Bima Sakti Utama: Tips Merawat Mesin Genset

Kategori Blog Oleh

Saat ini keberadaan mesin genset, sudah sangat menjamur. Tak hanya dalam wilayah industry, kehadiran mesin genset saat ini telah banyak dimanfaatkan dunia rumah tangga pada umumnya. Merebaknya penggunaan mesin genset, seringkali tidak diimbangi dengan perawatan yang memadai sebagai akibat minimnya pengetahuan dalam bidang maintenance mesin genset.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam perawatan mesin genset:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa si operator genset mengetahui cara pengoperasian yang tepat sesuai dengan prosedur pada buku petunjuk;
  • Pastikan pula bahwa oli mesin yang Anda gunakan sesuai dengan kapasitas mesin genset. Jangan lupa untuk menambahkan takaran oli, jika takaran oli dirasa kurang. Selain itu, ganti oli secara rutin agar kondisi mesin genset tetap stabil.
  • Letakkan genset pada permukaan yang rata dan berpondasi kuat. Pondasi tempat peletakan genset yang tidak kuat dapat membahayakan kondisi mesin genset.
  • Lakukan maintenance terhadap mesin genset secara teratur. Hal ini dimaksudkan untuk menjada kondisi dan kinerja mesin genset yang Anda miliki. Ikuti panduan perawatan yang terdapat dalam buku petunjuk, hal itu akan sangat membantu Anda dalam melakukan perawatan terhadap mesin genset.
  • Untuk jenis generator dengan starter elektrik memerlukan pemanasan paling tidak dalam satu kali seminggu. Sementara mesin genset yang tidak menggunakan starter elektrik memerlukan pemanasan mesin setidaknya tiga minggu sekali.
  • Apabila mesin genset Anda dioperasikan di dalam ruangan, perhatikan ventilasi ruangan di mana genset dioperasikan. Ingat bahwa genset memerlukan sirkulasi udara yang baik. Udara panas dari mesin tidak boleh kembali lagi pada mesin, karena itu harus dikeluarkan melalui cerobong. Hal ini untuk menghindari agar kondisi mesin tidak panas.

Demikian beberapa tips dalam merawat mesin genset, PT. Bima Sakti Utama, sebagai perusahaan penyedia alat-alat energy industry dan alat berat Yutong, menyediakan aneka tipe mesin genset mulai dari tipe standar hingga tipe trailer dan kedap suara. Anda yang tengah membutuhkan mesin genset dapat langsung mengunjungi pusat PT. Bima Sakti Utama di Jl. Panglima Polim Raya N0. 49 B Kebayoran Baru Jaksel. ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

22 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top