Home » Blog » Plugin WordPress dan Add-ons Firefox yang Perlu Digunakan

Plugin WordPress dan Add-ons Firefox yang Perlu Digunakan

Bahasa

Oleh: Sawali Tuhusetya

Dalam beberapa hari terakhir ini saya mencoba untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog yang selama ini bertingkah seperti siput yang lelet. Jujur saja, saya salut dengan optimalisasi speed-blog secara maksimal yang telah sukses dilakukan oleh beberapa narablog. Laju blog yang kencang tidak hanya berpengaruh terhadap kekuatan SEO, tetapi juga mampu “memanjakan” pengunjungnya. Kecepatan akses blog mampu merangsang pengunjung ingin berlama-lama untuk menjelajahi isi blog kita. Saya membayangkan, berapa saja jumlah pengunjung yang akhirnya memutuskan untuk hengkang dari blog ini –meski belum sempat mengaksesnya– akibat beratnya loading blog ini. Usut punya usut, ternyata ada beberapa plugin yang “kurang bersih” usability-nya, sehingga terpaksa dengan berat hati harus saya tanggalkan dan hanya menyisakan beberapa plugin yang saya anggap “cukup bersih” –bebas dari error”.

Berikut adalah screenshoot plugin yang saya gunakan di blog ini.

plugin

1. Akismet Plugin bawaan wordpress ini menurut saya masih sangat ampuh untuk membungkam komentar-komentar spam sehingga belum ada niat untuk berpindah ke lain hati.
2. All in One SEO Pack Plugin SEO ini tergolong plugin yang cukup lama saya gunakan untuk membantu “kekuatan” isi blog ini di mesin pencari. Selain bersahabat dengan SEO, setting-nya juga tidak begitu rumit.
3. Delete-Revision Plugin ini sangat bermanfaat untuk menghapus suntingan postingan yang menumpuk di dasbor blog. Kalau suntingan post di blog masih di bawah angka 10 mungkin masih bisa kita hapus secara manual. Namun, kalau sudah mencapai ratusan, bahkan mungkin ribuan, waktu kita habis hanya digunakan untuk menghapus draft-draft revisi tulisan yang tidak terpakai. Selain itu, plugin ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi database di cpanel.
4. Google XML Sitemaps Plugin ini lumayan bagus digunakan meng-generate XML sitemap blog sehingga memudahkan isi blog kita dikenali mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, atau Ask.com.
5. SEO Smart Links Plugin ini bisa membantu kekuatan SEO blog kita dalam melacak daftar keyword, kategori, tag, atau judul yang kita gunakan di blog yang ditandai dengan link secara otomatis.
6. SEO Title Tag Plugin ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kekuatan SEO judul postingan kita. Di bawah text-editor akan muncul tab khusus yang bisa kita isi dengan judul tulisan yang relevan, selain judul utama yang ada dalam postingan.
7. SRG Clean Archives Plugin ini bisa digunakan untuk membuat halaman daftar isi (arsip tulisan). Secara otomatis plugin ini akan membuat daftar isi tulisan setiap bulan dilengkapi dengan tanggal publikasi dan jumlah komentar pengunjung.
8. W3 Total Cache Plugin ini baru beberapa hari saya gunakan untuk menggantikan plugin quick-cache yang saya rasakan kurang maksimal dalam menjalankan fungsi caching. Plugin ini sangat membantu peningkatan performa blog, sehingga laju blog menjadi lebih kencang. Plugin ini juga berintegrasi dengan CDN (Content Delivery Network). Kebetulan saya menggunakan CDN dengan menggunakan subdomain. Sebagian besar narablog yang sangat peduli terhadap performa blog menggunakan plugin ini.
9. WP-PostViews Plugin ini bisa digunakan untuk menampilkan jumlah pengunjung yang membaca tulisan kita. Selain itu, juga menyediakan widget tulisan terpopuler yang bisa dipasang di bar samping.

 

Setelah memutuskan kembali menggunakan “theme” lama, hanya 9 plugin itu yang saya gunakan. Hal ini sesuai dengan saran para webmaster bahwa sebaiknya blogger hanya menggunakan plugin yang diperlukan saja. Terlalu banyak plugin hanya menjadikan beban blog makin berat.

Untuk “merekam” performa blog, biasanya saya menggunakan tool di gtmetrix. Menurut saya, tool di web ini sangat “jitu” dan konsisten dalam merekam performa sebuah blog dengan menggunakan huruf dan persentase dalam merekam jejak kekuatan page-speed dan Yslow-nya.  Tool di web ini dilengkapi dengan sejumlah rekomendasi apabila ada beberapa masalah yang dinilai menghambat performa blog kita.

plugin

Selain itu, saya juga menggunakan beberapa add-ons firefox untuk merekam kekuatan page-speed, YSlow, dan SEO blog, yaitu add-ons firebug, PageSpeed tools, dan SEO Doctor. Beberapa add-ons ini, menurut hemat saya, sangat jitu dalam mengecek kekuatan load-blog dan SEO sehingga perlu digunakan oleh sahabat-sahabat blogger. Add-ons SEO Doctor, misalnya, bisa merekam berapa score SEO blog kita, sehingga kita bisa membenahi beberapa bagian dalam blog kita yang dinilai kurang SEO-friendly. Begitulah pemahaman awam saya tentang beberapa plugin dan add-ons firefox yang menurut saya cukup bagus untuk memacu “adrenalin” dan membantu kita dalam melakukan pengelolaan sebuah blog. Ada sahabat-sahabat blogger yang ingin menambahkan?  ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Plugin WordPress dan Add-ons Firefox yang Perlu Digunakan" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (19 Desember 2012 @ 18:11) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 33 komentar dalam “Plugin WordPress dan Add-ons Firefox yang Perlu Digunakan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *