Home » Blog » XL XPLOR: Upaya Nyata XL dalam Mengoptimalkan Layanan Data kepada Masyarakat

XL XPLOR: Upaya Nyata XL dalam Mengoptimalkan Layanan Data kepada Masyarakat

Tingkatkan Edukasi Layanan Data dan TIK untuk Masyarakat
XL Hadirkan XL XPLOR

Kalangan pemerhati dan pengamat komunikasi menggambarkan masyarakat dunia pada era globalisasi seperti hidup dalam satu atap. Tidak ada lagi hambatan-hambatan geografis dalam mengakses informasi. Dukungan kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi telah membuat masyarakat di berbagai belahan dunia “termanjakan” melalui berbagai piranti teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang demikian canggih. Mereka dengan mudah mampu mendapatkan informasi-informasi terbaru dan aktual tanpa hambatan ruang dan waktu.

Meskipun demikian, di tengah kemajuan TIK yang demikian pesat, secara jujur mesti diakui, sebagian masyarakat Indonesia masih mengalami hambatan dalam mendapatkan layanan data yang sahih dan akurat. Padahal, kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan data terus meningkat dari waktu ke waktu. Jika situasi semacam itu terus berlanjut, bukan tidak mungkin masyarakat kita akan mengalami stagnasi dalam mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan. Dalam situasi seperti itu, kita layak mengapresiasi inovasi dan terobosan menarik yang dilakukan oleh PT XL Axiata Tbk (XL). Dalam upaya memberikan layanan edukasi yang demikian penting dan mendesak bagi pelanggan untuk mengkonsumsi layanan data yang tepat dan mendapatkan manfaat maksimal, PT XL Axiata Tbk (XL) menghadirkan XL XPLOR.

XL XPLOR merupakan sebuah tempat dan sarana edukasi pelanggan mengenai teknologi layanan data terbaru dalam bentuk showcase dan live yang terlengkap, sehingga merupakan pusat live experience pertama untuk teknologi komunikasi terbaru yang ada di Indonesia. XL XPLOR yang berlokasi di Mal Central Park, Jakarta, telah diresmikan oleh Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, pada hari Kamis, 14 Juni 2012. Bersamaan dengan acara tersebut, Museum Rekor Indonesia (MURI) juga menetapkan XL sebagai “Provider Pertama yang Memiliki Experience Center untuk Edukasi Teknologi Komunikasi”.

Menggandeng Perusahaan Berpengalaman
XplorXplorXplorXplorXplorXplorXplorDalam kesempatan tersebut, Ongki Kurniawan menyatakan bahwa kehadiran XL XPLOR sesuai dengan komitmen untuk selalu “XLangkah Lebih Maju” dalam mendukung XL menjadi trendsetter teknologi komunikasi di Indonesia. Di XL XPLOR, pelanggan tidak hanya melihat, tetapi juga merasakan pengalaman menggunakan teknologi komunikasi dan informasi yang termutakhir, baik untuk merasakan layanan data yang sudah ada maupun bereksplorasi tentang teknologi aplikasi dan ponsel canggih yang akan datang dan belum beredar di pasaran.

Dengan fokus pada layanan data, XL XPLOR menjadi pusat live experience pertama yang ada di Indonesia untuk teknologi komunikasi terbaru. Perangkat seluler terbaru, bahkan yang belum hadir di Indonesia dapat ditemui di sini. XL XPLOR tidak hanya ditujukan bagi pengguna layanan data, tetapi juga untuk masyarakat umum. Anak-anak sekali pun bisa mengunjungi tempat ini dan mendapatkan edukasi tentang teknologi komunikasi dan informatika sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk memperkuat brand XL XPLOR, XL menggandeng empat perusahaan yang berpengalaman di bidang teknologi komunikasi. Mereka adalah Qualcomm, Ericsson, Erafone, Dikotakita. Kerjasama ini memungkinkan pengunjung untuk dapat menikmati paket bundling, aplikasi twitter tree, teknologi prosesor dan perangkat ponsel mutakhir, voucher belanja dari tenant yang berada di kawasan Central Park, serta Paddle Pop device (kerjasama Nokia dan Unilever) yang  terintegrasi dalam ponsel menggunakan jaringan XL. Khusus pada acara peluncuran, untuk pertama kalinya di Indonesia XL dan Qualcomm menampilkan Qualcomm SnapdragonTM S4 Mobile Development Platform (MDP). MDP ini dilengkapi dengan MSM8960 S4 dan asynchronous dual Krait CPU cores yang masing-masing berkekuatan 1.5 Ghz sehingga mampu menjadi solusi single-chip yang dapat mengubah ponsel menjadi sebuah sistem home entertainment mutakhir. Saat ini, platform canggih tersebut belum  dipasarkan untuk masyarakat.

Masyarakat dapat mengunjungi dan berkonsultasi di XL XPLOR gratis tanpa dipungut biaya. Dengan pendekatan konsultatif yang dilakukan tim konsultan XL XPLOR, pengunjung bisa dengan nyaman mendapatkan info mengenai layanan data sesuai kebutuhan. Ada tiga jenis layanan yang diberikan kepada pengunjung di XL XPLOR, yakni showcase dan experience. program marketing untuk pelanggan XL, dan layanan keluhan  pelanggan. Untuk showcase dan experience, pengunjung bisa memperoleh informasi lengkap dan merasakan berbagai aplikasi terbaru dari XL, perangkat seluler canggih, serta jaringan. Berbagai aplikasi seperti XL Photo, XL Mall, games, XL Tunai dapat diperoleh di sini. Perangkat seluler terbaru juga dapat ditemui di sini. Khusus untuk pelanggan XL bisa mendapatkan layanan VAS yang dapat diunduh dari UMB,

Selanjutnya, XL XPLOR bisa digunakan sebagai tempat untuk kegiatan program marketing dan berbagai event. Games competition, community gathering, atau pun join promo yang berkaitan dengan teknologi komunikasi dapat digelar di sin. Di tempat ini, pelanggan XL dapat melakukan seluruh transaksi melalui XL Tunai. Ke depannya, akan ada alat NFC (Near Field Communication) yang tersedia di tempat ini.

Untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi pengunjung, XL XPLOR didukung akses jaringan HotRod 3G+ dan fitur WiFi super cepat sehingga memudahkan pengguna dalam layanan wireless in-store connectivity. Melihat dari seluruh manfaat yang diberikan, XL XPLOR menjadi bentuk nyata XL untuk menjadi Xlangkah Lebih Maju. Untuk saat ini, XL XPLOR hanya ada di Jakarta, sesuai dengan karakter mayoritas penduduk kota Jakarta yang cenderung eksploratif. Tidak lama lagi, XL XPLOR juga akan dibuka di Senayan City, Jakarta.

Tentang XL
XLPT XL Axiata Tbk (XL) merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.

Semoga kehadiran XL XPLOR benar-benar mampu menjadi tempat yang tepat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan data secara lengkap, sahih, dan akurat seiring dengan meningkatnya animo masyarakat Indonesia sebagai bagian dari masyarakat global yang “haus informasi”. ***

 

tentang blog iniTulisan berjudul "XL XPLOR: Upaya Nyata XL dalam Mengoptimalkan Layanan Data kepada Masyarakat" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (17 Juli 2012 @ 11:24) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 17 komentar dalam “XL XPLOR: Upaya Nyata XL dalam Mengoptimalkan Layanan Data kepada Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *