Home » Blog » Perubahan “Wajah”

Perubahan “Wajah”

Seharian, saya hanya nongkrong di rumah. Apalagi, cuaca kurang bersahabat. Hujan turun seharian, sehingga nafsu keluar rumah jadi langsung mampat. Deadline penyusunan buku teks SD yang masih 3 bab yang seharusnya selesai hari Minggu pun tak sanggup saya kejar. Mohon maaf kepada penerbit atas kekhilafan saya. Insya-Allah Senin bisa klar. *Alasan klasik, hiks :mrgreen: * Iseng-iseng, saya pun ngoprek-oprek theme untuk menggantikan wajah GlossyBlue yang selama ini menyapa pengunjung dengan tampilan wajah yang berat dan kurang rumah. Laoding-nya dinilai cukup berat sehingga banyak teman yang “fakir” bandwith mengeluh.

Sebenarnya saya sudah merasa nyaman menggunakan GlossyBlue yang saya nilai cukup cantik dan stabil. Bisa nyaman dilihat dengan browser IE, Opera, maupun Firefox. Lihat GlossyBlue yang asli berikut ini!

Tampilan GlossyBlue tersebut sudah saya oprek-oprek sesuai dengan selera saya yang gaptek dan katrok, hiks, :mrgreen: Halaman “Blog Guru” yang penuh sesak sudah saya tutup. Demikian juga halaman “Banner”. Plugin-plugin yang tak perlu juga sudah saya buang. Namun, ada beberapa teman, seperti Kang Guru dan Bangaip yang mengadu, atau teman-teman lain yang mengeluh tapi lupa mengadu, hehehehe 😆 Konon, loading-nya benar-benar bikin sesak napas. Saya pun merasakan hal yang sama. Walah ….

Akhirnya, saya iseng-iseng cari theme yang bisa membantu meringankan keluhan teman-teman itu. Pilihan saya jatuh pada uncrufty yang dikeluarkan oleh HTNet. Berikut ini skrinsutnya.

Alasannya? Pertama, tampilannya sederhana, bahkan cenderung ke minimalis sehingga bisa keluar dari “persembunyian” dengan lebih enteng. Kedua, menggunakan tiga kolom pada halaman utama, tetapi berubah menjadi dua kolom ketika judul postingan di-klik. Setidaknya, hal ini akan mengurangi beban halaman utama yang cenderung masih berat. Ketiga, gampang dioprek-oprek sesuai selera saya yang gaptek dan katrok. Alhamdulillah, setelah saya coba berkali-kali, loading-nya jadi lebih enteng.

Meski demikian, “wajah” uncrufty ini bukannya tanpa cacat. Agaknya, theme ini lebih bersahabat dengan browser Firefox. Itu terbukti setelah saya buka lewat IE, ternyata tampilannya tidak stabil. Bar kanan (kolom 3) pada halaman utama melorot ke bawah. Ufh … Berkali-kali saya benahi, tetap saja tak bisa “sembuh”. Bar samping itu tetap saja melorot. Demikian juga ketika judul postingan di-klik. Bar samping tetap saja tak mau naik. Hiks… Repot juga. Mohon maaf kepada teman-teman dan pengunjung yang menggunakan browser IE karena terpaksa harus menyaksikan tampilan “wajah” blog ini jadi banyak bopengnya, hehehehe … 😆 Nah, yang ingin menggunakan browser firefox, silakan unduh di sini. Gratis, kok.

Tampaknya memang hampir tak ada theme yang sempurna. Di balik penampilannya yang keren dan gagah, ada juga kelemahannya. Demikian juga uncrufty yang saya gunakan. Kelemahan itu tak bisa juga dihindari. Meski demikian, saya berharap, perubahan “wajah” ini bisa membuat tampilan blog menjadi lebih ramah kepada teman-teman bloger dan pengunjung dengan loading yang lebih enteng.

Selanjutnya, mohon saran dan masukan dari teman-teman berkaitan dengan perubahan “wajah” itu. Masih beratkah loading-nya? Terima kasih.

Salam ngeblog dan salam kreatif!

tentang blog iniTulisan berjudul "Perubahan “Wajah”" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (17 Februari 2008 @ 20:16) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 45 komentar dalam “Perubahan “Wajah”

  1. nice.. nice, tp hati2 aja antara IE dan FX apalagi ada IE 7. IE 7 mirip FX (tidak sama), beda dengan IE 6. Jadi kalau desain harus coba ke 3 browser tersebut.

    ooo
    ok, makasih banget infonya pak kurniawan.

  2. Pak Sawali, mungkin saya termasuk salah satu teman yang mengeluh tapi lupa mengadu. Hehehe… Saya rasakan juga, mungkin theme yang digunakan Pak Sawali sekarang ini lebih ringan dan tidak banyak membebani bandwidth.

    Cuman menurut saya, tampilan theme 3 kolom dihalaman utama dan begitu di klik judul berubah menjadi dua kolom ini kadang bermasalah terutama jika ada postingan yang menyelipkan gambar. Apalagi jika gambar tersebut menggunakan wrapped.

    Masalah ini timbul karena adanya perbedaan ukuran antara lebar content pada halam utama dengan lebar konten saat menjadi dua kolom.

    Edi Psw’s last blog post..Pemahaman Konsep Siap Pakai

    ooo
    makasih banget pak edi masukannya.

  3. Browser IE memang menghancurkan semua wajah blog, Pak. Template blog yang saya kastem untuk Blogger akan tampil cantik di Rubah Api dan Opera tetapi begitu ditampilkan di IE, hancurr….

    Pak, walaupun saya arahkan ke blog ini lewat komentar di sini, Njenengan ternyata lebih suka nengokin Kombor.com.

    MAW’s last blog post..Bajaj Pulsar Pakai Box Dikasih Fairing Bagus Nggak?

    ooo
    oh, memang begitu yak mas arif. kayaknya memang bener tuh. dah berkali-kali kuoprek-oprek eh barnya masih melorot jugak, hiks. oh, mas arif punya blog baru jugak? saya ngelihat postingan terbaru lewat google reader. yang ku-subscribe yang kombor.com. ok, deh, nanti ku-subscribe juga yak yang widarto.net. ok, makasih infonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *