Pendidikan Karakter Berada di Titik Nazir Peradaban?

Dalam beberapa dekade terakhir ini, nurani kita digelisahkan oleh maraknya aksi-aksi kekerasan. Negeri ini dianggap telah kehilangan nilai-nilai kesejatian diri sebagai bangsa yang terhormat dan bermartabat akibat meruyaknya aksi-aksi vandalisme yang tak henti-hentinya menggoyang sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa kita yang multikultur dan multiwajah dinilai telah kehilangan sikap ramah. Nilai-nilai keberadaban telah tereduksi oleh sikap-sikap kebiadaban yang membudaya dalam bentuk tawuran pelajar, pemerkosaan, pembunuhan, mutilasi, aborsi, dan berbagai perilaku vandalistis lainnya yang menggurita di segenap lapis dan lini kehidupan masyarakat. Sentimen-sentimen primordialisme berbasis kesukuan, agama, ras, atau antargolongan menjadi demikian rentan tereduksi oleh emosi-emosi agresivitas. Bangsa kita seolah-olah telah menjelma menjadi “homo violens” yang menghalalkan darah sesamanya dalam memanjakan naluri dan hasrat purbanya.

Sungguh, kita sangat merindukan Indonesia yang multiwajah dan multikultur ditaburi dengan nilai-nilai keramahan, kearifan, dan fatsun kehidupan di berbagai sudut dan lorong kehidupan. Jangan sampai terjadi pesona kekerasan, arogansi kekuasaan, dan emosi-emosi agresivitas purba yang serba naif, makin memperkuat stigma bangsa kita sebagai bangsa bar-bar dan biadab.

Memang bukan hal yang mudah untuk memutus mata rantai kekerasan sebagai ekspresi bangsa yang “murka” akibat pasungan rezim masa lalu yang bertahun-tahun lamanya “memenjarakan” anak-anak bangsa dalam tungku kekuasaan yang dianggap tertutup, tiran, dan tidak adil. Kesenjangan sosial-ekonomi yang begitu lebar, disadari atau tidak, telah membuat kehidupan masyarakat di lapisan akar rumput menjadi gampang putus asa dan rentan terhadap aksi-aksi kekerasan. Sementara itu, pembangunan ekonomi negeri kita yang telah berlangsung sejak rezim Orde Baru berkuasa dinilai telah melahirkan kelompok sosial yang konsumtif. Mereka tinggal di kota-kota besar, mengonsumsi sekitar lebih dari sepertiga pendapatan nasional, amat gemar berbelanja, memiliki rumah dan mobil-mobil mewah, bergaya hidup glamor, menjadi anggota berbagai klub eksekutif yang mahal, tetapi cenderung bersikap cuek terhadap gagasan-gagasan perubahan.

Pemahaman gaya hidup yang salah semacam itu, disadari atau tidak, telah melumpuhkan kepekaan nurani dan moral serta religi. Sikap hidup instan telah melenyapkan budaya “proses” dalam mencapai sesuatu. Sikap sabar, tawakal, ulet, telaten, dan cermat, yang merupakan entitas kebersahajaan dan kejujuran telah tersulap menjadi sikap menerabas, pragmatis, dan instant. Orang pun jadi semakin permisif terhadap perbuatan-perbuatan yang tidak jujur. Budaya suap, kolusi, nepotisme, atau manipulasi anggaran sudah dianggap sebagai hal yang wajar. Untuk mengegolkan ambisi tidak jarang ditempuh dengan cara-cara yang tidak wajar menurut etika. Kesibukan memburu gebyar materi untuk bisa memanjakan selera dan naluri konsumtifnya, membuat kepedulian terhadap sesama menjadi marginal. Jutaan saudara kita yang masih bergelut dengan lumpur kemiskinan, kelaparan, dan keterbelakangan, luput dari perhatian.

Yang mencemaskan, dunia pendidikan kita dinilai tidak diarahkan untuk memanusiakan manusia secara utuh, lahir dan batin, tetapi lebih diorientasikan pada hal-hal yang bercorak materialistis, ekonomis, dan teknokratis; kering dari sentuhan nilai moral, kemanusiaan, dan kemuliaan budi. Pendidikan lebih mementingkan kecerdasan intelektual, akal, dan penalaran, tanpa diimbangi dengan intensifnya pengembangan kecerdasan hati nurani, emosi, dan spiritual. Imbasnya, apresiasi keluaran pendidikan terhadap keagungan nilai humanistik, keluhuran dan kemuliaan budi jadi nihil. Mereka jadi kehilangan kepekaan nurani; cenderung bar-bar, besar kepala, dan mau menang sendiri.

Iklim pendidikan kita yang kering dari sentuhan nilai kemanusiaan semacam itu, disadari atau tidak, telah melahirkan manusia-manusia berkarakter hedonis, penjilat, hipokrit, arogan, dan miskin kearifan. Tak berlebihan kalau (alm.) Rama Mangunwijaya dengan nada sinis pernah menyatakan bahwa angkatan sekarang mengalami kemunduran yang sangat parah dalam pendidikan berpikir nalar eksploratif dan kreatif, sehingga menumbuhkan kultur pikir dan cita rasa yang sempit dan dangkal yang memperlambat pendewasaan diri. Padahal, idealnya, rasionalitas harus dikemudikan ke tingkat yang lebih komprehensif, yakni kearifan. Kearifan pun harus memiliki dimensi rasionalitas yang tinggi. Emosi, perasaan, atau pandangan subjektif dalam diri manusia, tegas Rama Mangun, dapat diibaratkan seperti energi yang memberi daya gerak kepada karya manusia. Sedangkan rasio atau nalar ibarat kemudia atau setir, sedangkan kearifan adalah nahkodanya.

Merebaknya sikap hidup pragmatik, melembaganya budaya kekerasan, atau meruyaknya bahasa ekonomi dan politik, disadari atau tidak, telah ikut melemahkan karakter anak-anak bangsa, sehingga nilai-nilai luhur baku dan kearifan sikap hidup menjadi mandul. Anak-anak sekarang gampang sekali melontarkan bahasa oral dan bahasa tubuh yang cenderung tereduksi oleh gaya ungkap yang kasar dan vulgar. Nilai-nilai etika dan estetika telah terbonsai dan terkerdilkan oleh gaya hidup instan dan pragmatis.

Pendidikan berbasis karakter di negeri ini memang telah lama hilang. Bahkan, tak sedikit pengamat dan pemerhati dunia pendidikan kita yang mengakui bahwa pendidikan karakter di negeri ini telah berada pada titik nazir peradaban. Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), misalnya, yang seharusnya bisa menjadi “katalisator” untuk membendung arus merebaknya budaya kekerasan dan proses demoralisasi, dinilai telah berubah menjadi mata pelajaran berbasis indoktrinasi dan dogmatis yang semata-mata mengajarkan nilai baik dan buruk, tanpa diimbangi dengan pola pembiasaan intens yang bisa memicu siswa didik untuk berperilaku dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai keluhuran budi. Akibat pola indoktrinasi yang demikian lama dalam ranah pendidikan kita, diakui atau tidak, telah mengubah mind-set anak-anak cenderung menjadi “kanibal”, baik terhadap dirinya sendiri maupun sesamanya. Mereka tidak lagi memiliki kepekaan terhadap sesamanya, kehilangan nilai kasih sayang, dan sibuk dengan dunianya sendiri yang cenderung agresif dengan tingkat degradasi moral yang sudah berada pada titik nazir peradaban.

Hal itu diperparah dengan miskinnya keteladanan perilaku kaum elite kita yang seharusnya menjadi patron dan sosok anutan sosial yang mengagumkan. Perilaku korupsi, sikap serakah, dan mau menang sendiri, justru menjadi tontonan masif di tengah massa yang demikian gampang disaksikan melalui layar kaca. Dalam konteks ini, mungkin ada benarnya kalau Nicolo Machiavelli menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah penipu, rakus, tidak pernah terpuaskan dan serakah. Hal senada juga dikemukakan oleh Thomas Hobes bahwa manusia mempunyai  sifat dasar yang mementingkan egonya sendiri dan merupakan musuh bagi manusia lainnya (homo homini lupus).
***

Akar kekerasan yang membelit sendi-sendi kehidupan bangsa tentu saja tidak lahir begitu saja. Sistem pendidikan kita yang belum efektif dalam melahirkan generasi-generasi masa depan yang cerdas sekaligus bermoral yang kemudian “berselingkuh” dengan kultur sosial masyarakat kita yang sedang chaos dan “sakit” setidaknya telah memiliki andil yang cukup besar dalam menciptakan lingkaran kekerasan itu. Fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab –sebagaimana termaktub dalam pasal 3 UU Sisdiknas– (nyaris) hanya menjadi slogan ketika kultur sosial masyarakat dinilai tidak cukup kondusif dalam mendukung terciptanya atmosfer pendidikan yang nyaman dan mencerahkan.

Nilai-nilai luhur baku yang digembar-gemborkan di lembaga pendidikan (nyaris) tak bergema dalam gendang nurani siswa didik ketika berbenturan dengan kenyataan sosial yang chaos dan “sakit”. Nilai-nilai kesantunan dan keberadaban telah terkikis oleh meruyaknya perilaku-perilaku anomali sosial yang berlangsung di tengah panggung kehidupan masyarakat. Ketika guru menanamkan nilai-nilai moral dan religi, para siswa harus melihat kenyataan, betapa masyarakat kita demikian gampang kalap dan lebih mengedepankan emosi ketimbang logika dan hati nurani dalam menyelesaikan masalah. Nilai-nilai kearifan dan kesantunan telah terbonsai menjadi perilaku yang sarat darah dan kekerasan. Ketika guru menanamkan nilai-nilai kejujuran, betapa anak-anak masa depan negeri ini harus menyaksikan banyaknya kaum elite yang tega melakukan pembohongan publik, manipulasi, atau korupsi.

Sampai kapan pun lingkaran kekerasan di negeri ini tidak akan pernah bisa terputus apabila tidak didukung oleh atmosfer dunia pendidikan yang nyaman dan mencerahkan serta kultur sosial yang kondusif. Oleh karena itu, sudah selayaknya fenomena kekerasan ini mendapatkan perhatian serius dari semua komponen bangsa untuk menghentikannya. Para elite negeri, tokoh-tokoh masyarakat, pemuka agama, orang tua, atau pengelola media, perlu bersinergi untuk bersama-sama membangun iklim kehidupan yang nyaman dan mencerahkan di berbagai lapis dan lini kehidupan masyarakat. Demikian juga dari ranah hukum. Perlu diciptakan efek jera kepada para pelaku kekerasan agar tidak terus-terusan mewabah dan memfosil dari generasi ke generasi.

Selain itu, idealnya lingkungan keluarga juga harus memiliki filter yang kuat terhadap gencarnya arus perubahan yang tengah berlangsung. Dalam konteks demikian, peran orang tua menjadi amat penting dan vital dalam memberdayakan moralitas anak. Orang tualah yang menjadi referensi utama ketika anak-anak sedang tumbuh dan berkembang. Idealnya, orang tua mesti bisa menjadi “patron” teladan. Anak-anak sangat membutuhkan figur anutan moral dari orang tuanya sendiri, yang tidak hanya pintar “berkhotbah”, tetapi juga mampu memberikan contoh konkret dalam bentuk perilaku, sikap, dan perbuatan.

Masyarakat juga harus mampu menjalankan perannya sebagai kekuatan kontrol yang ikut mengawasi perilaku kaum remaja kita. “Deteksi” dini terhadap kemungkinan munculnya perilaku kekerasan mutlak diperlukan. Potong secepatnya jalur agresivitas yang kemungkinan akan menjadi “jalan” bagi penganut “mazab” kekerasan dalam menyalurkan naluri agresivitasnya. Ini artinya, dibutuhkan sinergi yang kuat antara dunia pendidikan, orang tua, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, dan para pengambil kebijakan untuk bersama-sama peduli terhadap perilaku kekerasan yang (nyaris) menjadi budaya baru di negeri ini.
***

Yang tidak kalah penting, perlu ada terobosan visioner yang bisa mengajak dan menginternalisasikan pendidikan karakter sesuai dengan tuntutan dan dinamika perkembangan psiko-sosial siswa didik. Karya sastra, agaknya bisa menjadi medium yang strategis untuk mewujudkan tujuan mulia itu. Melalui karya sastra, anak-anak sejak dini bisa melakukan olah rasa, olah batin, dan olah budi secara intens sehingga secara tidak langsung anak-anak memiliki perilaku dan kebiasaan positif melalui proses apresiasi dan berkreasi melalui karya sastra.

Melalui karya sastra, anak-anak akan mendapatkan pengalaman baru dan unik yang belum tentu bisa mereka dapatkan dalam kehidupan nyata. Anak-anak bisa belajar dan bergaul secara langsung tentang berbagai karakter mulia, yang oleh Sang Pencetus Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, Ratna Megawangi, dikenal sebagai 9 (sembilan) pilar, yakni (1) cinta Tuhan dan kebenaran; (2) tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemandirian; (3) amanah; (4) hormat dan santun; (5) kasih sayang, kepedulian, dan kerjasama; (6) percaya diri kreatif, dan pantang menyerah, (7) keadilan dan kepemimpinan, (8) baik dan rendah hati; dan (9) toleransi dan cinta damai.

Karya sastra, meminjam istilah Amini (1996), mengandung nilai edukatif sebagai “panduan” dalam memasuki kompleksitas kejiwaan manusia, hubungan antarpribadi dan masyarakat, hingga alam semesta dan Tuhan. Seraya menghibur, sastra menawarkan pathos, nilai kearifan, kedalaman perenungan, dan menjadi semacam model-model perilaku yang dikandungnya. Hal senada juga dikemukakan oleh Hassan (1989) bahwa karya sastra merupakan gelanggang manifestasi berbagai kondisi manusiawi, sehingga mampu mementaskan representasi aneka ragam penghayatan manusia. Melalui karya sastra, manusia berpeluang melakukan objektivikasi penghayatannya secara mendalam; menjadi tempat diproyeksikannya pengalaman psikis manusia. Dengan demikian, pembaca akan terbimbing kepekaan nuraninya untuk mengukuhi nilai keluhuran dan kemuliaan budi dalam hidup, serta berusaha menghindari perilaku yang bisa menodai citra keharmonisan hidup di tengah komunitas dan paguyuban sosialnya.

Menghadapi era global yang serba kompetitif dan berdaya saing tinggi, institusi pendidikan diharapkan benar-benar mampu mengoptimalkan fungsinya sebagai pusat pendidikan nilai yang tidak hanya berbasiskan ranah kognitif-psikomotorik an-sich, tetapi juga ranah afektif yang berorientasi pada pembentukan watak dan kepribadian siswa didik. Dengan demikian, keluaran pendidikan tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga cerdas secara emosional, spiritual, dan sosial, sehingga kelak mampu bersaing di tengah-tengah arus global secara arif, matang, dan dewasa.

Dalam konteks demikian, pengajaran apresiasi sastra memiliki kontribusi penting dalam upaya melahirkan generasi yang cerdas dan bermoral seperti yang diharapkan. Ini artinya, mau atau tidak, institusi pendidikan harus memosisikan diri menjadi “benteng” utama apresiasi sastra melalui pengajaran yang dikelola secara tepat, serius, dan optimal.

Berkaitan dengan hal tersebut, setidaknya ada empat hal penting dan urgen untuk segera diagendakan. Pertama, membumikan event semacam Olimpiade Sastra mulai jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Jika pembangunan karakter bangsa melalui event Olimpiade Sastra dilakukan secara serius, total, dan intens, bukan tidak mungkin kelak anak-anak negeri ini akan memiliki kepribadian yang jauh lebih berkarakter sehingga siap mengawal perjalanan dan dinamika peradaban bangsa melalui sentuhan karakter yang kuat dan nilai-nilai keluhuran budi yang mengagumkan.

Kedua, pemberdayaan perpustakaan sekolah sebagai jantung ilmu pengetahuan dengan memperbanyak buku-buku sastra. Fakta menunjukkan bahwa selama ini perpustakaan sekolah tak lebih hanya sebuah rak tua yang merana dan tak terurus. Banyak siswa yang tak tertarik untuk menyentuh buku-buku di perpustakaan lantaran langkanya buku-buku sastra yang bisa menjadi “magnet” budaya literasi bagi siswa. Yang lebih menyedihkan, buku-buku cerita yang mengangkat nilai-nilai kearifan lokal, semacam dongeng atau cerita rakyat, misalnya, tidak dikemas secara menarik, sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca buku-buku non-cerita. Imbasnya, sebagian besar siswa (nyaris) tak lagi mengenal karya-karya budaya bangsa yang sarat dengan nilai keluhuran dan kemuliaan budi itu.

Ketiga, memberdayakan guru bahasa Indonesia. Karena juga dituntut untuk mampu mengajarkan sastra dengan baik, maka harus ada upaya serius untuk membekali mereka melalui berbagai forum semacam Temu Sastrawan, diskusi, atau pelatihan untuk memperkuat basis dan wawasan kesastraannya. Mereka juga perlu terus didorong agar lebih kreatif dalam menciptakan atmosfer pembelajaran sastra yang lebih menarik dan memikat; tidak hanya sekadar menyuapi siswanya dengan setumpuk teori dan hafalan. Pendekatan apresiatif yang membuka ruang diskusi dan bercurah pikir yang membuat siswa gemar dan cinta sastra harus benar-benar dihadirkan.

Keempat, program SMS (Sastrawan Masuk Sekolah) semacam Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB) perlu kembali digelar di berbagai jenjang pendidikan sebagai upaya nyata untuk membantu guru dalam mengurai kegelisahan dan beban profesi yang selama ini dinilai telah gagal dalam mengajarkan apresiasi sastra. Selain untuk mendekatkan dunia pendidikan dengan wilayah kreativitas sang sastrawan, program SMS juga dimaksudkan untuk lebih mengakrabkan siswa pada teks-teks sastra karya sastrawan yang bersangkutan.

Keempat agenda tersebut perlu didukung dengan komitmen tinggi para pengambil kebijakan, ditunjang dengan aksi nyata para pemangku kepentingan (stake-holder) untuk membumikan pendidikan karakter berbasis sastra secara simultan dan berkelanjutan kepada siswa didik. Akankah keempat agenda tersebut bisa secepatnya terwujud atau mesti menunggu pendidikan karakter di negeri ini benar-benar berada di titik nazir peradaban? Nah, kita tunggu saja! ***

No Comments

  1. bahasanya terlalu tinggi, tapi pada intinya kita harus dapat mengembalikan karakter bangsa kita yang dulu yang penuh ramah tamah, gak kayak sekarang… disenggol dikit, bisa2 jadi tawuran

    1. walah, sebenarnya ndak juga, kok, mas. biasa2 saja bahasanya. ya, ya, semoga secara bertahap dunia pendidikan kita bisa memberikan basis karakter yang lebih kuat terhadap generasi masa depan negeri ini.

  2. Halo Mas Sawali,
    Saya sepakat dengan anda tentang sangat perlunya keempat agenda tsb didukung oleh para petinggi bidang pendidikan dinegara kita.Tidak ada bangsa yang maju yang rakyatnya tidak berkarakter.

  3. 9 pilar yang di sebutkan diatas agaknya mirip dengan Dasa Darma pramuka.
    Pramuka bisa menjadi salah satu media memperbaiki karakter pelajar, tapi sayangnya sekarang pramuka mulai hilang di tindas oleh sekolah modern bertaraf internasional, hemmm.. 😀

  4. Ujian nasional telah ikut memorak-porandakan nafas sastra. Tadi pagi ketika saya mengajar di kelas, saya katakan ini didepan siswa saya. Bagimana tidak? Siswa diajari drama, cerpen, puisi, membuat naskah drama dan semacamnya. Tapi indikator yang harus dicapai siswa agar bisa dianggap menguasai Bahasa Indonesia ada di Ujian Nasional. Keterampilan berbahasa dalam hal penguasaan sastra hampir tidak bisa diukur dengan soal pilihan ganda

  5. Jadi ingat national character building-nya Bung karno dulu ya, Pak? Terbukti, dengan karakter yang kuat bangsa Indonesia menjadi sangat disegani dalam pergaulan dunia internasional. Taufik Ismail dan pengantar antologi puisinya, Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, menceritakan betapa dengan hanya menyebut sebagai orang Indonesia, kita bisa mendapat perlakukan istimewa di negara lain kala itu.

  6. sastra memperhalus budi dan jiwa seseorang sehingga tidak mudah untuk bertindak liar melakukan kekerasan…sepakat

    dan saya termasuk bukan penulis sastra…hanya Tukang Cerita biasa #jadisedih

  7. Kehancuran karakter anak bangsa di negeri ini karena tak lagi memiliki panutan positif dalam berkemanusiaan masyarakat. Masyarakat, dalam tataran mana pun, sepertinya telah terambah kebobrokan moral.

    Barangkali sastra itulah, Pak, yang dapat dipakai untuk memerteguh mental dalam kehidupan generasi negeri ini, yang ditanamkan melalui pendidikan secara menyeluruh.

    Salam kekerabatan.

  8. Ikut menunggu.. Semoga pemerintah, departermen terkait dan orang orang yang berkompeten bisa mewujudkan dunia pendidikan yang baik dinegeri ini.

    Salam.. .

  9. kalo gak gitu gak kiamat2 bos… dunia sedang di ambang kehancuran, karena kehancuran moral sudah terjadi di negeri ini… gak pemimpinx, gak anak mudax, gak rakyat sudah mengalami kemrosotan moral.. saatx kembali ke jalan Allah biar selamat. begitu bunyix

      1. siphh benr banget pak…
        tapi samgat di sayang kan sekali padahal mereka itu bner2 orang yang intelektula banget yang tahu mana akan hak dan yang batil.
        ternyata di bali semua itu mentalnya masih nol !!!

  10. Artikel yang sangat bagus gan, dari judulnya saja saya sudah tertarik untuk membaca artikel ini, salam kenal n kunjungan gan, thanks.

  11. Membaca tulisan Pak Sawali ini, hatiku rasanya bagai disayat-sayat. Betapa sadisnya penguasa negara kita. Akan tetapi, aku sadar bahwa mereka bagian dari produk pendidikan yang tidak memiliki karakter. Lalu, bagaimana harus memperjuangkan kurikulum pendidikan karakter jika penguasa, pengambil kebijakan, pemilik otoritas, tak memiliki kepedulian sedikit pun. Sedangkan masyarakat pun tak memiliki kesadaran untuk memperjuangkannya, sebab mereka pun korban pendidikan yang tak memiliki karakter.

  12. Emang jamannya sudah parah dengan tatakrama. Dulu hanya orang kota saja, sekarang orang utan saja ikut nyeleneh.
    Harus banyak tobat saja, minta ampunannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *