Upgrade WordPress Versi 2.6.5

Kategori Blog Oleh

wpHarus diakui, wordpress termasuk salah satu engine blog yang amat memanjakan penggunanya. Belum lama wordpress versi 2.6.3 diluncurkan, kini versi 2.6.5 sudah bisa dinikmati. Bahkan, meski masih dalam versi beta, versi 2.7 juga sudah bisa dicoba untuk diinstalasi. Saya pernah juga mencoba menggunakan wordpress versi 2.7, sayangnya ada beberapa plugin yang kurang “bersahabat” dengan versi 2.7, sehingga terpaksa saya copot dan kembali ke versi 2.6.

Saya sendiri belum melihat perbedaan yang begitu signifikans antara versi 2.6.5 dan versi 2.6.3. Struktur dasbor tak jauh berbeda. Hanya karena direkomendasikan untuk di-upgrade, maka dengan memanfaatkan plugin WordPress Automatic Upgrade saya segera menginstalnya.

Jujur saja, kehadiran WordPress Automatic Upgrade ini, menurut saya, sangat membantu kita dalam melakukan proses instalasi. Semua proses berlangsung secara otomatis. Kita hanya mengunduh wordpress versi terbaru, lantas tinggal meng-klik link next-task yang disediakan. Kita tak perlu repot-repot harus melakukan backup database atau menonaktifkan plugin seperti kalau kita melakukan upgrade manual lewat FileZilla Ftp, misalnya. Hanya dalam beberapa menit, proses instalasi berlangsung (nyaris) tanpa cacat.

revSelain melakukan upgrade wp, saya juga berganti theme dengan menggunakan jasa baik desainer Brian Gardner. Menurut saya, desain theme karya Brian Gardner memang dirancang khusus seperti dalam bentuk majalah. Kita bisa dengan mudah menampilkan image pada halaman utama (homepage) hanya dengan melakukan kopipaste url image yang kita upload ketika sedang memosting tulisan melalui Custom Field, sebuah fitur yang belum saya temukan lewat theme karya desainer yang lain.

Selain tampil dalam bentuk majalah, kode-kode CSS dan html/xhtml theme revolution karya Brian Gardner juga gampang di-oprek. Dengan menggunakan CSS dan html validator yang dikeluarkan oleh W3C, theme ini akhirnya bisa terbebas dari kode-kode yang error. Hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mencermati kode-kode tag yang membuat file berekstensi .css dan .php error atau mendapatkan peringatan (warning). ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

11 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top