Tip Praktis Mengoptimalkan Fungsi Fitur Google+

Judul buku: 55 Tip Terbaik Google+
Penulis: Fary SJ Oroh
Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Tahun Terbit: 2011
Tebal Buku: 138 halaman

googleMedia sosial di ranah virtual belakangan ini agaknya tengah memasuki masa “euforia”. Facebook, misalnya, kini telah menembus angka lebih dari 600 juta pengguna. Demikian juga halnya dengan twitter. Di tengah “euforia” semacam itu, Google pun tak mau kalah. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya mesin pencari tersohor di jagad virtual itu pun meluncurkan sebuah jejaring sosial terbaru bernama Google+. Dari sisi kuantitas, Google+ memang belum bisa bersaing dengan facebook maupun twitter. Namun, dari sisi kualitas dan antusiasme para netter dan peminat jejaring sosial, kehadiran Google+ layak diapresiasi. Hanya dalam beberapa pekan saja, Google+ telah berhasil menjaring pengguna lebih dari 20 juta.

Lantas, apa saja kelebihan Google+? Dalam kata pengantar, sang penulis memaparkan bahwa setidaknya ada dua kelebihan Google+ dibandingkan dengan jejaring sosial yang lain. Pertama, Google+ terintegrasi dengan layanan milik Google yang sudah lebih dulu dikenal dan memiliki fungsi beragam, seperti Gmail, Docs, Calender, Maps, mesin pencari, Youtube, dan Chrome. Integrasi ini merupakan nilai tambah yang tidak bisa ditemui pada jejaring sosial yang lain, bahkan termasuk facebook sekalipun. Kedua, Google+ menawarkan cara baru dalam berhubungan dengan sesama teman. Pengguna bis leluasa menentukan kategori teman yang dimiliki atau yang mengikuti. Pengguna juga punya pilihan yang lebih leluasa untuk membagi sesuatu, apakah hanya terbatas pada teman atau publik.

googleMeskipun demikian, mesti diakui, banyak netter dan pengguna jejaring sosial yang belum juga mau beralih ke Google+. Alasannya sederhana. Fitur-fiturnya terlalu rumit dan kompleks, tak semudah facebook atau twitter. Nah, untuk itulah buku ini dihadirkan. Melalui buku ini, pembaca akan menemukan banyak tips dan trik praktis untuk mengoptimalkan berbagai fungsi fitur di jejaring sosial besutan Google ini, sehingga memudahkan penggunanya dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama pengguna Google+ sesuai dengan selera.

Secara detil dan lengkap, bahkan disertai dengan gambar, 55 tips praktis dalam buku ini diungkapkan dengan gaya tulisan yang komunikatif dan enak dibaca, sehingga gampang dipraktikkan. Simak saja tip-tip menarik seperti: (1) Membuat Huruf Tebal (Bold) pada Stream; (2) Membuat Huruf Miring pada Stream; (3) Menambahkan Garis Mendatar pada Kata; (4) Mengintegrasikan Google+ dengan Facebook; (5) Mengintegrasikan Google+ dengan Twitter; (6) Meng-install SGPlus pada Firefox; (7) Memasukkan Link ke Stream; (8) Menyingkat Profil di Google+; (9) Menyingkat Profil dengan plusya.com; (10) Menambahkan Simbol Google+ pada Foto Profil; (11) Memasang Google Plus Widget pada Blog; (12) Mempublikasikan Foto melalui Stream; (13) Memasang Foto dari Halaman Foto; (14) … dst. Dalam buku ini juga dipaparkan bagaimana cara bermain game melalui Google+, sehingga amat “memanjakan” para netter yang biasa atau sudah “kecanduan” bermain game online.

googleSemua fitur Google+ yang serba-baru dikupas tuntas dalam buku ini, sehingga layak dijadikan sebagai rujukan para pluser dalam mengoptimalkan fungsi fitur-fitur yang tersedia. Saya (nyaris) kesulitan untuk menemukan kekurangan buku ini. Ketika mencoba memanfaatkan beberapa tip dalam buku ini untuk ngoprek akun Google+, semuanya bisa mulus dan lancar. Selain itu, penulisan ejaan dalam buku ini juga (nyaris) tanpa cacat, termasuk dalam penulisan judul dan subjudulnya. Makin terbukti kalau Elex Media Komputindo termasuk penerbit yang memiliki kepedulian besar terhadap penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sebuah buku “How To” yang layak untuk dimiliki, lebih-lebih buat para netter yang sudah memiliki akun Google+, tetapi masih kurang “bersahabat” dengan fitur-fitur “canggih” yang tersedia. Atau, pembaca yang belum memiliki akun Google+, tetapi memiliki hasrat yang sangat kuat untuk makin memperluas pergaulan di jagad maya, buku ini sungguh tepat dijadikan sebagai partner berjejaring sosial. Nah! ***

No Comments

  1. Wah, setelah membaca ulasan pak Sawali di atas, saya semakin tertarik untuk membaca dan belajar lebih jauh utk menggunakan google+ yg selama ini saya tinggalkan meski punya akun di sana.
    Agaknya saya harus mulai menjaring komunitas baru di sana.. hehehe

  2. google+ mengalami perkembangan yg baik ketimbang jejaring sosial lain bikinan google, tapi menurut saya kyknya masih terlalu berat utk dibuka yah, entah kalo koneksi saya yg lucu, ehehehee 😀

  3. wow… makasi banyak review-nya mas Sawali. Reviewnya keren abiiis.

    Menggunakan G+ itu asyik walau memang masih rada sepi jika dibandingkan dengan FB…

    Makasi sekali lagi ya

  4. menurut saya, g+ butuh koneksi yg “tangguh”, jd user ny pun terbatas.
    dan sejauh ini, saya paling cuma menggunakan g+ utk optimasi SMO blog 😀

  5. Iya, Google+ memang belum dikenal di antara para pengguna situs jejaring sosial. Saya saja belum tahu apa itu Google+. Terima kasih Pak, dari tulisan bapak saya sedikit tahu tentang Google+.

  6. Wah, mantap nih, secara Google+ beberapa fungsinya masih banyak yang belum begitu familiar di mata para netter. Buku tersebut bakalan membantu sekali nih.

    Terimakasih reviewnya Pak 🙂

  7. Belum pernah coba nih Pak… masih kerasan sama jejaring sosial yang lain… :D… tapi sekelumit penjelasan tentang buku ini cukup membuat saya penasaran dan ingin mencobanya :D…..

  8. saya sudah coba beradaptasi dengan jejaring sosial ini, namun teman-teman saya masih sedikit dan bisa dibilang sangat sedikit. Mungkin memang karena tidak semudah jejaring sosial lainnya atau sudah dimanjakan oleh yang sudah ada sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *