Pressure Gauge: Sensor Pressure dalam Dunia Industri

Kategori Blog Oleh

Sensor. Apa itu sensor? Samakah sensor dengan pressure gauge? Samakah sensor dengan temperature gauge? Atau justru sensor jauh berbeda dari temperature gauge ataupun pressure gauge? Jika Anda masih dibingungkan mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut, semoga tulisan berikut dapat menjawab kebingungan Anda.

Dalam salah satu situs di internet disebutkan bahwa sensor adalah salah satu jenis tranduser yang difungsikan untuk mengubah besaran mekanis, panas, magnetis, kimia, dan sinar mejadi suatu bentuk tegangan dan arus listrik. Sensor pada umumnya dipergunakan dalam kegiatan pendeteksian pada waktu melakukan kegiatan pengendalian dan pengukuran. Beberapa jenis sensor yang lazim dimanfaatkan pada rangkaian elektronik, antara lain adalah sensor tekanan, sensor cahaya, dan sensor suhu.

Pada tulisan ini, pembahasan hanya akan dibatasi pada sensor tekanan atau sensor pressure. Sampai di sini saya rasa Anda sudah memahami bahwa baik pressure gauge dan temperature gauge adalah bagian dari alat-alat sensor. Mengenai sensor pressure, jenis sensor ini memiliki prinsip kerja dengan cara mengubah tegangan mekanis menjadi suatu bentuk sinyal listrik. Kurang ketegangan pada umumnya didasarkan pada prinsip tahanan pengantar yang berubah dengan luas dan panjang penampang.

Sensor pressure juga lazim digunakan untuk mengukur dan melakukan monitoring pada nilai tekanan yang terdapat pada sistem proses produksi, seperti tekanan yang terdapat dalam cyclone-cyclone preheater. Terdapat juga sensor pressure yang dipergunakan untuk mengukur nilai tekan yang dihasilkan aliran fluida, seperti flowmeter. Di mana Anda dapat membeli flowmeter? Anda dapat menjumpai flowmeter dan aneka alat sensor instrumentasi lainnya di Pt. Momentous Instrumindo, sebuah perusahaan yang menangani bidang pengadaan alat-alat ukur suhu dan tekanan yang berlokasi di kawasan LTC Glodok. Beberapa jenis flowmeter yang disediakan PT. Momentous Instrumindo antara lain adalah air flow meter, water flow meter, dan lain sebagainya. ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

10 Comments

  1. Thanks for all your valuable hard work on this web page. My mother enjoys participating in research and it’s obvious why. A lot of people hear all relating to the lively mode you provide good things on your blog and therefore inspire contribution from website visitors on that subject matter plus our own daughter is actually studying a lot. Have fun with the rest of the year. You are performing a fabulous job.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top