Acer Guraru Award 2012: Ajang Blogger Guru Kreatif dan Inovatif

Kategori Blog Oleh

Dua tahun bertutur-turut, Acer telah sukses menggelar event Guraru (Guru Era Baru) Award. Tahun 2010, Acer Guraru Award menjaring sekitar 40-an blog guru yang dinominasikan oleh 270 orang. Tahun 2011 meningkat sangat signifikan, yaitu sukses menjaring 275 blog guru yang dinominasikan oleh 2.566 orang. Sebuah event “bergengsi” yang layak diapresiasi. Acer tidak hanya sekadar berburu di ladang bisnis di tengah persaingan produk komputer yang kian kompetitif. Namun, juga berkiprah nyata untuk meningkatkan kompetensi dan mutu guru, terutama dalam memanfaatkan blog dan media sosial dalam pembelajaran dan kemajuan dunia pendidikan.

Dalam publikasinya di award.guraru.org, event Guraru Award dilatarbelakangi sebuah pemikiran bahwa saat ini semakin banyak medium yang digunakan guru untuk berbagi dan mengembangkan diri; tidak terbatas pada blog saja, namun juga media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, YouTube, dll. Berbagai komunitas dengan topik pendidikan juga berkembang pesat, baik di ranah online maupun offline. Salah satunya adalah situs www.guraru.org yang hadir sejak November 2011, di mana guru dan para pemerhati pendidikan bisa saling berbagi pengalaman dan berinteraksi di sana.

guraru awardGuna lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi, terutama blog, dalam menyebarkan ilmu dan pengetahuan, Acer Indonesia melalui program Guru Era Baru (Guraru) mengadakan Acer Guraru Award. Acer Guraru Award, yang sudah dimulai sejak tahun 2010, merupakan penghargaan kepada guru-guru terpilih yang dinilai telah memanfaatkan teknologi dengan efektif dan kreatif. Penghargaan ini diharapkan dapat terus mendorong para guru di Indonesia untuk terus menjadi bagian dari perkembangan teknologi informasi yang positif.

Jika Anda seorang guru dan ingin ambil bagian dalam memajukan Indonesia; ini saatnya mulai menginspirasi murid, rekan sesama guru, serta orang-orang di sekitar Anda. Ikuti pemilihan Acer Guraru Award dengan menominasikan diri Anda. Jika Anda tidak berprofesi sebagai guru, Anda juga bisa berpartisipasi dengan cara menominasikan blog guru yang menurut Anda layak mendapatkan Acer Guraru Award. Mari mulai menginspirasi untuk jadikan Indonesia lebih baik. Media sosial adalah tempat yang tepat untuk memulainya!

Syarat dan ketentuan nominasi Acer Guraru Award 2012

  1. Aktif berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia melalui media blog dan media sosial lainnya (Twitter, Facebook, forum, dll.)
  2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun (sejak Juli 2011)
  3. Blog yang didaftarkan dikelola oleh guru (pribadi) dan bukan milik kelompok atau sekolah
  4. Seluruh profesi guru (tidak harus anggota PGRI/IGI) boleh turut serta, termasuk guru honorer, guru privat, serta guru – guru dari Indonesia Mengajar
  5. Blog telah dioptimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
  6. Guru mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya media sosial, secara positif
  7. Aktif berkontribusi di situs www.guraru.org dan media sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dan lain-lain.) untuk berbagi informasi dan pengetahuan tentang pendidikan menjadi nilai tambah.

Mekanisme

  1. Setiap orang boleh mengusulkan blog individu guru yang dianggap memenuhi syarat sebagai kandidat
  2. Nominasi dilakukan melalui formulir di situs khusus Acer Guraru Award. Nominasi dengan cara lain tidak akan diperhitungkan dalam penjurian
  3. Setelah batas waktu penominasian berakhir, Panitia akan memilih 15 kandidat yang akan diusulkan kepada Dewan Juri setelah melalui tahap verifikasi data peserta.
  4. Dewan Juri akan memilih kandidat yang terbaik untuk menerima Acer Guraru Award 2012
  5. Panitia, agensi, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan penyelenggaraan acara tidak diperkenankan untuk mengikuti Guraru Award.

Tahapan Acer Guraru Award 2012

  • Pengusulan nominasi melalui situs Guraru: 1 Agustus – 30 September 2012
  • Verifikasi peserta: 1-7 Oktober 2012
  • Pemilihan 15 finalis: 8-15 Oktober 2012
  • Pengumuman 15 finalis: 16 Oktober 2012
  • Pengumuman pemenang: 19-21 Oktober 2012 pada acara Socmedfest 2012 di Jakarta

Ikuti update seputar Acer Guraru Award 2012 dengan bergabung di www.guraru.org, Twitter: @guraruid, dan Facebook Guru Era Baru (Guraru).

Dalam event Guraru Award 2012, Akan dipilih 1 guru penerima Acer Guraru Award 2012 yang berhak mendapat 1 unit ultrabook Acer Aspire M5, sertifikat, serta uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,- Selain itu, Dewan Juri juga akan memilih 2 orang guru penerima penghargaan khusus yang masing-masing berhak mendapat 1 unit ultrabook Acer Aspire M5 dan uang tunai sebesar Rp.3.000.000,-

Kini, event Guraru Award 2012 telah hadir dan menantang para blogger guru dalam mengelola blog secara kreatif dan inovatif untuk kepentingan pembelajaran dan kemajuan dunia pendidikan. Haruskah event “bergengsi” itu dibiarkan begitu saja? Ayo, daftarkan segera blog Sampeyan atau nominasikan blog guru yang Sampeyan favoritkan di sini! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

47 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top