Gender dan Fenomena Perubahan Kelamin
Friday, 25 December 2009 (13:10) | 418 pembaca | 131 komentar | Print this Article
Perubahan jenis kelamin yang sukses dilakukan oleh Agus Wardoyo (warga Kalilangsir, Kelurahan Gajah Mungkur, Kota Semarang) menjadi Nadia, baik secara medis maupun hukum, membuat banyak orang terperangah. Memang, fenomena semacam ini bukan untuk yang pertama kali. Artis Dorce Gamalama pun pernah melakukan hal yang sama. Tak heran jika MUI pun lebih bersikap pasif. Selama tidak ada aduan dari masyarakat, institusi pemrodusir fatwa itu konon tidak akan melakukan tindakan apa pun. Meski demikian, fenomena ini tetap saja menarik untuk dicermati.
Terlepas dari kontroversi yang mencuat ke permukaan, dalam pandangan awam saya, perubahan jenis kelamin sangat erat kaitannya dengan situasi sosio-kultural masyarakat kita yang cenderung masih amat patriarkhis. Ketidakadilan gender dalam berbagai bentuk dan variannya masih menjadi pemandangan rutin yang terjadi di mana-mana. Lihat saja pola stereotype (citra baku) yang masih kuat mengakar dalam ranah domestik dan publik kita. Seringkali diilustrasikan bahwa seorang lelaki mesti tampil maskulin; pemberani, agresif, aktif, wibawa, dan citra “serba lelaki” lainnya. Sedangkan, kaum perempuan mesti tampil feminin; pemalu, defensif, pasif, santun, dan citra “serba perempuan” lainnya. Akibatnya, kaum lelaki yang ingin mengekspresikan citra ke-”serba perempuan”-an terhambat oleh atmosfer citra baku yang sudah demikian kuat menggurita dalam kultur masyarakat kita.
Dalam perspektif gender, suasana-suasana emotif dan karakter, bukanlah sesuatu yang bersifat kodrati. Sikap cengeng, nakal, pemberani, pemalu, atau wibawa, merupakan karakter universal yang bisa melekat kepada siapa saja, terlepas apa pun jenis kelaminnya. Ini artinya, seorang lelaki bisa juga berpotensi untuk memiliki karakter gampang menangis, cengeng, pemalu, dan semacamnya. Demikian juga sebaliknya. Seorang perempuan pun bisa berpotensi untuk memiliki karakter agresif, pemberani, tegar, dan semacamnya. Namun, akibat citra baku yang sudah lama mengakar dalam masyarakat kita, karakter-karakter yang dinilai “berlawanan” secara seksual semacam itu gagal terekspresikan dalam ranah interaksi dan pergaulan hidup sehari-hari.
Situasi sosio-kultural yang telah membelenggu seseorang untuk mengekspresikan karakter-karakter personalnya di depan publik secara wajar, disadari atau tidak, telah membuat suasana gelisah dan trauma sosial berkepanjangan. Tak jarang, kaum lelaki yang memiliki karakter feminin merasa terampas hak-hak sosialnya untuk bisa bergaul secara wajar di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Ada batasan-batasan kultural yang membuat mereka tidak bisa bersikap adaptif dan “manjing-ajur-ajer” di tengah-tengah pergaulan sosialnya. Suasana gelisah dan tidak nyaman dalam ranah pergaulan sosial jelas bisa menjadi hambatan serius bagi seseorang dalam mengaktualisasikan dirinya. Mereka merasa tidak mendapatkan pengakuan dan legitimasi sosial sehingga perlu menempuh cara lain agar masyarakat mengakui keberadaan dirinya, misalnya dengan melakukan operasi jenis kelamin seperti yang dilakukan oleh Dorce atau Nadia.
Fenomena Dorce atau Nadia hanyalah dua dari sekian banyak fakta dari imbas ketidakadilan gender yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat kita. Sebagai konsep yang mengacu pada peran dan tanggungjawab laki-laki atau perempuan, gender akan mengalami perubahan dan dinamika seiring dengan situasi sosio-kultural masyarakatnya. Agaknya masih dibutuhkan kearifan zaman dan peradaban agar tidak lagi muncul fenomena “Nadia-Nadia” baru di tengah-tengah kehidupan masyarakat kita. ***









































ma6ma
Firefox 3.0.3 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 13:32
maaf pak. saya mencoba menyederhanakan tulisan bapak. maaf kalau salah. jadi menurut bapak pola pikir stereotipe orang indonesia yang membuat ada kasus seperti nadia. coba saja kalau orang membiarkan cewek yang tomboy, atau cowok yang lemah gemulai. pasti hal2 tersebut tidak terjadi. apa seperti itu pak?
Reply
Sawali Tuhusetya (Friday, 25 December 2009 @ 15:58)
ketidakadilan gender memang rumit dan kompleks, mas magma. pelabelan dan citra baku hanya salah satu faktor yang menyebabkan proses transeksual itu terjadi. saya yakin, tak ada seorang pun yang mengharapkan dirinya mengalami proses psikologis semacam itu, seperti halnya tak ada seorang lelaki pun yang punya keinginan utk memiliki naluri dan “kodrat” keperempuanan. namun, agaknya proses ketidakadilan gender telah membuka pintu terjadinya proses marginalisasi, sehingga memaksa seseorang utk melakukan proses transeksual.
Reply
ma6ma (Monday, 28 December 2009 @ 12:25)
@Sawali Tuhusetya,
menurut saya, bukan marginalisasi yang membuat seseorang untuk melakukan proses transeksual. tapi lebih kepada kepuasan diri pak.
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 13:58)
@ma6ma,
Oke, mas magma, pendapat yang bagus juga nih. terima kasih tambahan infonya.
Wempi
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 14:11
tapi laki-laki menyerupai [menyerupai] wanita dan sebaliknya itu dalam agama kan emang gak boleh cmiiw
atau dua-duanya.

hanya saja wempi gak tau apakah psikisnya atau fisik nya ya
bagaimana dengan mereka yang psikis dan fisiknya tidak sejalan?
psikisnya cewek, fisiknya cowok dan sebaliknya.
apakah dibiarkan atau pilih salah satu, kalo milih, pilih yang mana psikisnya atau fisiknya?
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:28)
@Wempi,
saya kira tak ada seorang pun yang menginginkan punya perilaku seperti itu, mas wempi. kalau boleh memilih, pasti seseorang akan memilih jalan hidup yang normal dan wajar, hehe …
Reply
pensiun kaya
Firefox 2.0.0.20 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 14:12
salam
mantap tulisannya pak guru…jender merupakan hal yang tak pernah habis dikupas permasalahannya. di kalangan masyarakat kita yang memiliki tendensi lebih bersifat patriarkial, memang perspektif ‘gemulai’ seringkali diidentikkan dengan sifat perempuan. padahal dalam agama mana pun kelembutan adalah sifat yang universal yang bahkan bukan hak prerogatif manusia saja, tetapi juga binatang, tumbuhan dan makhluk TuhanNya..lebih jauh lagi, bahkan Tuhan pun mengawali wahyuNya pada para utusanNya dengan mendeklarasikan diri sebagai Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. sehingga jika manusia menyadari dan meresapi arti dari kelembutan sejatinya itu milik Tuhan, tanpa transjender pun kita bisa memilikinya. mohon maaf kalo ga nyambung
salam
NB: mohon maaf baru bisa komen lagi di blog ini
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:29)
@pensiun kaya,
sangat nyambung, mas amsi. terima kasih banget tambahan infonya. saya kira benar kok, kelembutan dan kesantunan itu merupakan karakter universal yang sah dimiliki, baik oleh kaum lelaki maupun perempuan.
Reply
deteksi
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 14:15
meskipun secara emosi dan fisik tampak seperti wanita, tetapi secara biologis dia tidak akan mencapai fungsi kodrati yang sudah diberikan oleh tuhan..
apa benar hal semacam ini muncul karena ketidakadilan-sosial pak? menurut saya faktor finansial lebih menonjol, dimana perubahan kelamin ini biasanya untuk kepentingan komersial..
wallohu a’lam
Baca juga tulisan terbaru deteksi berjudul "Ayu Azhari Wakil Bupati Sukabumi?"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:32)
@deteksi,
agaknya bukan hal yang mudah utk mengurai persoalan semacam ini, mas dion. kalau saja agus wardoyo boleh memilih, saya kok yakin, dia pasti akan memilih sesuai dengan kodratnya sesuai dengan status seksual yang dimilikinya. persoalannya jadi berbeda ketika antara fisik dan pikhisnya berbeda secara kontradiktif, sementara situasi sosial dan kultur masyarakat kita belum bisa menerima dia apa adanya.
Reply
DM
Firefox 3.5.6 dan
Windows Vista
Friday, 25 December 2009 @ 14:22
Kalimat “citra ’serba lelaki’ lainnya” dan “citra ’serba perempuan’ lainnya” saja sudah menunjukkan citra baku kita (diri kita sendiri secara kolektif) terhadap suatu jenis kelamin. Secara tanpa sadar frame kita seperti sudah di-set bahwa hal-hal seperti itu sudah mafhum dimiliki oleh satu jenis kelamin tertentu.
Lantas di mana parameter kondrat itu sendiri, Pak Sawali? Berpegang pada apa? Agama? Moral? Atau norma yang berlaku di dalam masyarakat?
Wah, kok aku malah bikin ribet Pak Sawali ya. Wong sudah nulis seperti di atas masih juga dibebani pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Hehe. Acuhkan saja, Pak Sawali. Aku hanya tergelitik dengan fenomena seperti yang Pak Sawali ceritakan

Baca juga tulisan terbaru DM berjudul "Epitaph dan Sebuah Persembahan"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:35)
@DM,
hmm … menurut saya sih, mas dan, hehe … *kok jadi sok tahu* kodrat itu sesuatu yang mustahil bisa dipertukarkan, mis. kalau perempuan mesti menstruasi, mengandung, melahirkan, atau menyusui yang tak mungkin tergantikan oleh lelaki, sedangkan gender sesungguhnya merupakan konsep yang didesain berdasarkan konstruksi sosial-budaya yang akan bisa berubah sesuai dg dinamika zamannya.
Reply
increase your traffic with Klikrar
Firefox 3.5.6 dan
Windows Vista
Friday, 25 December 2009 @ 14:34
mantap pak tulisan ini..
bener” to the point..
emang masalah gender tuh susah untuk diselesaiikan pak..
berkunjung balik ya ke blog saya pak

peace
Baca juga tulisan terbaru increase your traffic with Klikrar berjudul "Mengintip Buku Alamat"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:38)
@increase your traffic with Klikrar,
walah, makasih apresiasinya, mas.
Reply
waroeng ubuntu
Firefox 3.5.6 dan
Linux Mint 8
Friday, 25 December 2009 @ 14:37
Lelaki tetap menjadi lelaki begitu pula sebaliknya untuk perempuan. Ga perlu menjadi kelaki-lakian ataupun kewanita-wanitaan

Baca juga tulisan terbaru waroeng ubuntu berjudul "Ubuntu Basic Commands"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:51)
@waroeng ubuntu,
idealnya memang begitu, mas. tapi mungkin akan berbeda seperti masalah yang dialami oleh saudara2 kita itu.
Reply
marsudiyanto
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 15:57
Nek personal kudune ben ditanggung masing2 kan Pak, kecuali nek aku mekso wong sak RT kon oprasi kabeh…
Misale ono personal sing nggeser mripate siji dipasang ning dengkul, sijine dipasang ning weteng, lha mbok wis ben, wong nek klilipen yo dirasak2no dewe…
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:52)
@marsudiyanto,
hehehe … biarinisme ya, pak, ndherek mawon kalih pamanggihipun pak mar, hehe …
Reply
Yanti tukang kerupuk (Sunday, 27 December 2009 @ 14:59)
@marsudiyanto, Kakakakaka, iso-isoan ae Pak Mars iki….Mangstappss!!

Baca juga tulisan terbaru Yanti tukang kerupuk berjudul "Sistem Pendidikan Nasional kita jauh dari kesan membumi"
Reply
Belajar edit foto
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 16:08
hehehe….ada-ada saja ya…tapi mudah-mudahan mreka kembali ke jalan yg benar ya Pak…
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:52)
@Belajar edit foto,
amiiin.
Reply
Uliah black
Firefox 3.5.3 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 16:44
infonya bagus…
i2 nggak musyrik bang
Baca juga tulisan terbaru Uliah black berjudul "Pencegahan Sambelit"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:53)
@Uliah black,
terima kasih apresiasinya, mas.
Reply
marshmallow
Firefox 3.5.6 dan
Windows Vista
Friday, 25 December 2009 @ 17:27
wah, tulisan yang bernas khas pak satu.
baru kali ini saya membaca analisa seperti ini, pak.
namun menurut hemat saya, pencitraan baku hanyalah bersifat pendorong dan katalisator untuk proses itu, karena sesungguhnya kecenderungan untuk berubah kelamin memang sudah dimiliki oleh sang transgender.
saya setuju bahwa sifat-sifat yang pak satu contohkan sesungguhnya adalah universal dan tanpa dominasi. namun masyarakat memang sulit untuk menerima hal-hal yang di luar kebiasaan, dalam hal ini citra baku tersebut.
menarik sekali, pak satu!
Baca juga tulisan terbaru marshmallow berjudul "Epitaph dan Sebuah Persembahan"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:54)
@marshmallow,
bisa jadi seperti itulah ciri masyarakat yang masih sangat kuat kultur patriarkhinya, mbak yulfi, hehe … pelabelan dan citra baku agaknya bukan hal yang mudah utk dihapuskan.
Reply
bayuputra
Firefox 3.0.16 dan
Windows Vista
Friday, 25 December 2009 @ 20:12
Jadi Sedih Pak… Kenapa yah kok bisa.. mau di apakah dunia kita.. apakah ini merupakan tanda2 kalau ……….@@@###@###
nggak bisa comentar banyak pak sawali .. sepertinya kembali ke individu masing2 lagi heee
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:55)
@bayuputra,
hmmm … bisa jadi, mas bayu, hehe …
Reply
bayuputra
Firefox 3.0.16 dan
Windows Vista
Friday, 25 December 2009 @ 20:14
Saya Keturunan ke 2 dari orang tua saya orang jawa mau komentar pake bahasa jawa pak yah tapi kalau salah harap di maklumi..
“Wes Penak Jadi Wong Lanang Kok Arep Di Dandani Jadi Wong Wedo” heee
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:56)
@bayuputra,
kata “jadi” sebaiknya diganti aja jadi kata “dadi”, mas bayu, hehe …
Reply
hatta
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 20:33
kurang pemahaman keagamaan, saya kira menjadi salah satu sebab utamanya ….begitu pula kurang bersyukur dengan kondisi yang ada, adapun jika menurut pak sawali itu adalah efek sosio kultural, saya kira belum ke arah situ, mengingat kasusnya baru satu .. semacam sample error memang. by the way, ini menjadi warning memang buat kita semua para pendidik di lapangan … salam optimis
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:57)
@hatta,
salam optimis juga, mas hatta. wah, saya ndak tahu persis apakah ini semata2 karena kurangnya pendalaman agama, sebab dorce pernah juga melakukan hal yang sama, sampai2 MUI pun belum memberikan respon.
Reply
andif
Shiretoko 3.5.8pre dan
Ubuntu 9.10
Friday, 25 December 2009 @ 22:00
Tobat tobat… menyalahi aturan Tuhan
Baca juga tulisan terbaru andif berjudul "Mastering Ubuntu Karmic"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:58)
@andif,
hmm … utk soal yang satu ini, saya ndak bisa komentar, mas felani, hehe …
Reply
m4stono
Firefox 3.5.3 dan
Ubuntu 9.10
Friday, 25 December 2009 @ 22:53
dulu waktu SMA pas pelajaran biologi diajari bahwa ada kalanya kelainan katakanlah secara genetis ada pria yg tidak punya buah zakar, ada juga wanita yg tidak punya payudara/payudaranya rata…lha inilah susahnya…kalo tidak ngalami sendiri ndak bakalan ngerti perasaan mereka2 ini :mrgreen:
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:59)
@m4stono,
hmm … mungkin kita hanya bisa menafsirkannya sebatas beropini, mas tono, hehe …
Reply
Sarimin
Firefox 3.5.5 dan
Windows XP
Friday, 25 December 2009 @ 23:59
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 00:59)
@Sarimin,
kekeke … jadi dua dong, mas. apa malah ndak repot, hehe …
Reply
Taktiku
Firefox 3.5 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 05:52
Mantap pak tulisannya,

Baca juga tulisan terbaru Taktiku berjudul "Facebook Notifications HP BlackBerry Saya Error"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:45)
widih, mas dendy bisa saja nih, tulisan biasa saja, kok.
Reply
ciwir
Firefox 3.0.4 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 07:15
perubahan kelamin dengan alasan bahwa secara psikologi adalah berbeda dari kelamin awalnya mmang fenomenal pak.
namun secara fiqih bagaimana ya hal seperti ini?
tanggapan ulama seperti apakah gerangan??
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:47)
wah, MUI sepertinya malah menunggu reaksi dari masyarakat, mas santri, hehe … kalau ndak ada aduan, konon pergantian kelamin dianggap sbg hal biasa. doh, gimana toh ini?
Reply
The Fachia
Firefox 3.5.6 dan
Windows 7
Saturday, 26 December 2009 @ 09:45
Kang, perilaku sosial seperti ini sungguh memprihatinkan ya. Semoga tidak ada lagi fenomena penyimpangan sosial seperti ini yg smakin lama smakin dianggap lazim..

Baca juga tulisan terbaru The Fachia berjudul "Web Design Menggunakan Online Tools berbasis CSS Template"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:48)
semoga saja demikian, mas fachia.
Reply
duadua
Firefox 3.5.5 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 10:20
seperti kata kata yang menyebutkan bahwa laki-laki gak boleh nangis ya pak.Padahal Rasulullah Salallahu Alaihi wa Salam aja nangis.
Baca juga tulisan terbaru duadua berjudul "Keajaiban Kreativitas"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:48)
oh, ya? terima kasih tambahan infonya, mas.
Reply
duadua
Firefox 3.5.5 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 10:21
seperti orang yang menyatakan kalo laki-laki gak boleh nangis ya pak?
padahal nabi aja nangis
Baca juga tulisan terbaru duadua berjudul "Keajaiban Kreativitas"
Reply
dameydra
Safari 4.0.3 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 10:35
fenomena memang pak sawali… tapi kita tidak bisa berbuat apa-apa karena memang itu sudah jalan hidup mereka
Baca juga tulisan terbaru dameydra berjudul "Join Djarum Black Competition Vol II"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:51)
saya kira benar, mas damey. seperti apa yang dikatakan pak mar, dikembalikan ke personalnya masing2.
Reply
thiar thea
Firefox 3.5.6 dan
Mac OS X 10.5
Saturday, 26 December 2009 @ 11:22
Agak ‘tinggi’ nih postingannya. Yang jelas saya percaya Tuhan gak mungkin ’salah design’ dengan meletakkan kelamin pria pada tubuh wanita ha ha…
Semoga akan muncul banyak pakar yang mampu mengobati gejala seperti ini. Orang ’sakit’ musti disembuhin kan?
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:53)
hmm … saya kira benar sekali, mas. bisa jadi ini juga cara Tuhan untuk memberikan tantangan dan ilmu baru buat pakar2 kedokteran.
Reply
itempoeti
Shiretoko 3.7.8 dan
Ubuntu 10.04
Saturday, 26 December 2009 @ 11:35
bukan hanya kearifan zaman.., tapi juga diperlukan kearifan lokal… petuah para pinisepuh seperti halnya tidak melakukan junub dengan istri di hari weton kelahiran dan di malam satu suro dimaksudkan untuk bisa menghasilkan proses regenerasi dan berketurunan yang bisa menghasilkan manusia-manusia yang bemartabat.
mencegah lebih baik daripada mengobati.
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:53)
wah, terima kasih sudah diingatkan, mas mahendra. doh, selama ini saya ndak pernah memperhatikan nilai2 kearifan lokal semacam itu, je, hehe …
Reply
Hot And Trend Information
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 12:58
haduh…
makin aneh2 aja dunia 

Baca juga tulisan terbaru Hot And Trend Information berjudul "GPS Systems, Why They Are Handy"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:54)
sepertinya dunia makin banyak yang aneh dan nganeh-anehi, mas, hehe …
Reply
Hot And Trend Information
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 12:59
makin aneh dunia ini
Baca juga tulisan terbaru Hot And Trend Information berjudul "GPS Systems, Why They Are Handy"
Reply
pakne galuh
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 15:45
faktor lingkungan juga turut andil akan terciptanya “nadia-nadia” di bumi ini pak.
dan anehnya semua biasanya diawali oleh tindakan kekerasan yang diterima oleh si calon “nadia”.
Baca juga tulisan terbaru pakne galuh berjudul "Palu Arit di Ladang Tebu"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:55)
hmm … bisa jadi, mas. ada benarnya juga kalau ada yang bilang bahwa faktor lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa seorang anak, bahkan hingga kelak mereka dewasa.
Reply
bisnis online ala eros
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 16:20
bukan kah ini memamng sudah ditakdirkan

tapi tidak mungkin kita menyalahkan Tuhan
Baca juga tulisan terbaru bisnis online ala eros berjudul "SPC 2000 : Spesifikasi Harga SPC Boss 2000"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:57)
Kita yakin, Tuhan dengan segala kekuasaan-Nya punya cara tersendiri dalam memberikan nilai2 hikmah di balik setiap ciptaan-Nya, mas eros.
Reply
dhodie
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 17:19
Memang masalah yang kompleks karena ini tidak hanya bersinggungan dengan nilai dan norma masyarakat, tetapi juga ajaran agama ya pak

Baca juga tulisan terbaru dhodie berjudul "Avatar, Simply the Best"
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:58)
saya kira benar, mas dhodhie. ada nilai2 religiusitas di balik fenomena ini, selain faktor sosial dan kultural.
Reply
Bp. Afif Naofal 08121479434 WWW.INFOBAGUS.TK
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 20:30
Assalamualaikum……SALAM KENAL=====================
Temen-temen ingin WIRAUSAHA ??? Jadi entrepreneur ???
Ingin punya bisnis ??? Mau buka usaha ???
Yang nyata, halal, prospektif & mudah ??? ( Bukan MLM )
Atau butuh bimbingan / konsultasi ???
Wujudkan Bersama Kami. “CV.HAZET Computer & Konsultan Bisnis”
Hubungi 08121479434 Bp.Afif Naofal atau Klik DISINI
http://WWW.INFOBAGUS.TK atau
http://WWW.HAZETCOM.BLOGSPOT.COM
Bersama kami insyaAllah untung, maju, berkah & sukses.
/
Saatnya ACTION!. Ayo ambil peluang bisnis ini.
Tidak ada kata terlambat!. Ikuti jejak mereka yg sudah kami bina & sukses.
Orang lain bisa sukses, Andapun BISA!
Kami bantu anda maksimal. Melayani Seluruh Indonesia.
GARANSI. KONSULTASI GRATIS !!! ======================
Reply
mas rohman
Firefox 3.0.6 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 21:16
wah laki-laki jadi cewek nih…
brrr…
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 26 December 2009 @ 23:59)
hmmm … memang benar, gus, sampai2 hukum pun mengabulkan permohonan nadia, hehe …
Reply
Lagu Barat
Firefox 3.0.16 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 22:02
Waduh Waduh artikel yang mantap nih
Reply
Sawali Tuhusetya (Sunday, 27 December 2009 @ 00:00)
walah, artikel biasa saja kok, mas, hehe …
Reply
Didien
Firefox 3.0.13 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 23:53
masalah perubahab gender ini dari sudut pandang saya cukup membingungkan, antara hak asasi ato kurang bersyukur..?
tp saya hanya bisa melihat sisi positifnya, bahwa manusia itu di ciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing2..bukan begitu pak sawali..
pakabar pak??
salam, ^_^
Baca juga tulisan terbaru Didien berjudul "Sebuah Perjalanan 2009"
Reply
Sawali Tuhusetya (Sunday, 27 December 2009 @ 00:14)
@Didien,
alhamdulillah, sehat, mas didien. semoga demikian juga dengan mas didien dan keluarga. hmm … sebenarnya gender berbeda dengan jenis kelamin, mas, hehe … gender dibentuk berdasarkan konstruksi sosial-budaya masyarakat, sedangkan jenis kelamin erat kaitannya dg kodrat dan fungsi seksual. itu dia persoalannya, semakin maju peradaban, kodrat pun secara fisik bisa direkayasa.
Reply
Caride
Firefox 3.0.13 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 23:54
mudah-mudahan adanya fenomena ini tidak menjadikan polemik yg membuat kita lupa akan hak dan tanggung jawab kita masing-masing..
Baca juga tulisan terbaru Caride berjudul "Notebook Ultrathin Mengancam Kejayaan Netbook"
Reply
Sawali Tuhusetya (Sunday, 27 December 2009 @ 00:15)
@Caride,
amiin, mudah2an demikian, mas caride. jadi makin repot kalau soal semacam ini terus jadi polemik di tengah2 kompleksnya persoalan yang belum juga tuntas terselesaikan.
Reply
d-Gadget
Firefox 3.0.13 dan
Windows XP
Saturday, 26 December 2009 @ 23:55
yang terpenting akhlaknya, kalopun dia harus merubah menjadi sosok yg berlawanan jenisnya…
Baca juga tulisan terbaru d-Gadget berjudul "Review BlackBerry Onyx"
Reply
Sawali Tuhusetya (Sunday, 27 December 2009 @ 00:16)
@d-Gadget,
setuju, mas. apa pun alasannya, akhlak tetap harus jadi nomor satu, hehe …
Reply
wahyoe koplo
Firefox 3.5.2 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 01:59
gak bisa bayangin aja kalo kita harus tukar posisi kayak gitu

Baca juga tulisan terbaru wahyoe koplo berjudul "Job Pertama dari Payperpost.com"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:16)
hmm … tapi ini tdak kayak hermaprodite, loh, mas wahyoe, hehe …
Reply
mikekono
Firefox 2.0.0.11 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 11:46
Agus menjadi Nadia


tak perlulah menjadi kontroversi
dan soal perubahan kelamin
pun tak usahlah trll dibesar-besarkan,
yang terpenting adalah sejauhmana
kelamin itu tdk disalahgunakan
dan dipertanggungjawabkan pengalokasiannya….
Baca juga tulisan terbaru mikekono berjudul "Kualitas Wartawan : Luna Vs Infotainment"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:17)
setuju banget, mas mike. justru itulah yang terpenting. jadi makin repot kalau disalahgunakan, haks.
Reply
DV
Google Chrome 3.0.195.38 dan
Windows Vista
Sunday, 27 December 2009 @ 12:04
Hal seperti ini memang masih sangat langka terjadi di Indonesia ya…
Di sini dan di paruh dunia lainnya, operasi ganti kelamin adalah sesuatu yang lumrah yang meski menurut pandangan saya justru tampak tak lumrah
Satu hal yang sangat saya herankan adalah meski sekarang sentimen terhadap homoseksual group termasuk banci dipersoalkan tapi Dorce kok seperti mulus2 saja ya?
Apa mungkin karena ia ganti kelamin sudah sejak lama ya…
Baca juga tulisan terbaru DV berjudul "Avatar, terbaik 2009?"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:18)
nah, itu dia, mas don. saya juga heran, kenapa ketika kejadian ini dilakukan dorce, seperti tak pernah terjadi apa2, yak?
Reply
Natha Lia
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 12:12
busyet keren banget sich tulisannya……..mank sekarang dunia dah kebalik nich kayaknya………
See More My Blog
Natha Lia Blog
Download Ebook Free
Download Full Free Software
Adult Blog
Baca juga tulisan terbaru Natha Lia berjudul "Merry Christmas and Happy New Year"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:19)
doh, mbak nathalia bisa saja nih, tulisan biasa saja kok, mbak.
Reply
edratna
Firefox 3.0.16 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 12:39
Terus terang saya kurang ahli…
Dari yang pernah saya baca, kecenderungan itu memang sudah dari sononya pak, apalagi jika dipicu oleh lingkungan sekitarnya…
Saya membayangkan orang-orang seperti Nadia hanya ingin diakui dan tidak direndahkan pak….terlepas apakah hal tsb diakui oleh agama atau apapun. Namun kita harus tetap menghormati apapun pilihannya.
Baca juga tulisan terbaru edratna berjudul "Bulan renungan?"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:20)
setuju banget dengan pendapat ibu. apa pun yang dilakukan oleh nadia, bisa jadi itu memang pilihan terbaik menurut dia. kita memang perlu menghormati pilihannya itu.
Reply
edratna
Firefox 3.0.16 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 12:44
Komenku ilang???

Baca juga tulisan terbaru edratna berjudul "Bulan renungan?"
Reply
Yanti tukang kerupuk
Opera 9.64 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 15:00
Jadi kita harus bagaimana dung pak untuk menyikapi hal ini. Bukan tidak mungkin ini hanyalah sekedar efek gunung es…salam
Baca juga tulisan terbaru Yanti tukang kerupuk berjudul "Sistem Pendidikan Nasional kita jauh dari kesan membumi"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:20)
hmm … kalau saya setuju dengan pak mar, mbak yanti. kita serahkan saja kepada personalnya masing2.
Reply
Hariez
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 15:25
saya sangat setuju dengan pendapat Anda Pak
Baca juga tulisan terbaru Hariez berjudul "Untuk Siapa ?"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:21)
terima kasih, mas riez, apresiasinya.
Reply
Sumber Daya Professional dan Tanggung Jawab Bagi Pemerintahan Indonesia
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 19:08
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:22)
hmm … itu dia, mas. tapi seperti yang disampaikan bu enny, mungkin itulah pilihan terbaik bagi nadia, ketika dia belum bisa diterima di tengah2 lingkungannya secara utuh dan apa adanya.
Reply
dzvx
Firefox 3.0.10 dan
Windows Vista
Sunday, 27 December 2009 @ 19:29
Sekarang banyak juga fenomena perubahan sifat orang, sebenernya yang saya bingung adalah itu faktor ‘bawaan gen kebanyakan kromosom X nya atau faktor pergaulan ya?’
Salam kenal pak, ini kunjungan perdana

Baca juga tulisan terbaru dzvx berjudul "Finally : ngaturduit.com Mobile Version"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:24)
salam kenal juga, mas. agaknya fenomena ini bukan hal yang mudah utk dijawab. ada korelasi banyak faktor. selain sosial-budaya, juga ada faktor psikologis dan agama.
Reply
haniifa
Firefox 3.0.15 dan
Windows Vista
Sunday, 27 December 2009 @ 19:31
@Kang Sawali

Saya kira peran orang tua ditahap dini sangat berpengaruh besar… hehehe… bukanyah sok nyunah Rasul, tapi memang sengaja saya pasang janggut dan kumis walaupun jelek kelihatannya, saya hanya berharap anak-anak yang mempigurkan diri seorang ayah dominan hormon xy.
Baca juga tulisan terbaru haniifa berjudul "Optimasi Al Qur’an = WYSIWYG dan WYHIWYG"
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:26)
benar sekali, mas hanif. terima kasih tambahan infonya.
Reply
Miss Anna
Firefox 3.5.5 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 20:05
haduh ada2 saja mbak nadia ini….tapi hal seperti itu kan merupakan hak setiap orang, pengadilan hanya legalisasi saja. Tapi saya tetap gak setuju sih sebenarnya ada hal kek gini …..seperti menyalahi kodrat
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:28)
secara kodrati, kalau nadia memang ditakdirkan sebagai lelaki, seharusnya dia bisa menerima apa adanya, mbak anna. tapi ndak tahu juga nih, kenapa setelah dewasa dia menemukan kenyataan yang berbeda. apa pun yang dilakukan, bisa jadi itulah pilihan terbaik buat dirinya.
Reply
ILHAM
Firefox 3.5.2 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 21:37
waaah bukannya itu menyalahi kodrat maz?….
Ntar gimana lok tuhan marah?……
Upz, aku nggak ikut”-an aaahhhh….
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:30)
persoalan ini memang agak rumit, mas ilham, sampai2 MUI pun lebih memilih diam, hehe …
Reply
Mr, Kem
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 21:43
aduuh bo!!…jadi bingung, eike mau ngomong apa..
Mereka yang mengalami masalah dengan gender ( seperti Nadia ) sering tidak cukup percaya diri akan kondisi yang mereka alami. Besarnya tekanan dari lingkungan menyebabkan perubahan gender terjadi..Itulah Indonesia..yang harusnya kita bisa menghargai perbedaan itu.
Jujur saja terkadang kita sering memandang sebelah mata mereka..ini yang harus kita rubah
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:31)
itulah sebabnya, mas kem, dunia pendidikan pun kini sudah mulai diperkenalkan dengan masalah kesetaraan dan keadilan gender utk memberikan pemahaman yang benar kepada anak2 masa depan negeri ini.
Reply
masnur
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Sunday, 27 December 2009 @ 23:21
Sebaiknya tanyakan langsung saja kepada Dorce dan Nadia alasan mendasar mengapa ganti kelamin. Barulah kita bisa memahami seberapa berat perjuangan mereka hanya sekedar menunjukkan sebuah citra diri.
Kadang saya malah merasa kasihan melihat perjuangan mereka, sementara orang normal (secara orientasi seks)memandang sinis dan remeh seolah2 masalah kejiwaan itu bisa diubah semudah membalik telapak tangan.
Reply
Sawali Tuhusetya (Monday, 28 December 2009 @ 01:32)
betul juga, mas nur, bisa jadi, cara itulah pilihan terbaik, mengapa dia harus nekad melakukan pengubahan kelamin semacam itu.
Reply
marshmallow
Firefox 3.5.6 dan
Windows Vista
Monday, 28 December 2009 @ 09:38
pak satu, kenapa setiap hendak membuka tulisan terbaru, saya selalu diminta utuk simpan file dalam winrar? atau server saya yang bermasalah, ya?

Baca juga tulisan terbaru marshmallow berjudul "Sunset at Nabawi"
Reply
Sawali Tuhusetya (Tuesday, 29 December 2009 @ 23:57)
hmmm …. mungkin ada yang error, nih, mbak, terutama pada bagian servernya. alhamdulillah sekarang sdh kembali normal dan bisa dibuka lewat browser apa pun. terima kasih infonya, mbak.
Reply
heru
Firefox 3.5.2 dan
Windows XP
Monday, 28 December 2009 @ 15:13
kadang saya bingun, sebenarnya apa yang mereka pikirkan

Baca juga tulisan terbaru heru berjudul "Update Status di Facebook Via ( Terserah Kamu )"
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 00:06)
hmmm …. persoalan transeksual ini memamng agak pelik karena tak hanya masalah perubahan jenis kelamin semata, tetapi juga ada faktor sosio-kultura dan agama.
Reply
novi cuk lanang
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Monday, 28 December 2009 @ 18:21
dosa kecil biasanya diremehkan. termasuk bertingkah meniru perempuan seperti yang dilakukan banyak host televisi.
karena biasa maka lama-lama tak lagi menyadari bahwa itu dosa. hingga kemudian menjadi kebiasaan.
lantas yang telah terbiasa itu beranggapan sudah menjadi takdirnya.
Suratan takdir. Demikian alasan yang kerap saya dengar dari banci, WTS, gay, dsb.
saya gak tahu apakah perubahan kelamin adalah bagian dari takdirnya jika sejatinya suatu proses tsb berawal dari dosa kecil masa lalu yang diremehkan. Hanya Mas Agus Wardoyo dan Gusti Allah yang tahu.
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 00:10)
iya, nih, mas novi. agaknya proses transeksual ini memang rumit dan kompleks. ada banyak faktor yang ikut memengaruhi terjadinya proses itu. ada benarnya memang kalau mas novi bilang bahwa nadia dan Gusti Allah yang tahu.
Reply
pangeran9999
Firefox 3.0.16 dan
Windows XP
Tuesday, 29 December 2009 @ 02:05
bagus…bagus brow….sambil makan sambil baca2 yach……….salam kenal……. my blog Ponsel and Laptop
Baca juga tulisan terbaru pangeran9999 berjudul "Lenovo ThinkPad Review"
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 00:11)
salam kenal juga, pangeran., terimaksih kunjungan dan komentarnya.
Reply
child care
Firefox 3.5.3 dan
Windows XP
Tuesday, 29 December 2009 @ 11:03
lalu statusnya KTPnya gimana? Trus akte ganti donk?
”
Baca juga tulisan terbaru child care berjudul "Crying Baby"
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 00:15)
hmmm … wah, soal KTP dan lain2nya saya ndak tahu persis, mas. bisa jadi harus diubah dan disesuaikan itu.
Reply
andriyawan
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Tuesday, 29 December 2009 @ 12:59
Allah tidak menyukai orang yang merubah-rubah ciptaan-Nya…Laki-laki ya laki-laki, perempuan ya perempuan,,,
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 00:16)
betul sekali, mas andri. tapi mungkin apa yang dilakukan agus wardoyo, bisa jadi itulah pilihan terbaik menurutnya.
Reply
hadi
Firefox 3.0.4 dan
Windows XP
Tuesday, 29 December 2009 @ 17:14
sebagai manuasi yang beragama islam, aku tidak setuju dengan tindakan agus wardoyo ini, manurutku memang faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi perkembangan seseorang, sehingga akan memunculkan keputusan yang sering bertentangan dengan kodrat yang sudah di tentukanNya.
Baca juga tulisan terbaru hadi berjudul "SMADAV Anti Virus Asli Indonesia"
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 00:22)
terima kasih komentar dan pendapatnya, mas hadi. persoalan transeksual memang rumit dan kompleks, mas, karena ada banyak faktor yang ikut memengaruhi. selain agama, juga ada faktor psikologis, sosiologis, dan kultural.
Reply
abdul aziz
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Tuesday, 29 December 2009 @ 20:31
Barangkali faktor psikologis lebih dominan. Ia tidak mampu menerima kenyataan sebagai seorang lelaki yang kurang memberikan kesempatan untuk meraih keberhasilan. Dan kemungkinan besar setelah berganti kelamin pun ia sepanjang hidupnya akan terbebani dengan masalah psikologis ini.
Mungkin kita harus lebih banyak belajar untuk menerima kenyataan dan mensykuri kehidupan ini agar bisa menikmatinya.
Terima kasih banyak Pak, sebuah renungan yang begitu dalam.
Salam.
Baca juga tulisan terbaru abdul aziz berjudul "Iman, Sebuah Pembenaran Aplikatif"
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 01:57)
salam juga, mas azis. mungkin benar juga, mas. setelah sukses melakukan proses transeksual pun belum tentu nadia akan menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya karena beban psikologis tadi.
Reply
ericova
Opera 10.01 dan
Windows 7
Tuesday, 29 December 2009 @ 21:59
mwah ada2 saja orang jaman sekarang..ga mensyukuri rahmat yang diberikan yang Kuasa
kelamin adalah anugrah yang diberikan tapi malah diganti dan tidak terima.
Baca juga tulisan terbaru ericova berjudul "Review Mibaba Mojokerto"
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 02:10)
hmmm …. emang persoalan transeksual ini rumit dan kompleks, mas rico. konon ada banyak faktor yang memengaruhinya. selain dari sisi agama, faktor psikologis, sosiologis, dan kultural juga ikut memengaruhinya.
Reply
blogger pengamen ilmu
Firefox 3.0.16 dan
Windows XP
Wednesday, 30 December 2009 @ 00:24
intinya adalah mampu tidak kita bersyukur atas pemberian-NYA ??
aneh-aneh saja mereka
Baca juga tulisan terbaru blogger pengamen ilmu berjudul "Tahun "BESAR""
Reply
Sawali Tuhusetya (Wednesday, 30 December 2009 @ 02:19)
hmm … itu dia, mas. memang persoalan transeksual menjadi sesuatu yang rumit dan kompleks. sama spt tanggapan saya kepada teman2 yang lain. selain faktor agama, juga ada faktor piskologis, sosiologis, dan kultur yang ikut memengaruhi.
Reply
halocoy
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Wednesday, 30 December 2009 @ 02:45
wah artikel yg menarik nih pak. cuma saya ga bgitu paham basic/psikologi ttg beginian. seneng baca aja + pengetahuan baru. trims sdh berbagi ya pak. happy new year.
Baca juga tulisan terbaru halocoy berjudul "Online Lifestyle"
Reply
Sawali Tuhusetya (Friday, 1 January 2010 @ 22:19)
sama2, terima kasih atas apresiasi dan komentarpnya.
Reply
Bisnis Di Internet
Internet Explorer 8.0; dan
Windows XP
Thursday, 31 December 2009 @ 09:39
Rasanya itu adalah hak tiap2 pribadi. Daripada berada di masyarakat dikucilkan, tidak diakui sebagai Perempuan atau Pria.
Cari Uang Di Internet
Reply
Sawali Tuhusetya (Friday, 1 January 2010 @ 22:56)
ada benarnya juga itu, mas. bisa jadi itulah pilihan terbaik buat agus wardoyo.
Reply
CDMA EVDO Modem
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Tuesday, 5 January 2010 @ 13:27
sebuah pilihan jalan hidup..yang sebetulnya sulit dibilang salah atau benar
Modem EVDO Murah
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 9 January 2010 @ 21:39)
saya kira benar, mas. tapi, bisa jadi itulah pilihan yang dianggap terbaik oleh agus wardoyo.
Reply
fiki
Firefox 2.0.0.11 dan
Windows XP
Wednesday, 6 January 2010 @ 08:10
dunia ini memang aneh

Baca juga tulisan terbaru fiki berjudul "Grosir Jaket Batik"
Reply
Sawali Tuhusetya (Sunday, 10 January 2010 @ 02:14)
hmm … jadi, fenomena agus wardoyo termasuk aneh juga, mas fiki?
Reply
batiknovita.com
Firefox 3.5.6 dan
Windows XP
Sunday, 7 February 2010 @ 12:26
Mohon koreksi, Agus Wardoyo bukan warga semarang, tapi warga Batang-Jateng
sumber:
http://buser.liputan6.com/berita/200912/254122/Agus.Ubah.Identitas.Lewat.Jalur.Hukum
Makasih
Reply
Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:58)
terima kasih tambahan infonya, mas.
Reply