Mengukur Popularitas dan Pengaruh Blog via BlogLevel

Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Iseng-iseng memasukkan kata kunci “mengukur skor popularitas blog” di mesin pencari, eh, ketemu link BlogLevel. Karena penasaran, saya langsung meluncur ke TKP. Hem …. ternyata di situs ini disediakan sebuah tool yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat popularitas dan pengaruh sebuah blog di dunia virtual.

Caranya pun cukup mudah. Masukkan url blog Sampeyan pada tab “discover your bloglevel” kemudian klik tab “Calculate”. Dalam hitungan 30 detik, tingkat popularitas dan pengaruh blog Sampeyan akan segera diproses. Dan hasilnya? Hem …. berupa skor (angka).

Tool besutan Jonny Bentwood ini ternyata “tampil beda” dibandingkan dengan tool di situs lain. Ada banyak parameter yang dijadikan sebagai tolok ukur, di antaranya: Google PageRank, Yahoo Inbound Links, Google Inbound Links, Frekuensi Posting, Tanggal Posting Terakhir di Blog, Jumlah Komentar, Twitter Inbound Links, Optimasi SEO, dan semacamnya. Selain itu, situs ini juga menyediakan tool untuk mengukur popularitas sebuah twitter. Yang kebetulan memiliki akun, bisa langsung cek di sana. Prosesnya sama ketika kita akan mengukur popularitas blog kita. Yang ingin memasang badge hasil pengukuran di blog juga disediakan kode html dalam tag </iframe>. Namun, tak perlu khawatir karena setelah saya uji di validator.w3.org, ternyata valid sehingga cukup aman untuk dipasang.

Guraru Award 2013

Masukkan url blog (lihat anak panah)

Guraru Award 2013

Kopi-paste kode yang muncul di pop-up

Guraru Award 2013

Masukkan username twitter Sampeyan

Guraru Award 2013

“Penampakan” badge skor hasil pengukuran

Agaknya bloglevel berupaya “mengawinkan” kualitas blog dengan sosial-media dalam upaya menemukan popularitas dan pengaruh sebuah blog. Oleh karena itu, sering-seringlah “menebar” tautan blog Sampeyan ke jejaring sosial, khususnya twitter, agar popularitas dan pengaruh blog Sampeyan cepat terdongkrak. Saya tidak tahu pasti, sahih atau tidaknya tool ini digunakan untuk mengukur tingkat popularitas dan pengaruh sebuah blog. Ketika saya coba, level blog ini berada pada score: 55,2 dengan rincian: Influence (55.2), Popularity (57.6), Engagement (52.9), dan Trust (58.7).

Menurut pengakuan si empunya, tool ini masih dalam versi beta yang masih sangat terbuka terhadap saran dan masukan dari publik agar tercipta sebuah tool yang tingkat kesahihannya lebih bisa dipertanggungjawabkan. Namun, karena saya hanya sekadar iseng, saya juga tak begitu peduli berapa pun skor popularitas dan pengaruh blog abal-abal ini. Nah, Sampeyan penasaran? Coba ikut-ikutan iseng untuk memanfaatkan tool ini! Silakan meluncur ke TKP!***

18 Comments

    1. Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya, Mas. Hem … tentang tingkat pengaruh dan popularitas blog yang diukur melalui bloglevel, saya sendiri belum paham persis parameter yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *