Nofollow Free: Plugin yang Ramah kepada Pengunjung

badgeJika kita browsing sejenak dan memasukkan kata kunci “plugin nofollow free” ke search engine, maka kita dengan mudah akan menemukan banyak review yang berkaitan dengan plugin wordpress yang satu ini. Kelebihan plugin ini, dalam pemahaman awam saya, akan membebaskan rell nofollow yang selama ini dinilai menjadi “penghambat” keramahan sebuah blog. Dengan terbebasnya rell nofollow, komentar pengunjung akan terindeks bersama postingan yang dikomentari sehingga bisa ikut nampang di search engine. Memang, sebagian bloger masih ragu untuk membebaskan rell nofollow ini. Konon google sangat tidak menyukainya. Mohon dikoreksi kalau salah, haks.

Sesuai dengan visi *halah* ngeblog yang ingin membangun semangat berbagi dan bersilaturahmi lewat dunia maya, keramahan kepada pengunjung, bagi saya, akan lebih saya utamakan. Sebisa mungkin saya berusaha merespon setiap komentar pengunjung meski seringkali banyak respon yang kurang berkenan. Kemudian, melakukan kunjungan balik sebagai media untuk mempererat silaturahmi kepada sesama bloger. Saya berharap, pemasangan plugin ini akan sangat membantu dalam merealisasikan visi itu, haks.

Mungkin pemasangan plugin ini tergolong terlambat karena update terakhir untuk plugin produk Michelem ini sudah berlangsung sejak bulan Juli yang lalu. Apa boleh buat? Terlambat mungkin lebih baik daripada tidak sama sekali, hehehehe …. (alasan klasik!)

Nah, selain membebaskan rell nofollow, plugin ini juga gampang disetting lewat admin panel. Ada beberapa pilihan untuk membebaskan rell nofollow dari berbagai tautan. Jika ingin langsung membebaskan semua tautan, langsung saja isikan “0” sehingga semua komentar pengunjung dengan sendirinya akan langsung dofollow. Yang menarik, plugin ini juga menyediakan badge “nofollow free” keren yang bisa langsung terpasang di atas halaman blog kita. Ada beberapa pilihan, baik posisi maupun style warna badgenya (lihat di pojok kanan atas) dengan memasukkan kode tertentu lewat header.php template blog kita. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mengetahui jumlah komentar sahabat-sahabat kita langsung di belakang nama dan sekaligus memasang widget 10 komentator terbanyak di bar samping.

Nah, bagaimana? Sampeyan tertarik mengelola blog yang ramah terhadap pengunjung? Yang belum memasang silakan langsung meluncur ke sini atau ke sini. Yaps, mari beramai-ramai membuat blog kita jadi nofollow free, hehehehe ….

No Comments

  1. saya salut kepada orang yang memang punya visi yang jelas dalam ngeblog.
    saya sendiri sampai sekarang belum punya visi yang pasti.
    sekenanya saja.
    along the way mudah-mudahan bisa ketemu.
    jadi pilihan pak sawali pita yang berwarna merah ya?
    hehehe…

    marshmallows last blog post..Matahari Cinta

      1. menurut saya pak sawali punya visi yang jelas dalam ngeblog, seperti yang beliau sebutkan itu: membangun semangat berbagi dan bersilaturahim lewat dunia maya.
        jelas kan visinya?

        saya sendiri masih belum jelas kenapa ngeblog.
        sekadar isi waktu barangkali?
        visi yang egois rasanya. :d
        mudah-mudahan bisa saya refine seiring waktu.
        gitu lo, mas…

        1. setahu saya wp malah lebih gampang dikelola, mas anto, hehehe …. saya dulu pernah juga punya blog di blogger.com. tapi mungkin karena saya gaptek habis, terus pindah ke wp.com, lalu bikin blog berdomain dg egine wp. kenal wp sekitar setahunan lah, mas.

    1. Karena pihak spammer sering memasukkan link-linknya di bagian komentar atau bagian lain, dengan harapan bisa dikunjungi atau meningkatkan indeks yang dimiliki oleh pihak ini menggunakan algoritma yang dimiliki oleh Google untuk menghitung peringkat sebuah situs. Padahal boro-boro bermutu, kadang kala link yang ditampilkan tidak nyambung dengan topik yang dikomentari; sebagai contoh apabila untuk komentar.

      bisakus last blog post..Ketidakberdayaan Nurani-Ku??

    2. walah, saya juga hanya sekadar ikut2an aja, mas arul, hehehehe …. tapi setahu saya, nofollow free memang dimaksudkan utk memutuskan rel nonfollow agar komentar pengunjung bisa mengikuti link pada postingan yang dikomentari.

    1. guru ketemu guru… :d
      betul… singkatnya sih… masuk saja ke layout > klik edit HTML > kalo pakai mozzilla pakai fitur find cari rel:’nofollow’ > hapus saja… kok kegampangan ya caranya??
      :d/
      Ayo… kalau ada yang punya cara lebih susah buat apus nofollow Blogspot kasi tau ya.. 😡
      hehe….
      *mo saingan jadi komentator terbanyak ngalahin Pak Sawali 536* hihihi… :d/

  2. Memang orang-orang TI sangat kreatif. Berbagai plugin atau widget diciptakan untuk meramaikan halaman blog. Hebatnya lagi semua itu bisa diperoleh secara gratis.

    Asyik juga ya kalau menggunakan plugin ramah pengunjung satu ini. Tapi sayang ***saya pengguna blogspot**** trus apa ada fasilitas mirip ini ya di blogspot.

    Syamsuddin Ideriss last blog post..Peta Kalsel Super Detil

  3. wah blog ini semakin ramah lingkungan saja pak Sawali…hehehe. entar dehh kalo baju wordpress saya dah selessai dijahit, baru pasang plugin yang macem-macem. bajunya blom selesai2 gara2 programmernya ngambeg neeh :((:((:((

  4. Mas Sawali, saya ingin mengabarkan bahwa blog ini sudah saya masukkan kedalam daftar blog do follow yang berada di blog saya seperti permintaan mas. Mohon di cek kembali. kalau mas tidak berkeberatan mohon supaya situs saya juga boleh dimasukkan dalam blogroll di blog mas ini. Sebelumnya saya ucapakan terima kasih 🙂

    Jimmy Kurnia Indradjayas last blog post..Cool furniture in spacify.com

  5. Hm.. tidak salah. Itu adalah kesan pertama saya hadir di blog ini dan terus berkesan sampe sekarang. Penuh keramahan, responsif, penuh kepedulian, bahasa yang nyaman dinikmati dan begini serta begitu. Demi persahabatan pun rela di benci google. Silaturahmi antar blogger adalah no. 1
    ____ ini adalah wajah lain dari blogger: Selain pemburu dollar terdapat pula blogger pemburu ..?
    ah, kok malah ada dikotomi 🙂 Ngapunten lo, pak! Numpang ngelantur 🙂

  6. Sekarang pengen bikin blog yang rutin diupdate dulu Pak. Soale sering macet nih, apalagi pas puasa. Ngga ada tenaga buat mencet tuts keyboard komputer hehehe. Dasar alesan. Saya lagi nyoba Zoundry Raven untuk bikin tulisan secara offline terus bisa dipublish pas lagi online tanpa perlu login ke blog dulu. Maklum, sedang keteteran bandwidth nih, jadi pengennya kenikmatan menulis tidak dihalangi oleh kelambatan koneksi.

    Iwan Awaludins last blog post..Rakyat Indonesia Tidak Miskin

  7. Haks, commentluvnya sidah dimatikan? tadinya mau saya komentari … plugins nofollow jadi tidak ‘bergigi’ kalau misalnya commentluv masih dinyalakan 😀 kecuali mau melakukan modifikasi juga di commentluvnya 😉

  8. wah ngga ngerti pak guru, mungkin karena saya masih pake WP gratisan kali ya?

    Lagipula, saya cm sekedar mampir aja, lama ngga ke sini, oia tampilannya fresh sekarang, adem dimata 😀

  9. Kombor.com saya dofollow-kan dengan menghapus rel=”nofollow” di comment.php. Malas pakai plugin, Pak.

    Untuk yang pakai Blogger juga bisa kok dibikin dofollow. Banyak tutorialnya di internet.

    Oh ya, soal Google nggak suka memang benar. Dengan nofollow, botspider akan berhenti mengikuti link apabila ada rel nofollow. Sebaliknya, apabila dofollow, botspider akang mengikuti terus linknya dalam mengindeks. Salam pagerank akan diteruskan dengan dofollow. Ini yang membuat Google tidak suka. Saya sendiri telah dihukum dengan penurunan pagerank Kombor.com dari PR4 ke PR3 setelah memakai dofollow. Namun, seperti Pak Sawali, demi silaturahmi, saya tetap akan dofollowkan blog itu.

    1. wah, makasih banget tambahan infonya, mas arif, ini memang sdh saya putuskan utk do-follow, mas arif, apa pun yang terjadi ya mesti siap menanggung resikonya, hehehe, termasuk dibenci om google.

    1. walah, konon sih begitu, mas albri, mbah google ndak suka sama blog yang do-follow. saya juga ndak tahu persisnya. tapi ada juga kok blog fo-follow yang dalam waktu 5 bulan bisa berada di pr 5. utk blog ini tetep akan saya do-follow-kan, mas, saya lihat juga masih aman tuh pr 4-nya, haks.

    1. utk sementara blog ini masih saya do-follow-kan, mas adi. kalau memang pr turun, tdk menutup kemungkinan akan saya no-follow-kan kembali, hehehe … btw, utk pasang adsense, saya hanya niru2 saja trik yang dilakukan oleh para blogger senior, mas adi. bisa juga mas adi mengunjungi blognya cosaaranda, kangkombor, pak sumintar, atau mas zalukhu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *