Postingan Pertama pada Awal Tahun

Kategori Blog Oleh

tahunbaruIni postingan pertama setelah terjadi pergantian tahun; dari 2008 ke 2009. Kebetulan tidak tidur. Sengaja ingin memanfaatkan momen ini untuk menikmati malam yang seringkali dimanfaatkan banyak orang untuk melakukan refleksi, renungan, tirakatan, lek-lekan, atau menjalani laku ritual tertentu.

Saya tidak tahu, apakah suasana pergantian tahun ini benar-benar memberikan warna yang berbeda dalam perjalanan hidup seseorang. Saya sendiri merasakan, 1 Januari 2009 tak jauh berbeda dengan hari-hari yang lain. Mungkin karena pencitraan yang sudah demikian lama diciptakan, akhirnya banyak orang yang memperlakukan malam 1 Januari dengan perilaku yang berbeda.

Lantas, apa hubungannya dengan judul postingan ini? Ya, ya, ya! Tiba-tiba saja saya ingin kembali berbicara tentang blog; sebuah media maya yang dua tahun silam (nyaris) tak pernah saya kenal.

Harus saya akui, blog telah banyak membawa banyak perubahan dalam hidup saya. Dari sisi komunikasi dan interaksi, misalnya, blog telah memperpendek jarak silaturahmi. Banyak sahabat yang terus bermunculan, hingga akhirnya benar-benar menjadi saudara. Dari blog juga, aktivitas menulis menjadi lebih intens. Tak peduli, apa pun isi dan kualitasnya. Melalui aktivitas menulis inilah khazanah batin saya semakin ter-upgrade karena mesti menyuguhkan sesuatu yang baru dan tampil beda dalam sebuah postingan. Ini artinya, blog telah mengantarkan dunia batin seseorang ke dalam suasana imajinasi yang tak lagi jelas batas-batasnya.

Semoga tahun 2009 ini menjadi awal yang bagus untuk mendekatkan masyarakat pada dunia blog hingga akhirnya menjadi salah satu ikon peradaban masyarakat “Indonesia Baru” yang lebih beradab dan berbudaya. Nah, salam kreatif! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

23 Comments

  1. pak, saya juga sedang menunggu tulisan baru, padahal saya tau pak sawali sedang sibuk. saya nanya begini termasuk dalam usaha menyamakan kedudukan dengan kedua komentator di atas saya itu. tapi terpenting lagi, saya memang sedang menunggu tulisan baru kok. 😳

    pak, saya tau kedua komentator di atas saya (mas totok dan DM) juga punya niat yang sama saat berkomen nunggu postingan baru. tapi saya lebih tulus kok menunggu tulisan, bukan untuk nambah komen, gak seperti mereka.

    percayalah, pak!

    Baca juga tulisan terbaru marshmallow berjudul Monday Is Not A Good Day to Travel

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.