Membudayakan Aktivitas Ngeblog di Kalangan Guru

Selama dua hari (Sabtu dan Minggu, 10-11 November 2007), saya didaulat untuk mendampingi rekan-rekan sejawat guru dalam pelatihan KKG (Kelompok Kerja Guru SD) dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran SMP/SMA) berbasis ICT yang digelar oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah di Semarang. Dalam pelatihan itu, saya ketiban sampur untuk menyampaikan materi “Pengenalan dan Pembuatan Blog”. Jelas, ini merupakan tugas yang berat bagi saya yang masih miskin pengalaman dalam dunia blog. Apalagi, basis akademik saya sebenarnya tidak terlalu akrab dengan dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Saya sempat membayangkan betapa sulitnya ketika saya harus mendampingi rekan-rekan sejawat dalam membuat sebuah blog. (Mengurus blog sendiri saja masih kacau :mrgreen: Apalagi, saat itu kondisi saya masih capek sepulang dari Jakarta. Belum sempat ketemu anak-anak, langsung cabut ke Semarang.) Namun, apa pun yang terjadi, the show must go on. Dengan modal seadanya, akhirnya saya “nekad” juga. Alhasil, saya pun terpaksa harus “cuap-cuap” di depan rekan-rekan sejawat itu dengan didampingi tayangan power-point sederhana.

pelatihan-1.jpgpelatihan-3.jpgpelatihan-6.jpgpelatihsan-5.jpgTak banyak teori yang bisa saya sampaikan karena memang saya kurang menguasainya, 😀 Yang bisa saya lakukan hanyalah menceritakan pengalaman saya ketika mengelola blog, khususnya Jalur Lurus dan sawali’s site. Ternyata, rekan-rekan sejawat guru memang tak butuh banyak teori. Ibarat orang kehausan –kalau boleh menamsilkannya demikian– mereka tak butuh diceramahi bagaimana cara mencari minuman, tetapi ingin langsung diberi minuman, hehehe 😀 Alhasil, setelah cuap-cuap ngalor-ngidul tentang aktivitas ngeblog, manfaatnya untuk meningkatkan profesionalisme guru, dan jaringan komunitas dunia maya yang “nyaris” tanpa batas, akhirnya saya mengajak rekan-rekan sejawat untuk langsung mulai membuat blog. Tak lupa, saya pun menawarkan jenis blog yang ingin dibuat: blogspot atau wordpress. Ternyata, mereka sepakat bulat untuk menjatuhkan pilihan pada wordpress. Sebuah pilihan yang tepat bagi calon bloger yang ingin menjalin komunitas secara akrab dan kekeluargaan.

Proses pun dimulai. Alhamdulillah, mereka sudah memiliki alamat email sehingga bisa mempercepat pembuatan blog. Apalagi, juga didukung oleh perangkat internet online yang memang telah dipersiapkan oleh LPMP di laboratorium ICT. Hanya melalui langkah-langkah sederhana, akhirnya rekan-rekan sejawat yang selama ini memang –secara jujur mereka akui– masih jauh dari sentuhan dunia maya, telah resmi memiliki sebuah blog gratis. Diskusi pun terus berkembang, mulai dari cara meng-upload avatar, memilih theme, memosting sebuah tulisan, hingga mengatur widget di sidebar. Sungguh menyenangkan. Kesulitan yang sempat saya bayangkan bagaimana cara mendampingi rekan-rekan sejawat dalam membuat sebuah blog ternyata tak terbukti. Membuat blog ternyata bukan hal yang sulit, semudah ketika orang membuat alamat email. Asalkan punya modal kemampuan menekan keyoboard, siapa pun bisa membuat sebuah blog.

Kemudahan membuat blog agaknya membuat rekan-rekan sejawat makin bersemangat untuk tetap berada di depan layar monitor. Pukul 21.30, mereka terus asyik mencoba membuat postingan untuk selanjutnya dilihat hasilnya. Saya pun makin bersemangat *halah* mendampingi mereka. Rasa capek telah dikalahkan oleh rasa salut terhadap rekan-rekan sejawat yang dalam waktu singkat telah tertahbiskan sebagai seorang “bloger”, hehehe 😀 Beruntung Pak Abimanyu –pegawai LPMP yang pernah mengilhami saya untuk membuat postingan “Mengapa Saya Ngeblog di WordPress?” terhadap komentarnya di blog Jalur Lurus— mengingatkan saya kalau sudah tiba saatnya untuk istirahat. Saya pun segera meluncur ke Kendal, ingin segera bertemu dengan *halah* anak-anak.

Minggu pagi, pukul 07.00, saya kembali meluncur ke LPMP, melanjutkan pendampingan rekan-rekan sejawat yang tengah dilanda “demam ngeblog”. Saya sedikit terlambat. Tiba di lab, rekan-rekan sejawat telah asyik di depan layar monitor. Saya lebih santai. Hanya berkeliling dan sekadar menjawab sekenanya kalau ada pertanyaan dari rekan sejawat, hehehe 😀

Alhamdulillah, dasar-dasar ngeblog sudah dimiliki oleh rekan-rekan sejawat. Saya hanya tinggal wanti-wanti *sok tahu* bahwa membuat blog itu memang mudah. Yang perlu terus dijaga adalah konsistensi sang bloger dalam mengelola blognya masing-masing. Nah, selamat, rekan-rekan sejawat. Budayakan terus aktivitas ngeblog di luar jam mengajar sebagai upaya dan langkah nyata untuk ikut berkiprah memikirkan dunia pendidikan yang masih terus dihadang oleh sejumlah persoalan. Selain sebagai ajang aktualisasi diri, blog juga amat besar manfaatnya untuk meningkatkan profesionalisme guru, sehingga kompetensi profesional sebagaimana tertuang dalam UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen dan PP 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bisa terwujud.

Seiring dengan dinamika dan laju teknologi di bidang informasi dan komunikasi, seperti internet, yang demikian cepat, agaknya budaya ngeblog di kalangan guru harus terus dikumandangkan. LPMP Jawa Tengah telah memulainya. Setidaknya, sudah ada sekitar 30 guru di Jawa Tengah yang telah diberdayakan untuk “melek internet”. Mudah-mudahan langkah ini segera diikuti oleh LPMP lain — syukur-syukur telah melakukannya lebih awal– agar para guru mampu memanfaatkan media internet sebagai upaya untuk melakukan inovasi pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa didik.

Inilah URL blog rekan-rekan sejawat yang mengikuti Pelatihan KKG-MGMP berbasis ICT di LPMP Jawa Tengah (10-11 November 2007) yang sempat saya catat.

  1. http://rodibsalatiga.wordpress.com
  2. http://agusrega.wordpress.com
  3. http://simpon1.wordpress.com
  4. http://yadissetya.wordpress.com
  5. http://arno1965.wordpress.com
  6. http://ghobang.wordpress.com
  7. http://slametwiyono.wordpress.com/
  8. http://yantiheri.wordpress.com
  9. http://mazjapra.wordpress.com
  10. http://putuigir.wordpress.com
  11. http://farissutardi67.wordpress.com/
  12. http://gusrega.wordpress.com
  13. http://okypit.wordpress.com
  14. http://sudibyo64.wordpress.com
  15. http://11bar.wordpress.com
  16. http://achmadbrain.wordpress.com
  17. http://niksr.wordpress.com/
  18. http://f31la.wordpress.com
  19. http://wellnada.wordpress.com
  20. http://kurniadi68.wordpress.com/
  21. http://masandra.wordpress.com
  22. http://wellnada.wordpress.com/
  23. http://cheeslyblog.wordpress.com
  24. http://yayahguru6.wordpress.com/
  25. http://annisawd.wordpress.com/
  26. http://sumartoyo.wordpress.com/

Semoga kelahiran blog-blog tersebut menjadi awal bangkitnya budaya aktivitas ngeblog di kalangan guru pada abad gelombang informasi ini. ***

116 Comments

  1. Hmm… Andai semua guru punya blog.

    Dliat dari cerita sepertinya para gurunya antusias sekali ya pak… berbeda dengan di kantor saya (dulunya almamater sekolah, skrg jd kerja dsana)…

    Btw, dri link2 guru yg ada di atas, kykna cuma blog bapak aja yg make domain pribadi… 🙂

    ~ Salam kenal Pak… Dri seorang mahasiswa yang berniat untuk menjadi guru, tidak hanya guru pendidikan, tapi juga kehidupan… 🙂

  2. Salut banget nih Mas Praditya. Moga2 kuliahnya cepet klar agar ilmunya bisa segera diterapkan untuk mencerdaskan *halah* anak2 bangsa. Kayaknya memang dah banyak guru yang pingin punya blog, cuma selama ini memang belum ada yang memback-upnya. Rata-rata guru kan masih minta di-backup dulu, hehehehe : OK, makasih, mas.

  3. Salam kenal Pak … salut dengan apa yang Bapak lakukan … terus berkarya Pak .. salam hormat dari saya.
    Wassalam
    Riri

    RIRI SATRIA’s last blog post..Heaven and Hell ?

    ooo
    terima kasih pak riri atas apresiasinya. salah hormat kembali dari saya buat bapak dan keluarga!

  4. Ping-balik: Endang Muhtadin
  5. pak sawali boleh nggak headernya saya pake sebagai header blog saya
    ooo
    waduh, maaf sekali pak muhtadin, header itu bukan bikinan saya sendiri, hehehehe 😆 itu buatan temen saya, bung militis. makanya, saya beri link di atasnya. sebenarnya banyak header yang bisa dipakai kok pak, bisa bikin sendiri atau minta bantuan teman yang pintar main photoshop, hehehehe 😆

  6. Guru guru ditempat saya juga dibudayakan untuk blogginh Pak. Sayangnya koneksi yang masih lelet dan mahal bikin guru guru jadu patah semangat. Masa mau latihan blogging internetnya tidak konek?

    Fortynine’s last blog post..Saya dan Tabloid BOLA

    ooo
    betul sekali, mas. salah satu hambatan ketika ngeblog adalah ketika ada masalah dg koneksi. bisa repot betul.

  7. Bung sawali ada info nih, sekaligus untuk menggairahkan blog di kalimantan

    • info telkom speedy competition
    ikuti lomba design web dan blog serta game competition
    caranya : daftarkan url blog/website anda ke email
    speedycompetition@yahoo.com / langsung ke radio sky jl. kol.
    sugiono no. 72, lampirkan juga biodata dan no.telp kamu
    CP : Sarah / 05117532422
    yogie / 085952753904
    pendaftaran sudah dibuka dari bulan maret – april
    cepetan daftar… n jangan lupa biaya daftarnya ga ada alias GRATISSSSS….Euy…..
    TOTAL HADIAH 30 juta Rupiah ……..

    emkaha’s last blog post..Lomba Blog gratis berhadiah 30 Juta

    ooo
    makasih banget infonya, pak.

  8. Ping-balik: AGOESTWEE
  9. Assalamualaikum.

    Pak Sawali, keren abis dah….
    Andaikan guru2 di sekolah saya begini…

    Irawatis last blog post..

    >>>
    makasih kunjungan dan apesiasinya, bu ira 💡

  10. Waduhhh.. jadi semangat lagi nih saya ngeblog
    Maklum saya guru di daerah terpencil dengan koneksi internet seadanya.

    Ternyata guru-guru di Semarang sudah maju dan terkoordinir oleh LPMP. Semoga KKG dan MGMP di Kalsel mulai aktif memberikan dorongan agar para guru belajar ngeblog.

    Salam kenal dari Kandangan, HSS, Kalsel.

    Syamsuddin Ideriss last blog post..Bisnis Menjanjikan di Internet

    yaps, salam kenal juga pak syam. dari kalsel juga dah banyak bloger yang bermunculan kok. mereka juga cukup terkenal namanya 🙄

  11. Apa kabar pak guru?
    Salut dengan aktivitasnya. Semoga makin banyak guru yang ngeblog ya pak..

    🙂

    alhamdulillah sehat, pak jaf. makasih banget kunjungan dan supportnya kepada rekan2 sejawat, pak 😎

  12. Salam kenal Pak Sawali. Saya senang jika Bapak bersedia mengunjungi blog kami supaya tahu kekurangan blog tersebut. Saya benar-benar ingin menyempurnakan tampilan tapi tak pernah berhasil. Lebih senang lagi bila Bapak bersedia kirim panduannya melaui e-mail kami. Terima kasih buanyak. Salam. Hidup Guru Indonesia !

  13. Masih bingung nich pak? mau posting di wordpress saya belum bisa ? Ada tutorial ndak di blog bapak. Ya itung2 buat belajar sedikit demi sedikit. Thanks Sebelumnya

  14. Salam Kenal Pak Sawali.
    Saya sepaham dengan panjenengan, bahwa guru harus memiliki kemampuan dan akses ICT, cara gampangnya ya mengembangkan kemampuan menulis lewat blog.
    Saya juga punya keinginan yang besar untuk ikut jejak panjenengan. Semoga saja saya dapat meluangkan waktu untuk ikut urun dalam mengembangkan pendidikan lewat jalur maya.
    Semoga selalu sehat dan tetap berkarya 💡 💡 💡
    Matur nuwun.

    Baca juga tulisan terbaru Heru Pramono berjudul Download buku gratis. mau?

  15. saya sangat setuju dengan adanya program guru ngeblog tapi sayang mas didaerah saya yang aga ndeso ini guru masih gaptek (maaf tdk bermaksud mengecilkan teman2 guru). Sbnrnya sy dah cb rangsang dengan blog (akademika-ngawi), bahkan saya dan teman2 juga buat buletin gratis yang disebar di kalangan guru ngawi tap toh blog tidak ada yang menanggapi… Bagaimana ya mas caranya?

    1. @tjatur,
      wah, tak hanya di ngawi, mas tjatur. di kendal pun demikian. bahkan, ketika teman2 diajak utk bikin blog bersama-sama, mereka masih ogah meng-update blog, hiks. bikin blog memang mudah, yang agak rumit adalah rutinitas meng-update-nya. alasan klasiknya adalah fasilitas koneksi net ang masih terhitung mahal. smg saja ada kebijakan utk menyediakan fasilitas net bagi publik yang murah agar banyak warga yang mau ngeblog. btw, alamat url-nya kok ndak bisa dilink, mas tjatur. saya nda bisa melakukan kunjungan balik. url-nya kurang ekstensinya, hehehe …

  16. oh..iya mas masih ada yang ketinggalan. Mungkin apa blog saya salah ya mas, mbo yao dikunjungi dan dikoreksi. Jika perlu saya dikirimi cara membuat blog yang baik lewat email. Makacieh.

    1. @tjatur,
      iya, itu tadi, mas, mau melakukan kunjungan balik, link-nya kurang ekstensinya. .net atau .com, atau apa? ttg cara membuat blog saya kira google menyediakan banyak tutorial yang gampang dan praktis.

  17. Assalaamu’alaikum wrwb.

    Wah, saya malah baru rencana ini pak, pengen mengsosialisasikan ngeblog dikalangan guru sehingga melahirkan budaya menulis yang sering disindir guru kita tidak pernah menulis tapi menurut saya tidak ada media dan blog kayaknya media yang paling tepat untuk eksistensi seorang guru. Hatur thankyou pak, telah memberikan inspirasi.

    Ahmad Kurnia
    Kepala SMK Muhammadiyah 01 Bekasi
    http://elqorni.wordpress.com

    Baca juga tulisan terbaru Ahmad Kurnia berjudul 100 Web Directori Dot Org

    1. @Ahmad Kurnia,
      wah, terima kasih, pak, semoga saja kemampuan menulis di kalangan teman2 sejawat guru makin berkembang dengan munculnya media blog. saya yakin pak agmad mampu melakukannya, asalkan mendapatkan dukungan dari banyak teman. saya salut dg sikap dan kerja keras bapak. semoga sukses, pak.

  18. selamat malam pak. 🙂 🙂
    salut, bapak mau berbagi ilmu di sela-sela kesibukan yang padat. saya juga tertarik dengan blog di worpress pak, kira-kira ada panduan untuk mengelola blog agar tampil menarik bagi pemula seperti saya pak? saya masih kuliah nih pak sedang tugas akhir dan insyaAllah nanti jadi guru amin..
    terima kasih.. 🙂 🙂

    1. @b@yu,
      malam juga, mas bayu. kalau mas bayu mau googling sebentar saja dg memasukkan keyword: misalnya, panduan blog wordpress, mas bayu pasti akan banyak mendapatkan informasi menarik ttg pengelolaan blog wordpress. wah, ternyata mas bayu calon guru juga, salut nih, mas, semoga cepet klar kuliahnya.

  19. Saya jujur mengatakan,bahwa bapak adalah salah satu model guru idola,saya ingin membuat blok pribadi yang gratisan,tetapi tidak tahu caranya.. sudikah bapak memberikan langkah-lagkah membuat blog sendiri yang saya maksud,sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    1. @jamsyer pakpahan,
      walah, biasa saja kok, pak. saya hanya guru biasa, hanya suka ngeblog itu saja, kok, hehe … btw, blog gratis banyak yang bagus dan bisa dipilih, pak. salah satu di antaranya yang banyak digunakan adalah worpress.com. silakan bapak ketik ndaftar di http://wordpress.com/
      tentang panduan ngeblog, bapak bisa mencarinya lewat google dg memasukkan kata kunci, misalnya, “panduan ngeblog wordpress”. selamat mencoba, semoga berhasil, pak.

  20. pa saya sudah buat blog berkali – kali, sampai email saya kehabisan buat domain. tapi selalu belum puas, masih belum mengerti banyak. akhirnya saya jadi malu sendiri. gimana yah cara memngelola blog dan mempercantik blog? kalo saya baca dan ambil dari buku yang di jual bebas, semuanya semuanya selalu gagal. (mungkin sayanya yang gaptek kali yah)

    1. hmmm …. mas aang bisa mencarinya di google, kok. cari saja dengan kata kunci tutorial blog, diprint lalu pelajari dan praktikkan, yang penting jangan pernah merasa takut utk terus mencoba dan mencoba. kesalahan itu hal yang wajar terjadi. semoga cepet terwujud.

  21. wah………, uda maju sekali guru SD diluar Papua di Papua yang punya leptop/komputer sendiri aja susah.tapi………. gak apa-apa biar kami di papua juga gak mau ketinggalan dengan perkembangan dunia maya ini,
    makasih atas tulisan dan ide2 ini.

  22. Bagus sekali Pak blognya. Saya juga–guru di SMP Negeri 1 Sukanagara Cianjur Selatan, Jawa barat– akhir bulan lalu nyoba-nyoba ngeblog. Tapi tampilannya tidak layak tayang, sehingga teman-teman di sekoilah belum ada yang tahu. Banyak petunjuk dari blog tutorial dicoba tapi sering gagal. Barangkali saya bisa belajar dari Bapak.
    Salam buat rekan-rekan guru. Kalau sempat mampir di blog saya, saran dan komentarnya ditunggu.
    Terima kasih banyak.
    .-= Baca juga tulisan terbaru Abdul Aziz berjudul Penulis Inggris Lecehkan Al-Quran =-.

  23. Terima kasih atas kunjungan Bapak . Setelah baca tulisan Bapak di atas saya jadi tertarik ngeblog di Word Press. Dan saya coba, hasilnya masih tetap tidak mengembirakan, maklum gaptek. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik. Support Bapak sangat saya harapkan.
    Terima kasih banyak.
    Salam buat keluarga.
    .-= Baca juga tulisan terbaru Abdul Aziz berjudul Puasa Sebagai Sebuah Kebutuhan =-.

  24. WAH….kegiatan seperti ini yang sangat saya idam-idamkan pak…saya hanya bisa berharap budaya ngeblog bisa cepat tertular di tempat saya…:(( (Kapan Yah) ??? … hebat pak salut buat Bapak…..

    1. terima kasih apresiasinya, pak. mangga silakan saja, ndak banyak syaratnya, kok. hanya cukup mencantumkan link tulisan yang ingin diposting ulang. bisa ditelatkkan di awal atau akhir tulisan.

  25. salam kenal dari cimahi, selamat pak semoga ilmunya tambah banyak.saya juga belum lama belajar blog. ajakan ngeblog untuk para guru itu bagus sekali. Lewat blog ini kita saling berbagi informasi yang kita perlukan. saya pun masih harus terus belajar . pokoknya selamat semoga selalu sukses. dan ini blog saya http:sobat-kita.blogspot.com.dan wanrusmawan.wordpress.com. hatur nuhun pisan/terimakasih banyak.:)>-

  26. pertama ngeblog saya dapat menyembunyikan sebagian tulisan saya (read more) akhir-akhir ini hal itu tidak dapat saya lakukan dengan tekhnik yang sama….hal ini mempengaruhi motivasi saya untuk mengupload karya-karya en relay karya rekan-rekan saya. ada tip’s? T.Q berat sebelumnya, saluuut buat bapak yang tetap eksissss….learning to do so much………wkwkwkw.

  27. memang bagus juga ya, Pak, kalau banyak guru yang GO BLOG untuk saling berbagi informasi. dan tentu saja akan membangkitkan kreativitas dan kemauan menulis bagi guru.
    maju terus guru indonesia..

  28. wah… beruntunglah guru2 yang berkesempatan mengenyam pelatihan seperti itu.
    lha saya.., harus pontang panting belajar sendiri, hingga blusukan ke warnet2 hanya untuk cari koneksi yang baik buat belajar blog…
    tp alhamdulilah dah tahu dasar2nya… tinggal pengembangannya. termasuk belajar melakukan hosting domain berbayar… tpi masih belang2 kambing belajrnya….

    1. @munir ardi: hehe … hanya kebetulan saja engine yang dipakai pas wordpress, pak. walah, mangga kalau mau dikunjungi. tapi ndak tahu juga, apakah blog yang rekan2 buat ter-upadate apa, ndak? hehe …. (lmao)

  29. Saya juga guru pak, tapi guru SD, saya tinggal di cilegon, sayang sekali di sini belum ada program yang seperti ditempat bapak, padahal saya pengen sekali semua guru melek teknologi bukan cuma bisa memanfaatkan HP saja melainkan bisa ke internet sampai ke blog, tapi tampaknya pemerintah belum melirik ke arah situ..

  30. Wah seru sekali pengalamannya Pak. dapat peluang seperti itu (pelatihan blogging) apa karena aktivitas blogging yang Bpk tekuni ya?
    Sepertinya para guru blogger perlu lebih proaktif membantu teman2 (di sekolah masing-masing, minimal) untuk juga bisa memanfaatkan sarana ini ya Pak. trmksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *