Home » Pendidikan » Halaman Khusus Guru “Go-Blog”

Halaman Khusus Guru “Go-Blog”

Catatan Sawali Tuhusetya

Oleh: Sawali Tuhusetya

Sebenarnya sudah lama saya berkeinginan membuat “rumah” khusus untuk agregator blog guru. Namun, apa daya? Tenaga dan pikiran seringkali menjadi kendala. Belum lagi memikirkan, siapa saja rekan-rekan sejawat yang berkenan untuk menjadi kontributornya. Atas inisiatif sendiri, mulai Jumat, 8 Februari 2008, saya membuat halaman khusus Guru Go-Blog di “rumah” ini.

Halaman khusus Guru Go-Blog sebagian besar berisi alamat feed/RSS rekan-rekan sejawat Guru TIK Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang beberapa waktu lalu mengikuti Diklat pembuatan blog di LPMP Semarang, Jawa Tengah. Selain itu, juga berisi beberapa alamat feed/RSS rekan-rekan sejawat yang sudah lama eksis di kompleks blogosphere. *Mohon maaf kepada teman-teman bloger yang alamat feed/rss-nya nyangkut di halaman khusus Guru Go-Blog tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.* Alamat feed/RSS tersebut telah saya subscribe melalui Google-Reader. Berikut ini skrinsut widget-nya!

Widget yang saya pasang tersebut berisi postingan-postingan terbaru yang terpublikasikan di blog rekan-rekan sejawat yang alamat feed/RSS blognya saya subscribe. Selain itu, saya juga menyediakan halaman lengkap yang memuat postingan “Guru Go-Blog” di google-reader.

Halaman tersebut memang dikhususkan bagi rekan-rekan sejawat guru atau pemerhati dunia pendidikan untuk mengikuti perkembangan tulisan terbaru yang terpublikasikan secara cepat, tanpa harus melalui link atau brogroll. Jika ingin terlibat dalam diskusi lebih jauh berkaitan dengan topik-topik tulisan, rekan-rekan bisa langsung meluncur ke alamat blog masing-masing untuk meninggalkan jejak komentar.

Saya cukup senang melihat blog guru terus lahir dan bermunculan. Mudah-mudahan tidak seperti lirik Chairil Anwar yang cukup satiris itu, “Sekali berarti sesudah itu mati”, tetapi bisa tetap “istikomah” dalam merawat blognya masing-masing sehingga bisa ikut berkiprah secara nyata dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui dunia maya.

Sayang sekali, saya tidak punya tenaga dan pikiran yang cukup untuk men-subscribe alamat feed/RSS rekan-rekan sejawat guru yang lain. Jika berkenan untuk bergabung, silakan rekan-rekan sejawat menuliskan alamat URL-nya di box komentar di halaman blog guru. Insyaallah saya segera men-subscribe-nya di google reader sehingga postingan-postingan terbarunya selalu bisa diikuti oleh rekan-rekan sejawat yang lain.

Mudah-mudahan upaya kecil ini ada manfaatnya untuk kepentingan rekan-rekan sejawat guru dan dunia pendidikan. Salam go-blog dan salam kreatif! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Halaman Khusus Guru “Go-Blog”" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (8 Februari 2008 @ 20:06) pada kategori Pendidikan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 29 komentar dalam “Halaman Khusus Guru “Go-Blog”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *