Halaman Khusus Guru “Go-Blog”

Kategori Pendidikan Oleh
Catatan Sawali Tuhusetya

Oleh: Sawali Tuhusetya

Sebenarnya sudah lama saya berkeinginan membuat “rumah” khusus untuk agregator blog guru. Namun, apa daya? Tenaga dan pikiran seringkali menjadi kendala. Belum lagi memikirkan, siapa saja rekan-rekan sejawat yang berkenan untuk menjadi kontributornya. Atas inisiatif sendiri, mulai Jumat, 8 Februari 2008, saya membuat halaman khusus Guru Go-Blog di “rumah” ini.

Halaman khusus Guru Go-Blog sebagian besar berisi alamat feed/RSS rekan-rekan sejawat Guru TIK Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang beberapa waktu lalu mengikuti Diklat pembuatan blog di LPMP Semarang, Jawa Tengah. Selain itu, juga berisi beberapa alamat feed/RSS rekan-rekan sejawat yang sudah lama eksis di kompleks blogosphere. *Mohon maaf kepada teman-teman bloger yang alamat feed/rss-nya nyangkut di halaman khusus Guru Go-Blog tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.* Alamat feed/RSS tersebut telah saya subscribe melalui Google-Reader. Berikut ini skrinsut widget-nya!

Widget yang saya pasang tersebut berisi postingan-postingan terbaru yang terpublikasikan di blog rekan-rekan sejawat yang alamat feed/RSS blognya saya subscribe. Selain itu, saya juga menyediakan halaman lengkap yang memuat postingan “Guru Go-Blog” di google-reader.

Halaman tersebut memang dikhususkan bagi rekan-rekan sejawat guru atau pemerhati dunia pendidikan untuk mengikuti perkembangan tulisan terbaru yang terpublikasikan secara cepat, tanpa harus melalui link atau brogroll. Jika ingin terlibat dalam diskusi lebih jauh berkaitan dengan topik-topik tulisan, rekan-rekan bisa langsung meluncur ke alamat blog masing-masing untuk meninggalkan jejak komentar.

Saya cukup senang melihat blog guru terus lahir dan bermunculan. Mudah-mudahan tidak seperti lirik Chairil Anwar yang cukup satiris itu, “Sekali berarti sesudah itu mati”, tetapi bisa tetap “istikomah” dalam merawat blognya masing-masing sehingga bisa ikut berkiprah secara nyata dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui dunia maya.

Sayang sekali, saya tidak punya tenaga dan pikiran yang cukup untuk men-subscribe alamat feed/RSS rekan-rekan sejawat guru yang lain. Jika berkenan untuk bergabung, silakan rekan-rekan sejawat menuliskan alamat URL-nya di box komentar di halaman blog guru. Insyaallah saya segera men-subscribe-nya di google reader sehingga postingan-postingan terbarunya selalu bisa diikuti oleh rekan-rekan sejawat yang lain.

Mudah-mudahan upaya kecil ini ada manfaatnya untuk kepentingan rekan-rekan sejawat guru dan dunia pendidikan. Salam go-blog dan salam kreatif! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

30 Comments

  1. Ini blog guru sudah dikumpulkan. Nah, murid go-blog akan ada yang bikin nggak ya?

    Pak Sawali, apakah ngeblog ini hanya diajarkan kepada para guru? Apakah blog para guru hanya boleh dibaca oleh guru? Maaf, tentu akan sangat bermanfaat apabila guru dan murid bisa saling berdiskusi melalui blog. Bahkan, dalam dunia yang penetrasi internetnya sudah mencapai klimaks — maaf maksudnya sudah menjangkau semua kalangan — guru bisa meminta murid untuk mengerjakan PR-nya di blog masing-masing.

    Saya ini bagai ejakulasi dini mengusahakan penetrasi internet yang kecepetan mencapai klimaks. Karena ejakulasi dini, penetrasi tidak menusuk. Cuma peltu, hahaha…

    Kombor’s last blog post..Kumpul-kumpul Lebih dari 100 Orang Wajib Dilarang

    oOo
    Murid go-blog kayaknya juga dah banyak tuh mas arif, khususnya yang SMA. utk SMP kayaknya masih jarang tuh. sayangnya juga fasilitas net juga belum merata mas. di berbagai daerah masih banyak sekolah yang komputer aja belum punya, apalagi koneksi net. walah, ejakulasi dini. barangkali sedang capek, sehingga ndak bisa penetrasi sampek ke dalem, halah!

  2. OOT:
    Pak wali, adakah hubungan antara NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dengan murid pinter? saya heran dengan iklan pak mentri di tipi. Kata pak mentri “NISN bisa bikin murid jadi pinter” -cmiiw-

    annots’s last blog post..Pers dan Kitab Wicaksono

    oOo
    walah, kok saya malah ndak tahu kalo NISN itu bisa membuat murid pinter. lha kok gampang sekali resep bikin anak pinter mas annots.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tulisan terbaru tentang Pendidikan

Go to Top