Belajar dari Nilai Pluralisme ala Gus Dur

Menjelang tutup tahun 2009, bangsa kita kehilangan seorang tokoh besar, K.H. Abdurahman Wahid, seorang ulama dan budayawan, yang sebagian besar hidupnya diabdikan untuk membangun nilai-nilai demokrasi, humanisme, pluralisme, dan pembela kelompok minoritas. Mantan Presiden ke-4 (1999-2001) itu wafat pada hari Rabu, 30 Desember 2009, di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, dalam usia 69 tahun. Sebelum dirawat di RSCM Jakarta, cucu pendiri NU, K.H. Hasyim Asy’ari itu sempat menjalani perawatan medis di R.S. Jombang, Jawa Timur, pada hari Kamis, 24 Desember 2009, karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Sungguh, wafatnya Gus Dur, tak hanya sebuah kehilangan buat bangsa kita, tetapi juga dunia. Kiprah hidupnya yang selalu moderat, toleran, dan selalu menjadi pembela kaum minoritas, diakui atau tidak, telah menumbuhkan optimisme dunia terhadap harmoni dan kedamaian hidup. Kita simak saja quote-nya yang dengan jelas tertera di web pribadinya, gusdur.net.

Saya tidak khawatir dengan dominasi minoritas. Itu lahir karena kita yang sering merasa minder. Umat Islam –mungkin karena faktor masa lalu– sering dihantui rasa kekalahan dan kelemahan.

Gus DurGus DurGus DurGus DurSebuah ungkapan jujur betapa sosok Gus Dur sangat menghargai pluralitas dan tak ingin ada kelompok-kelompok tertentu yang menjadi penindas dan bertindak fasis bagi sesamanya. Di blog perspektif.net, Syafi’i Anwar mengatakan bahwa Gus Dur adalah bapak pluralisme Indonesia. Sementara itu, Wimar Witoelar menambahkan bahwa beliau sebetulnya juga adalah bapak plularisme dunia, mengingat bahwa dunia kini kekurangan tokoh pluralisme dan bahkan didominasi oleh pemimpin eksklusif dari semua pihak. Pluralisme dan Pembelaan adalah dua kata kunci dalam berbagai tulisan Abdurrahman Wahid. Beliau sangat peka dan arif dalam memberikan perspektif empati terhadap korban, terutama minoritas agama, gender, keyakinan, etnis, warna kulit, dan posisi sosial. “Tuhan tidak perlu dibela,” kata Gus Dur, tapi umat-Nya atau manusia pada umumnya justru perlu dibela. Salah satu konsekuensi dari pembelaan adalah kritik, dan terkadang terpaksa harus mengecam, jika sudah melewati ambang toleransi.

Pendapat tersebut didukung Wimar Witoelar. Berbicara sebagai kolega dan sahabat keluarga Gus Dur, Wimar mengatakan Gus Dur bukan hanya Bapak Pluralisme Indonesia, melainkan juga sudah menjadi Bapak Pluralisme Dunia. Saatnya tepat karena dunia saat ini sedang kehilangan tokoh-tokoh pluralisme dan sebaliknya didominasi oleh tokoh yang bersikap eksklusif.

Agaknya, dunia melihat Indonesia sebagai pusat pluralisme karena ketokohan Gus Dur dalam bersahabat dengan semua golongan. Satu contoh respek luar negeri adalah sambutan luar biasa yang diberikan kepadanya dengan ditunjuk menjadi keynote speaker pada Kongres American Jewish Committee di Washington, DC. Ditambah lagi dengan penampilannya bersama Condoleezza Rice sebagai after-dinner speaker pada penutupan acara terbesar kaum Jahudi di Amerika. Pada acara itu, Gus Dur duduk bersama sahabatnya, Uskup Agung Paris Jean-Marie Lustiger. Masyarakat dunia menaruh harapan pada Indonesia dengan sikap moderat Gus Dur yang menarik perhatian dunia setelah peristiwa 11 September 2001.

Di tengah situasi dunia yang makin terkontaminasi oleh berbagai teror, penindasan, atau perang yang terus berkecamuk dan mengancam, tokoh-tokoh yang berpandangan toleran, pluralis, dan moderat semacam Gus Dur amat dibutuhkan. Dengan pendekatan-pendekatan humanis yang terus dikembangkan, nilai-nilai persaudaraan dan toleransi antarumat beragama bisa tumbuh dan berkembang, tanpa harus mencaci maki dan menista.

Sebagai bentuk penghormatan kepada Beliau, agaknya kurang arif apabila momen pergantian tahun ini dirayakan secara mewah dan berlebihan. Bahkan, kita perlu melakukan doa bersama secara nasional, bukan hanya semata-mata untuk mengantarkan Beliau ke peristirahatan terakhir, melainkan juga untuk kemaslahatan bersama. Bisa jadi, wafatnya Gus Dur menjelang pergantian tahun merupakan simbolisasi dan “warning” dari Sang Maha Pemilik bahwa bangsa ini perlu belajar nilai-nilai pluralisme dari sosok seorang Gus Dur itu. Wallahu a’lam!

Meski kini Sampeyan telah tiada, Indonesia, khususnya dan dunia pada umumnya akan terus belajar dari nilai-nilai pluralisme, demokrasi, dan toleransi yang selama ini telah Sampeyan rintis dan perjuangkan. Selamat jalan, Gus, semoga dilapangkan jalanmu menuju ke haribaan-Nya dan diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya. ***

96 Comments

  1. sedih memang kehilangan gus dur, tapi akan lebih menyedihkan lagi apabila apa yang telah ditauladankan beliau hanya sekedar angin lalu saja bagi kita, semoga tauladan yang diajarkan beliau bisa kita terapkan dalam kehidupan ini, amin…

  2. selamat jalan gus dur presidenku.. presiden terbaik indonesia sampai kapanpun yang mendobrak istana yang sebelumnya terkesan angker menjadi rumah rakyat.. siapapun boleh ke sana dan ngomong langsung sama presidennya!

    i love gus dur!

    semoga beliau mendapatkan tempat istimewa bersama para nabi dan rosul.. aamiin..

    ila hadrotin nabiyyil mushtofa sayyidina muhammadin shollallohu ‘alaihi wasallam wa ila hadroti waliyullah abdurrahman wahid lahumul faatihah…
    .-= Baca juga tulisan terbaru deteksi berjudul "Gus Dur Wafat" =-.

  3. ikut mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalam sebagai warga jawa timur yang bangga punya sosok kyai haji yang disegani diseluruh dunia,…. semoga arwahnya mendapat tempat disisinya,… amien….

  4. dari dulu saya adalah pengagum gusdur dengan segala pemikirannya, gusdur itu unik disatu sisi bisa berperan sebgai semar dan disisi lain sebagai togog…apapun itu gusdur tetaplah gusdur seorang satria sejati topo ngrame wuta ngider jagat :((
    .-= Baca juga tulisan terbaru m4stono berjudul "Refleksi Akhir Tahun ala Buto" =-.

  5. SELAMAT JALAN GUS DUR

    Semoga Tuhan Memberi Tempat yang Tepat di Hari Pembalasan

    dan kami yang ditinggalkan dapat belajar, mewarisi dan menerapkan cara berdemokrasi dan menghargai hak berpendapat orang lain seperti yang engkau jalankan

  6. ya… ane suka.web.id juga mengucapkan bela sungkawa yang sebesar besarnya..

    si bos web nya sudah ok.. suka merendah nih

    thaxs atas kunjungannya..

  7. weh, akhirnya bisa juga aku silahturahmi kesini, kok kaya protokoler banget, susahnya tiga hari gak silahturahmi kesini.
    salam juga untuk keluarga di kendal.
    halah malah gak komen psotinganini. Ya udah gak apa-apa, sing penting tilik keslametan,

  8. kita semua kehilangan sosok Gus Dur, tidak hanya nilai² perjuangannya..tp bayolannya yg khas akan sangat kita rindukan…
    met taon baru pak sawali..

    salam, ^_^

    1. amiiin, terima kasih, mas didien, semoga arwah gus dur diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya dan kita semua bisa melanjutkan perjuangannya. selamat tahun baru juga, mas didin. salam sukses.

    1. amiiin, terima kasih, mas semoga arwah gus dur diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya dan kita semua bisa melanjutkan perjuangannya. selamat tahun baru, mas, semoga makin tambah sukses.

    1. amiiin, terima kasih, mas hari, semoga arwah gus dur diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya dan kita semua bisa melanjutkan perjuangannya. selamat tahun baru juga, mas yussa, salam sukses.

  9. Sebagai sesama warga Jombang pada khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya, saya merasa kehilangan besar atas wafatnya Gus Dur. Semakin banyak ulama yang dipanggil Tuhan. Semakin menyadarkan saya akan semakin dekatnya akhir dunia ini.
    .-= Baca juga tulisan terbaru Agus Siswoyo berjudul "Membongkar Gurita Ciblogger" =-.

  10. memang pak, gus Dur semasa hidup nya banyak menuai pro dan kontra, namun patut dikenang atas beberapa keputusannya yang terkadang membela kaum kecil
    .-= Baca juga tulisan terbaru cipstuff berjudul "Proyek" =-.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *