Kenapa Blog Ini Jadi Boros Bandwith?

Kategori Blog Oleh

Selama dua hari (Senin-Selasa, 28-29 Januari 2008), saya kembali didaulat oleh LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Semarang, Jawa Tengah, untuk mendampingi rekan-rekan sejawat guru mata pelajaran Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah untuk membuat blog. Ini merupakan angkatan ke-4 alias yang terakhir. Liputan guru go-blog sebelumnya bisa dibaca di sini dan di sini. Totalnya ada sekitar 330 guru dari Kabupaten Banyumas yang go-blog.

Ada perasaan suka dan duka yang tumpah di laboratorium komputer itu. Sukanya, bisa menemani rekan-rekan sejawat yang tengah terjangkiti “virus” ngeblog itu sambil memperbanyak silaturahmi. Dukanya, kalau konek internet tiba-tiba ngadad. Arghhhhh … Harus muter-muter berkeliling sambil teriak-teriak. “Habis ini klik yang itu, habis itu klik begini …” *halah* Meski demikian, rasa capek dan lelah terobati juga setelah rekan-rekan sejawat itu sukses go-blog. Meski belum bisa tampil optimal, blog yang mereka buat bisa menjadi bukti bahwa teman-teman guru mapel TIK Kabupaten Banyumas yang memiliki beragam disiplin ilmu itu tidak gaptek lagi dengan belantara dunia maya. URL blog rekan-rekan sejawat bisa dilihat di sini.

Saya pribadi berharap, rekan-rekan sejawat guru yang go-blog itu bisa “istikomah” dalam meng-update postingan-postingan terbaru yang berkaitan dengan dunia pendidikan sehingga mereka bisa berkiprah secara nyata dalam memberikan sumbangsih pemikiran di tengah atmosfer dunia pendidikan yang silang-sengkarut.

Walhasil, saya pun bisa pulang dengan nyaman, meski harus melawan jalanan licin di bawah guyuran hujan yang tumpah dari pintu langit. Menjelang maghrib, saya tiba di rumah. Setelah ber-say hello dengan anak-anak dan istri, saya bergegas mengambil air wudlu untuk menjalankan shalat Maghrib. Setelah sejenak bercengkerama dengan anak-anak, saya iseng-iseng membuka blog. Arghhhhh … ups … saya tersentak. Blog tak bisa dibuka. Bandwith telah melebihi batas kapasitasnya. *Sedih* Saat itu juga saya segera membuka email. Memang benar! Domain saya telah kehabisan bandwith.

bandwith2.gif

Ini untuk ke-3 kalinya saya benar-benar dihajar bandwith. Dari 2 GB dinaikkan menjadi 3 GB. Gila! 18 Januari yang lalu kembali kehabisan bandwith. Oleh Dapurhosting, domain saya kembali tambah bandwith menjadi 6 GB.

bandwith11.gif

Gila! Belum genap dua pekan, pada tanggal 29 Januari, selepas Maghrib itu domain saya kembali dihajar “fakir” bandwith. Ups … Dalam kondisi pikiran kacau, saya segera mengirim email ke Dapurhosting. *Jadi malu, berkali-kali merepotkan dengan kasus yang sama.* Saya sempat curiga, jangan-jangan ada yang iseng menjahili admin domain saya.

bandwith4.gif

Sambil menunggu info dari Dapurhosting, saya iseng menyapa Paman Goop lewat YM yang kebetulan sedang OL. Bloger macho yang masih betah membujang itu sedikit menghibur saya dengan kata-kata khasnya. Saya diminta bersabar, hiks, dan diminta info-kontak ke Bung Caplang dengan memberikan nomor hp-nya. Saya pun menuruti nasihat Paman Goop. Karena tulalit, saya pun kirim SMS. *Namun, dasar saya-nya yang gaptek, diberi informasi Bung Caplang ndak mudeng juga.* Tak lama kemudian, muncul Mas Gunawan menyapa saya, bahkan menginformasikan kalau blog saya telah “fakir” bandwith. Ufh… Rupanya Mas Gun ikut sedih juga. *halah* Habis itu, nongol Mas Moerz, gantian menyapa saya. Alhamdulillah, sapaan teman-teman itu sudah bisa meringankan duka akibat menangisi kepergian Eyang Soeharto kehabisan bandwith.

Yang lebih melegakan, ketika blog saya buka, ternyata sudah kembali normal. Rupanya Dapurhosting telah menambah kapasitas bandwith domain saya. Namun, email dari Dapurhosting belum saya terima juga. Sambil membalas komentar di postingan, saya terus mengecek email saya. Beberapa saat kemudian, muncul juga email yang saya nanti-nantikan itu.

bandwith3.gif

Saya jadi makin tidak mengerti, kok bisa seboros itu bandwith untuk domain ini, padahal kalau dilihat statistiknya, jumlah pengunjung blog ini tak lebih dari 200-an orang setiap harinya.

Oleh Dapurhosting, bandwith untuk domain ini ditambah kapasitasnya menjadi 12 GB. Waduh, terima kasih saya ucapkan kepada Dapurhosting yang telah demikian cepat memberikan respon dan menolong pelangganmu yang gaptek, ndesa, dan katrok ini. Saya tak menduga kalau akan mendapatkan layanan secepat itu. Terima kasih sekali lagi kepada Dapurhosting atas pelayanan canggihnya, semoga domain ini tidak manja dan merengek-rengek lagi minta tambahan bandwith. ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

35 Comments

  1. Sekedar info pak sawali, sebaiknya ukuran tiap halaman dikurangi. saya lihat ukuran tiap halaman bapak mencapai 90 kb, dan itu termasuk besar lo.

    Hair’s last blog post..Yahoo! Diakuisisi Microsoft?

    oOo
    Makasih infonya, mas hair, nanti saya coba untuk dikurangi. BTW, hari ini saya sudah 3 kali komen di blog mas hair. kok semuanya lenyap, yak? dua komen yang sebelumnya setelah saya submit muncul keterangan databases error. walah, tambah ndak mudeng lagi nih, hehehehehe 😆

  2. Mungkin penjelasan dari teman-teman terutama mas Satria sangat gamblang dan jelas pak Sawal, jadi saya gak perlu lagi ikut urun rembug karena cuman menggarisbawahi saja. Dan kehabisan BW ini Alhamdulillah tidak pernah terjadi kepada saya 😛

    Totok Sugianto’s last blog post..Professional Blogger

    oOo
    Yup, makasih mas totok. berkat penjelasan mas satria, akhirnya saya pakek juga google pages untuk ngirit bandwith.

  3. Kalo Pak Sawali udah login ke akun Gmail, maka tinggal masuk ke alamat: pages.google.com. Lalu pilih tampilan “Site Manager.”

    Di sidebar sebelah kanan ada daftar file yang disebut “Uploaded stuff.” Nah, Pak Sawali tinggal klik “upload,” lalu “Browse” untuk nyari file yang mau diunggah. Setelah terpilih, nanti Google Pages otomatis mengunggah file itu ke servernya, dan Pak Sawali tinggal klik kanan di link file itu lalu pilih “Copy link location.”

    Di WP admin area blog ini, insert gambarnya pake alamat URL file yang udah diunggah tadi. Karena tadi udah di-copy, maka sekarang tinggal paste ke isian URL image di post editor.

    Kalo masih kurang jelas, hubungi saya via chat aja, Pak.

    Oya, penjelasan ini cuma berlaku di Mozilla Firefox.

    STR’s last blog post..Catatan Hari Ini: Tumpang Tindih Pembangunan

    oOo
    Makasih banget Mas Satria penjelasannya. Akan saya coba. Ntar kalok masih gaptek jugak, hehehehehe 😆 ntar kukontak lewat YM. Siip.

  4. Pak, statistik blog saya cuma separo dari punya Pak Sawali. Tapi benwit saya cuma habis rata-rata 500 MB sebulan. Ini mungkin karena image-image, yang saya tampilkan di posting maupun di komponen-komponen blog, saya host di luar server hosting DH, jadi nggak makan jatah benwit hostingan.

    Kalo saya liat2, memang banyak sekali image di Catatan Sawali Tuhusetya ini yang diunggah langsung ke direktori /wp-uploads. Selain boros space hosting, itu juga sangat boros benwit, Pak. Kalau Pak Sawali baca posting saya yang UKSW GoBlog! atau Malas?, di situ akan kelihatan kalo saya mengunggah 35 buah image dengan average size 50 KB ke hosting gratisan saya di Google Pages. Itu demi menghemat benwit. *halah, kok malah ngelantur*

    Ya intinya, kalo ndak mau boros benwit, sebisa mungkin file-file image yang ditampilkan diunggah aja ke hosting gratisan, lalu ditampilkan dengan di-hotlink dari postingan. Itu cara yang lumayan efektif untuk ngirit benwit, Pak. 😉

    STR’s last blog post..Catatan Hari Ini: Tumpang Tindih Pembangunan

    oOo
    Itulah gapteknya aku mas satria, hehehehehe 😆 aku ndak mudheng babar blas. mau uploads foto ya langsung pake lewat direktory wp-uploads. Tolong dikasih caranya ya mas.

  5. Meskipun bapak gak ngaku sebagai seleb blog, tapi percayalah, blog bapak merupakan salah satu blog favorit saya dan saya yakin beberapa bloger lain juga menilai yang sama.. jadi, mulai sekarang jangan kecil bandwidthnya.. harus dinaikkan lagi pak.. minta ama admin hosting bapak, pasti dikasih.. sama kasusnya seperti mas andibagus.. hehehe

    gempur’s last blog post..Belajar Memikirkan Petani: Sekadar Membantu Ide

    oOo
    Walah, Pak Gempur jangan berlebihan, ah. Ndak pernah kepikiran yang kayak gitu, hanya kebetulan saja nasibku lagi kurang beruntung. Tanpa tahu sebab yang pasti, tiba2 saja bandwith jadi boros banget. Alhamdulillah untuk urusan bandwith ke dapurhosting dah berse saat itu juga, Pak. Saya juga mengucapkan terima kasih klepada dapurhosting yang cepat dan tanggap dalam merespon pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top