WordPress Versi 2.7 Tampil Beda

Kategori Blog Oleh

wpBelum lama berselang wordpress memberikan rekomendasi kepada para penggunanya untuk meng-upgrade wordpress versi 2.6.5, kini sudah muncul rekomendasi terbaru untuk meng-upgrade versi 2.7. WordPress 2.7 versi beta memang sudah lama diperkenalkan kepada publik. Yang ingin mencoba sudah bisa menginstal-nya. Namun, agaknya WP 2.7 versi beta masih mengandung beberapa kelemahan. Salah satu di antaranya adalah banyaknya plugin yang tidak bisa mendukung sepenuhnya engine WP terbaru itu.

Agaknya penyedia engine WP cukup responsif terhadap masukan dari para penggunanya. Setelah muncul banyak masukan, rupanya telah terjadi beberapa perbaikan. Setelah dianggap cukup stabil untuk digunakan, akhirnya WP 2.7 diluncurkan juga.

Berdasarkan amatan awam saya, perubahan drastis dari versi 2.7 ini adalah tampilan fitur pada wp-admin yang lebih lengkap dan interaktif. Pada menu dashboard, misalnya, selain terjadi perubahan struktur tampilan, juga ada tambahan fitur baru, yakni kemudahan dalam memosting tulisan melalui fitur quickpress. Jadi, tidak perlu harus repot-repot masuk ke halaman post di wp-admin. Tata letak fitur-fitur yang ada di menu dashboard juga bisa kita atur sesuai selera dengan cara melakukan drag pada fitur yang akan kita ubah posisinya. Perubahan tampilan ini juga ada pada menu-menu dashboard yang lain. Yang jelas, dari sisi tampilan, wp 2.7 benar-benar tampil beda; lebih “bersahabat” dan memanjakan penggunanya.

Seperti ketika meng-upgrade engine wordpress yang lain, saya sangat terbantu dengan hadirnya plugin WordPress Automatic Upgrade. Plugin ini (nyaris) sempurna dalam meng-upload file-file yang terdapat dalam WP versi terbaru. Semuanya berjalan serba otomatis. Hanya dengan menekan tombol next task, kita akan dibawa pada kemudahan proses instalasi yang (nyaris) tanpa cacat. Nah, sudahkan Sampeyan meng-upgrade WP versi 2.7? ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

17 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top