Kopdar Guraru dalam Event Acer Guraru Award 2013

Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Untuk pertama kalinya, sejak digelar tahun 2010, penganugerahan Acer Guraru Award 2013 akan dibarengi dengan agenda Kopi Darat (Kopdar) bagi para Guru Era Baru (Guraru). Yang tidak kalah menarik, tentu saja adalah dua agenda yang cukup “bergengsi” di kalangan Guraru, yakni presentasi tiga finalis Acer Guraru Award dan demonstrasi Mini Classes oleh para pemenang Acer Guraru Award. Sungguh, penganugerahan Acer Guraru Award 2013 tidak hanya sekadar tampil beda, tetapi juga menyentuh substansi dan “ruh” Guraru yang sesungguhnya –yang berupaya serius– untuk “melahirkan” guru-guru era baru pada abad XXI yang melek IT.

Dalam catatan saya, Program Acer Guraru merupakan satu-satunya “kompetisi blog guru” yang tidak hanya sebatas mempertimbangkan nilai kompetitif semata, tetapi juga ada follow-up-nya dengan melibatkan pemenang dalam berbagai event kegiatan edukatif, seperti seminar Guraru atau diskusi online dengan tagar #gurarutalk. Kegiatan semacam ini belum pernah dilakukan penyelenggara program  yang lain. Ini artinya, Guraru yang mendapatkan anugerah Acer Guraru Award idealnya tidak hanya piawai dalam membangun jejaring sosial secara virtual, baik melalui blog maupun media sosial, tetapi juga kompetensi dan kepiawaiannya dalam menciptakan media-media pembelajaran inovatif, untuk selanjutnya di-diseminasi-kan kepada rekan-rekan sejawat sebagai bentuk sumbangsih yang sesungguhnya terhadap dunia pendidikan.

Guraru

Daftarkan diri Sampeyan melalui award.guraru.org/daftar-kopdar untuk mengikuti rangkaian Penganugerahan Acer Guraru Award 2013

Sangat beralasan apabila dalam event Acer Guraru Award 2013 kali ini tiga finalis tidak cukup hanya dinilai “rekam jejak”-nya berdasarkan “brand-image” yang dibangun melalui jejaring virtual, tetapi juga akan diuji kepiawaiannya dalam mempresentasikan tema “Digital Native, Digital Immigrant” di depan juri (satu orang dari pihak Acer dan tiga pemenang Acer Guraru Award sebelumnya: Wijaya KusumahSawali Tuhusetya, dan Yusrizal Panjaitan). Sebuah tema yang cukup menantang ketika dunia pendidikan saat ini sudah banyak dihuni oleh generasi-generasi digital yang sudah demikian akrab dengan berbagai piranti teknologi virtual melalui internet.

Ada tiga finalis yang akan tampil unjuk presentasi, yaitu Sukani (rekam jejaknya bisa dilihat di blog pribadinya okemat.blogspot.com atau di web Guraru guraru.org), Rudy Hilkya (rekam jejaknya bisa dilihat di blog pribadinya fisikarudy.wordpress.com atau di web Guraru guraru.org), dan Siti Mugi Rahayu (rekam jejaknya bisa dilihat di blog pribadinya mugiekonomi.wordpress.com atau di web Guraru guraru.org).

Nah, siapakah nanti yang akan berhasil mendapatkan anugerah Acer Guraru Award 2013 yang cukup bergengsi itu? Nah, jika penasaran, Sampeyan bisa ikut menyaksikannya secara langsung dengan mendaftarkan diri di daftar-kopdar. Pendaftaran terbuka hanya untuk 45 peserta! Itulah acara menarik di sela-sela penganugerahan Acer Guraru Award 2013. Ada acara Kopdar yang pastinya akan berlangsung seru dan mencerahkan. Guraru yang selama ini hanya berinteraksi secara online, bisa bertemu, bersilaturahmi, dan berdiskusi secara langsung (offline), sehingga silaturahmi menjadi lebih akrab dan sarat dengan sentuhan nilai kekeluargaan.

Selain itu, Sampeyan juga bisa mengikuti demostrasi Mini Classes oleh para pemenang Acer Guraru Award, yaitu:

  1. Urip – Trik Berburu Animasi (media pembelajaran) dan Menerjemahkan Teks Animasi ke Bahasa Indonesia
  2. Agus Sampurno – Etika Mengunduh Aplikasi atau e-Book dalam Konteks Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
  3. Dedi Dwitagama – Membimbing Siswa untuk Menggunakan Internet dengan Bijak
  4. Amiroh Adnan – Langkah-langkah untuk Menggunakan Gamification dalam Pengajaran di Kelas

Guest Speaker:Bukik Setiawan – Transformasi Peran Guru di Era Pendidikan Digital

Kapan dan di manakah acara Kopdar Pertama Guraru sekaligus Penganugerahan Acer Guraru Award 2013 akan berlangsung?

Hari/Tanggal: 23 November 2013
Waktu: 10.00 – 17.00
Lokasi: Acer Lounge, The Plaza lt 42, Jl MH Thamrin Kav 28-30, Jakarta

Itulah rangkaian puncak acara Acer Guraru Award 2013. Nah, salam kreatif dan selamat bertemu dalam event yang cukup bergengsi di kalangan Guraru itu. ***

9 Comments

  1. sungguh acara yang sangat dahsyat, membuat saya kian terinspirasi… dengan demikian akan dicontoh oleh para generasi penerus seperti saya ini . Terimakasih dan salam sukses 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *