Home » Blog » Postingan ke-999 dan Komentar ke-52.724

Postingan ke-999 dan Komentar ke-52.724

Di tengah godaan media sosial yang begitu masif dan beberapa urusan offline yang mesti ditangani setiap hari, syukur alhamdulillah, saya masih bisa menghasilkan postingan ke-999, terhitung sejak Juli 2007. Jumlah ini memang masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan produk tulisan sahabat-sahabat blogger yang sanggup menghasilkan postingan setiap hari. Meskipun demikian, terlepas dari bobot dan kualitas tulisan, arsip postingan yang terhimpun di blog ini –jika tulisan ini terpublikasikan genap postingan ke-1000—setidaknya bisa menjadi “perpustakaan maya” pribadi saya sekaligus menjadi “laboratorium virtual”, sebuah ruang dan media bagi saya dalam berekspresi secara online.

post dan komentarSeandainya saya tidak ngeblog, bisa jadi pemikiran-pemikiran “naif” saya hanya akan menjadi serpihan-serpihan ide yang berserakan untuk selanjutnya terkubur dalam-dalam di balik kubangan otak. Oleh karena itu, kita semua layak berterima kasih kepada pencipta blog yang telah memiliki jasa besar dalam mengabadikan berbagai ide, pemikiran, dan imajinasi para blogger, sehingga beragam tulisan dengan ciri khas dan karakternya masing-masing bisa dikonsumsi banyak orang di ruang-ruang publik. Ini artinya, blog, diakui atau tidak, telah memiliki andil besar dalam ikut serta mewujudkan pranata hidup dan peradaban umat manusia yang lebih manusiawi, bermartabat, dan berbudaya.

Mesti diakui, ngeblog secara konsisten bukanlah persoalan yang mudah. Selain dituntut untuk mampu menciptakan atmosfer dan “adrenalin” menulis secara personal, setiap blogger juga tidak bisa mengabaikan “pergaulannya” dengan sesama blogger. Predikat manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa ditanggalkan oleh seorang blogger. Blogger yang cenderung “soliter” dan berdiri di puncak menara gading seringkali gagal dalam menciptakan atmosfer dan “adrenalin”-nya dalam menulis. Kunjungan sahabat blogger di blog kita mampu membuat kehadiran kita di ranah maya menjadi lebih bermakna, kecuali buat narablog yang sudah menggapai puncak popularitas dengan embel-embel “selebritas” yang melekat pada dirinya atau mereka yang murni ngeblog karena ingin mendulang dolar.

Dalam kondisi demikian, saya sungguh bersyukur ketika sahabat-sahabat blogger masih berkenan untuk berkunjung dan meninggalkan jejak komentar di blog ini. Berdasarkan data “rekaman” dasbor, jumlah komentar di blog ini mencapai angka ke-52.724. Bagi saya, kunjungan dan komentar pengunjung dan sahabat-sahabat blogger semacam itulah yang telah ikut menciptakan atmosfer dan “adrenalin” saya dalam ngeblog sehingga saya masih bisa terus bertahan. Tanpa kunjungan dan jejak komentar, bisa jadi blog ini sudah lama terkubur. Oleh karena itu, perkenankan saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengunjung dan sahabat-sahabat blogger yang telah berperan besar dalam memotivasi saya untuk terus ngeblog di tengah berbagai godaan dan tantangan. Semoga silaturahmi semacam ini bisa terus berlanjut seiring dengan usia blog yang semakin bertambah. Nah, salam kreatif dan salam ngeblog! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Postingan ke-999 dan Komentar ke-52.724" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (3 November 2012 @ 04:30) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 37 komentar dalam “Postingan ke-999 dan Komentar ke-52.724

  1. meskipun saya jarang berkunjung di blog pak sawali namun saya merasa sangat kagum membaca rangkaian kata yang tersusun rapi di blog ini, kali ini saya benar-benar termotivasi pak sehingga mulai ada power pada diri saya yang cuma bisa posting acak-acakan dan entah orang mau membaca tulisan saya atau tidak yang penting saya menulis seperti apa yang pak sawali katakan agar tidak menjadi ide yang terpendam 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *