Blog Guru

Tiba-tiba saja saya terusik untuk mengangkat blog guru sebagai topik. Maklum, memasuki liburan semester I ini banyak waktu luang yang bisa saya gunakan untuk memuaskan syahwat hasrat bercinta berselancar dengan kekasih blog saya di dunia maya. *halah* “Kayak ndak ada kerjaan ajah!”, ujar Mas Mbelgedez, hehehehe 😆

Ya, ya, ya, setelah hampir 6 bulan lamanya bersikutat dengan rutinitas di sekolah, para guru diberi kesempatan untuk libur. Mungkin setiap daerah beda-beda, yak. Sudah otonomi kok. Jadi, terserah kebijakan Pemda/Pemkot masing-masing. Untuk daerah saya (Kendal), sekitar 2 minggu, para guru bisa menghirup udara bebas di luar tembok sekolah. *halah* 14 Januari nanti baru kembali mencium aroma silabus, RPP, agenda mengajar, buku teks, daftar nilai, dan setumpuk tugas sampingan lainnya di sekolah.

Enak betul, yak, jadi guru! Saya kira tidak salah. Dari sisi waktu, guru jelas banyak diuntungkan. Beban kewajiban mengajar guru hanya 24 jam — berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) — per minggu dari total waktu 144 jam. Ini artinya, masih ada siswa waktu 120 jam per minggu. Selain bisa digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas utama yang lain, seperti menyusun silabus, skenario dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media/alat bantu, menyusun soal, koreksi, analisis nilai, menyusun program tindak lanjut, beribadah, beristirahat, berkomunikasi dengan keluarga, atau melakukan kegiatan-kegiatan sosial, juga bisa digunakan untuk meningkatkan potensi diri. Membaca dan menulis, menurut hemat saya, sangat tepat dijadikan sebagai aktivitas yang bermakna dalam menunjang kompetensi guru.

Mengapa dua aktivitas itu penting saya kemukakan? Setidaknya ada dua alasan yang cukup mendasar. Pertama, membaca dan menulis bisa menjadi asupan bergizi dalam *halah* khazanah rohaniah kita yang (nyaris) luput dari sentuhan perhatian keseharian kita. Disadari atau tidak, kita lebih “memuliakan” kegemukan lahiriah ketimbang ketambunan rohaniah kita. Kita nekad melakukan demo, bahkan “perang urat syaraf” ketika perut kita merasa lapar. Namun, ketika simpul-simpul syaraf otak dan keliaran imajinasi kita butuh dipermak dan dirawat, kita cuek-bebek; membiarkan pikiran dan imaji kita kelaparan hingga lumpuh.

Kedua, membaca dan menulis masih menjadi fenomena budaya yang langka di negeri ini. Bahkan, bangsa kita sudah lama dikenal sebagai bangsa yang malas membaca. Dari budaya praliterasi, bangsa kita langsung meloncat ke budaya posliterasi (media elektronika). Budaya literasi dibiarkan tenggelam, melapuk, dan memfosil dalam sejarah peradaban bangsa dari generasi ke generasi. Kalau budaya membaca (reseptif) saja masih amburadul, apalagi budaya menulis (produktif). *halah sok tahu, yak* Tak heran ketika Menpan menetapkan ketentuan angka kredit pengembangan profesi untuk kenaikan pangkat dari golongan IV-a ke golongan IV-b dan seterusnya melalui penulisan karya ilmiah, banyak guru yang angkat tangan. :mrgreen: Banyak yang gagal meraihnya sehingga bejibun jumlah guru yang terpaksa ndongkrok di golongan IV-a.

Nah, ketika dunia tak lagi mengenal sekat-sekat geografis, bahkan sudah menyatu dalam sebuah perkampungan global, idealnya aktivitas membaca dan menulis bukan lagi menjadi sebuah kewajiban, melainkan sebuah kebutuhan. Seiring dengan itu, anak-anak sekolah pun mulai banyak yang merambah ke dunia internet. Jika kita perhatikan, sudah banyak pelajar yang memiliki blog. Hebat! Blog yang mereka miliki tak hanya sekadar blog biasa. Mereka rutin meng-up date-nya dengan postingan bermutu. Lihat saja blog chaosregion, Mas Moer, atau bachtiar –untuk menyebut beberapa nama. Ketiga blog ini masing-masing dikelola oleh anak muda yang usianya belum genap berkepala 2. Luar biasa! Salut!

Kalau para pelajar seusia SMA saja sudah punya blog yang bagus, bagaimana dengan para gurunya? *halah* Bisa jadi menjadi sebuah ironi apabila para pelajar sudah melintas kencang di tengah-tengah lalu lintas peradaban dunia melalui blog, sementara para guru masih bersikutat di semak-semak peradaban proliterasi. Kita memang perlu bersikap realistis. Kesenjangan kompetensi guru desa-kota selama ini memang masih cukup lebar. Guru-guru yang tinggal di kota hampir setiap hari bisa mengakses dunia maya. Sementara, guru-guru yang tinggal di pelosok-pelosok dusun masih harus akrab dengan kondisi tempat tinggal yang jauh dari sentuhan signal internet. Namun, saya kira hal itu tidak bisa jadi alasan pembenar bagi rekan-rekan sejawat — terutama yang tinggal di kota– untuk tindak melakukan aktivitas ngeblog.

Selain sudah banyak diungkap di blog lain, saya juga pernah memosting beberapa tulisan yang berkaitan dengan pentingnya ngeblog di kalangan guru di tengah-tengah abad gelombang informasi ini. Simak saja tulisan saya di sini, di sini, atau di sini. Kita juga mengenal blog guru –sekadar menyebut beberapa nama– seperti Aditya-Suandana, akafuji, Awan965, deni3wardana, enggar, eNPe, Gempur, kangguru, Mawardi, Narto, rudyhilkya, urip, Welly Arwanto, Yossi, atau zainurie. Blog-blog tersebut dikelola oleh bloger yang kebetulan juga berprofesi sebagai guru. Mudah-mudahan langkah mereka segera diikuti oleh rekan-rekan sejawat guru yang lain.

Saya kira blog yang mereka kelola bukan sebagai ajang untuk pamer diri, cari sensasi, atau ketenaran, melainkan lebih dimaksudkan sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi, sharing, dan diskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Kehadiran blog guru di dunia maya agaknya juga sangat dibutuhkan untuk kepentingan dunia pendidikan. Lihat saja skrinsut kata-kata kunci pencari dalam situs yang sempat “tersesat” mangslup masuk dalam blog saya berikut ini.

Alhamdulillah, tidak ada kata-kata kunci, seperti telanjang, video bokep, bugil, atau porno :mrgreen: yang nyasar ke sini, karena saya memang tidak punya bakat ke situ, hehehehe 😆 Saya menduga, kata-kata kunci tersebut dimasukkan ke dalam mesin pencari oleh rekan-rekan sejawat guru atau mereka yang memiliki kepentingan informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Ini artinya, kehadiran blog guru memang dibutuhkan oleh kaum pendidik dan pemerhati dunia pendidikan. Semoga tahun 2008 menjadi awal yang bagus terhadap bangkitnya blog guru di dunia maya. Siapa tahu kelak blog diakui sebagai angka kredit pengembangan profesi guru sehingga bisa ikut memperlancar dan memuluskan jalan dalam menggapai karier yang lebih baik.

Oh, ya, saat ini juga sudah ada blog yang secara khusus mereview dan meresensi blog guru. Silakan lihat di sini. Blog tersebut dikelola oleh Kelik M. Nugroho, jurnalis dan penulis yang bekerja di Jakarta. Dia alumnus Pondok Modern Gontor Ponorogo, IAIN Jogja, dan masih ingin menyelesaikan kuliah S-2 di Islamic College for Advanced Studies, Jakarta. Blog ini didedikasikan untuk kemajuan mutu guru di Indonesia. Terima kasih Pak Kelik atas kepeduliannya untuk terus mengikuti perkembangan blog guru, semoga maksud mulia ini bisa ikut menyebarkan “virus” ngeblog di kalangan guru. ***

No Comments

  1. Yah saya setuju sekali kalau Guru guru punya inisiatif untuk mencari suatu perubahan, jangan tunggu komando, dan jangan jadikan kondisi yang ada sebagai penghalanmg justru kita harus bisa melewati halangan dan rintangan dengan nurani yang lebih bersih, kalau hasilnya bagus akan membawa kebanggaan tersendiri. Jangan menyerah yah Bapak Bapak Guru yang luhur budi.Belajarlah dari Pak Sawali

  2. Apa khabar pak sawali ? Terima kasih atas ilmunya yang telah di tularkan melalui Pelatihan Guru TIK Kab. Banyumas, sehingga saya sekarang jadi mengenal bog dan punya blog sendiri.kalau ada waktu, kunjungi donk blog aku, walaupun masih sedikit tapi khan senang ada yang ngunjungi. makasih pak…

    ooo
    alhamdulillah, sehat, pak rudy. walah, sama2, pak, tapi kok alamat blognya ndak dicantumkan, pak, jadi susah deh kalo mau berkunjung ke blog pak rudy, heheheheh 😆 btw, lain kali kalo komen, jangan lupa ngisi alamat blognya di kolom URL, yak? hhehehehe 😆 makasih pak rudy.

  3. Salam Pak,

    Saya setuju buanget,,
    Saya ingin kenal Bapak, berapa nomor HPnya?
    Mks

    ooo
    yap, salam kenal juga bung deni. makasih, yak kunjungannya. no hp dah saya kirim via email, hehehe 😆

  4. Maaf pak, no HP Bapak belum masuk atau mungkin lagi error.
    Kalau tidak keberatan kirimkan ke 08170600305
    Oh, ya, Bpk mengajar dimana?

    Makasih.

    Deni Kurniawan As’ari’s last blog post..SEKILAS ISPI

    ooo
    ttg saya selengkapnya bisa dibaca di buku tamu 2.

  5. :112 Pak, trim’s ilmunya, emang betul ngeblog itu enak, saya jadi heran ada beberapa temen guru yg suka chating, padahal gak ada ilmunya ya? (bagi saya lho) lebih baik saling tukar ilmu melalui bloger kita

    Sir Indajawatis last blog post..LULUS SERTIFIKASI

    ooo
    hehehehe :sama2, bu inda, sepakat kalau ngeblog banyak manfaatnya!

  6. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, padahal jasanya tidak bisa dibayar dengan uang, tapi sangat sedikit sekali penghargaannya yang di dapat. kami akan membantu dengan suatu program untuk meningkatkan kesejahteraan para guru, yang akan di dapat bukan hanya 1 juta tapi puluhan juta bahkan ratusan hingga miliaran rupiah dalam 4 minggu. segera kunjungi di http://www.guruku-guru.blogspot.com SEMUANYA GRATIS-GRATIS-GRATIS

  7. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, padahal jasanya tidak bisa dibayar dengan uang, tapi sangat sedikit sekali penghargaannya yang di dapat. kami akan membantu dengan suatu program untuk meningkatkan kesejahteraan para guru, yang akan di dapat bukan hanya 1 juta tapi puluhan juta bahkan ratusan hingga miliaran rupiah dalam 4 minggu.

    visit.. http://veraza.co.cc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *