Meng-konversi Kode Script dan html pada Postingan

Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Dalam ranah kehidupan sosial, “naluri” kita untuk saling berbagi seringkali muncul seketika. Demikian juga halnya dengan seorang blogger. Ada kalanya “naluri” untuk membangun semangat berbagi dalam ranah sosial di kompleks blogsphere muncul begitu saja. Sekelumit pengalamannya dalam mengelola blog ingin di-share kepada pembaca. Tentang bermanfaat atau tidaknya semangat berbagi itu bagi pembaca, itu soal lain.

Suatu ketika saya saya pernah mencoba untuk memosting kode script atau html. Saya berharap, kode-kode yang saya posting itu bisa dimanfaatkan oleh sahabat-sahabat blogger, khususnya pemula, untuk diterapkan ketika mengelola blognya. Namun, setelah kode-kode itu saya publish, yang muncul kemudian bukannya kode-kode script atau html, melainkan hasilnya, seperti gambar atau anchor-text.

Iseng-iseng, saya pun mencoba untuk mencari dan menemukan trik memasukkan kode script atau tag html ke dalam postingan melalui mbah google. Hem … ternyata memang ada trik khusus. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas code-converter yang disediakan google. Lantas, bagaimana caranya?

1. Buka halaman ini! Masukkan kode script atau tag html yang ingin diposting ke dalam text-area!

code-converter

2. Klik tab convert, kemudian kopi-paste ke dalam text-area postingan kita.

kopi-paste

Nah, ternyata sangat mudah dan praktis, bukan?

Agar, kode yang kita share kepada pembaca tampak lebih rapi, tambahkan border dan warna background agar mudah ditemukan untuk di-kopi-paste. Sampeyan bisa menyisipkan kode tersebut sesuai selera. Berikut kode yang biasa saya gunakan!

<div style="background:#066D12;color:#fff;border-bottom:2px solid #bbb;padding:10px 15px 10px 15px;margin-bottom:10px;font-size:14px;font-family:Consolas;text-align:left">
Masukkan kode script atau tag html yang telah di-konversi di sini!
</div>

Sampeyan juga bisa memasang fasilitas code-converter ke dalam blog di bagian mana saja, sesuai selera, bisa di bar samping atau pada halaman khusus yang bisa Sampeyan gunakan untuk meng-konversi kode script atau html, kapan pun Sampeyan mau. Berikut kodenya.

<script type="text/javascript" src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://hosting.gmodules.com/ig/gadgets/file/102462998830435293579/post-Code.xml&amp;up_grows=1000&amp;up_conv1=1&amp;up_conv2=1&amp;up_conv3=1&amp;up_conv4=1&amp;up_conv5=1&amp;synd=open&amp;w=320&amp;h=200&amp;title=Post-Code%3A+code+converter&amp;border=%23ffffff%7C0px%2C1px+solid+%23595959%7C0px%2C1px+solid+%23797979%7C0px%2C2px+solid+%23898989&amp;output=js"></script>

Nah, selamat mencoba, salam ngeblog! ***

No Comments

    1. Komentarmu 100% betul, mas ndop, terutama utk kosakata bhs Indonesia atau istilah asing yg sdh diindoesiakan. Sy blm sempat ngecek. Konversi itu sdh terserap ke dlm bhs Indonesia atau belum. Tks atas masukannya, mas ndop.

  1. Ping-balik: hpo mokamula surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *