Bloger Bersatu untuk Hak Asasi Manusia

Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Sudah dua hari ini, bar samping blog saya terpasang dua banner mencolok warna merah. Yups, banner itu semata-mata merupakan wujud simpati saya terhadap blogcatalog yang akan beraksi menggelar agenda “Bloggers Unite For Human Rights” yang sekaligus menandai peringatan hari ulang tahun yang pertama bersatunya para bloger dari berbagai penjuru dunia melakukan aksi kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Rencananya, 15 Mei 2008 aksi “Bloger Bersatu untuk Hak Asasi Manusia” itu akan dilakukan. Para bloger yang bersimpati terhadap aksi tersebut bisa memosting tulisan di blognya masing-masing dengan mengangkat tema yang berkaitan dengan HAM. Ada sebuah adagium universal yang terus bergaung dari generasi ke generasi bahwa setiap manusia memiliki hak yang sama untuk hidup, mendapatkan kebebasan dan keadilan. Namun, agaknya bukan hal yang mudah untuk mewujudkan adagium itu. Pelecehan seksual terhadap kaum perempuan, penindasan terhadap kaum lemah, pemenjaraan terhadap para pejuang kebenaran dan kemanusiaan, kekerasan terhadap anak, atau kesewenang-wenangan terhadap pembantu rumah tangga masih terus terjadi.

HAMLantas, bagaimanakah para bloger bersikap dalam menghadapi situasi sosial yang chaos, sarat anomali, dan sangat mengusik kepekaan kita terhadap HAM yang terlecehkan itu?

Blog memang media yang bebas untuk berekspresi. Apa pun bisa diposting. Hal itu sangat ditentukan oleh visi sang bloger dalam menentukan muatan isi blognya. Ada yang serius, slengekan, nakal, narsis, *halah* bahkan usil. Secara pribadi, saya suka itu. Ada banyak warna di dunia blogosphere. Makin banyak warna, atmosfer kompleks dunia maya makin ramai. Style dan gaya pengungkapannya pun begitu majemuk. Ada yang bernada sentimentil 😈 , ada yang serius hingga membikin pembaca harus mengerutkan jidat berulang-ulang :DD , ada juga yang kocak hingga membuat pembaca terguling-guling 😀 , bahkan tak jarang blog digarap dengan style cuek, hehehehe 8) . Apapun muatan isi dan gaya ungkap yang digunakan oleh teman-teman bloger dalam mengelola blognya sudah membuat saya merasa salut 🙄 dan hormat. 💡 Di sela-sela kesibukan dan rutinitas masih menyisihkan waktu untuk sharing dan berbagi melalui dunia maya.

Nah, ketika dunia sudah semakin tua dan sempoyongan memikul beban, ada baiknya kita menancapkan visi untuk bersama-sama membangun citra bloger “tampil beda”. Momentum 15 Mei perlu dijadikan sebagai “shock therapy” bagi dunia yang sudah makin silang-sengkarut akibat banyaknya persoalan kemanusiaan yang menumpuk. Blogcatalog membuka kesempatan kepada teman-teman bloger untuk menyuarakan opininya terhadap persoalan HAM.

Melalui blog masing-masing, kita bisa mengungkap persoalan ketidakadilan yang sering menimpa kaum jurnalis, pemerintah yang abai terhadap nasib rakyatnya, terusiknya kebebasan berekspresi melalui internet, tindak kekerasan dan siksaan terhadap para tenaga kerja, persoalan kelaparan dan kemiskinan, atau pelecehan seksual terhadap kaum perempuan.

15 Mei nanti bisa jadi akan menjadi “taruhan” para bloger dalam membangun kepedulian terhadap persoalan HAM. Slogan “Bloger Bersatu untuk Hak azasi manusia” merupakan starting point bagi para bloger dalam menggemakan suara kepedulian dan komitmen terhadap timpangnya HAM di atas panggung kehidupan sosial kita. Untuk “membuka mata” publik terhadap pentingnya HAM, kita bisa mendedahkan contoh-contoh hak asasi manusia sehingga pembaca bisa belajar tentang hal itu, mendeksripsikan pentingnya hak azasi manusia dan bagaimana bersikap secara baik terhadap sesama, atau memilih salah satu daerah di negeri kita yang layak dijadikan model atau contoh pelaksanaan hak asasi manusia.

Untuk lebih jelasnya, silakan mendaftar dulu di sini, kemudian baca penjelasan rencana aksinya di sini, yang sekaligus juga bisa meng-kopipes kode-kode banner keren. Nah, teman-teman yang tertarik, silakan bergabung. Mari kita serukan “Bloger Bersatu untuk Hak Asasi Manusia” kepada dunia bahwa bloger bisa “tampil beda”! ***

No Comments

    1. cinta tumbuh di dalam mata tanpa ada perasaan.. mari kita ubah menjadi cinta tumbuh didalam hati tanpa melihat kenyataan dari setiap tatapan mata yang tak bisa terucap. saat na kita jalin rasa cinta itu dengan ber blogers ria.

  1. wah… menarik… 😀
    btw emang ultahnya blogger baru satu tahun yakz pak?

    berbicara HAM kadang saya merasa ambigu juga, gimana iya, soalnya HAM setiap orang berbeda2 karena masing2 kadang menggunakan Hak2 individunya sebagai senjata HAM 😀

    ooo
    yang pertama bukan blogernya, mas, hehehehe :mrgreen: tapi agenda bloger di seluruh dunia bersatu, nah itu yang pertama 🙄

  2. Waktu buka blogcatalog minggu lalu sudah disambar ajakan tersebut tetapi belum sempat daftar.

    Saya sendiri suka gamang dengan hak azasi manusia. Makin ke sini ham semakin menjadi agama baru dan bisa jadi selanjutnya ham akan berubah menjadi tuhan, sesuatu yang tidak boleh dibantah dengan argumen paling masuk akal sekalipun.

    Saya masih memikirkan mau bergabung dalam gerakan ini atau tidak.

    arifs last blog post..Blackberry Error

    ooo
    yups, silakan dipikir dan dipertimbangkan dulu, mas arif! :oke

  3. Benang Pink…
    Ngomentari orang komentar asyik juga. Maaf P. Sawali, kali ini saya cuma ngrunut komentar2 sebelum saya.
    Dari runutan yang sering saya lakukan tiap baca komentar ke postingan P. Sawali, biasanya ada benang merahnya antara komentar satu dengan yang lain. Tapi di postingan kali ini, dari atas ke bawah kok benangnya gak begitu merah. Maka kuistilahkan saja dengan Benang Pink :mrgreen:
    Sisanndene ben makin Pink, maka saya sengaja tidak mengomentari isi postingannya. Ibarat kata, dari rumah mau ke Pasar Sore, bareng tekan sekopek tekan nggon dodol sepatu lor ndalan, karepe etok2 ndelok, jebule tertarik, milih2, nawar2, mbayar2, ngerti2 wis Maghrib. Yo rak sido ning Pasar Sore Rah….. :114

    marsudiyantos last blog post..

  4. “Melalui blog masing-masing, kita bisa mengungkap persoalan ketidakadilan yang sering menimpa kaum jurnalis, pemerintah yang abai terhadap nasib rakyatnya, terusiknya kebebasan berekspresi melalui internet, tindak kekerasan dan siksaan terhadap para tenaga kerja, persoalan kelaparan dan kemiskinan, atau pelecehan seksual terhadap kaum perempuan”

    *Dari atas sampe bawah kok gak ada kata “serdadu”-nya (baca: tentara)yakk..?? :411 *

    serdadu95s last blog post..Gantian? Mahasiswa dan Masyarakat beraksi?

  5. @ eNPe:
    yups, bener banget bu ita. saya perhatikan memang banyak gaya pengungkapan dalam blog. :114

    @ ario dipoyono:
    “Hidup ! Barvo bolg Indonesiai!” 💡

    @ marsudiyanto:
    wew… jurusane kok mesti kaliwungu. bte, saya ndak bermaksud untuikuk jualan benag loh, pak, kekekekeke :DD

    @ iphan:
    mangga, mas iphan. makasih. 💡

    @ serdadu95:
    loh, memang ada apa dg para serdadu, bung? apakah sering berurusan juga dg HAM? 😛

    @ olangbiaca:
    wew… hanya sekadar menunjukkan rasa simpati aja, bung abdillah. :114

    @ abee:
    yaps, ailakan mas abee. makasih. 💡

    @ Robert Manurung:
    silakan, bung robert, hehehehe 💡 btw, blog bung robert tampaknya termasuk yang serius dan berbobot nih, hehehehe 🙄

    Sawali Tuhusetyas last blog post..Bloger Bersatu untuk Hak Asasi Manusia

  6. cocok mbah… yang penting HAM satu dengan HAM yang lain tidak gesekan mbah…. BISA APA TIDAK YA MBAH…. semoga saja selalu berdampingan HAM-HAM yang ada di bumi ini ya mbah..
    sungkem dari cucu tercantiq kagem mbah sawali.

    ooo
    bener, cucu eyang yang bener2 cantik dan pinter. sungkemmu wis dak tampa cah ayu. salam kagem bapak guru ning banyumas, ya. eyang wis kangen kepingin ketemu maneh!

  7. halah dumeh Pak Guru mau komen aja disuruh mencongak :DD
    senada Pak dengan puisi terbaru saya :liar
    jagad sinigar loro 😥
    saweneh ana kang nangis :291
    saweneh samya gumuyu 😀

    tomys last blog post..SRI GADUNG MELATI

    ooo
    wakakakaka 😈 sekaligus utk mengingatkan pelajaran matematik waktu di sd, pak tomy, hehehehe 😆

  8. Saya sih mendukung saja pak. Namanya juga hak asasi. Tapi nggak janji bakal ada postingnya. 😛

    danalinggas last blog post..Puisi BBM

    ooo
    yups, oke mas dana, semoga HAM di negeri ini makin bagus perkembangannya. 💡

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *