Meng-konversi Kode Script dan html pada Postingan

Kategori Blog Oleh
Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Dalam ranah kehidupan sosial, “naluri” kita untuk saling berbagi seringkali muncul seketika. Demikian juga halnya dengan seorang blogger. Ada kalanya “naluri” untuk membangun semangat berbagi dalam ranah sosial di kompleks blogsphere muncul begitu saja. Sekelumit pengalamannya dalam mengelola blog ingin di-share kepada pembaca. Tentang bermanfaat atau tidaknya semangat berbagi itu bagi pembaca, itu soal lain.

Suatu ketika saya saya pernah mencoba untuk memosting kode script atau html. Saya berharap, kode-kode yang saya posting itu bisa dimanfaatkan oleh sahabat-sahabat blogger, khususnya pemula, untuk diterapkan ketika mengelola blognya. Namun, setelah kode-kode itu saya publish, yang muncul kemudian bukannya kode-kode script atau html, melainkan hasilnya, seperti gambar atau anchor-text.

Iseng-iseng, saya pun mencoba untuk mencari dan menemukan trik memasukkan kode script atau tag html ke dalam postingan melalui mbah google. Hem … ternyata memang ada trik khusus. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas code-converter yang disediakan google. Lantas, bagaimana caranya?

1. Buka halaman ini! Masukkan kode script atau tag html yang ingin diposting ke dalam text-area!

code-converter

2. Klik tab convert, kemudian kopi-paste ke dalam text-area postingan kita.

kopi-paste

Nah, ternyata sangat mudah dan praktis, bukan?

Agar, kode yang kita share kepada pembaca tampak lebih rapi, tambahkan border dan warna background agar mudah ditemukan untuk di-kopi-paste. Sampeyan bisa menyisipkan kode tersebut sesuai selera. Berikut kode yang biasa saya gunakan!

<div style="background:#066D12;color:#fff;border-bottom:2px solid #bbb;padding:10px 15px 10px 15px;margin-bottom:10px;font-size:14px;font-family:Consolas;text-align:left">
Masukkan kode script atau tag html yang telah di-konversi di sini!
</div>

Sampeyan juga bisa memasang fasilitas code-converter ke dalam blog di bagian mana saja, sesuai selera, bisa di bar samping atau pada halaman khusus yang bisa Sampeyan gunakan untuk meng-konversi kode script atau html, kapan pun Sampeyan mau. Berikut kodenya.

<script type="text/javascript" src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://hosting.gmodules.com/ig/gadgets/file/102462998830435293579/post-Code.xml&amp;up_grows=1000&amp;up_conv1=1&amp;up_conv2=1&amp;up_conv3=1&amp;up_conv4=1&amp;up_conv5=1&amp;synd=open&amp;w=320&amp;h=200&amp;title=Post-Code%3A+code+converter&amp;border=%23ffffff%7C0px%2C1px+solid+%23595959%7C0px%2C1px+solid+%23797979%7C0px%2C2px+solid+%23898989&amp;output=js"></script>

Nah, selamat mencoba, salam ngeblog! ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top