Onno W. Purbo, Linux, dan Penguatan Arus Bawah

Para penggiat komputer dan internet sudah pasti akrab dengan nama Onno W Purbo. Lelaki kelahiran Bandung, 17 Agustus 1962 ini agaknya telah tertahbiskan sebagai “profesor internet” yang punya mimpi besar untuk memintarkan Indonesia. Meminjam istilah Agus Sopian, Purbo bukanlah anonim dalam jagat telematika. Bersama Asia Internet Interconnection Intiatives (AI3) Project, organ riset internet paling berpengaruh di Asia, dan Computer Network Research Group (CNRG), lembaga yang diprakarsainya, Purbo ikut memberikan cetak biru terhadap pengembangan internet di Indonesia.

workshop 1workshop 1workshop 1Untuk ketekunan dan kepakarannya, sederet penghargaan telah diraihnya. Sebut saja Golden Award for Indonesian Telematika Figure dari Kamar Dagang Indonesia (2000), ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award dari ASEAN Federation of Engineering Organization (1997), atau Penghargaan Pemenang Adhicipta Rekayasa dari Persatuan Insinyur Indonesia, selain tercatat dalam buku American Men and Women of Science (1992). Masyarakat internet, bahkan menggelarinya ‘profesor internet’, sebagian mendaulatnya jadi ‘menteri internet’-suatu penghargaan yang acap membuat Purbo merasa geli.

“Modal saya,” kata pria yang biasa menuliskan namanya Onno W. Purbo ini, “betul-betul modal dengkul. Saya tidak pernah belajar formal tentang teknologi informasi, tidak pernah belajar formal tentang internet. Saya jelas lebih bodoh daripada adik-adik mahasiswa di ITB. Lha wong sering nanya ke mereka kok saya ini. Terus terangnya, saya praktis tidak punya apa-apa secara formal.”

Purbo agaknya telah memperkaya khazanah humor dunia, melengkapi dongeng Albert Einstein yang mampu menciptakan teori relativitas yang terkenal itu, padahal ia pernah mendapat nilai D untuk fisika; atau kisah pemikir ekonomi kaliber doktor sekelas Karl Marx yang justru hidup dalam lembah kemiskinan.

Tampil Bersahaja
Begitulah gambaran sekilas tentang sosok Onno W Purbo. Selalu tampil bersahaja dan friendly dengan siapa saja. Dia juga selalu konsisten untuk memberikan penguatan arus bawah dengan menyuarakan komputer dan internet murah bagi rakyat. Kesan ini yang bisa saya tangkap ketika bersama beberapa teman yang hadir dalam acara “Workshop Nasional Linux untuk Pendidikan” yang digelar di SMA Muhammadiyah Weleri, Kendal, pada tanggal 5-6 September 2009.

Sungguh, saya tak menduga kalau Onno W Purbo yang baru saya kenali sebatas lewat tulisan-tulisannya di Kompas, ternyata sosok yang ramah dan merakyat. Ia tak segan-segan untuk lesehan bareng dengan peserta workshop nasional yang datang dari berbagai daerah itu. Dalam upaya memperkenalkan software opensource pada dunia, Onno W Purbo, biasa bergaul dengan orang dari berbagai kalangan, mulai tingkat lokal hingga dunia. Ketika didaulat berbicara tentang penggunaan linux untuk pendidikan, Onno W Purbo tak henti-hentinya menyuarakan betapa pentingnya membudayakan penggunaan software opensource ini kepada seluruh anak bangsa.

“Kita ini negara miskin, tapi software yang kita gunakan keluaran microsoft yang mahal. Kalau tak bisa pakai yang asli, lantas kita membajaknya. Berapa dosa saja yang harus kita tanggung jika hal ini tidak segera diakhiri? Hehe …..” kelakarnya disambut gerrr dari segenap yang hadir. Rupanya, kelakar Onno W Purbo menjadi pemicu adrenalin para peserta workshop untuk makin “keranjingan” pada Linux. Beragam opini pun tumpah dalam forum. Utomo, Kabid Pendidikan Menengah, Dinas Dikpora Kab. Kendal, misalnya, telah tergerak untuk membudayakan penggunaan linux dalam dunia pendidikan di Kab. Kendal.

“Nanti, kami akan membentuk tim pengembang Linux di tingkat kabupaten. Fungsi tim ini adalah untuk membantu dan memfasilitasi sekolah yang ingin menggunakan Linux. Bahkan, kami nanti juga akan membuat software aplikasi yang hanya bisa dibuka oleh Linux. Langkah ini sekaligus untuk “memaksa” sekolah-sekolah di Kab. Kendal agar belajar menggunakan Linux,” tegasnya disambut aplaus hadirin.

Perintis Linux
Diskusi dan dialog yang dipandu Kepala SMA Rowosari, Sunarto, ini berlangsung hangat dan akrab. Para peserta yang sebagian besar sudah menjadi pengguna Linux makin bersemangat untuk membantu dan mendampingi tekad Kab. Kendal sebagai salah satu kabupaten perintis penggunaan Linux dalam dunia pendidikan. “Begitu Linux disebut, maka nama Kendal dengan sendirinya akan include di situ,” lanjut Pak Utomo. Hal ini diamini oleh Agus Muhajir, seorang penggiat Linux Kendal yang telah melahirkan banyak software aplikatif dalam dunia pendidikan berbasis opensource (Sisfokol). Diskusi pun melebar hingga ke persoalan KGI Kendal yang menurut Sigid Haryadi, Ketua Panitia Workshop, belum juga di-launching.

“Padahal, KGI sendiri kan sudah punya program Sagusala. Ini akan menjadi momen yang tepat bagi KGI Kendal untuk mengenalkan Linux kepada rekan-rekan guru,” sela Purnomo, guru SMK Muhammadiyah, Weleri, Kendal. “Dengan laptop yang sudah ter-remaster Linux, mau atau tidak, para peserta program Sagusala dengan sendirinya akan menjadi pengguna Linux,” lanjutnya.

“Wah, namakan saja programnya jadi Sagusala BOS, Sagusala Berbasis Opensource, hehe …” sergah Onno W Purba disambung gerrr hadirin untuk ke sekian kalinya, termasuk bloger Ahmad Sholeh dan Jaitoe Rohman, serta Ibnu Darmawan, PNS yang kini memperkuat jajaran birokrasi RS Soewondo Kendal, tetapi kecintaan dan perhatiannya terhadap dunia pendidikan tak pernah luntur.

Begitulah diskusi dan bincang-bincang akrab dengan Onno W Purba, “profesor internet” yang tak pernah lelah memberikan penguatan arus bawah dalam menggunakan komputer dan internet yang murah dan merakyat itu. Dalam pandangan awam saya, sosok Onno telah memberikan banyak inspirasi, tak hanya untuk Indonesia, tetapi juga kepada dunia, agar tidak terus-terusan menjadi bangsa pembajak. Saya juga yakin, Onno W Purba juga akan menyuarakan hal yang sama ketika pada 22 September 2009 nanti diundang sebagai salah satu narasumber dalam sebuah seminar internasional di Harvard University. ***

No Comments

  1. meskipun mengaku tidak mendapatkan pendidikan secara formal, tapi pak Ono memang benar benar pakar di bidang internet.
    kalau beliau memang pantas jika dijuluki pakar.

  2. Golden Award for Indonesian Telematika Figure bukannya diberikan kepada ROY SURYO PAKAR TELEMATIKA INDONESIA??? :d

    ayooo kang…
    mari berlinux ria… stop hubungan dengan mikocok jendela… :d/
    .-= Baca juga tulisan terbaru Mahendra berjudul Tolong Beri Judul….. =-.

  3. Saya lebih setuju kalau menteri infokom diisi oleh generasi muda berprestasi. sehingga ada dinamika positif dikabinet yang akan datang. tidak semuanya diisi politikus yang gemar mengunyah undang-undang tanpa tau rakyat yang jadi kakusnya..
    saya usul, pak sawali dimajukan jadi mendiknas.. bagaimana?

  4. Nah ini artikel yang lebih mantaf tentang Onno Linux di Kendal.
    Memang penampilan beliau sangat jauh dari kemampuan dan prestasinya. Seorang profesor doktor insinyur internet yang merakyat. Ngobrol santai, tidak menganggap rendah peserta bodoh seperti saya ini, selalu mendorong untuk maju. Semoga Indonesia semakin banyak lagi orang seperti beliau, lebih mengutamakan sejauh mana kita memberi manfaat kepada orang lain daripada hanya memberi manfaat untuk dirinya sendiri (ini kata pak Onno)
    .-= Baca juga tulisan terbaru rochman berjudul Workshop Nasional Linux Untuk Pendidikan =-.

  5. Wah, Pak Sawali sudah semangkin IT nih..:)
    Sudah ber-linux dan ber-open source..
    Maju terus, Pak Sawali!

    Saya setuju mendukung Onno menjadi Menkominfo ketimbang yang lainnya… 🙂
    .-= Baca juga tulisan terbaru DV berjudul Happy Birthday, Joyce! =-.

  6. Kang Onno memang Idola saya hehehe banyak hal lucu kalau Kopdar sama beliau yah itulah sosok bersahaja yang bebannya banyak banget

    Keep Fighting Kang
    .-= Baca juga tulisan terbaru ajengkol berjudul Sisa Usiaku =-.

  7. Ya.. saya setuju dengan yang lainnya, kalau Kang Onno pantas untuk menjadi Menkominfo, benar-benar pakar dan memiliki integritas pribadi yang sangat baik…

  8. saya sangat terkesan oleh tokoh hebat yang membumi ini setelah membaca tulisan pak satu. pak onno membuat bangsa ini bangga dengan segudang prestasinya. dan hebatnya, beliau tetap sederhana, tidak mengesankan seseorang yang berbeda dari kebanyakan. benar-benar ilmu padi deh.

    soal penggunaan open source, saya sependapat bila harus digalakkan. saya sendiri masih belum berani mencoba, takut tidak keburu belajar dan membiasakan diri lagi, padahal komputer musti digunakan secara intensif. membajak juga saya nolak, sehingga terpaksa rajin cek diskon buat beli versi original dengan harga yang tidak terlalu mahal. hiks…

  9. Wah, pak Onno ya. Yang saya tahu dialah penggiat utama adanya jaringan radio 2.4Ghz secara gratis. Dan sekarang kita bisa menikmati internet via hotspot dan wifi tanpa khawatir di grebek karena menggunakan frekuensi ilegal.Thanks pak Onno dan Pak Sawali.Salam.Yanti
    .-= Baca juga tulisan terbaru yanti berjudul Menelanjangi Bisnis Pulsa Gsp =-.

  10. Assalamu’alaikum,
    Indonesia bangga mempunyai tokoh hebat seperti pak Onno W Purbo. Semoga kita bisa mengikuti semangat dan kesuksesan beliau. (Dewi Yana)
    .-= Baca juga tulisan terbaru Dewi Yana berjudul NIAT =-.

  11. Titip salam buat Pak Onno.
    Tadi pagi saya baru saja membahas linux sama anak-anak. Sudah waktunya kita pindah ke linux.

    Selamat berjuang Bapak. Semoga sukses.
    .-= Baca juga tulisan terbaru Puspita berjudul Ma Yan (1) =-.

  12. maju terus kang onno majukan bangsa ini…. semoga SBY terbuka matanya
    dan menjadikan beliau menteri iptek karena orang dengan kemampuan seperti beliau yang sanngup memajukan dunia internet di indonesia dan saya berharap indonesia bisa menyediakan internet murah secepat mungkin biar gak kalah sama negara2 maju. amin.
    .-= Baca juga tulisan terbaru bluesafadi berjudul hati-hati flu bisa picu serangan jantung =-.

  13. salam. pak di metro tv pak sampaikan ada sofware pelajaran internet SMP ofline gemana cara dapatnya dan di mana dapatnya kalau ada dalam bentuk cd . tolong ya kami d desa nggaka ada jaringannya.biar bisa d ajakan ke siswa

  14. Thanks a lot for sharing the article on google. That’s a awesome article. I enjoyed the article a lot while reading. Thanks for sharing such a wonderful article. There are lots of information about on google that also could be awesome.

  15. Ping-balik: molucca bag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *