Home » Blog » Sulitnya Berbuat Adil! » 25971 views

Sulitnya Berbuat Adil!

Kategori Blog Oleh

Saya tidak tahu, apakah idiom yang menjadi judul postingan ini, hanya berlaku untuk diri saya sendiri atau juga berlaku bagi orang lain. Yang pasti, sekadar hanya untuk mengelola blog saja, betapa sulitnya saya berbuat adil. Apalagi, dalam ranah kehidupan yang lain. Saya hanya bisa membayangkan, betapa repotnya seorang lelaki yang hobi berpoligami, hehehe …. Mengurus satu istri saja seringkali dibuat repot, apalagi dua, tiga, atau empat.

Kesulitan saya kian menjadi-jadi ketika blog yang satu ini menderita sakit, hiks. Beberapa kali tidak mau disapa tetangga. Hanya berdiam diri, tanpa tahu harus berbuat apa. Berkali-kali saya tanya, dia juga tak mau menjawab.

Ya, ya, ya. Penyakit itu muncul secara mendadak. Entah, tiba-tiba saja setiap kali ada sahabat yang meninggalkan jejak komentar selalu ditolak. Bahkan, saya sendiri pun tak bisa merespon komentar para sahabat yang masuk. Saya sudah berusaha mencari penyebabnya, bahkan sempat beberapa kali melakukan instal ulang wordpress 2.7 secara manual maupun menggunakan plugin wordpress automatic upgrade. Namun, agaknya hal itu sia-sia. Akhirnya, saya menghubungi para dokter, termasuk kepada pihak hosting, bahkan juga kepada Mas Jauhari, via email.

Nah, berdasarkan email dari Mas Jauhari, saya tiba-tiba saja kepikiran untuk men-disable semua plugin yang saya gunakan. Lantas, saya coba untuk mencoba berkomentar setelah menggunakan theme default. Aha, cling! Ternyata bisa. Ini artinya, ada plugin yang tak mendukung kinerja wordpress 2.7. Dengan sedikit bersabar, saya menguji plugin satu persatu. Oh, ketahuan. Ternyata yang menjadi penyebab kolapsnya komentar di blog sawali.info adalah plugin akismet. Setelah saya lepas, komentar bisa langsung melenggang. Untuk menangkal spam, akhirnya saya menggunakan plugin mathematic antispam, meski kurang begitu efektif untuk membendung serangan spam yang seringkali datang bertubi-tubi.

Itulah sebabnya, beberapa blog yang saya kelola, seperti blog ini, blog sawali.co.cc, dan blog MGMP tidak sempat saya urus, hehehe … Mohon maaf atas ketidaknyamanan berkomentar di blog sawali.info. Terima kasih atas perhatian sahabat semua.

Oh, ya, selamat bertahun baru 1430 H dan 2009 Masehi, semoga tahun mendatang memberikan banyak berkah dan membawa dampak perubahan yang postif dalam kehidupan kita. Salam ngeblog. ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

12 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top