Mengapa Saya Memilih Plugin KStats Reloaded?

Sejak 15 Mei 2011 yang lalu, saya memasang plugin kStats untuk merekam statistik blog ini. Memang ada banyak pilihan plugin yang bisa dipasang, seperti WordPress.com Stats, WP-Stats-Dashboard, Feed Stats for WordPress, atau VSF Simple Stats. Namun, saya lebih memilih kStats untuk mengetahui jumlah total pengunjung, jumlah pengunjung setiap bulan, jumlah pengunjung hari sebelumnya, jumlah pengunjung hari ini, pengunjung yang sedang online, jumlah tampilan halaman, jumlah Spider, dan jumlah Feed (sebagaimana tampak pada bar samping kanan).

statistikstatistikstatistikAda beberapa alasan, mengapa saya menjatuhkan pilihan pada plugin kStats. Pertama, bersih dari error setelah saya uji melalui css maupun html validator. Kedua, tidak berpengaruh pada speed loading blog setelah saya uji melalui gtmetrix. Hal ini sangat berbeda ketika saya menggunakan plugin WordPress.com Stats. Selain harus mencantumkan kode API wordpress.com, plugin ini juga memberatkan loading blog. Itulah sebabnya, plugin ini saya copot sejak beberapa bulan yang lalu.

Ketiga, statistik blog dengan menggunakan plugin kStats bisa tampil di dashboard dan di bar samping. Hal ini sangat berbeda dengan plugin WordPress.com Stats yang hanya bisa tampil di dashboard. Pemasangannya pun cukup mudah. Bagi pengguna wordpress versi 3, masukkan kata kunci “kstats” pada tab “search plugin” pada menu install plugin yang ada di dashboard. Setelah muncul plugin kStats Reloaded, klik install, lalu aktifkan. Jika ingin menampilkan statistik blog di bar samping, drag dan lepaskan widget kStats pada bar yang diinginkan. Masukkan kode-kode yang diinginkan pada kolom widget yang ada, lalu simpan. Statistik blog akan segera bekerja untuk merekam aktivitas kunjungan, spider, atau feed. Sedangkan, statistik blog di dashboard akan muncul secara otomatis.

Pemasangan plugin di blog memang sangat ditentukan oleh selera pemiliknya. Meski demikian, disarankan agar memasang plugin yang benar-benar diperlukan saja. Menurut para pakar wordpress, semakin banyak plugin yang dipasang, semakin banyak pula kemungkinan terjadinya error pada kode css dan html, serta beratnya speed loading blog.

Jika kita sempat meluangkan waktu untuk menguji validitas plugin berdasarkan standar web, banyak sekali plugin yang mengabaikan fungsi css, html, dan script. Khusus plugin statistik, berdasarkan amatan awam saya, kStats jauh lebih nyaman digunakan ketimbang WordPress.com Stats. Nah, plugin statistik apakah yang Sampeyan pasang di blog? Atau, sama sekali tak perlu dipasang? Hmm … sekali lagi, semuanya tergantung pada pilihan dan selera. ***

No Comments

  1. plugin statistik yang saya pasang? tidak ada, pak sawali. saya hanya menggunakan fitur statistik yang ada pada layanan hosting yg saya gunakan dan kalau ada tambahan paling menggunakan google analytic saja. cuma yg diblog sekarang ini, lupa, analytic sudah digunakan apa belum. hehehe….
    pernah coba yang punya wordpress itu, dan memang berat, yg lain memang tidak pernah coba.

  2. Satu lagi pengetahuan tentang blogging yang saya dapat dari berkunjung ke bog anda Mas Sawali.
    Disamping blog utama saya yang memakai platform Blogspot dengan domain pribadi, saya juga punya blog WP yang jarang diupdate.

  3. Doh, jangankan urusan plug in, untuk posting saja terseyok-seyok pak…. Tapi sekarang sudah saya update sesuai pesanan panjenengan lho. Ini sudah mau semangat lagi.

  4. kok bisa banyakp engunjung gitu pak wasali? apa pak sawali blogwaking 100 blog per hari? klo blo macam pak sawali pantas pasang plugin itu. nah buat blog saya, saya pikir gak penting banget. karena saya blogwalking gak sesering pak sawali. gitu kah? salam.

  5. Wah…… hebat pak ! tamunya banyak juga yang sering berkunjung. Semoga ini sebagai pemacu semangat kawan-kawan terutama diri saya untuk selalu meningkatkan kualitas pengunjung dalam berkarya.

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantah’s Blog

  6. Pak Sawali memang rajin mengulik ya. Aku tidak seapik dulu dalam mengoprek blog. Sepertinya apa yang Pak Sawali sodorkan patut kucoba. Aku sendiri pakai plugin WordPress.com Stats. Lebih baik dicopot saja ya?

  7. banggaku bisa berkunjung kesini sambil belajar… semoga saya akanterus kesini…
    saya tak menyangka dapat belajar dari blog ini. salam blogger makassar. klu bisa
    berika tutorial yang untuk para newbie.saya baru saja mengembangkan dunia blogging.

  8. betul Pak, kali ini loading terasa “sangat cepat” di bandingkan sebelumnya terasa amat berat. Keren….Salam hangat dan sukses selalu.

  9. saya pakai statistik yg masih sangat tradisional pak sawali: sitemeter. soalnya gampang dipasang 😀 lagipula saya agak2 katrok kalau berurusan soal mesin blog. 😀

  10. Saya akan coba plugin ini mas. Soalnya saya masih gunakan wp-stats di blog wordpress ku.. Saya sangat setuju dengan kalimat terakhir .. “Semua tergantung selera”

  11. saya coba search plugin langsung dari dashboard wordpress nggak ketemua. lalu saya search di google dan diarahkan ke sini
    http://wordpress.org/extend/plugins/kstats-reloaded/

    tapi muncul tulisan ini dan saya ragu mau pasang
    This plugin is currently in its initial beta release — it is meant for beta testing only, and not intended for use on a live web site.

    sampai saat ini ada masalah nggak pak? mengingat plugin itu masih dalam tahap testing.

  12. Mau nanya pak, plugin statistik apa yang biasa di pakai untuk iklan baris c/ seperti iklan hari ini, iklan kemarin dan lain sebagainnya, saya bingung sudah mencari kesana kemari belum juga dapat,, mohon bantuannya ya pak,,
    kirimi saja saya email di tasikmalayanews@gmail.com

    terima kasih
    salam kenal

  13. Mantep artikelnya, pak…
    Ada yg mo saya tanyakan nih,
    Saya pasang dua plugin stat di blog saya: kStats dan HiStat
    Koq hasilnya berbeda ya? Pembacaan HiStat selalu jauh lebih rendah dari kStat
    Knapa bisa begitu ya?

  14. Sampai sekarang belum pakai plugin apapun pak tapi kalau memasang script statistik ia, saya gunakan google analytics.
    sukses selalu buat Pak Sawali…

  15. gan mau tanya, ane dah pasang plugin all in one SEO pack,,,setelah ane setting dah beres bisa di jalankan,,,ketika ane posting trus posisi plugin all in one SEO pack nya itu di bagian bawah, trus ane drag ke bagian atas pas di bawah kotak untuk posting,,tapiii ketika q reload kok malah nggak muncul,,itu solusinya gmn gan???? mohon bantuannya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *