Home » Blog » XL TUNAI International Remittance: Layanan E-Money yang Mengglobal

XL TUNAI International Remittance: Layanan E-Money yang Mengglobal

(Permudah Kirim Uang Antarnegara, XL TUNAI Kini Bisa Terima Uang dari Luar Negeri)

PT XL Axiata Tbk (XL) agaknya tak pernah berhenti berinovasi dalam memberikan layanan terbaik dan memuaskan kepada para pelanggan. Berbagai fitur layanan terus diperkaya secara kreatif untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan data, informasi, dan komunikasi. Salah satu fitur inovatif yang sangat penting dan vital bagi pelanggan pada era global seperti saat ini adalah XL TUNAI International Remittance. Melalui layanan ini, pelanggan akan bisa menerima  kiriman uang dari luar negeri, khususnya dari Malaysia dan Arab Saudi, serta lebih dari 110 negara lainnya di dunia. Layanan yang bisa dinikmati mulai Februari 2013 ini merupakan hasil kerjasama XL dengan Western Union dan Celcom Axiata (Air Cash).

Di tengah peradaban global seperti saat ini, kehadiran layanan XL TUNAI International Remittance jelas akan sangat membantu saudara-saudara kita yang bekerja di luar negeri. Mereka bisa mengirimkan uang kepada keluarga di kampung halaman secara cepat, aman, dan mudah. Tarifnya pun sangat murah dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya. Apalagi, PT XL Axiata Tbk (XL) sudah memiliki komitmen untuk terus memperkaya manfaat XL TUNAI sehingga akan mampu menjadi menjawab kebutuhan masyarakat atas layanan e-money pada masa kini dan mendatang.

Kemudahan dalam Transaksi Keuangan

XLTunai

Country Director, Western Union – David Chin (paling kiri), Direktur Teknologi, konten, & New Business XL – Dian Siswarini (tengah), dan IT Director, Alfamart – Bambang Setyawan Djojo (paling kanan) melakukan penandatanganan program XL Tunai International Remittance.

Saat ini layanan XL TUNAI International Remittance baru berupa layanan penerimaan uang dari luar negeri dan belum memberlakukan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Pengiriman melalui Western Union bisa dilakukan dari Malaysia, Arab Saudi, Hong Kong, Singapura, dan lebih dari 100  negara lainnya yang disupport Agen Western Union. Sedangkan, pengiriman melalui Celcom Axiata (Air Cash) bisa dilakukan dari pelanggan Celcom di Malaysia.

XLTunai
XLTunai

Senior GM M-Finance XL – Yessie D Yosetya (paling kiri), Country Director, Western Union – David Chin (kedua dari kiri), Direktur Teknologi, konten, & New Business XL – Dian Siswarini (kedua dari kanan), dan IT Director, Alfamart – Bambang Setyawan Djojo (paling kanan) dalam peluncuran XL Tunai International Remittance di Jakarta (3/2).

Penerima kiriman uang bisa siapa saja, selama kartu XL yang dimilikinya aktif dan dapat menerima SMS. Penerima kiriman uang akan mendapatkan notifikasi berupa SMS yang menginformasikan bahwa telah menerima kiriman uang dalam bentuk saldo XL TUNAI. Cara melakukan cek saldo XL TUNAI jika menerima kiriman uang adalah dengan mengakses *123*120#. Untuk bisa menerima dan menarik uang melalui layanan XL TUNAI International Remittance, pelanggan harus memiliki akun terdaftar XL TUNAI. Jika belum memiliki akun terdaftar XL TUNAI, maka belum bisa melakukan penarikan uang. Cara melakukan penarikan uang adalah :
1. Masuk ke *123*120# pilih menu Tarik Uang!
2. Pilih menu Tarik Tunai via Agen!
3. Masukkan nominal uang (dalam kelipatan Rp 5.000,-)!
4. Konfirmasi!
5. Terima notifikasi Kode Penarikan (Kode harus ditunjukkan kepada Agen)!

Penarikan uang bisa dilakukan melalui XL Center di seluruh Indonesia, kantor dealer resmi XL, agen XL TUNAI, atau retail outlet XL yang bertanda khusus dan segera akan dapat dilakukan di toko Alfamart seluruh Indonesia. Pelanggan juga bisa melakukan penarikan secara Cash On Delivery atau layanan antar uang  yang telah berlaku di beberapa kota di Jawa oleh Petugas XL (Pak Tunai), antara lain di kota Jakarta, Cirebon, Tegal, Indramayu, Sumenep, Jember, dan beberapa kota lainnya, dengan perjanjian terlebih dahulu di lokasi yang disepakati oleh pelanggan dan Pak Tunai.

Untuk pengiriman uang dari luar negeri ini, konversi mata uang dilakukan di agen pengirim di luar negeri, dan XL menerima dalam Rupiah di saldo XL TUNAI. Penerima uang tidak dikenakan biaya. Hanya pengirim yang dikenai biaya transaksi (sesuai tarif yang berlaku di Western Union dan Celcom Air Cash). Sementara itu, untuk melakukan penarikan uang, pelanggan akan dikenai biaya Rp. 5.000 bila penarikan di bawah Rp. 200.000; dan Rp.10.000 bila Penarikan di atas Rp. 200.000 s/d maksimal Rp. 5.000.000.

Jika penerima adalah pelanggan yang belum terdaftar XL Tunai, maka pelanggan hanya akan menerima SMS notifikasi, dan uang akan diterima dalam bentuk saldo XL TUNAI setelah mendaftar. Notifikasi pengingat berupa SMS untuk segera mendaftarkan Akun XL TUNAI akan dikirimkan ke penerima selama 45 hari pada H+0, H+7 dan H+21.

Untuk penarikan uang di agen/XL Centre, penerima harus membawa SMS dengan Kode Penarikan dan kartu identitas (KTP/SIM/Passport) yang sah dan harus diambil sebelum 14 hari sejak permintaan penarikan uang. Jika lebih dari 14 hari uang tidak diambil, maka secara otomatis uang tersebut akan dikembalikan ke saldo XL TUNAI pelanggan dipotong biaya penarikan. Notifikasi pengingat berupa SMS akan dikirimkan ke penerima/pelanggan pada H+0, H+7 dan H+12. penerima bisa meminta pengiriman ulang SMS kepada XL via 817.

Saat ini sebanyak 250.000 pelanggan XL telah memanfaatkan XL Tunai. Sebanyak hampir 10 ribu agen di seluruh Indonesia telah siap melayani pendaftaran/pembukaan akun XL TUNAI dan setoran maupun penarikan uang. XL TUNAI juga telah bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi di hampir 7 ribu merchant, atara lain restoran dan toko retail, termasuk belanja online di Multiply.com, Blibli.com, belanja di Alfamart. Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk melakukan pembayaran layanan PLN dan pembelian tiket Lion Air, dan Garuda Indonesia.

Fitur yang menarik dan bermanfaat, bukan? Ya, ketika dunia sudah memasuki pusaran arus global, pelanggan sangat membutuhkan layanan yang praktis, tidak ribet, dan prima seperti XL TUNAI International Remittance ini. Melalui XL TUNAI, pelanggan akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan dan akses informasi yang terkait dengan pelayanan pubik.

Tentang XL
XL merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia), Sdn Bhd (66,549%), dan serta publik (33,451%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.

Semoga kehadiran layanan XL TUNAI International Remittance benar-benar makin mendekatkan XL kepada jutaan pelanggannya yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Selain itu, juga mampu memberikan nilai tambah bagi XL sebagai provider yang dicintai pelanggannya ketika dunia sudah memasuki peradaban global. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "XL TUNAI International Remittance: Layanan E-Money yang Mengglobal" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (1 Maret 2013 @ 19:20) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 9 komentar dalam “XL TUNAI International Remittance: Layanan E-Money yang Mengglobal

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *