Home » Blog » Kiprah dan Peran XL dalam Melahirkan Sosok Pemimpin Masa Depan

Kiprah dan Peran XL dalam Melahirkan Sosok Pemimpin Masa Depan

Persembahan XL untuk Memajukan Negeri
XL Meluncurkan Program XL Future Leaders

“Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, berikan aku satu pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia!” (Bung Karno)

Begitulah adagium yang pernah dilontarkan seorang pemimpin besar, Bung Karno, untuk menggambarkan betapa dahsyatnya peran kaum muda dalam melakukan sebuah perubahan. Kaum muda digambarkan sebagai sosok yang sarat dengan idealisme, energik, memiliki spirit dan passion luar biasa, progresif, bahkan juga revolusioner. Sejarah juga telah membuktikan bahwa kaum muda senantiasa tampil di garda depan dalam setiap perubahan, dari generasi ke generasi.

Peristiwa historis, 28 Oktober 1928, yang berhasil merumuskan ikrar Sumpah Pemuda, misalnya, tidak terlepas dari peran kaum muda kita. Jelas bukan persoalan yang mudah untuk merumuskan sebuah teks yang sanggup mengakomodasi aspirasi semua golongan ketika situasi masih sangat kental dengan warna lokal dan atribut-atribut lain yang berporos pada hal-hal yang bersifat kedaerahan. Namun, agaknya warna lokal dan berbagai atribut primordialisme semacam itu berhasil ditepis oleh kaum muda kita saat itu. Dalam Kongres Pemuda II yang diprakarsai oleh PPPI (Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia) itu, para peserta kongres yang terdiri dari wakil organisasi Pemuda seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, atau Jong Islamieten Bond berhasil merumuskan sebuah tekad untuk menyatukan sikap nasionalisme yang mengakui tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu, yakni Indonesia.

Dari sisi historis, memori kita juga tidak bisa menepis sebuah opini bahwa pada setiap zaman dan peradaban, kaum muda selalu tampil sebagai agen dan aktor perubahan. Secara kolektif, kaum muda bisa menjadi sebuah ikon pembaharu yang sanggup memberikan pengaruh dan imbas dahsyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini sangat beralasan, sebab dukungan fisik, semangat, dan talenta idealisme, sangat kuat tercitrakan pada sosok kaum muda. Momentum reformasi 1998 hingga berhasil menggeser rezim Orde Baru dari singgasana kekuasaannya pun tak luput dari peran kaum muda yang dipelopori oleh barisan mahasiswa kita.

Sosok Pemimpin yang Cerdas, Kreatif, dan Visioner
Meskipun demikian, kita juga harus jujur mengakui bahwa dinamika kaum muda saat ini, khususnya pasca-reformasi, tidak selalu bergerak pada ranah pemikiran dan aksi yang cerdas dan mencerahkan. Tidak sedikit kaum muda yang gampang terjebak melakukan tindakan anomali sosial demi memanjakan nafsu dan ambisi sekelompok orang yang dengan amat sadar memanfaatkan potensi dan talenta mereka. Demo-demo anarkhis dan vandalistis yang ditandai dengan aksi perusakan fasilitas publik, misalnya, tidak jarang melibatkan kaum muda kita.

Dalam konteks demikian, kita sangat mengapresiasi program XL Future Leaders yang telah diluncurkan oleh PT XL Axiata (XL) pada tanggal 6 Juni 2012 yang lalu. Program ini setidaknya bisa menjadi bukti bahwa XL tidak hanya bergerak pada ranah bisnis semata, tetapi juga memiliki kepedulian dan komitmen tinggi terhadap kemajuan bangsa dan negara di tengah kancah kesejagatan yang kian kompleks dan kompetitif.

xl

XL Future Leaders merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan potensi generasi muda agar dapat menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang mampu bersaing di tingkat dunia. Pelatihan ini juga dilakukan untuk mendukung tujuan pemerintah Indonesia dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai salah satu dari lima kekuatan utama dunia ekonomi pada tahun 2030, dengan memberdayakan sosok-sosok muda terbaik Indonesia.

Program ini dirancang sangat khusus dan penuh pertimbangan agar mereka yang terpilih dalam program ini menjadi lebih percaya diri tampil sebagai pemimpin Indonesia di masa depan. Program XL Future Leaders memfokuskan pada lima area kompetensi yang diperoleh dari studi khusus, yakni Berpikir Kritis, Kepimimpinan, Komunikasi, Kreativitas, dan Perilaku.

XL Future Leaders terbuka bagi generasi muda terbaik Indonesia yang telah lulus proses seleksi oleh PT XL Axiata. Untuk dapat mengikuti program ini, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Indonesia;
  2. Saat ini duduk di tahun ke-2 atau ke-3 di perguruan tinggi/universitas (program sarjana);
  3. Maksimal berusia 21 tahun;
  4. Jurusan: Telekomunikasi, IT, Industri/Teknik Elektro, Matematika/Statistik, Bisnis dan Ekonomi, Pemasaran, dan sebagainya;
  5. IPK minimal 2,8.

Informasi dan pendaftaran secara online selengkapnya silakan meluncur ke alamat: http://xl.co.id/futureleaders/

Informasi terkait juga bisa diikuti melalui Twitter: @indberprestasi, Facebook: indonesiaberprestasi, atau Call Centre: 0817 118 119. Pendaftaran bisa dilakukan dari tanggal 6 Juni 2012 – 7 September 2012.

Sudah lama negeri ini bermimpi memiliki kaum muda yang sanggup menjadi aktor perubahan; sosok yang memiliki kecerdasan dalam berpikir, memiliki kedewasaan dan kearifan dalam bertindak, sehingga mampu menjadi sosok pemimpin masa depan yang cerdas, kreatif, dan visioner. Kita berharap, kaum muda juga selalu menjadikan “sejarah sebagai guru kehidupan”; mampu mengejawantahkan makna “historia magistra vitae” dalam merumuskan langkah hari ini dan masa depan negerinya. Kita yakin, bahkan haqqul yakin, bahwa sosok kaum muda yang memiliki karakter semacam itu masih ada di negeri ini. Kita juga optimis XL Future Leaders yang digagas PT XL Axiata (XL) benar-benar akan mampu melahirkan sosok pemimpin masa depan yang cerdas, kreatif, dan visioner yang sudah amat lama dirindukan negeri ini.

Peluncuran program XL Future Leaders menunjukkan bukti bahwa PT XL Axiata (XL) benar-benar serius dalam ikut berkiprah memajukan bangsa dan negara. Kaum muda yang di-rekrut dalam program ini benar-benar generasi terpilih melalui seleksi yang cukup ketat untuk selanjutnya digembleng melalui pelatihan intensif dan total dengan mengembangkan lima area kompetensi, yakni Berpikir Kritis, Kepimimpinan, Komunikasi, Kreativitas, dan Perilaku.

Tentang XL
XLPT XL Axiata Tbk (XL) merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.

Semoga agenda “Persembahan XL Memajukan Negeri” melalui program XL Future Leaders benar-benar mampu menjadi “kawah candradimuka peradaban” yang sanggup melahirkan sosok pemimpin masa depan yang kritis, berjiwa kepimimpinan tinggi, memiliki kemampuan berkomunikasi hebat, memiliki kreativitas jempolan, dan berkarakter tangguh. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Kiprah dan Peran XL dalam Melahirkan Sosok Pemimpin Masa Depan" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (14 Juni 2012 @ 15:59) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 38 komentar dalam “Kiprah dan Peran XL dalam Melahirkan Sosok Pemimpin Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *