Blog Khusus Bahasa dan Sastra

Sebenarnya sudah lama sekali saya berkeinginan untuk membuat blog yang khusus berisi postingan tentang pernak-pernik dunia kebahasaan dan kesastraan. Keinginan itu juga pernah saya sampaikan kepada Mas Daniel Mahendra alias Mas Penganyam Kata yang piawai merawi kisah dengan diksi yang menghanyutkan itu saat bersilaturahmi ke rumah beberapa waktu yang silam.

Blog sastra, misalnya, ingin saya manfaatkan untuk menampung berbagai tulisan berbentuk cerpen, puisi, esai, atau profil tokoh, yang berserakan di berbagai media. Kategorinya pun akan saya buat tampil beda dengan menggunakan nama-nama sang penulis. Dengan cara seperti itu, saya pribadi atau pengunjung pada umumnya bisa lebih mudah mengikuti perkembangan kreativitas dan gaya ucap setiap penulis. Sedangkan, blog bahasa akan saya manfaatkan secara khusus untuk menampung berbagai kajian yang berkaitan dengan persoalan linguistik, semacam sintaksis, pragmatik, kaidah bahasa, pedoman istilah, atau ejaan.

“Saya pingin banget buat blog yang khusus memuat teks-teks sastra berdasarkan kategori penulisnya, Mas Dan,” tutur saya waktu itu.

“Wow… ide yang bagus banget itu, Pak. Kita bisa mengikuti perkembangan kreativitas kepenulisan sang pengarang dengan mengklik namanya!” sahut Mas Dan agak serius.

“Oh, ya?”

“…..”

Namun, hingga beberapa saat lamanya keinginan tersebut belum juga bisa terwujud. Domain gratis co.cc dan layanan hosting gratis dari 0fees.net yang sudah saya siapkan sebelumnya gagal saya urus dengan baik. “Beruntung” blog ini sedang mengalami banyak masalah. Setelah beberapa kali diobok-obok “hacker gelap”, tampilan postingan terbaru di blog ini juga gagal ter-update. Yang selalu muncul, justru postingan beberapa hari sebelumnya. Komentar dari sahabat-sahabat pun seringkali hilang dengan sendirinya. Semula saya berpikir, keanehan itu bisa jadi lantaran browser yang saya gunakan. Namun, ternyata tidak. Pak Marsudiyanto ternyata juga melihat keanehan yang sama. Kemarin, menjelang Maghrib, Pak Marsudiyanto yang terampil membuat postingan dengan gaya yang kocak sekaligus juga kritis itu menyampaikan keanehan yang sama per telepon kepada saya.

Walhasil, situasi ketidakstabilan blog ini bisa saya manfaatkan untuk mengurus blog khusus Bahasa dan Sastra yang sudah saya persiapkan sebelumnya. Akhirnya, blog itu pun jadi juga meski dengan kadar postingan seadanya dengan memanfaatkan mesin pencari untuk memperkaya postingan yang berkaitan dengan masalah kebahasaan dan kesastraan. Jika ada waktu, silakan muluncur ke sini dan ke sini, serta mohon berikan masukan, terutama yang berkaitan dengan content blog.

Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, hingga belum sempat merespon komentar sahabat-sahabat yang masuk atau melakukan kunjungan balik. Mudah-mudahan pasca-pindah server, blog ini bisa segera beradaptasi dan stabil menjaga kondisinya. Salam kreatif dan salam ngeblog! ***

132 Comments

  1. gum

    wah, ini dia yang saya tunggu2 pak, blog yang membahas kajian linguistik dan kaidah2 bahasa indonesia.

    lanjutkan, pak sawali!

    *vote pak sawali for the next polisi EYD*

    Baca juga tulisan terbaru gum berjudul Google’s Lost in Translation

  2. salam kenal mas..nice blog, selama ini memang saya mencari blog yang khusus membahas mengenai bahasa dan sastra, karena kita memang serumpun dalam kajian, meskipun berbeda subjek..kbetulan saya pengajar bahasa arab di sebuah madrasah. trims. o ya, sy dah add blog mas di blogroll saya

    Baca juga tulisan terbaru pensiun kaya berjudul Peluang Mendapatkan $10-$15/Artikel Anda

  3. waw, padahal saya baru mau tanya, ternyata sudah dijelasin disini, soale sempat kaget alamat blognya kok ganti terus, ternyata blognya tambah lagi ya Pak 🙂

    Baca juga tulisan terbaru masjaliteng berjudul Award dari Rismaka

  4. Wah … kalau sudah begitu sebaiknya pindah server saja Pak untuk lebih nyamannya. Doamin .com.cc juga susah menurut saya untuk SEO-nya, karena gartisan kali ya. Usulan: kalau blog sastra pakai domain sawali.net atau sawali.org biar keren he2….

    Baca juga tulisan terbaru istiyanto berjudul Conference Ujian Nasional Matematika 2009 Via YM

  5. sepsep… blog yang seperti ini yang bagus buwat pendidikan, saia juga mau mengasah ilmu bahasa Indonesia saia yang terkesan “medok”.. hahaha.. :mrgreen:

    Baca juga tulisan terbaru gajah_pesing berjudul Pertamaxxx

  6. membuat blog yg agak2 berbau komunitas memang susah, pak.:D

  7. kita semakin dimanjakan dgn pengetahuan, trims pak. Lekas ganti server biar makin maknyuss..

    Baca juga tulisan terbaru zenteguh berjudul Java’s Builder

  8. selamat pak. dukungan sepenuhnya untuk blognya.

    Ok, meluncur dulu ke TKP

  9. Salam
    Wah Pakde, saya seneng deh, terimakasih jd bisa belajar banyak tentang menulis yang “nyastra” 🙂
    *ke TKP*

  10. pojok sastra sempat saya intip kemarin saat ingin membuat tautan untuk serial kampung blagu, pak. sayang karena terburu-buru, saya tidak sempat meninggalkan jejak, namun berniat untuk kembali saat luang nanti.

    ternyata ada blog bahasa juga. ini menarik sakali! saya memang tertarik untuk memperbaiki cara penulisan saya yang masih amburadul dan tidak taat EYD, pak.

    terima kasih atas jerih payah pak sawali dalam berbagi ilmu bahasa dan sastra. semoga kedua blog ini dapat memberi kontribusi yang signifikan bagi kemajuan berbahasa, khususnya bagi kalangan bloger yang merupakan media komunikasi publik di luar mainstream.

  11. Ria

    Aku main2 kesana ya pak…
    mmm…aku sebenrnya masih kesal, kok ada ya orang yang tega ngobok2 blognya pak sawali…padahal bapak gak salah apa2…huh!

    Baca juga tulisan terbaru Ria berjudul Susahnya Jadi Kakak Tertua…

    • @Ria,
      hehehe … silakan, mbak ria. duh, ttg hacker yang iseng itu, duh, ndak tahu juga nih, mbak, kenapa blog ini yang jadi sasaran, hiks.

  12. wah…semakin exist neh mas sawali..
    bagus mas, kembangkan kemampuan kita untuk kepentingan orang banyak..
    saluuuut

  13. hingga belum sempat merespon komentar sahabat-sahabat yang masuk atau melakukan kunjungan balik….
    *nggrundel…enak aja…sempetin dunkk*
    kabuurrrrrrrrrrr……

    Baca juga tulisan terbaru Nyante Aza Lae berjudul Sugesti dan Kultus

  14. wah..site nya pake template sama kaya template pak. sawali ya…tp bagus kok…

    semangat ya pak sawali….

    Baca juga tulisan terbaru casual cutie berjudul Boy Look

  15. cK

    karena blog om sawali ini saya terus mencoba membuat postingan dengan bahasa indonesia yang baku… 😀

  16. Ndak ada masalah kok pak kalau menurut saya, ya namanya juga hal2 yang tidak kita inginkan, walaupun belum atau tidak ada kunjungan balik kan yang penting persaudaraan diantara kita semua tetap bisa terpelihara kan pak…. 🙂

    Baca juga tulisan terbaru Novianto berjudul Budaya Mencontek

  17. zee

    Mas Sawali, semoga masalah servernya segera kelar.
    Jgn lupa bertamu lg klo da kelar ya hehee…

    Baca juga tulisan terbaru zee berjudul Krisis Tisu Toilet

  18. ➡ Im witing for lamaaaaaaa banget nunggunya….. 💡 saya yakin pengunjungnya pasti berjibun….sekarang aja sudah pada ngantri….kemaren tulisan saya yang minm banget aja….dapat respon dari temen2 PERS DUNIA. sangat menggemparkan…

    Baca juga tulisan terbaru Pakde berjudul Big Thanks For PERS WORLD

  19. harus diakui, bahasa pejabat
    termasuk para bloger,
    hingga kini masih memprihatinkan
    dengan adanya blog khusus bahasa
    dan sastra, insya Allah bs
    menjadi pembelajaran bg anak
    bangsa agar semakin baik
    dalam berbahasa Indonesia
    maju terus mas 😛

    Baca juga tulisan terbaru mikekono berjudul Tobat Jadi Politisi !

  20. pengen juga tulisan masuk situ
    tapi satra gaya apa ya? gaya soewoeng ada ngak ya? wakakakaka

  21. umi

    saatnya dunia sastra melebarkan sayap,,,,walau wajah dan kemampuanku tak nampak, tapi ketulusan hati menjadi arti untuk mengikuti…

  22. Sangat menarik manakala di negeri tercinta ini ada semacam bank Data untuk menampung karya karya sastra. Apalagi dengan mengikuti perkembangan jaman. Siapa tahu seiring berjalannya waktu ini akan menjadi barometer gelombang sastra Indonesia.

    Sukses aja buat Bapak Sawali
    Salam hangat dari saya di kota kecil Jember..
    .-= Baca juga tulisan terbaru Erzet Hakim berjudul Indahnya Bilang Permisi =-.

  23. mas, lihat punya saya di ruang soup, king, dan meal. yang lain juga. habis kayaknya tulisan sastrawi bagus juga kalo tuk dunia bisnis. terutama refleksinya, gitu, ganti. thanks.

  24. butuh jeda untuk membaca, butuh spasi untuk membuat kata jadi bermakana… terus semangat Pak…:)

  25. perlu banyak belajar dari bapak yang satu ini. salam perkawanan Pak….

  26. This is often a great blog site. I’ve been back a couple of times within the last seven days and wish to subscribe to your rss using Google but can’t understand the best way to do it precisly. Do you know of any guides?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *