Plugin Sopa Blackout untuk Platform WordPress

Rabu, 18 Januari 2012, bisa dibilang sebagai momen bersejarah dalam dinamika dunia virtual. Pada tanggal tersebut berbagai situs besar melakukan aksi “blackout” sebagai bentuk perlawanan terhadap Kongres Amerika yang tengah membahas RUU Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intelectual Property Act (PIPA). Dampaknya ternyata luar biasa. Gerakan masif semacam itu ternyata mampu merontokkan “nyali” para anggota senat Negeri Paman Sam, sehingga pembahasan RUU tersebut urung dilanjutkan.

anti-sopa
Plugin Stop SOPA by Zachary
Sebagai platform web/blog dengan jutaan pengguna, wordpress agaknya juga tidak main-main dalam melakukan perlawanan terhadap RUU Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intelectual Property Act (PIPA). Sungguh akan menjadi “petaka” besar bagi masa depan dunia virtual kalau RUU yang amat represif ini benar-benar disahkan. Meski saat ini sudah diputuskan oleh parlemen Amerika untuk ditunda, tak seorang pun yang bisa memberikan jaminan bahwa ancaman sensor dari tangan-tangan “jahat” yang memiliki kepentingan politik tertentu benar-benar akan steril. Dalam konteks demikian, tidak berlebihan apabila wordpress terus melakukan gerakan masif untuk melawan “kebrutalan” terhadap kebebasan informasi dan pengetahuan itu.

Untuk mendukung gerakan anti-SOPA/PIPA dan mengantisipasi ancaman sensor, wordpress ternyata telah menyediakan beberapa plugin yang bisa diinstall dan diaktifkan di dalam mesin situs kita. Sayangnya, saya termasuk terlambat dalam meng-update informasi ini. Berikut beberapa plugin yang telah disediakan oleh wordpress.

RePress
Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghindari sensor internet dari ulah “rezim” represif  dunia maya melalui lalu lintas proxy.

SOPA censured intro page
Plugin ini memungkinkan Anda untuk menayangkan halaman kecaman terhadap “rezim” Sopa sebagai bentuk perlawanan terhadap upaya “kekerasan” dan “kebrutalan” dunia virtual melalui sensor internet.

Stop Censorship Ribbon
Plugin ini membantu Anda untuk mendukung gerakan anti-sensor Amerika terhadap web/blog dengan menempatkan pita “Stop Censorship” di halaman web/blog.

Stop SOPA by Zachary
Plugin ini membantu Anda untuk mengatur semua halaman web/blog untuk mempertahankan gerakan ‘Stop SOPA’.

Go Dark
Plugin yang SEO-Friendly ini memungkinkan website Anda berada dalam status ‘Go Dark’ sebagai bentuk protes terhadap RUU SOPA / PIPA.

SOPA Strike
Plugin ini memungkinkan web/blog Anda secara otomatis akan di-redirect ke homepage http://sopastrike.com, terutama pada hari Rabu, 18 Januari 2012.

SOPA Blackout Plugin
Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengatur tanggal dukungan terhadap gerakan Anti-SOPA yang didesain secara SEO friendly dengan beberapa pilihan yang memudahkan untuk mengkonfigurasi frekwensi penayangan.

SOPA Blackout for WordPress
Plugin ini membantu Anda untuk menunjukkan dukungan terhadap Hari Blackout Sopa.

Stop SOPA Widget
Plugin ini akan menambahkan sebuah widget baru yang akan menampilkan “tab” informasi dan kesadaran terhadap pentingnya gerakan anti-SOPA/PIPA.

Stop SOPA
Plugin ini menambahkan box berisi protes kecil terhadap RUU SOPA/PIPA dan mengarahkan web /blog ke “Blackout Day” pada tanggal 18 Januari 2012.

CENSOR ME
Plugin ini mengarahkan web/blog Anda untuk bergabung dengan situs-situs lainnya dalam memprotes RUU SOPA/PIPA yang tengah dibahas oleh Kongres AS.

Stop SOPA and PIPA Plugin
Plugin ini dikembangkan untuk me-redirect lalu lintas anti-SOPA/PIPA masuk ke web/blog Anda demi melindungi hak para pemegang akun dalam menyuarakan kebebasan berekspresi.

Simple Stop Sopa
Plugin ini akan menyensor web/blog Anda pada 18 Januari 2012 (pukul 08:00 dan 20:00 WIB) sebagai bentuk protes terhadap RUU SOPA dan PIPA.

SOPA Blackout
Plugin ini menambahkan 503 halaman status dan disesuaikan dengan web/blog Anda secara otomatis untuk bergabung dalam aksi webblackout pada tanggal 18 Januari 2012.

Stop SOPA Ribbon
Plugin ini membantu Anda untuk ikut serta berperan dalam menghentikan sensor Amerika dengan menempatkan pita “Stop Sopa” pada halaman web/blog.

Plugin selengkapnya bisa disimak di sini! Semoga gerakan masif semacam ini makin menyadarkan nurani para elit pengambil kebijakan “politik” negeri Paman Sam bahwa upaya membelenggu kebebasan informasi hanyalah sebuah kesia-siaan belaka. ***

 

No Comments

    1. utk wordpress.com sudah disediakan, mas jarwadi. silakan masuk dasbor, kemudian arahkan mouse ke menu pengaturan (setting), pilih submenu protes SOPA/PIPA. utk pemasangan pita “Stop Censorship”, arahkan pilihan pada ribbon (pilihan kedua), lalu simpan perubahan. di pojok konon atas sudah ada pita miring bertuliskan “Stop Censorship”.

  1. Wah ternyata begitu hebohnya ya mengenai SOPA, baiklah Pak Wali dah memberikan referensi beberapa plugin yang berkaitan dengan SOPA, kita tinggal pakai saja, hehehe…makasih ya Pak Wali.

  2. Gara-gara fenomena SOPA ini, semalam saya pun jadi bermimpi kalau blog saya ikut disensor… benar-benar mimpi buruk deh…

    Btw, terimakasih atas list pluginnya Pak 🙂

  3. membayangkan apajadinya saja sudah pusing, ya sudahlah memang paman Sam cocok jadi polisi dunia yang baik hati, bila kena demo warganya…kan tidak main tembak!! seperti di negeri dongeng 😀

  4. Waduh.. ngerasa kuper banget setelah baca artikel ini.
    Sempat bingung juga sama pita hitam di pojok kanan saat blogwalking.
    Tidak tahunya karena ini tho.
    SOPA/PIPA dimungkinkan juga utk menyensor konten porno tidak, Pak?
    Kalau utk yg ini, saya akan dukung.
    Tapi jika sekedar menyensor untuk kepentingan kalangan tertentu. Wah seperinya mesti ikutan pasang pita juga nih..

  5. ternyata sensor2an ini soal bisnis orang2 hollywood, bisnis cara lama yang hendak melawan cara bisnis baru ala sillicon valley. sensor mesti dilawan!

  6. Beberapa negara di Asia dengan tegas menolak “pemberlakuan” SOPA/PIPA. Katanya, “itu kan hukum di negara anda, bukan di negara saya. Kenapa saya harus mematuhi hukum di negara anda? Saya bukan warga negara anda dan tidak tinggal di wilayah anda.”

  7. Manusia memang aneh ya pak sawali, mereka bangun sendiri, mereka hancurkan sendiri. Manusia membangun jaringan internet, setelah susah payah membangun eh ia juga mau merobahkan bangunan ini sendiri. Seperti SOPA dan PIPA. Maka tak salah kalau kebodohan manusia ini dibahasakan Allah. Seperti pemintal benang di malam hari. Setelah jadi pintalannya, ia urai lagi. begitu seterusnya.

  8. Kalau hanya sekedar Copy/Paste tanpa mencantumkan sumber aslinya memang suatu tindakan yang kurang etis akan tetapi kalau sekedar memberikan review itulah yang bijaksana. Saya sebenarnya juga setuju dengan SOPA akan tetapi jangan terlalu berlebihan, terbatas pada usaha menghentikan budaya copy/paste yang tidak bertanggung jawab saja sehingga kebebasan blogger tetap terjaga.

  9. Pak saya rasa ada baiknya juga SOPA dan PIPA, ianya bisa membendung masalah cetak rompak yang semakin berleluasa terutamanya penyebaran lagu dan filem. Dengan penutupan lebih banyak web perkongsian file juga bisa memajukan server karena orang akan bertukar kepada hostingan sendiri. Iya walau agak keras, tapi selagi kita berkarya, saya rasa SOPA dan PIPA nggak banyak mengganggu kita.

    Sekadar pendapat pak, betulkan kalau saya silap. Salam blogger…

  10. Niatnya sih bagus, hanya saja kalau itu jadi sepertinyainternet juga akan mengalami keterbatasan, dan ujung-ujungnya kalau SOPA jadi disetujui, maka kebebasan informasi pun harus bayar. Jadi, tidak ada yang gratis di dunia ini.

  11. Jangan kau bungkam internet karena itu satu-satunya cara terbebas kami untuk mengungkapkan aspirasi. Selain itu, internet menjadi sarana tercepat untuk memperoleh informasi bagi sebagian orang. Internet itu dunia maya, bukan dunia nyata, jadi beda.

    Ps: saya ikutan ya pak sawali, mau pakek seperti yang dipojokan itu 🙂

  12. Tapi SOPAnya sudah diketok palu ya Pak. Sy malah jadi pengen pasang banner FBI yang buat blokir itu. Tapi tulisannya diganti: “Blog ini tidak melanggar SOPA”. Hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *