Menikmati Silaturahmi Pasca-Lebaran

Sabtu, 11 Oktober 2008, merupakan hari pertama masuk sekolah pasca-lebaran. Belum memasuki jam kegiatan pembelajaran efektif. Kami masih memanfaatkannya untuk menikmati silaturahmi dengan sesama guru dan karyawan serta anak-anak dengan berhalal-bihalal. Sekitar 600-an siswa tertunduk takzim sambil berjabatan tangan dengan para guru sebagai wujud permohonan maaf terhadap semua kekhilafan yang setahun lamanya mereka lakukan, baik ketika berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah.

Malam harinya, segenap keluarga besar warga RT di kompleks perumahan kami, juga menggelar acara halal-bihalal di depan gubug kami yang kebetulan berdampingan dengan rumah Ketua RT. Terasa benar jalinan komunitas yang rukun dan guyup. Semua borok dan luka yang disebabkan oleh kesalahan dan kekhilafan selama setahun lamanya dalam hidup bertetangga seolah-olah rontok dan berguguran begitu proses halal-bihalal berlangsung. Di atas gelaran tikar dengan sajian makanan bersahaja dan ala kadarnya, kami menikmati suasana silaturahmi dengan penuh sentuhan keakraban dan kekeluargaan. Suara tangis anak-anak, canda, dan tawa berbaur dan larut ke dalam jalinan silaturahmi yang syahdu.

skl1skl2skl3rm1rm2rm3

Memang secara pribadi sudah saling bersilaturahmi dengan cara bertandang dari rumah ke rumah. Namun, atas kesepakatan warga, masih perlu dilakukan secara bersama-sama sebagai upaya untuk makin mempererat nilai persaudaraan dan mengenal lebih jauh anggota keluarga masing-masing.

Momentum semacam itu bisa jadi memiliki kandungan nilai kemanusiaan dan sekaligus juga makna ke-Illahi-an yang cukup dalam sebagai manifestasi sikap kehambaan yang telah dilakukan sebulan penuh selama Ramadhan. Meski demikian, upaya saling memaafkan dan berbuat baik kepada sesama idealnya tidak semata-mata dilakukan hanya pada saat Lebaran, tetapi perlu terus dilakukan secara berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Halal-bihalal yang merupakan budaya khas negeri ini bisa jadi juga merefleksikan bahwa Islam merupakan agama yang toleran, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan sesama secara lintas-agama. Perbedaan agama bukanlah tanda untuk saling memusuhi dan mencurigai, melainkan sebagai sarana untuk saling berlomba dalam berbuat kebajikan.

Semoga lebaran dengan budaya halal-bihalal-nya yang khas di negeri ini mampu menjadi media yang tepat untuk memperkuat nilai persaudaraan antarsesama anak bangsa sehingga kesombongan berbasiskan nilai-nilai chauvinisme sempit yang kerap kali hadir di atas panggung kehidupan sosial bisa terhindarkan. ***

No Comments

    1. betul banget, mas arul. wah, kalau bloger agaknya juga punya banyak cara utk membangun silaturhami. selain blogwalking, mungkin juga bisa memanfaatkan media lain, semacam plurk atau facebook.

  1. Di kota besar, budaya silaturahmi sepertinya semakin berkurang ya Pak,.. Apa karena tergantikan oleh kemajuan dibidang telekomunikasi ya… :)Jujur, saya sendiri tidak begitu kenal dengan tetangga satu RW. Kalo se RT sih kenal lah. Tetapi untuk urusan silaturahmi, kebanyakan warga lebih “menunggu” halal-bihalal daripada door to door.

    Baca juga tulisan terbaru Adellia berjudul Saat Resesi Ekonomi Global, Forex Lebih Unggul dari Saham

  2. Halal-bihalal yang merupakan budaya khas negeri ini bisa jadi juga merefleksikan bahwa Islam merupakan agama yang toleran, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan sesama secara lintas-agama. Perbedaan agama bukanlah tanda untuk saling memusuhi dan mencurigai, melainkan sebagai sarana untuk saling berlomba dalam berbuat kebajikan.

    saya suka kalimat ini pak sawali. 🙂

    Baca juga tulisan terbaru ershad berjudul Are You an Internet Addict ?

  3. Saya termasuk beruntung tinggal ditengah kota, yang dikepung oleh Mal dan jalan macet, tapi silaturahmi antar warga nya masih baik. Mungkin hal ini disebabkan oleh unsur keinginan warga dan diakomodasikan oleh ketua RT/RW. Bahkan hubungan antar tetangga masih dekat sekali.

    Silaturahmi selain mempererat persaudaraan dan pertemanan, juga semoga membuat warga ikut berbuat baik, menyumbangkan pikiran….agar kehdupan bermasyarakat yang saling toleransi dan gotong royong tetap dapat dilaksanakan.

    Baca juga tulisan terbaru edratna berjudul Betulkah suatu pertemanan memerlukan “unsur chemistry?”

      1. Atau…mungkin RSS feed reader dari bloglist yang saya pasang di blogger yang error ya? Tapi info posting terbaru blog yang lain terbaca normal aja.
        OK, ini lagi cek ulang, moga lekas dapet masalahnya. Soalnya jadi sulit mengetahui postingan terbaru dari Pak Sawali karena dibloglist saya tetap tertera postingan terbaru pak Sawali ya theme detection yang di atas tadi.

        Baca juga tulisan terbaru Syamsuddin Ideris berjudul Membangun Bisnis Anda

        1. sepertinya bukan bloglist pak syam yang error, saya juga ndak tahu tuh, pak, ketika saya lihat feed/rss saya di feedburner juga ada postingan yang tak jelas isinya itu. semoga saja ndak sampai terus berlanjut, pak.

  4. saya bisa membayangkan sehari yang penuh jalinan silaturrahim itu, pak sawali.
    memang menyenangkan bisa memaknai lebaran dengan sebaik itu, walaupun tak bisa dipungkiri, memberi maaf bukanlah hal yang mudah.
    mulut bisa berkata maaf, tapi hati kadang sulit untuk ikhlas ya, pak?
    mungkin keikhlasan itu justru yang musti lebih dimantapkan dalam momen silaturrahim ini.

  5. Baru masuk 11 Oktober ya Pak? Keduluan Pekalongan dong.Pekalongan sdh masuk 9 Oktober lalu yg rata-rata kegiatannya acara halal bihalal. Tgl 10 kbm mulai efektif

  6. ya ituh Pak….makanya saya belain mudik, bagi saya pribadi nyang namanya silaturahim selama masih memungkinkan ndak bisa digantiin am lelepon ato es em es.
    he he lah di perantauan gini emg ndak seerat di kampung

    1. wah, selamat, mbak icha, alhamdulillah, jadi ikutan seneng nih. sama2, mbak icha, maafkan lahir dan batin juga semua kesalahan dan kekhilafan saya selama ini. btw, memangnya mudik ke mana, mbak, kok melewati sekolah saya, haks.

  7. Budaya Halal bihalal itu emang perlu dipertahankan, Apalagi dg kondisi kehidupan yg sekarang ; ”sibuk dg kerjaan melulu”. Halal Bihalal merupakan refleksi dari Silaturrahim…

    Yg pernah saya tahu sih kurang lebihnya begini ;– Siapa melakukan Silaturrahim, akan dipanjangkan umurnya dan dibuka pintu rezekinya.
    Dan siapa yg memutuskan silaturrahim, tdk akam mencium bau surga.

    Baca juga tulisan terbaru Jay berjudul Harga Saham Anjlok, Jiwa Nasionalis Dipertaruhkan

  8. “…merefleksikan bahwa Islam merupakan agama yang toleran, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan sesama secara lintas-agama. Perbedaan agama bukanlah tanda untuk saling memusuhi dan mencurigai, melainkan sebagai sarana untuk saling berlomba dalam berbuat kebajikan”

    Saya suka banget kata-kata ini, Pak Sawali 🙂 semoga budaya yang seperti ini mampu dipertahankan sampai kapanpun 🙂

    Baca juga tulisan terbaru darnia berjudul A New Humanism Tragedy

  9. :d iya pak saya juga ingat waktu masih skul dulu,, kalau pas pertama sekolah abis idul fitri memang asyik silaturrahminya,, kadang minta plg cepat!! hahahah

  10. membayangkan masa-masa dulu sekolah ketika habis libur lebaran pasti bersemangat, berbeda sekarang habis libur lebaran ke kantor kok malah tambah lemas….
    Hari raya tahun depan, dapatkan saya menjumpaimu…

  11. silaturrahmi selain nikmat
    juga menambah teman dan rezeki
    keindahan dan ketulusan silaturrahmi
    itu…..sudah sepatutnya selalu
    kita jaga dan bina bersama
    kapan dan di mana saja….monggo mas sawali:)>-

    Baca juga tulisan terbaru mikekono berjudul FATIMA, Teganya Dikau

  12. wah..wah. Sepertinya saya benar-benar sudah terlambat bersilaturahmi dengan pak Sawali.
    Mudah-mudahan pak sawali masih berkenan menerima saya :d

    Toh. bapak juga sudah saya anggap guru yang luar biasa di dunia maya. Terutamanya, jadi ingat waktu nge blog pertama kali tahun (jadi terharu) :((

    Baca juga tulisan terbaru SQ berjudul Saat Qolbu (Saya) Terpidana

  13. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here
    🙂

  14. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here

    Baca juga tulisan terbaru reedzq berjudul PDIP-Golkar Dikeroyok Delapan Fraksi!

  15. Aih, yang begini-begini ini, jujur saja sudah jarang aku temui dan alami. Sungguh guyub dan menyenangkan. Ah, jadi rindu suasana seperti itu.

    Terima kasih telah membaginya, Pak Sawali. Sungguh bikin jatuh rindu.

    Baca juga tulisan terbaru Daniel Mahendra berjudul Kompas 9 Oktober

  16. Kalau urusan silahturahmi lebaran saya paling senang jaman masih sekolah dulu. Tiap abis sungkeman pasti dapet angpao dari saudara. Tapi sekarang justru kebalikannya. Ditagihin angpao ma keponakan. 😀

  17. entah kenapa, kalau ada acara salam-salaman seperti ini, saya selalu senang, apalagi kalau acara silaturahmi di kampung halaman suami.
    Kemarin senin, silaturahmi disekolah anak2 🙂

  18. bagus pak terus lanjutkan ,, hehe
    silaturrahmi janganlah smapai putus, karena barnag siapa yang memutuskan tali silaturrahmi maka org tersebut tdk akan diberkahi rizkinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *