Tradisi Award di Kompleks Blogosphere

Kategori Blog Oleh

Entah, sejak kapan tradisi itu berawal. Siapa pengagas awalnya juga tak jelas benar. Yang pasti, pemberian award antarbloger di kompleks blogosphere makin marak sejak dua tahun belakangan ini. Bagi saya, pemberian award semacam ini merupakan wujud penghargaan dan apresiasi antarsesama bloger sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk sosial seperti halnya dalam dunia nyata.

Di kompleks blogosphere, bloger juga punya keinginan yang kuat untuk membangun ikatan-ikatan sosial secara maya. Budaya silaturahmi dan saling berkunjung di rumah maya menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan seorang bloger. Situasi semacam ini, diakui atau tidak, telah menumbuhkan ikatan emosional antarbloger sehingga proses aktualisasi diri di dunia maya bisa makin eksis dan legitimate.

Demikian juga halnya dengan saya *halah*. Sebagai salah satu bagian kecil dari masyarakat maya, saya sudah beberapa kali menerima award dari beberapa sahabat bloger. Terakhir, saya menerima award dari Mas Morishige. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Mas Morishige yang telah berkenan memberikan award itu buat saya sehingga makin menambah koleksi dalam pundi-pundi award saya, hehe …

Menurut Mas Morishige, award ini diberi nama Nice Visitor Award. Dia mendapatkannya dari si Riffy ini dibikin oleh sisternya, Jiyy. “Dibuat khusus buat setiap blogger yang datang berkunjung ke sebuah blog dan dianggap sebagai visitor yang menyenangkan. Entah karena rajin leave comment atau pernah memberi komentar yang berkesan,” tuturnya.

Konon, penerima award ini mesti mematuhi aturan main seperti berikut ini.
1. give this award ke 3 blogger yang menurud kamu pantas nerima award ini .
2. kasih tahu siapa yang ngasih. jangan lupa, masukan link si pemberi ya?
3. tinggalkan komentar ke blogger yang menerima award ini.
4. pajang gambarnya di postingan kamu!!! lebih baik jika mengambil kode HTML-nya di sini.
5. cantumin link gue and link sista gue di postingan kamu !!!
(Bahasa sesuai dengan url aslinya, hehe ….).

Karena hanya 3 bloger yang boleh menerima award, saya ingin memberikan award lanjutan ini kepada sahabat-sahabat bloger Kendal yang lumayan eksis hadir di kompleks blogosphere, yakni:
Pak Marsudiyanto
Pak Wandi
Pak Sholeh

Sebenarnya di Kendal sudah ada beberapa bloger yang eksis melakukan aktivitas ngeblog dan layak mendapatkan award dari sesama bloger Kendal sendiri. Namun, apa daya, konon, aturan main mesti dijalankan, hiks. Ok, ya gitu, deh! Terima kasih semuanya. ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

11 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top