, juga paradigma. *halah, saya tau pasti Pak Sawali juga sudah punya pikiran seperti ini*

    Pemanfaatan TIK (dalam hal ini blog) untuk pembelajaran kan untuk fleksibilitas, Pak. Proses pembelajaran klasikal dengan tatap muka fisik itu harusnya dipindah ke ruang maya kalo gini. Kehadiran guru dan murid secara fisik akhirnya tidak lagi diperlukan seperti sebelum menggunakan TIK. Jumlah presensi fisik bisa dikurangi.

    Tapi yang saya lihat di sekitar saya (dalam hal ini dosen — guru & dosen hampir sama kan? :mrgreen: ), dosen (setelah diberi pelatihan blog) dan mahasiswa tetap masuk kelas seperti biasa, absen seperti biasa. Akhirnya, peran blog itu sendiri cuma sebatas untuk hal-hal yang cenderung administratif (seperti pengumpulan tugas de-el-el). Pelaksanaan business process dalam kelas (diskusi, tanya jawab, dsb) tetap tidak terjamah. Padahal, penggunaan blog itu kan esensinya untuk mengakomodasi business process klasikal itu.

    Sayangnya, di kampus hijau ini, saya cuma sendirian, sehingga pendampingan untuk dosen (pasca-pelatihan blog) tidak bisa maksimal (wong saya mendampingi diri saya sendiri belum becus-becus!).

    STR’s last blog post..Political Cost

  6. @ STR :
    sepakat banget, mas sastria. yang membuat saya jadi gelisah itu fasilitas dan sarana internet yang belum merata di setiap kabupaten. bahkan, hingga kini masih ada beberapa sekolah yang masih buta internet. kadang2 saya mikir, untuk apa pelatihan2 itu kalo ndak ada tindak lanjutnya. hanya bikin blog bejibun jumlahnya tapi ndak keurus. ini yang repot, apalagi menggunakannya sebagai media pembelajaran. mudah2an saja ada sikap “istikomah” dari temen2 sejawat guru untuk memanfaatkan blog yang telah dibuatnya sebagai media “alternatif” dalam kegiatan pembelajaran.

    Sawali Tuhusetya’s last blog post..“Demam” Ngeblog di Kalangan Guru Terus Berlanjut

  7. Wah angkat topi,
    Hebat- hebat sekali,
    Saya mendukung fenomena ini,
    Salut betul deh lagi,

    Tapi,
    Oh pantes anak saya kemarin sekolah ko bentar sekali,
    Dia bilang sih, ngga ada guru, sekolah sepi,
    Jangan- jangan semua di warnet ato dirumah didepan kompi,

  8. Waduh, malah nembe mangertos bilih pak Sawali sampun boyongan wonten dalem ingkang enggal :mrgreen:

    Salut, kampanye pak Sawali untuk pemberdayaan guru berhasil dan semakin berhasil.
    Dalem tansah nyengkuyung 😀

    sigid’s last blog post..I believe in miracle

  9. Mantabs… Semoga istilah blog sebagai trend sesa(a)t akan sirna di masa depan. Sudah seharusnya para guru (dan dosen) “wajib” nge-blog. Hari blog nasional sudah dicanangkan oleh Menkominfo. Mudah-mudahan ini bisa jadi gerakan nasional.

    Btw. Ganti theme lagi neh… Dipikir2 blog Pak Sawali ini pesolek juga yak. :mrgreen:
    Halah (TM) …

    Dhan’s last blog post..Five Signs of Paranoia in the Office

  10. kalau demam yang ini jangan diobati Pak!
    Alhamdulillah, yang pasti saya akan banyak mendapat masukan dan ilmu tentunya. Tambah banyak guru, Asyik
    Saya mengucapkan terima kasih dengan tulus buat Pak Sawali
    sukses selalu.

    hadi arr’s last blog post..Kakiku 10,5 juta

  11. SIPP!!! dengan begidu, isi blogosphere Endonesa ndak lagi berisi bloger-bloger dudud-maniak-trefik. Bagoss pak! saia girang sangadh ngliadh semakin banyak guru yang ngeblog. Kualitas blogosphere Endonesa fasti makin meningkadh drastis dengan banyakna guru-guru yang ngeblog. Smangadh pak!!!

    Hoek Soegirang’s last blog post..Findahan? Arrrgghhh??.

  12. Bagus pak…guru memang nggak boleh kalah dengan muridnya. Jika para guru bisa asyik ngeblog dan memberikan pelajaran dengan gaya bahasa yang ringan, kemungkinan murid-muridnya lebih mudah menyerap pelajaran. Berarti harapan Menteri informasi dan komunikasi bisa tercapai…agar para bapak ibu guru menulis di blog.

    edratna’s last blog post..Apa yang perlu diketahui dari rahasia Bank?

  13. Wah ternyata di latih di Semarang ya Pak….Kenapa tidak Bapak yang ke kab Banyumas ? Apakah karena sarana internet / Jardiknas di Banyumas kurang kenceng ? kalo Bapak ke Banyumas khan di beri buah tangan dari Hoek Soegirang…….
    * di suruh masak mendoan oleh Hoek *

    El-Toro’s last blog post..Internet Speedy masuk Desa

  14. Wah, harusnya ada yang bikin ilustrasi murid-muridnya lagi pada ‘rusuh’ sebagai dampak negarif dari guru terlalu doyan. Atau ilustrasi murid-muridnya sedang blogwalking…hehehe

    Donny Reza’s last blog post..Kiamat Itu Ilmiah

    ooo
    Halah, gimana kalok yang bikin ilustrasinya Mas Donny? Mau? Hehehehehe 😆

  15. 1. Melihat manfaatnya lebih besar dari mudharatnya, mungkin Materi Ngeblog (bagaimana membuat dan merancang blok) masuk dalam materi kegiatan MGMP.

    2. Bahan/materi tulisan yang ditulis di blog (yang berkaitan dengan isu pendidikan dan memenuhi kreteria penulisan ilmiah) dapat dijadikan portofolio bagi si guru untuk kenaikan pangkat

    3. Adanya komunitas blogger guru baik yang resmi (dibawah naungan pemerintah) maupun sesama blogger guru.

    4. Kegiatan Ngeblog ini dapat dijadikan tambahan penghasilan juga …kan 🙄 🙄

    oeddins last blog post..UAN dan Politik

    >>>
    masukan yang bagus, pak oeddin, makasih banget, pak. mudah2an hal itu bisa segera diwujudkan :oke

  16. Ping-balik: SMP 2 Pegandon Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *