Ngeblog: Antara Visi, Misi, dan Orientasi

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan email dari Jessica Estherina, mahasiswa STIKOM The London School of Public Relations, yang konon sedang membuat non-skripsi dengan membuat sebuah majalah khusus untuk para blogger bernama Blogroll. Dalam email tersebut, Jessica Estherina menyodori saya lima pertanyaan tentang aktivitas ngeblog. Meski saya belum pernah mengenalnya, saya tetap merespon sebatas apa yang selama ini pernah saya lakukan dalam menjalani aktivitas ngeblog.

Berikut email selengkapnya.

Saya Jessica Estherina mahasiswa STIKOM The London School of Public Relations. Saat ini saya sedang membuat non-skripsi dengan membuat sebuah majalah khusus untuk para blogger bernama Blogroll. Ini merupakan syarat kelulusan saya sebagai mahasiswa. Saya ingin mewawancara anda dengan beberapa pertanyaan untuk saya jadikan feature di project aku ini.

Feature kali ini tentang 6 blogger Indonesia yang sukses. Saya merasa anda adalah salah satunya. Setelah saya selesai membuat feature ini, saya akan mengirimi anda hasil wawancaranya.

(Duh, padahal saya sama sekali tidak pernah merasa menjadi bloger yang sukses, lo!) Berikut adalah beberapa respon saya terhadap lima pertanyaan yang disampaikan oleh Jessica Estherina.

1. Apa yang anda lakukan agar bisa terus memberikan postingan yang kreatif dan disukai pembaca?

Menurut hemat saya, ada dua hal penting dan mendasar bagi seorang bloger agar bisa membuat postingan kreatif dan disukai pembaca, yakni muatan isi dan bahasa. Dari sisi muatan isi, sebagaimana tulisan-tulisan di media “mainstream” yang lain, blog perlu menyuguhkan postingan-postingan yang cerdas, mencerahkan, sekaligus menghibur, tidak sektarian, bersifat inklusif, dan sejauh mungkin menghindari unsur SARA. Cerdas lebih banyak terkait dengan bagaimana sikap bloger dalam menyuguhkan argumen, data, atau bukti pada setiap postingan (terutama pada postingan genre nonfiksi). Sedangkan, mencerahkan lebih banyak terkait dengan kemampuan sang bloger dalam memberikan masukan, solusi, pesan moral, imbauan yang penuh empati, dan sejauh mungkin menghindari kesan menggurui.

Namun, muatan isi saja tidaklah cukup. Bloger juga perlu mempertimbangkan penggunaan bahasa yang komunikatif, sehingga pesan-pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca. Hal ini penting, sebab tujuan setiap postingan di blog adalah agar bisa dibaca dan dipahami dengan mudah oleh pembaca. Di tengah arus informasi yang terus mengalir setiap hari, agaknya (hampir) tak ada waktu bagi para pemburu informasi di dunia maya untuk berlama-lama membaca sebuah postingan di blog. Kalau tidak dikemas dengan bahasa yang menarik dan komunikatif, blog akan segera ditinggalkan pembaca. Yang tidak kalah penting, judul postingan juga perlu dipertimbangkan. Saya biasa menggunakan judul yang agak “provokatif” dan memancing rasa ingin tahu pembaca, tetapi relevansi dengan isi postingan tetap terjaga. Jangan sampai postingan hanya bagus dan menarik judulnya, tetapi isinya sama sekali tidak ada relevansinya, apalagi kalau hanya dimanfaatkan untuk kepentingan SEO (Search Engine Optimization). Mungkin untuk sementara waktu bisa meningkatkan trafik dan jumlah pengunjung, tetapi yakinlah postingan blog yang “menipu” pembaca semacam itu akan segera ditinggalkan pembaca, bahkan bisa “mati suri”.

2. Menurut anda, apa faktor utama dari sebuah blog yang sukses?

Setidaknya ada tiga faktor penentu suksesnya sebuah blog, yakni content (isi), speed (kecepatan akses) blog, dan tampilan. Content blog menjadi faktor utama. Blog yang memiliki content bagus dan konsisten dalam menyajikan postingan-postingan yang bermutu akan dirindukan oleh pengunjung. Semakin banyak pengunjungnya, blog akan semakin menduduki peringkat yang bagus pada search-engine (mesin pencari) seperti google atau yahoo. Content blog yang bermutu akan semakin bagus peringkatnya di halaman mesin pencari jika didukung oleh kemampuan memanfaatkan webmaster tool (milik google), jejaring sosial (facebook atau twitter), atau mendaftarkan blog ke berbagai situs bookmark (digg.com, stumbleupon.com, del.icio.us, technorati.com, dsb).

Yang tidak kalah penting diperhatikan adalah speed (kecepatan akses) blog. Semakin kencang dan ringan speed sebuah blog, semakin banyak pengunjungnya. Banyak pengunjung yang dengan terpaksa harus lari dan meninggalkan blog tertentu lantaran beratnya loading sebuah blog. Para pengunjung tidak mau direpotkan untuk mengunjungi web/blog tertentu yang sulit diakses. Dalam situasi seperti ini, seorang bloger perlu juga sedikit mempelajari bahasa CSS (Cascading Style Sheets) dan html (HyperText Markup Language) yang sesuai dengan standar web sehingga bisa mendesain blog yang lebih bagus speed dan struktur css/html-nya.

Tampilan (theme) juga penting diperhatikan. Tampilan blog yang bagus dan menarik bisa menarik minat pengunjung untuk berlama-lama menjelajahi arsip blog kita. Kemampuan mendesain struktur tampilan blog, seperti pengaturan home-page, post-page, bar samping, atau bentuk font, akan ikut menentukan menarik atau tidaknya tampilan blog kita.

3. Bagaimana anda menanggapi baik komentar yang mendukung maupun komentar yang pedas di blog anda?

Saya mengibaratkan pengunjung blog seperti penonton bola. Mereka bebas untuk berkomentar, baik yang mendukung dan mengapresiasi maupun yang berkomentar pedas. Saya jarang memoderasi komentar. Pengunjung bebas berkomentar apa saja, baik yang positif, out 0f topic, sekadar say hello, atau bahkan berkomentar yang pedas sekalipun. Selama ini saya jarang menemukan komentar yang bernada pedas. Kalau toh ada, pada umumnya berupa masukan, saran, atau kritik. Dan saya pun sangat menikmatinya, sebab blog tanpa komentar ibarat rumah sakit yang megah tapi tak ada pasiennya. Saya sangat mengapresiasi setiap komentar pengunjung.

4. Selama berkecimpung di dunia blog, pencapaian terbesar apa yang anda dapat melalui blog kamu ini?

Dari sisi finansial, memang blog ini belum memberikan banyak penghasilan buat saya, karena orientasi saya ngeblog memang bukan semata-mata untuk mencari uang. Namun, yang lebih penting dan substansial, blog ini telah menjadi rumah maya, menjadi “ikon” yang menghubungkan ruang batin dan pemikiran saya dengan pembaca. Itulah sebabnya, nilai kepuasan batiniah yang saya peroleh jauh lebih membuat spirit saya untuk ngeblog makin tumbuh dan berkembang. Melalui blog, saya bisa menjalin silaturahmi dengan siapa saja secara lintasbudaya, lintasagama, lintassuku, bahkan lintasbenua. Melalui blog pula, saya bisa membangun semangat berbagi, bercurah pikir, berinteraksi, dan bisa memacu “adrenalin” saya untuk terus menulis, menulis, dan menulis.

5. Apa saran anda bagi para bloger, khususnya bloger yang menulis tentang banyak topik bahasan seperti anda agar mereka bisa membangun sebuah blog yang sukses?

Ngeblog, bagi saya sangat ditentukan oleh visi, misi,  dan orientasi bloger yang bersangkutan dalam menjalankan aktivitasnya. Kalau blog semata-mata untuk mencari uang, mungkin orang akan kecewa dan segera kendur semangat ngeblognya, karena untuk bisa sukses menjalankan bisnis online butuh kerja keras, pantang menyerah, dan keuletan seperti halnya dalam bisnis offline. Namun, kalau ngeblog dilandasi kecintaan, niat yang tulus untuk membangun semangat berbagi dan bersilaturahmi, ngeblog terasa jauh lebih indah dan menyenangkan. Kita bisa mengenal dan berinteraksi dengan beragam karakter manusia yang belum tentu bisa kita peroleh secara langsung pada dunia nyata. Yang tidak kalah penting, blog bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran di tengah tantangan hidup yang makin rumit dan kompleks, sehingga membuat hidup kita jadi terasa lebih damai, tenang, bahkan bisa membuat kita menjadi lebih arif, matang, dan dewasa. Ok, salam ngeblog! ***

No Comments

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Banyak yang saya setuju dengan pendapat Bapak.
    Dan tidak heran jika sawali dot info dianggap salah satu blog tersukses di Indonesia.

  2. Wah, 6 blogger yang sukses? Penasaran Pak siapa saja? Yang pasti saya nggak dikirimi surat oleh Mbak Jessica, jadi yang pasti bukan saya 🙂

  3. om sugeng diwawancari soal blog! hebat. jadi dapat ilmu. ada fitur like nggak di blog ini? tweet, like, digg, reddit atau apa ajaalah yan penting suka buat bookmark.

  4. om swali diwawancari soal blog! hebat. jadi dapat ilmu. ada fitur like nggak di blog ini? tweet, like, digg, reddit atau apa ajaalah yan penting suka buat bookmark.
    soal niat blog, aku suka blog untuk berbagi informasi dan hati. kalau bisnis online, aku masih berkecil hati.
    visi ku adalah sistem informasi yang lengkap tentang wahyu nurudin dan gagasannya-gagasannya dalam menggali hikmah-hikmah kehidupan. misi mensharingkan tulisan. orientasi filsafat, sastra dan matematika. kalau om sawali apa?

    1. saya sederhana saja, mas wahyu. visinya membangun semangat berbagi dan bersilaturahmi dengan misi utk membudayakan aktivitas ngeblog di kalangan rekan sejawat (guru) dengan orientasi utk menuangkan pemikiran-pemikiran “naif” saya soal pendidikan, bahasa, sastra, dan budaya, hehe …

  5. kalau pak sawali menjadikan blog ini sebagai rumah maya,
    saya menjadikannya sebagai sekolah menulis maya gratis, perpustakaan cerita maya gratis, dan lain-lain plus … tempat nongkrong maya gratis hehehe

    nggak apa-apa tho Pak Sawali 🙂

  6. Saya setuju kalau blog ini menjadi salah satu blog sukses di Indonesia….karena banyak orang yang tahu….. tapi kalau saya ngeblog emang buat media therapy hanya belakangan ini saja untuk mendukung pekerjaan

  7. Wah mas Sawali, masuk jajaran Blogger sukses di Indonesia, selamat ya Mas

    1. Pertanyan tambahan dari saya, gimana nih bisa memulai membuat konten orisinil? gimana pengalaman dulu mas sawali, dalam hal tantangan dan persiapan keilmuan untuk memulai menulis yang berkualitas> jawab ya!

    Saya sebenarnya banyak banget judul dalam otak, yang udah siap untuk diurai menjadi sebuah postingan, tetapi entah karena alasan apa, yang lebih dominan sehingga saya terhalang terus membuat postingan yang orisinil.

    1. doh, itu yang membuat saya belum ngerti juga, mas. saya belum merasa sebagai bloger sukses, kok, hiks. hmm … sebagian jawaban dari pertanyaan itu sudah terjawab di postingam kok, mas. dalam pandangan awam saya, blog dengan content tulisan yang orisinal itu yang dirindukan pengunjung, mas. sepanjang tulisan itu karya kreatif kita sendiri (bukan kopas apalagi plagiasi), insyaallah content blog kita akan terjaga orisinalitasnya. kata almarhum pram, jangan pernah merasa bahwa tulisan kita tidak dibaca atau bermanfaat bagi orang lain. sesederhana apa pun tulisan kita, insyaallah suatu ketika ada manfaatnya juga buat orang lain. salam ngeblog.

  8. Saya setuju kalau blog ini adalah salah satu blog yang sukses di Indonesia, dan semua ini adalah berkat anda yang mengelola blog ini dengan pintar.
    Dan anda menjawab lima pertanyaan dari Jessica dengan sangat baik.
    Mungkin banyak blogger Indonesia yang harus belajar dengan anda 🙂

    1. doh, saya sama sekali tidak merasa kalau blog ini terbilang blog sukses, mas. update-nya saja masih belum bisa rutin, kok. saya masih perlu banyak belajar dari sahabat2 bloger. terima kasih atas supportnya.

  9. Dari 5 point pertanyaan dan jawaban yang Bapak berikan, membuktikan bahwa Pak Sawali adalah blogger yang tangguh, eksis, dan konsisten dengan visi, misi, yang telah bapak canangkan. Saya sangat salut dan perlu banyak belajar dari Pak Sawali …

    Salam

  10. Being a blogger also a decision to deliver ‘ positive change ‘ that society would need.

    The whole idea of a blog (short for web-log) is that we chronicle our thoughts and musings down onto computer form, so that we can share this with the world. It started out as an online diary, but has now become a multiverse of niche websites, content marketing tips and funky YouTube clips.

    The idea of blogging for pure enjoyment has become a little lost over recent months. Bloggers need to make money now, they need to be successful. keep blogging as you contribute to a good change for the society…

    Nice to have found your blog, kind regards from Iraq.. yes, that Iraq that still blowing..

    😉

  11. Wah… sukses pak sawali… slamat ya telah menjadi big 6 blogger indonesia versi Blogroll Magz.. hehehe… Pak, thanks share info tentang blognya.. Mengenai Content, Speed, dan Tampilan… Saya paling susah nomor 1 ; content.. hehehehe…

  12. wah.. jawaban yang kelima membuat saya bingung pak.. selama ini tidak pernah konsisten dengan visi, misi, dan orientasi..hehe…
    semoga suatu saat saya bisa ngeblog seperti “dulu” lagi…
    jujur saya iri dengan konsistensi pak sawali.. 🙂

    *sepuntenipun dangu mboten mampir mriki pak 🙂

    1. walah, saya juga masih belum bisa konsisten, mas azaxs, terutama dalam meng-update blog, belum mampu sehari satu tulisan, hehe … sama2, mas azaxs, blog ini bisa dikunjungi kapan saja, kok.

  13. saya selalu suka membaca tulisan soal blog. membuat saya tambah semangat ngeblog. jawaban pak sawali memang mewakili semangat blogger yang kaffah, bukan blogger abal-abal. 😀

  14. betul itu.. semua tergantung dengan visi,misi dan orientasi.. kalo mo money online…, ya harus sabar dan tekun… begitu juga dengan pencari dofollow backlink… Sebelumnya saya minta maaf kepada rekan2 sesama pencari dofollow backlink… Saya cuma bisa berharap semoga saja kita bisa lebih baik dalam berkomentar dan sesuai dengan topik yang ada… Karena jika tidak…, hal ini bisa membuat kesal para owner dari dofollow blog…, dan akhirnya mereka balik aliran ke nofollow… Yang rugi…, ya kita2 juga yang mencari backlink kan? Begitu juga dengan moderator…, saya harap semua komentar dimoderasi, baik setelah approve atau sebelum approve…, agar tidak diremehkan oleh spammer dan komentator asal2an…
    Sekali lagi…, sebelum dan sesudahnya…, saya minta maaf… Saya hanya berharap semoga saja kita bisa menciptakan iklim yang positif dalam making money online untuk jangka waktu yang lama… Komentar ini sepenuhnya terinspirasi oleh artikel di atas yang sangat bermanfaat..

      1. sama2 mas.. salam kenal juga… mungkin saya tidak punya blog.., dulu sudah tapi waktu saya masih gaptek… sebelum dan sesudahnya saya minta maaf mas… semoga saja iklim itu dapat tercipta ya mas… salam sukses juga mas…

  15. visi dan misi ngeblog saya ndak jelas pak 🙁

    buat saya, blog baru menjadi media menuangkan ide. content-nya entah siapa yang suka. bahasanya semaunya. themnya gratisan seadanya.

    terima kasih lho pak, kersa membaca blog saya 🙂

  16. ilmu yang ini yang dapat memperlancar proses menjadi seorang profesor blog yang profesional,, muluk-muluk ya pak, kata-katanya>>>
    hehehee…

  17. Kalay saya ngeblog sesungguhnya untuk mengembangkan bisnis saya di dunia internet ini tapi setelah terjun sekian lama ternyata sangat menyenangkan dan menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *