Melanjutkan Tradisi Award di Kompleks Blogosphere

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan award dari dua sahabat blogger, yaitu dari Mas Adwy dan Pak Mumun Surahman. Award –yang (nyaris) sudah menjadi tradisi pada momen-momen tertentu– di kompleks blogosphere, agaknya menjadi cara tersendiri bagi seorang blogger dalam menjalin pertemanan. Tak hanya sebatas itu. Award juga bisa dimaknai sebagai upaya sang pemberi award dalam memberikan apresiasi kepada penerima award. Terlepas apa pun motifnya. Begitulah pemahaman saya.

award
Award dari Mas Adwy

award
Award dari Pak Mumun Surahman

Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Adwy dan Pak Mumun Surahman yang telah men-tag nama saya dalam postingannya, sehingga saya termasuk satu di antara 7 blogger yang beruntung mendapatkan award itu. Sebagai upaya untuk melanjutkan tradisi award di kompleks blogosphere, perkenankan saya untuk memberikan award ini kepada 7 blogger yang menjadi top komentator di blog ini, yaitu:

  1. Mas akhmad
  2. Mas indra
  3. Mas danyf5habibi
  4. Mas kombor
  5. Bu Sukajiyah
  6. Mas Ejawantah’s Blog
  7. Mas Kaget

Award ini saya berikan sebagai bentuk apresiasi saya terhadap ke-7 blogger yang bersangkutan yang telah ikut berkiprah meramaikan diskusi di berbagai postingan di blog ini sejak awal tahun 2012, sehingga bisa membuka perspektif baru terhadap setiap topik tulisan yang saya posting. Ini tidak lantas berarti, sahabat-sahabat blogger lain yang juga telah meninggalkan jejak komentar di blog ini luput dari apresiasi saya. Sepanjang bukan komentar spam, setiap komentar, sependek apa pun, layak diapresiasi. Sedangkan, komentar-komentar beraroma SPAM yang hanya sekadar memburu backlink dan masih lolos dari pengawasan Satpam Akismet, mohon maaf, terpaksa saya hapus tanpa ampun, meskipun sudah terpublikasikan di bawah postingan karena sejak dulu saya tak pernah memoderasi komentar.

Pemberian award ini juga tak harus direspon secara berlebihan. Penerima award tidak harus membuat postingan tersendiri dengan mencantumkan url blog saya. Juga tidak memiliki kewajiban untuk memberikan award lanjutan ini kepada 7 blogger yang lain, kecuali atas inisiatif blogger yang bersangkutan.

Salam kreatif dan salam ngeblog! ***

75 Comments

  1. seiring perkembangan dunia blogging, memang award nyaris punah masanya.. sayapun sedikit tersenyum simpul membaca tulisan dia atas, mengenang masa-masa itu.. waktu itu rasanya senang banget kalo dapet award.. ada sedikit kebanggan.
    ___________________
    Salam

  2. Suatu kehormatan bagi saya dalam menerima Award yang bergulir ini dari seorang blogger yang memilki apresiasi dalam profesinya seorang blogger yang selalu identik dengan ciri has gaya bahasa penulisannya. Mohon ijin untuk mengambil dan ditindaklanjuti ya Pak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  3. Selamat dan sukses selalu untuk Anda. Semoga bisa mendorong lebih maju ke depan. Penghargaan, bagaimanapun, sangat diperlukan untuk lebih memacu prestasi. Trims infonya.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

  4. memang pemberian awards bagi beberapa kalangan bisa menjadikan semangat baru untuk terus berkarya dan berbagi pikiran . saya sendiri juga pernah merasakannya (dulu) 🙂 lanjutkan pak sawali

  5. lho.., koq ada nama saya to ternyata..
    alhamdulillah.., makasih banget Pak…, semoga bisa semakin meningkatkan silaturahmi antar sesama blogger, karena prinsip award adalah untuk menghargai sesama, berarti award tersebut prinsipnya memang untuk kita semua yang selalu berusaha mengembangkan internet sehat.
    Sukses selalu Pak..

  6. Waw, cerdas sekali mas.Memberikan penghargaan kepada orang lain adalah suatu bentuk penghormatan kepada pendapat orang lain. Danitu dapat meningkatkan citra diri mas. Patut dituruti nih.

  7. Sebelumnya, selamat kepada Bapak Sawali atas prestasinya.
    Semoga dengan diadakannya ajang award seperti itu menambah motivasi kepada para blogger untuk berkarya dan menulis dalam blog. Sehingga para pembacanya juga bertambah wawasannya.

  8. Suatu bentuk tali pertemanan yang perlu di contoh Pak Wali, anggap saja itu sebagai parcel yang menyimpan sejuta impian (impian baik maksud saya pak)…sehingga dapat mempererat persahabatan baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Disyukuri saja…Kalau saya belum pernah mendapatkan parcel semacam itu pak.

  9. Sebenarnya bagus juga menyebarkan award2 ini, tapi kadang – seperti yang pak Sawali bilang – ya tergantung inisiatif blogger2 yg bersangkutan untuk menyambungnya kembali. Btw, awardnya keren2 pak 🙂

  10. Suka sekali dengan tradisi pemberian award, selain sebagai menunjukkan penghargaan kita kepada penulis, ianya bisa dijadikan batu loncatan merapatkan tali silaturahim di antara penulis blog. Cuma apa yang membuatkan saya terkilan, tradisi pemberian award ini sepertinya sudah dilupakan oleh generasi baharu.

  11. wah mantap Pak. udah lama sy tidak mampir dan membaca tulisan2 Bapak. Tiba2 buka blog Bapak udah ada post ini aja. Hmmm emang kalau menurut saya, sudah sepantasnya bapak mendapatkan itu.. [-:

    karena menurut saya, bapak telah konsisten dalam berkarya dan menulis. Apalagi Bapak telah mempunyai ciri khas tersendiri dalam berkarya… Sukses Pak…

  12. Wah, saya ikutan dapat award, terima kasih pak Sawali.
    Bukan bermaksud untuk tidak mengabaikan award ini, sebenarnya saya sangat ingin sekali mengambil dan meletakkan award ini di blog saya, namun bingung mau di taruh di mana…
    Membaca paragraf terakhir tulisan pak Sawali membuat saya lega.. 🙂

  13. terimakasih atas penghargaanya, pak. maaf saya baru baca kiriman pak sawali ini.

    blog pak sawali adalah blog yang wajib saya kunjungi. saya juga berlangganan pengumpan blog ini via email. dus, kadang saya bacanya via email dan tidak langsung meninggalkan jejak di sini.

    eh, tapi untuk kiriman yang ini memang terlewat saya baca karena sibuk membaca trit di milis yang saya ikuti 🙁

  14. selamat bapak
    bapak memang pantas untuk mendapatkan arwad …
    postingan bapak ini menarik
    saya jadi tahu bahwa menulis itu bisa jadi therapi batin yang terluka…
    bermanfaat sekali…
    alangkah baiknya jika kita saling mengenal berbagi informasi,, kalau ada waktu boleh dong bapak kunjungi web kami http:unsri.ac.id …
    terima kasih bapak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *