Makna Kekerabatan di Balik Mudik Lebaran

Usai sudah ritual Lebaran itu. Yang sempat mudik, pasti sudah bertemu dan bersilaturahmi dengan saudara dan sanak-kerabatnya di kampung halaman. Rasa rindu yang selama ini menggumpal di dada tertumpahkan sudah. Ada selingan pesta kecil, canda, dan tawa; berkumpul bersama dengan orang tua dan sanak-kerabat dalam suasana yang sarat sentuhan nilai keakraban dan persaudaraan. Selalu saja ada romantisme masa silam yang hadir di balik ritual Lebaran itu. Masa lalu yang khas anak-anak kembali terbentang dalam layar memori kita. Seringkali sebuah pertanyaan sentimentil pun menggoda nurani kita. “Benarkah masa kecil saya dulu ada di sini?” Aha …, sebuah pertanyaan yang terkesan cengeng, tapi seringkali kita tak punya kesanggupan untuk menolaknya.

mudikNamun, ritual Lebaran juga tak sebatas meninabobokan kita ke dalam bentangan romantisme masa silam semata. Ada nilai-nilai kekerabatan hakiki yang perlu terus digali dan ditumbuhsuburkan. Ini artinya, Lebaran juga bisa dimanfaatkan sebagai momentum untuk menanamkan nilai-nilai silaturahmi kepada anak-anak kita. Bagaimana kita mesti bersikap kepada kedua orang tua, sanak-kerabat, tetangga, atau handai taulan, merupakan wujud pendidikan nyata yang bisa langsung diteladani dan diterapkan oleh anak-anak kita.

Apa yang akan terjadi kalau anak-anak tak pernah kita pertemukan dengan orang tua yang sekaligus juga kakek-nenek anak-anak kita? Apa juga yang akan terjadi kalau anak-anak tak pernah kita pertemukan dengan sanak-kerabat dan handai taulan?

Tak salah kalau ada yang mengatakan bahwa hidup itu ibarat “mampir ngombe” (mampir minum) dalam sebuah pengembaraan yang jauh. Hidup kita konon begitu singkat untuk selanjutnya mesti melanjutkan perjalanan panjang hingga menggapai batas-batas “misteri” yang telah ditentukan oleh Sang Maha Berkehendak. Dalam pemahaman awam saya, sungguh tidak menguntungkan kalau dalam hidup yang begitu singkat itu kita gagal menghidupkan tali silaturahmi sebagai salah satu akar kekerabatan yang perlu terus dijaga dan diabadikan.

Seiring dengan bertambahnya (atau berkurang?) usia, anak-anak juga memiliki dunianya sendiri. Kelak, mereka juga akan jadi orang tua seperti kita. Alangkah tidak nyamannya kalau dalam situasi seperti itu, tali persaudaraan dalam hubungan kekerabatan tiba-tiba tak lagi dapat tersambung akibat kelalaian kita dalam mempertautkan tali kekerabatan. Lebaran idealnya memang perlu dijadikan sebagai momentum untuk menghidupkan tali kekerabatan itu. Lebih-lebih berdasarkan kacamata religi, silaturahmi tak hanya sebatas mengadakan pertemuan keluarga untuk selanjutnya saling mengenal hubungan kekerabatan, seperti kakek, paman, bibi, atau keponakan. Akan tetapi, juga bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai akhlak dan budi pekerti. Dalam konteks demikian, sangat beralasan kalau banyak orang yang rela berpayah-payah diri melakukan mudik Lebaran dengan membawa “pasukan anak-anak” ke kampung halaman demi mempertautkan tali silaturahmi dan kekerabatan itu. Bagaimana dengan Sampeyan?***

Keterangan: Gambar diambil dari sini.

No Comments

  1. Hihi… Bapak…
    kalo saya ada crita yang selalu diceritakan oleh ortu jika berkumnpul dengan saudara setiap lebaran…
    pertama : mandi rinso ingin jadi putih…
    kedua : jalan-jalan ke kebun binatang dan ditanya, kamu mau lihat apa? saya jawab ‘mau lihat ayam…’
    dan setiap orang tertawa… ke kebun binatang kopk lihat ayam… didepan rumah juga ada… setipa tahun selalu diceritakan… namu setiap tahun selalu tertawa… dan saya senang mereka diusianya bisa menertawakan saya yang akan selalu jadi anak kecil…
    hehe… senang jadi anak kecil… walaupun saya ingin selalu jadi anak kecil bagi diri saya sendiri, bukan orang lain… Biarlah setidaknya setiap orang ceria setiap kali lebaran karena cerita itu :d

      1. :d pengin jadi anak2 terutama karena anak2 gak takut salah…
        gak takut gagal…
        gak takut dibilang bodoh saat belajar…
        gak putus asa ketika belum berhasil…
        anak2 melihat semuanya bisa dipelajari…
        ingin mencoba dan terus penasaran 🙂
        hehe….
        senang bisa ketemu bapak di dunia blog :d

  2. yap satu ilustrasi yang sangat kita harapkan pada saat lebaran kemudian mudik dan bersilaturahmi bertemu dengan saudara di kampung halaman menjabat kembali tangan mereka sebagai sahabat dan keluarga …..tentu itu bagi orang yang terpola dewasa seperti pak Sawali ….karena tak sedikit yang mengkaburkan maknanya sebagai ajang pamer yang tidak jelas hehehehe
    tapi ya mungkin itulah lengkapnya hidup ya pak Mungkin Pak Sawali juga melihat hal itu heiiiiik eheheheh saya dan keluarga sebenarnya sangat ingin sekali bersilaturrahmi ke tempat bapak mudah mudahan ada kesempatan untuk datang sekeluarga ke rumah bapak salam dulu dari keluarga kami^:)^

  3. mengumpulkan modal setaun untuk mudik.. ah itu lumrah…. agenda tahunan macam ini memang memunculkan niat yang hebat dari masing2 individu untuk balik lagi ke kampung halaman…. suasana saat melepas rindu dan kangen itulah yang tidak bisa dinilai dengan uang pak….. mereka rela menempuh perjalanan berhari2 dan menghabiskan banyak biaya ya demi itu…..

  4. kayaknya cuman endonesa yang punya tradisi mudik, pak. tapi di satu sisi saya bangga, karna dengan tradisi mudik itu artinya bangsa kita masih menghargai yang namanya silahturahmi dan berkumpul bersama keluarga besar…. di jaman yang serba digital gini, kekerabatan itu kian jauh dari pribadi. mau gajian aja tinggl transfer, kangen dikit tinggal telpon/chatting. wah semua ngandelin yang serba otomatis. berbahagialah bagi yang masih memiliki kemauan untuk berkumpul bersama keluarga, apalagi dibela-belain menempuh jarak yang panjang…

  5. sampai saat ini ingatan sy tentang ritual lebaran di tempat saya adalah silaturahmi..
    sy terasa masih anak2 ngikut orang tua keliling kampung menemui sanak sodara dan tetangga 🙂
    seru bisa makan2 enak….

  6. Benar nih Pak Sawali, walaupun tempat tinggal saya sekarang cuma 30 menit perjalanan dari rumah Ortu, tapi saya tetap ikut menikmati ritual mudik walaupun cuma jarak dekat.

    Sunggu indah saat-saat berkumpul orang tua, saudara, kerabat, teman dan handai taulan. Mungkin hal ini cuma ada di Indonesia kali ya….

    Sekali lagi selamat idul fitri Pak Sawali, kami sekeluarga di Kandangan-Kalsel mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

    1. mungkin benar, pak syam, tradisi dan budaya mudik utk kepentingan silaturahmi hanya ada di Indonesia. dari sisi budaya, agaknya bisa menjadi momen yang strategis utk mempererat nilai kekerabatan dan silaturahmi. makasih ucapan dan salamnya, pak syam. selamat idul fitri juga.

  7. Satu lagi pak, dengan bersilaturahmi dan saling kunjung ke rumah kerabat dan saudara, dapat menyambung dan memperjelas silsilah keluarga, terutama keluarga besar yang sudah malang melintang kemana-mana.
    Kemarin, waktu fi berkunjung ke rumah bulek, ada tamu lain yang juga sedang bersilaturahmi, ternyata setelah dirunut asal-usul dari embah kakung sampai mbah buyut masih sodaraan di tanah jawa sono, heu..nambah sodara lagi jadinya :d

    1. nah itu dia, manfaatnya silaturahmi dg sanak kerabat, mbak fifi, hehehe … hubungan kekerabatan jadi kembali terjalin. syukurlah mbak, seneng rasanya kalau bisa kumpul kembali bersama sanak-kerabat.

  8. Buat saya sendiri ritual lebarab belum selesai, Pak Sawali. Sabtu pagi ini masih ada Syawalan Trah Kasmodiryan. Mbah Kasmodiryo adalah mbah buyut saya. Anggota trah sudah hampir 200 orang.

    Lalu, Minggu malam besok di rumah mas saya masih ada Syawalan Trah Mbah Demang. Lima generasi di atas saya ada pepundhen yang jadi Demang. Namanya masih jadi perdebatan. Ada yang menamai Ronggowarsito. Ada yang menamai Ranupawiro. Nama diperdebatkan tapi makamnya ada. Makam Mbah Demang dengan kedua istri beliau. Makam yang dicungkup. Nisan dari ketiga makam itu hanya kayu nangka dan tidak diberi tetenger (nama). Dari situlah awal mula perselisihan soal nama.

    Saya sendiri menikmati kegiatan syawalan trah karena bisa bertemu dengan keluarga besar yang apabila didatangi satu per satu mungkin waktu seminggu tidak cukup. Kekerabatan dan kekeluargaan memang harus terus dipupuk selain tentunya, kita terus mengembangkan silaturahim untuk menambah kenalan, teman dan sahabat.

    1. wah, pasti ramai, meriah, dan seru acaranya. salut banget dg trah kasmodiryan yang masih memiliki kepedulian tinggi utk membangun trah kekerabatan dari generasi ke generasi. yang pasti, acara semacam itu sangat bermanfaat utk mempererat hubungan kekerabatan keluarga besar almarhum. semoga sukses acaranya, mas arif.

  9. Ya, betul kang Jalinan kekerabatan yang sangat membutuhkan keikhlasan yang benar-benar mendalam. Bagaimana tidak, biaya tidak murah, energi juga tidak sedikit belum lagi berhari-hari untuk sampai tujuan, hanya untuk sebuah kalimat yang ikhlas terucap dengan leleran air mata “Minal aidzin wal faidzin, maaf lahir bathin” atau bahkan yang hanya sampai nama saja sebab sudah terlanjur naik pangkat menjadi “almarhum”. ya kang! sebuah perjuangan yang betul-betul tidak bisa dipandang remeh. ini yang betul-betuk ikhlas lho kang!
    beda lagi yang menjadikan lebaran sebagai moment “Pamer” ini lain lagi gak usah di bahas ya Kang! he he

    1. yaps, bener banget, pak didik. banyak orang yang rela berpayah-payah mudik demi menegakkan tali silaturahmi. yang mudik dg maksud utk berpamer diri, jelas tak masuk dalam “kamus” pembahasan ini, hehehe ….

  10. Sama dengan Mas Arul..
    Ngikut orang tua silaturahmi ke sanak saudara.. 🙂 makan-makan seruuu.. ~o) =p~ 😡

    Pak Sawali ndak mudik ya? kok bisa posting lebih awal?

  11. Sebenarnya sih ‘ritual’ mudik berlebaran ya sah2 saja dan bagus2 saja, asal jangan terlalu memaksakan sehingga menyusahkan diri sendiri apalagi menyusahkan orang lain. Dan harus ingat…… ‘ritual’ mudik lebaranan jangan sampai ritual yang sebenarnya yang jauh lebih penting yaitu puasa di bulan Ramadhan. Jangan sampai puasa nggak, tapi mudik lebarannya heboh. Wah, kata orang Belanda, itu sih benar-benar onnozel. Huehehe…. :d

  12. Week salah komen sedikit…..
    Di sana tertulis:

    Dan harus ingat…… ‘ritual’ mudik lebaranan jangan sampai ritual yang sebenarnya

    Seharusnya:

    Dan harus ingat…… ‘ritual’ mudik lebaranan jangan sampai mengalahkan ritual yang sebenarnya

    .

    Btw… fasilitas edit komennya udah di-remove ya pak? 😀

  13. Lebaran dan berkumpul bersama keluarga selamanya menyisakan atmosfir romantisme yang menyenangkan. Selalu ada pemaknaan hidup di sana. Namun jika terlalu larut tak kurang bisa melenakan juga.

    Sudah tahunan lamanya aku tak pernah lagi meraskan romantisme semacam itu. Berbahagialah yang masih lagi dapat mengecapnya.

    (OTT: Pak Sawali yang baik, mohon maaf aku belum lagi dapat membalas e-mail Njenengan. Ada sedikit masalah dengan e-mail pribadiku. Masalah di hosting. Biasa. Nanti coba kujawab melalui e-mail yahoo saja. Sementara itu no hp Njenengan sudah kusimpan. Ribuan terima kasih, Tuan. Salam hangat selalu).

  14. rasanya tulisan pak sawali sudah lengkap sekali, seperti biasa.
    mungkin karena terus dilestarikan, silaturrahim dan kekerabatan masyarakat indonesia tetap (lumayan) terjaga hingga kini, bila dibandingkan dengan negara-negara maju yang masyarakatnya sudah sangat hedonis dan individual.

    satu keuntungan lagi mungkin, mudik lebaran itu terus mengingatkan diri tentang siapa kita, dari mana asal kita, dan betapa bersyukurnya kita for what we are today.
    (duh, bahasanya campur sari)

    nah, coba pak sawali cek dulu bagaimana kampung blagu merayakan lebaran di sini.

    1. yaps, sepakat sekali dengan pendapat, mbak yulfi. itulah beberapa nilai positif dari mudik dan lebaran kali, mbak, hehehe … wah, saya dah membaca postingannya. salut. lebaran di masyarakat blagu memang unik dan khas, haks.

  15. pertautan saudara seyogyanya memang harus terus diusahakan, apalagi mumpung orangtua masih ada.
    lebaran memang momen yang pas, karena semua punya tujuan yang sama di waktu yang sama.
    jadi meski saya ndak sempet, tetep anak dan istri saya usahakan pulang

    1. wew… memangnya kenapa, mas iz? dapat job review, yak? hehehe …. tapi nggak apa2 juga kok, kalau sudah longgar waktunya, ada baiknya sempatkan juga untuk mudik ke banjarnegara, haks *sok nasihatin*

      1. sebenarnya sih pak sering pulang ke banjarnegara, tapi pulang saat idul fitri belum pernah. pengen ngerasain suasananya[-( oh job review itu, iya pak, masih sedikit.

    1. wakakaka … ayo kalau jujur, nggantengan mana, kyai? aku bisa menebak, bapaknya mesti lewat, dilibas abis sama anaknya, hiks. btw, maafkan segala kesalahan dan kekhilafan saya selama ini, kyai. semoga kita semua bisa kembali ke fitrah-Nya, amiin.

  16. …dan efeknya mangkin susah ajahh menghindari praktek nepotisme :d
    Terhitung mulai tahun ini sampe 2 tahun kedepan, saya ndak perlu repot cari tiket pesawat lagee Pak buwat mudik :d/

    1. hehehe …. bisa jadi bener bung serdadu, haks, tapi asalkan masih sesuai dg kemampuan, nepotisme kayaknya masih bisa dimaklumi. wah, syukurlah, bung, sekarang malah bisa lebih dekat dg keluarga.

  17. Lebaran benar2 ritual yg luar biasa buatku, pak sawali.
    Terutama kalo udah lama banget ga ketemu sanak famili.
    Lebaran kemana aja nih pak?
    Oya, mohon maaf lahir batin ya pak. Mungkin ada kata atau perbuatan yg kurang berkenan selama ini.
    Selamat idul fitri 1429 H

  18. Lebaran benar2 ritual yg luar biasa buatku, pak sawali.
    Terutama kalo udah lama banget ga ketemu sanak famili.
    Lebaran kemana aja nih pak?
    Oya, mohon maaf lahir batin ya pak. Mungkin ada kata atau perbuatan yg kurang berkenan selama ini.
    Selamat idul fitri 1429 H.

    t i n is last blog post..

  19. aku belum pernah mudik neh…soalna masih dikampung halaman… tapi klu lagi jalan2 pas lebaran gini…serasa jadi kayak orang mudik…. soalna jalanan macet gitu…hehehe….maav lahir batin ia pak sawali…

    1. sama2, mas rizo, maafkan lahir dan batin juga kesalahan dan kekhilafan saya selama ini. wah, kalau tinggal fi kampung sendiri ya mesti mudik ke mana, haks, malah sdh bisa berkumpul keluarga setiap hari.

    1. yaps, bener sekali mbak septy. alangkah senangnya ketika pada akhir ramadhan kita bisa bertemu dan berkumpul dg sanak famili di kampung halaman. btw, selamat idulfitri juga, mbak, mohon maaf lahir dan batin.

    1. selamat idul fitri juga, mbak hibah, maafkan lahir dan batin semua kesalahan dan kekhilafan saya selama ini, semoga kita semua bisa kembali kepada fitrah-Nya, amiin. btw, nggak terlambat kok, kan masih suasana idul fitri. btw, mudik di jepara berapa hari, mbak? ramai atau sepi, haks.

  20. Benar pak sawali banyak nilai nilai yang tidak bisa dikatakan hanya rutinitas belaka,

    Saya malah sekuat tenaga harus bisa mudik,
    sangat berkesan dan kadang sangat saya tunggu setiap 1 tahun sekali,

    Bahkan waktu saya harus ke surabaya lagi rasanya masih kurang, ingin kembali lagi dan kembali lagi mudik.

    sumintar.com

  21. Perjalanan hidup manusia memang panjang, Pak.
    Hidup di dunia ini memang ibaratnya mampir ngombe.
    Jadi hidup di dunia ini sebenarnya hanya sesaat saja.
    Ada yang lebih abadi.

    Met idul fitri, Pak.
    Mohon maaf lahir & batin

  22. Kasihan ya anak-anak yang tinggal bersama ortunya di luar negeri. Ngga ada kenangan tentang kampung halaman. Hiks.
    Kalo saya masih ada kenangan naik kerbau, makan dawegan, berenang di kali, dan hal-hal lain yang dikangeni dari kampung. Anak saya gimana ya nanti?

    Iwan Awaludins last blog post..Cedera Jiwa

  23. saya malah repot pak, tinggal di luar negeri harus menggilir mudik. (Di Jepang mudik pada saat tahun baru dan OBON 13-14-15 Agustus) Tahun Baru harus di Jepang, padahal maunya Natal di Jakarta. Tapi yang pasti 1 bulan dalam setahun saya ingin anak-anak saya tahu kampung halaman ibunya.

    1. waduh, makasih apresiasinya, mbak diah. itu juga yang saya rasakan saat mudik, mbak, bisa kumpul dalam suasana yang akrab. bener2 menyenangkan. btw, maafkan juga salah dan khilaf saya selama ini, mbak.

  24. Berhubung rumah orangtua sekarang bukanlah tempat saya dibesarkan pd masa kecil, saya kurang bisa bernostalgia, Pak. Hiks….
    Tempat saya dibesarkan ada di perkebunan yang jaraknya cukup jauh (2,5 jam) dari rumah orangtua saya saat ini.
    jadinya, kalau mudik pun, nostalgianya kurang terangkat.
    Begitupun, silaturahmi dengan keluarga ayah/ibu saya tetap berkesan…

    Hery Azwans last blog post..Catatan Seputar Lebaran

  25. Salam.

    Aku paling nggak demen ama mudik. Bayangkan duit yang capek2 dicari selama setahun, bisa habis dalam hitungan hari.

    Selalu saja kucari alasan untuk tidak mudik. Kadang rutinitas mudik telah membuat rangkaian ibadah puasaku jadi bolong-bolong di saat jam perjalanan mudik.

    Pernah bahkan, pas menjelang mudik, duitpun belum terkumpul buat mudik. Ini adalah alasan yang paling kuat untuk tidak mudik.

    Manusia berusaha dan Tuhan jualah yang menentukan. Aku selalu akhirnya bertemu dengan Emak di kampung. Selalu saja ada magnet yang menarikku untuk pulang kampung dan selalu saja ada rejeki untuk pulang kampung [meskipun kadang-kadang muncul di saat “injury time”]

    Semoga tahun depan aku masih diberi kesempata pulang kampung lagi.

    Hanya satu tujuanku, bertemu dngan emak dan bersimpuh di kakinya.

    Sesungguhnya seberapapun besarnya kasih kita pada Emak, tidak akan pernah bisa menyamai kasih emak pada kita.

    Salam

    eshape

    eshapes last blog post..BEI TuTuP ? [kok bisa ya?]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *